Hari ini: Kamis, 28 Oktober 2021
Selasa, 22 Desember 2020, 16:00 WIB

Ini 5 Cara Mudah Memelihara Ikan Cupang Agar Cantik untuk Pemula

Ini 5 Cara Mudah Memelihara Ikan Cupang Agar Cantik untuk Pemula

cara memelihara ikan cupang - the spruce pets

Bagi kamu pemula yang ingin pelihara ikan cupang, tidak usah khawatir. Karena di artikel ini kamu akan mendapatkan panduan cara memelihara cupang yang benar

Ikan Cupang merupakan salah satu ikan yang sedang digandrungi oleh semua kalangan. Ikan yang kecil ini terkenal dengan keindahan tubuhnya terutama corak dan warnanya yang beragam.

Para pecinta ikan cupang biasanya rela memburu atau membudidayakan ikan cupang sendiri untuk dijadikan bisnis dan menghasilkan keuntungan yang tinggi.

Ikan ini juga terkenal dengan daya tahan tubuhnya yang bagus. Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu yang lama, sehingga ikan cupang bisa ditaruh di media manapun saat merawatnya.

Oleh karena itu banyak sekali yang sedang menggemari ikan cupang sebagai hewan peliharaan yang lucu.

Namun bukan berarti ikan ini hidup bertahan lama lantas kamu tidak merawatnya ya. Walaupun tergolong murah dalam segi perawatan, ikan cupang yang tidak kamu rawat biasanya gampang mati.

Nah, buat kamu para pecinta ikan cupang yang baru mau memeliharanya, kamu sebaiknya membaca informasi dari PetPi dulu tentang cara memelihara ikan cupang yang baik agar tubuhnya cantik

Cara Memelihara Ikan Cupang dengan Bagi Pemula

Cara Memelihara Ikan Cupang Bagi Pemula
cara memelihara ikan cupang buat pemula - pet life today

Di Kalangan penggemar ikan, biasanya Ikan cupang dibagi ke dalam tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan dan cupang liar. Nah informasi yang PetPi berikan umumnya bisa dipakai ke semua golongan ikan cupang yang kamu ingin pelihara.

Berikut ini adalah cara merawat ikan cupang agar tidak mudah mati bagi pemula.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Wadah untuk Ikan Cupang

Ikan cupang bisa kamu berikan wadah apapun seperti aquarium, toples ataupun wadah lainnya untuk ia hidup. Apapun wadah yang aman untuk kamu taruh ikan cupang bisa dipakai untuk menjadi tempat tinggalnya.

Namun, sebaiknya kamu pilih wadah yang berukuran kecil dengan ukuran sekitar 20 x 15 x 15 cm. 

Hal ini bukan berarti ikan cupang tidak bisa hidup di akuarium yang besar, namun karena ikan ini berjenis soliter dan kecil jadi rasanya sangat tidak efisien untuk kamu sebagai pemula memelihara ikan cupang ditempat yang terlalu besar.

Wadah yang tadi sudah kamu pilih, bisa kamu kreasikan sesuai dengan yang kamu mau. Kamu bisa memberikan batu dan tanaman palsu di dalam wadah agar wadah yang kamu pilih tadi bisa terlihat lebih indah.

Perhatikan Air untuk Ikan Cupang

Salah satu tips yang penting saat memelihara ikan cupang adalah memperhatikan air yang kamu gunakan pada wadah yang sudah kamu pilih tadi. Air yang baik untuk ikan cupang adalah air yang bersumber dari air sumur atau air tanah.

Hal ini mendasari bahwa ikan cupang adalah jenis ikan air tawar, sehingga menggunakan air sumur akan membuatnya merasa lebih nyaman karena seperti habitat aslinya.

Jangan sesekali memberikan air dari sumber yang tidak biasa, misalkan memberikan air dengan PH yang tinggi, ini membuat ikan cupang bisa saja tidak bertahan lama.

Disarankan sesaat sebelum kamu memasukkan air ke wadah ikan cupang, kamu sebaiknya mendiamkan terlebih dahulu air tersebut di ember beberapa menit, serta rutinlah ganti air pada wadah ikan cupang minimal 3 hari sekali.

Isi air sekitar 40% saja dari wadah yang kamu punya, ini berlaku jika wadah tersebut tanpa penutup.

Hal ini untuk menghindari ikan cupang yang melompat keluar wadah. Hindari juga penggunaan kloramin dan klorin karena bisa berbahaya bagi ikan cupang. 

Pakan Ikan Cupang

Cara Merawat Ikan Cupang
Makanan ikan cupang - amoskeagfishway

Memberikan makan pada ikan cupang cukup taburkan pelet yang bisa kamu dapatkan di toko ikan hias terdekat ke dalam akuarium. Ikan cupang biasanya akan cenderung memilih pelet yang mengambang diatas permukaan air, berikanlah makanan ikan cupang tersebut secara bertahap.

Berikanlah makanan sesuai dengan porsi yang pertama jika pelet yang kamu berikan habis.

Usahakan beri pakan ikan cupang sesuai porsinya, jika dirasa sudah cukup kamu jangan memberikannya terlalu banyak. Hal itu bisa menyebabkan wadah ikan cupang akan kotor karena makanan yang tersisa.

Jika wadah tersebut terlanjur kotor, kamu harus secepatnya menggantinya karena bisa saja kotoran yang ada di wadah tadi mengundang penyakit yang datang.

Tips dari PetPi, jika kamu ingin menghasilkan ikan cupang yang cantik dan bagus, kamu bisa memberi makanan yang baik bagi pertumbuhannya seperti kutu air, jentik nyamuk dan juga udang kecil atau udang yang sudah dikeringkan, ini dipercaya membuat warna dari ikan cupang terlihat lebih cerah dan tajam.

Membersihkan Wadah Ikan Cupang

Cara memelihara ikan cupang selanjutnya juga tidak kalah penting. Kamu harus dengan rutin mengganti air di dalam wadah ikan cupang, sehingga ia selalu nyaman ditempatkan di wadah yang kamu berikan.

Jika kamu bermalas-malasan, jangan harap ikan cupang yang kamu rawat bertahan lama.

Menjaga kebersihan wadahnya juga menjamin kehidupannya akan bertahan lama, karena ikan cupang hanya tahan pada jenis air yang berbeda kekerasan serta tingkat pH airnya.

Alangkah baiknya jika kamu membersihkannya 3 hari sekali untuk menjaganya dari serangan penyakit.

Menjemur Ikan Cupang untuk Keindahan Warnanya

Ini hal terakhir yang bisa kamu perhatikan. Menjemur ikan cupang merupakan cara memelihara ikan cupang yang baik dan benar. Orang-orang sering melewatkan aktivitas tersebut padahal ini cukup penting untuk ikan cupang. 

Dengan menjemur ikan cupang, kamu bisa membunuh bakteri dan jamur yang ada di kulit dan akuariumnya.

Sehingga ikan cupang yang biasanya dijemur lebih mempunyai warna dan corak yang lebih menyala. Kamu bisa meletakkan ikan cupang di suhu yang stabil dan tidak terlalu panas. Kamu bisa melakukan penjemuran pada jam 8 - 10 pagi selama kurang lebih 15-30 menit.

Jangan pernah menjemur ikan cupang dengan warna yang dominan hitam, karena seperti yang kita ketahui warna hitam akan menarik sinar matahari sehingga membuat ikan cupang akan merasa panik. 

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

Cara Memelihara Ikan Cupang - Zona Hewan
cara merawat ikan cupamng agar warnanya bagus - zona hewan

Merawat ikan cupang yang memiliki tipe warna berarti mementingkan faktor kesehatan agar tidak mudah untuk terkena penyakit yang bisa mengganggu warnanya. Jadi fokusmu akan lebih ekstra dibandingkan dengan ikan cupang yang berwarna gelap.

Biasanya warna ikan cupang jika memang gennya belum terlalu kuat, lambat laun dia akan berubah warnanya menjadi lebih memudar, bahkan bisa jauh dari warna aslinya.

Lain halnya jika gen ikan cupang ini kuat, tentunya pudarnya warna bisa diatasi dari luar dan bahkan bisa dipertajam dengan warna dan perawatan yang optimal.

Nah berikut ini adalah cara merawat ikan cupang agar warnanya bagus.

Memilih Jenis Makanan Untuk Ikan Cupang

Salah satu faktor yang bisa menambah bagus warna ikan cupang adalah makanan yang kamu pilih. Pakan ikan cupang ada dua jenis, pakan hidup atau pakan buatan (pelet).

  • Banyak jenis pelet untuk ikan cupang untuk meningkatkan warnanya. Semua tergantung dengan komposisi atau kandungan pelet yang diberikan untuk ikan cupang. Ada tiga pilihan pelet yang bagus untuk ikan cupang, ketiganya yaitu Pelet PREMIUM, Pelet MONSTER PRO 03, Pelet ATTISON’S BETTA PRO.
  • Sebaik-baiknya pakan buatan, sudah pasti pakan alami jauh lebih baik. Nah, buat kamu yang lebih percaya makanan alami untuk ikan cupang, terdapat berbagai pilihan makanan yaitu terdiri dari kutu air, udang kecil dan cacing darah.

Itulah dia cara memelihara ikan cupang bagi pemula. Cara tersebut bisa kamu jadikan referensi dalam memelihara ikan cupang agar warnanya cantik.

Jika ingin membaca artikel tentang ikan cupang lainnya, kamu bisa baca di website PintarPet.com ya. Semoga bermanfaat!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Terbit: Senin, 14 September 2020, 19:30 WIB
Update pada: Selasa, 22 Desember 2020, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://review.bukalapak.com/hobbies/cara-merawat-ekor-ikan-cupang-108480
  • https://www.liputan6.com/citizen6/read/3917472/5-cara-merawat-ikan-cupang-yang-baik-ikan-enggak-mudah-mati

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar