Hari ini: Minggu, 29 Mei 2022
Jumat, 07 Januari 2022, 10:00 WIB

Ternyata Begini Cara Ikan Tidur yang Tidak Kita Ketahui

Ternyata Begini Cara Ikan Tidur yang Tidak Kita Ketahui

cara ikan tidur - today i found out

Apakah kamu bagaimana cara ikan untuk tidur? Nah disini Petpi akan mengenalkan bagaimana cara tidur ikan dan beberapa faktanya yang harus kamu ketahui.

Sobat Pintar, banyak dari kita tidak mengetahui bagaimana cara ikan tidur. Setiap makhluk hidup apalagi manusia dan hewan tentu saja memerlukan istirahat dari seluruh kegiatan sepanjang hari yang melelahkan. Namun, masing-masing makhluk hidup memang mempunyai cara yang berbeda-beda. 

Seperti kelelawar yang tidur dengan cara menggantungkan posisi kakinya di atas dan kepalanya di bagian bawah. Sama halnya dengan ikan yang memiliki cara tidur yang unik.

Mungkin karena kita jarang memperhatikannya, jadi tidak mengetahui bagaimana cara ikan untuk tidur. 

Lalu, bagaimana caranya ikan bisa tidur? Untuk kamu yang ingin tahu caranya, yuk mari kita simak penjelasannya di bawah ini. 

8 Cara Ikan Tidur Yang Jarang Diketahui

Cara Ikan Tidur
cara ikan tidur - why pet fish

Tidak perlu jauh-jauh, jika kamu memiliki ikan di rumah, perhatikanlah ikan dalam akuarium tersebut. Ikan seperti tidak pernah menutup kelopak matanya bahkan berbaring seperti hewan lainnya yang sedang beristirahat. 

Lalu, pada saat kapan ikan tidur? Sama seperti manusia, jam normal tidur ikan itu adalah pada malam hari. Namun, hal ini juga bisa berubah tergantung bagaimana cara merawat dan lingkungan di sekitarnya.

Nah setelah mengetahui jam tidurnya, pasti kamu penasaran kan seperti apa penampakan ikan yang sedang tidur? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang bagaimana caranya ikan bisa tidur.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Mata Tetap Terbuka

Berbeda dengan tidur yang biasa dilakukan oleh manusia atau hewan lainnya, yang saat tidur harus memejamkan mata, mata ikan tetap terbuka saat ia sedang tidur. Hal tersebut mungkin yang membuat kita sering tidak mengetahui jika sebenarnya ikan sedang tidur. 

Apabila kamu mempunyai peliharaan ikan di dalam akuarium, kamu dapat memperhatikan bagaimana penampakan ikan ketika sedang tidur.

Misalnya, saat ia lambat untuk memberikan respon saat kamu memberikannya makan, bisa jadi ikan sedang dalam keadaan tidur. Lalu, sebagian ikan ada juga yang memilih berdiam saat ia tidur. 

2. Tetap Bergerak Saat Tertidur

Cara ikan tidur yang satu ini hanya terjadi pada jenis ikan yang harus bergerak agar dapat bernapas. Ikan hiu merupakan salah satu jenis ikan yang saat tidur tetap melakukan gerakan. 

Tujuannya adalah supaya aliran air tetap terjaga untuk menuju insangnya sehingga predator lautan ini bisa tetap mendapatkan oksigen yang cukup.

Jadi, untuk beberapa ikan, khususnya mereka yang mempunyai ukuran tubuh sangat besar, ikan tersebut biasanya harus tetap melakukan gerakan dan matanya tetap terbuka walaupun sedang dalam kondisi tertidur. 

3. Bersembunyi Secara Berkelompok

Ikan-ikan kecil yang habitatnya berada di bebatuan koral ini mempunyai cara tidur yang terorganisir. Ikan kecil memilih untuk bersembunyi di sela-sela bebatuan saat ingin tidur.

Hal ini bertujuan supaya mereka bisa terhindar dari para predator saat mereka sedang tertidur. Cara ini yang mereka anggap aman sehingga bisa tidur dengan nyaman. 

4. Otak Ikan Mamalia Tetap Aktif Ketika Tidur

Ada hal unik yang terdapat pada jenis ikan mamalia seperti paus dan lumba-lumba, dimana mereka itu bernafas dengan menggunakan paru-paru. Sehingga kedua ikan ini harus secara rutin muncul ke permukaan laut guna mendapatkan oksigen. 

Oleh karena itu, lumba-lumba termasuk ikan yang memiliki metode tidur berbeda dan biasa dikenal dengan unihemispheric slow-wave sleep, yang berarti keadaan tidur setengah sadar. 

Jadi, lumba-lumba tidur dengan kondisi setengah dari bagian otaknya tetap aktif dan yang setengahnya beristirahat. Bagian sebelahnya lagi bisa bergantian istirahat setelah empat jam.

Apabila otak kanan yang akan tidur, maka otak kirinya tetap terbuka, dan begitu pula sebaliknya. Kondisi setengah terbangun ini menjadikan lumba-lumba mampu terus bernafas dengan sangat lancar. 

5. Menggali Pasir Untuk Tidur

Terdapat salah satu cara ikan tidur yang sangat unik yaitu dengan cara menggali pasir. Sebagian ikan yang hidup berhabitat di dasar laut akan tidur dengan menggali pasir terlebih dahulu.

Hal ini mereka lakukan untuk menghindari predator yang sewaktu-waktu bisa memangsanya dan juga untuk menghemat energinya. 

6. Ikan Bisa Kurang Tidur

Tidak hanya manusia saja yang bisa kurang tidur tetapi ternyata ikan juga bisa kurang tidur, lho. Jumlah waktu tidur ikan ini bergantung lagi pada spesiesnya, faktor lingkungan dan seberapa ia aktif. Seperti ikan yang hidup di dalam akuarium, siklus tidurnya akan ditentukan dengan lampu interior. Ikan akan tidur jika lampu tersebut dimatikan. 

Jadi, hampir semua ikan akan beristirahat dengan cara mengurangi aktivitas dan metabolisme nya. Selain itu, penelitian juga menunjukkan ikan bisa mengurangi metabolisme dan aktivitasnya tetapi ikan masih bisa tetap waspada akan bahaya yang bisa saja menyerangnya secara tiba-tiba. 

7. Ikan Punya Posisi Tidur Sendiri

Menurut lembaga utama FishBase, spesies ikan yang ada di seluruh dunia yang diperkirakan hingga 33.230 jenis.

Nah berdasarkan dari data tersebut juga diketahui bahwa setiap spesies ikan tersebut punya posisi tidur sendiri-sendiri dan bahkan ada sebagian dari mereka sampai membuat tempat tidurnya sendiri loh.

Contohnya ada beberapa jenis ikan yang berenang dan berbaring di dasar laut, di dasar sungai, atau lantai akuarium. Lalu, ada juga beberapa ikan terumbu karang seperti damselfish yang tidur meringkuk di antara cabang-cabang karang.

Uniknya, ada juga spesies seperti loach (Loaches) yang diketahui memiliki posisi tidur seperti tampak mati, berbaring terbalik atau berbaring telentang. 

Selanjutnya perlu diingat bahwa cara ikan tidur itu bervariasi dan mereka tidak dapat bertahan dalam posisi yang sempurna untuk tidur dengan baik.

Karena untuk bernapas, mereka harus mengepak dua kali lebih cepat pada siripnya untuk menciptakan aliran air yang kaya oksigen melalui insang.

8. Ikan Bisa Membalikkan Pola Tidurnya

Fakta unik lainnya adalah ada banyak spesies ikan yang bisa membalikkan pola tidurnya bila memang dibutuhkan.

Misalnya, seperti yang ditunjukkan dalam studi inovatif dari Canadian Journal of Zoology, pengisap putih (Catostomus commersonii) dapat menjadi aktif di malam hari ketika mereka meninggalkan kelompok untuk mengawasi pemangsa. 

Selain itu, kamu mungkin tahu jika siklus tidur manusia dapat terganggu ketika memasuki fase awal kehidupan orang tua (berusia lanjut). Nah, hal yang serupa juga berlaku untuk ikan, khususnya pada spesies stickleback (Gasterosteus). 

Demikianlah ulasan mengenai cara ikan tidur dari beberapa jenis ikan yang ada di seluruh dunia. Semoga bacaan di atas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua ya, Sobat Pintar! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/eka-supriyadi/cara-ikan-tidur-dan-penjelasannya-c1c2/4
  • https://www.indozone.id/fakta-dan-mitos/lNs4ovP/apakah-ikan-tidur-dan-bagaimana-penampakan-mereka-saat-tidur/read-all
  • https://www.mongabay.co.id/2021/05/07/bagaimanakah-cara-ikan-tidur-dan-istirahat/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar