Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Rabu, 10 Maret 2021, 21:30 WIB

5 Fakta Menarik Tentang Ikan Cupang yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

5 Fakta Menarik Tentang Ikan Cupang yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

fakta menarik ikan cupang - live science

Banyak yang sudah memeliharanya, namun tidak tau banyak tentang informasi ikan cupang sebenarnya. Yuk cari tau dulu fakta menarik tentang ikan cupang

Beberapa belakangan ini salah satu hewan peliharaan yang sedang naik daun adalah betta fish. Ikan yang disebut dengan ikan cupang ini sangat terkenal di berbagai kalangan usia. Banyak yang mulai memelihara ikan cupang yang indah ini untuk dijadikan hiasan di rumah mereka.

Jenis ikan hias kecil ini mampu menarik perhatian karena warna dan bentuknya yang indah. Tak heran jika banyak orang yang mulai mencarinya untuk dipelihara. Beberapa orang rela merogoh budget yang cukup dalam untuk membeli seekor ikan cupang saja.

Maka dari itu banyak orang yang mulai menternak ikan cupang untuk dijadikan lahan bisnis yang menjanjikan. Dibalik keindahannya itu, ternyata ikan cupang menyimpan banyak fakta menarik yang bisa kita bahas lho. Kira-kira apa saja fakta menarik tentang ikan cupang? Yuk ikutin aja terus informasi berikut ini.

Fakta Menarik Ikan Cupang

Fakta Unik Ikan Cupang
Fakta menarik dari ikan cupang - medium

Banyak yang memelihara ikan cupang bahkan sampai mengawinkan ikan cupang untuk dijadikan bisnis, namun tidak begitu paham beberapa fakta mengenai ikan cupang tersebut. Ikan yang berasal dari asia tenggara ini punya fakta unik yang wajib kamu ketahui.

Kira-kira apa saja? Yuk ikuti informasi dari PetPi berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Ikan cupang Berasal dari Sungai

Banyak orang yang mengira ikan cupang berasal dari danau di suatu daerah di asia tenggara, namun faktanya ikan cupang mempunyai habitat asli di beberapa sungai di asia tenggara termasuk Indonesia.

Bahkan ikan cupang bisa hidup di air sungai yang mengalir cukup deras lho. Di Indonesia, biasanya kamu menemukan di aliran-aliran sungai di tepi sawah.

Seringkali tidak sedikit ditemukan pemburu cupang yang sedang mencari ikan cupang di aliran sungai dekat sawah.

Jika di Indonesia ada di beberapa aliran sungai di pulau jawa, di Thailand ikan cupang atau betta fish ini paling sering ditemukan di sungai Chao Phraya. Bahkan di Thailand, ikan cupang dijadikan binatang air nasional pada tahun 2019.

Ikan Cupang Bisa Hidup dengan Ikan Lain

Banyak juga yang berbicara tentang hal ini, apakah ikan cupang bisa hidup dengan ikan lain? Jawabannya bisa, tapi ada syarat yang harus kamu penuhi.

Dengan area yang cukup untuk tempat persembunyiannya, cupang betina memungkinkan untuk hidup berkelompok dengan ikan lain secara damai.

Namun dengan ikan cupang jantan, ini yang harus kamu perhatikan. Ikan cupang jantan mungkin akan berkelahi ketika melihat ikan kecil lain yang seukuran dengannya.

Namun hal itu tidak berlaku bagi makhluk air lain seperti udang dan juga siput air. Mereka bisa hidup bersama di satu akuarium.

Ikan Cupang Tidak Bisa Hidup di Air Dingin

Banyak yang mengira ikan cupang bisa ditempatkan di mana saja di sudut ruang manapun di dalam rumah. Faktanya tidak demikian. Ikan cupang merupakan hewan yang habitat aslinya adalah lingkungan tropis.

Jadi hewan ini membutuhkan suhu yang sedikit hangat baginya untuk bertahan hidup.

Bukan tidak bisa kamu tempatkan di ruangan kamar yang mempunyai pendingin ruangan, akan tetapi ikan cupang milikmu pasti tidak akan gesit dan terlihat lesu saat kamu pelihara disana.

Jadi jika kamu ingin tetap menaruhnya di dalam kamar, jangan lupa pasang penghangat air untuk memberikan kenyaman baginya.

Ikan Cupang Mengeluarkan Gelembung Saat Ingin Kawin

Jika kamu melihat wadah ikan cupang memiliki gelembung udara yang cukup banyak, itu tandanya berarti ikan cupang milikmu sedang memberikan tanda.

Gelembung udara dibuat ikan cupang jantan untuk memberikan tanda bahwa birahinya sedang meningkat. 

Ketika cupang jantan ingin kawin, maka ia membangun gelembung udara. Barulah nanti ikan cupang betina akan melepaskan telurnya ke bagian gelembung udara tersebut.

Setelah itu ikan cupang jantan akan melepaskan milt atau sperma supaya terjadi pembuahan secara eksternal. Unikkan cara kawin ikan cupang?

Ikan Cupang Jantan yang Menjaga Telurnya

Ini adalah hal yang mungkin sangat unik dan jarang terjadi pada setiap hewan yang sedang berkembang biak.

Kebanyakan hewan yang berkembang biak, biasanya betina lebih mendominasi untuk menjaga telur atau menjaga anaknya dari gangguan apapun. 

Nah pada ikan cupang ini, ikan jantanlah yang ternyata menjaga telur ikan cupang dari sentuhan apapun termasuk ikan cupang betinanya. Selama kurang lebih 3 hari ikan cupang jantan menunggu menetasnya telur yang ikan betina hasilkan.

Justru, jika ikan cupang betina tidak dipisahkan di akuarium yang berbeda, bisa saja ikan cupang betina malah memakan telur-telurnya.

Nah, unik-unik kan fakta menarik tentang ikan cupang yang mungkin belum banyak tau. Kebanyakan dari kita hanya terlena dengan keindahannya saja, namun hanya sebagian orang yang mempelajari dan tahu fakta sebenarnya tentang ikan cupang.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu ya, share jika kamu berkenan untuk memberi tahu kepada pecinta ikan cupang lainnya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Terbit: Senin, 09 November 2020, 16:00 WIB
Update pada: Rabu, 10 Maret 2021, 21:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://animals.howstuffworks.com/pets/betta-fish-myths.htm
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/peter-eduard/fakta-ikan-cupang-exp-c1c2
  • https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4360689/cek-6-fakta-dan-mitos-ikan-cupang-yang-populer-di-tengah-pandemi-virus-corona
  • https://www.peta.org/features/never-buy-betta-fish-as-pets-how-siamese-fighting-fish-suffer

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar