Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Senin, 24 Mei 2021, 16:00 WIB

Rekomendasi 10 Jenis Ikan Molly yang Sedang Populer, Cocok untuk Aquascape-mu!

Rekomendasi 10 Jenis Ikan Molly yang Sedang Populer, Cocok untuk Aquascape-mu!

jenis ikan molly - aquarium freaks

Jenis ikan molly ada banyak sekali, di mana ada 10 jenis yang paling popular saat ini. Berikut ini adalah jenis ikan molly yang cocok untuk dipelihara!

Sobat Pintar yang merupakan penggemar hewan akuatik, pasti sudah kenal dengan salah satu jenis ikan hias yaitu ikan molly.

Adapun ciri khas dari ikan ini yang memiliki bagian pada perut seperti buncit, sehingga memberikan kesan sangat lucu dan juga menggemaskan.

Jenis ikan yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang kecil. Nah, dalam artikel ini, Petpi akan membahas rekomendasi jenis ikan molly yang populer.

Jenis Ikan Molly Terpopuler

Ikan molly sendiri sering disebut ikan balon, karena pada bagian perutnya buncit seperti balon. Jenis ikan air tawar ini sendiri sangatlah banyak dan biasanya digemari untuk mengisi aquascape.

Harganya sendiri pun tidaklah mahal, bahkan relatif murah. Terlebih perawatannya pun tidaklah sulit dan mudah untuk diternak.

Berikut ini adalah beberapa jenis dari ikan molly yang populer dan cocok untuk mengisi aquariummu:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. White Molly

Jenis Ikan White Molly
white molly - tfh magazine

Molly adalah jenis dari ikan molly yang cukup popular. Bisa dilihat dari namanya, ikan molly yang satu ini memiliki warna putih berkilau.

Ukuran dari white molly ini sekitar 10 hingga 13 cm, dimana biasanya white molly betina memiliki ukuran yang lebih besar dari jantan. Pada white molly jantan sendiri terdapat garis orange, sedangkan pada betinanya tidak ada.

2. Short Finned Molly

Jenis Ikan Short Finned Molly
short finned molly - wikipedia

Ikan molly satu ini juga sering disebut sebagai common molly yang juga berarti jenis yang sering ditemukan.

Walaupun common molly ini dipasaran tidak banyak dicari karena memang mudah sekali ditemukan, tapi ikan yang satu ini memiliki warna yang sangat cantik dan bisa menjadi gen silang.

Hasil silang ini sendiri bisa memberikan jenis dari ikan molly yang lebih eksotis.

3. Red Molly

Jenis Ikan Red Molly
red molly - pinterest

Untuk jenis yang satu ini sendiri terbilang sangat popular. Namanya saja Red Molly, sehingga warnanya pun merah menyala dengan sirip hitam yang terkadang ada bintik putihnya.

Ikan molly yang ini sendiri akan memberikan pemandangan yang sangat cantik di akuarium Sobat Pintar, apalagi jika jumlahnya banyak dan bergerombol.

Red Molly juga aman untuk dijadikan satu dengan jenis ikan kecil lainnya yang memiliki karakteristik tidak agresif.

Karena jenis ikan ini juga tidak akan menyerang apabila tidak terancam, sehingga akan memberikan rasa nyaman bagi yang memang ingin memelihara dalam jumlah yang banyak.

4. Dalmation Molly

Jenis Ikan Dalmation Molly
dalmation molly - aquariadise

Jenis Dalmation Molly sendiri mungkin menjadi yang terunik, di mana ikan molly ini mempunyai corak totol hitam atau warna lainnya. Terkadang juga mempunyai 3 warna seperti orange dengan putih serta totol hitam.

Membuat ikan ini terlihat sangat unik dan cantik. Dalmation Molly kebanyakan ditemukan di daerah Teluk Meksiko.

Di mana pada habitat aslinya, ikan yang satu ini mampu bertahan di air dengan kadar pH berapa pun, bahkan juga bisa hidup di air asin.

Untuk membuat Dalmation Molly tidak mengalami stress, berikanlah tanaman air yang bisa menjadi tempat ikan ini bermain dan beristirahat.

5. Balloon Molly

Jenis Ikan Ballon Molly
ballon molly - 5 image

Biasa dikenal sebagai Molly Balon, jenis yang satu ini mempunyai bentuk tubuh melengkung pada bagian punggungnya dengan perut yang besar seperti ikan yang akan bertelur.

Warnanya sendiri beragam, mulai dari putih, kuning, hitam hingga totol-totol. Untuk jenis ikan molly yang satu ini pun sering dipelihara karena memang memiliki bentuk tubuh yang sangat unik.

6. Golden Molly

Jenis Ikan Golden Molly
golden molly - liveaquaria

Jika Sobat Pintar mencari ikan molly yang sedang populer, maka Golden Molly ini salah satu jenisnya. Seperti namanya, ikan molly yang satu ini berwarna emas yang berkilau.

Sering disebut juga molly 24 karat, karena memang warnanya seperti emas 24 karat. Gerakan Golden Molly di akuarium sendiri terbilang lincah karena suka sekali bermain.

7. Lyretail Molly

Jenis Ikan Lyretail Molly
lyretail molly - live aquaria

Satu lagi jenis dari ikan molly yang Petpi sarankan untuk dimiliki adalah Lyretail Molly. Jenis yang satu ini sendiri mempunyai warna yang beragam, dari kuning, putih bahkan bertotol.

Membuat tampilan ikan ini sendiri terbilang sangat manis dan juga elegan.

Ikan molly yang satu ini banyak dijadikan koleksi karena memang untuk mendapatkan warnanya cukuplah sulit. Apalagi pada bagian siripnya lebar yang memberikan kesan sangat cantik ketika ikan ini berenang.

8. Black Molly

Jenis Ikan Black Molly
black molly - 4 image

Ikan molly memang dikenal mempunyai banyak warna, di mana ada jenis Black Molly yang sangat unik. Sesuai dengan namanya, black molly mempunyai warna tubuh hitam keseluruhannya.

Membuatnya terlihat sangat garang, padahal tidak karena kriteria dari ikan molly sendiri sangatlah bersahabat.

Keunikan dari black molly ini selain dari warnanya adalah sangat aktif dan bisa hidup di air dengan kadar garam yang tinggi.

Agar warnanya tidak terlalu kusam, ada baiknya Sobat Pintar memberikan makan yang seimbang sehingga warnanya sendiri akan terlihat lebih berkilau.

9. Yucatan Molly

Jenis Ikan Yucatan Molly
yucatan molly - aquarium nexus

Untuk jenis yang satu ini masuk ke dalam sailfin molly yang memiliki ciri khas pada sirip atas yang besar seperti ikan cupang. Hanya saja yang membedakan adalah ekornya tidak mekar.

Warna dari Yucatan Molly ini sendiri biasanya merah atau kuning pada bagian atas dan putih pada bagian perutnya.

10. Marbel Molly

Jenis Ikan Marbel Molly
marbel molly - blogger

Untuk jenis Marbel Molly sendiri terbilang baru karena ikan ini memang hasil persilangan yang membuat motifnya seperti marbel. Untuk jenis yang satu ini sendiri sekarang sedang digandrungi karena untuk mengembangbiakannya termasuk sulit.

Sobat Pintar, itulah 10 jenis ikan molly yang saat ini sedang populer. Jika, Sobat Pintar ingin memelihara ikan ini sendiri, Petpi menyarankan untuk memberikan sedikit garam pada aquarium dan juga tumbuhan.

Hal ini sendiri agar ikan molly selalu sehat dan tidak stress.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://aquapedia.id/ikan-molly/
  • https://ikanologi.com/jenis-ikan-molly/
  • https://www.tokopedia.com/blog/jenis-ikan-molly-hbl/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar