Hari ini: Selasa, 02 Maret 2021
Senin, 05 Oktober 2020, 10:00 WIB

Mau Cepat Panen? Begini Cara Budidaya Ikan Gurame

Mau Cepat Panen? Begini Cara Budidaya Ikan Gurame

Dijamin sangat menyenangkan melihat kolam ikan gurame berisi ribuan benih yang sudah kamu hasilkan dengan cara budidaya ikan gurame berikut ini

Cara budidaya ikan gurame memang sering dicari oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, ikan yang termasuk dalam jenis ikan air tawar ini memang gemar dicari oleh konsumen untuk konsumsi pribadi sehingga bisa menguntungkan dalam segi uang.

Tidak jarang orang Indonesia rela membuat kolam besar, menghabiskan uang banyak hanya untuk membudidayakan ikan gurame. Apakah kamu salah satu orang ini?

Maka, kamu berada di tempat yang tepat, karena kali ini PetPintar akan membagikan tips-tips terbaik yang sudah terbukti bisa panen ikan gurame lebih cepat.

8 Cara Budidaya Ikan Gurame dengan Baik Agar Hasil Panen Maksimal

Cara Budidaya Ikan Gurame

Harga jual tinggi, cepat panen, harga relatif stabil, tingginya permintaan konsumen. Inilah alasan kenapa banyak orang yang ingin tahu cara budidaya ikan gurame. Menariknya, ada tips yang harus kamu lakukan agar semua alasan ini tercapai.

Ikuti langkah-langkah berikut ini agar budidaya ikan gurame milik kamu cepat panen dengan harga yang mahal.

1. Siapkan Kolam Ikan Gurame Terbaik

Prioritas pertama ketika kamu ingin tahu cara budidaya ikan gurame adalah menyiapkan kolamnya dengan baik, mulai dari luasnya, kebersihannya, hingga air yang digunakan.

Buatlah kolam dengan dasar yang sudah dibaluti dengan semen sampai kering. Kemudian, siapkan air tawar mengalir dengan filtrasi yang baik, baik filtrasi air yang masuk maupun filtrasi air yang keluar. Kecilnya lubang filtrasi akan mempengaruhi bagaimana kualitas air tersebut.

Kalau kamu tidak punya banyak uang untuk membuat kolam ikan gurame yang terbuat dari semen, maka gunakanlah tanah yang padat atau terpal sebagai penggantinya.

Baca Juga: Berkenalan dengan 23 Jenis-jenis Ikan Air Tawar Populer di Indonesia

2. Pilih Indukan Gurame Terbaik

Faktor utama penentu seberapa baik dan cepatnya kualitas kamu dalam membudidayakan ikan gurame adalah kualitas dari indukannya. Ketahuilah ciri-ciri kualitas induk gurame yang baik.

Pilihlah induk gurame yang sudah berusia sekitar 3 - 6 tahun dengan bobot sekitar 1,5 kg per ekor. Usia dan bobot ini merupakan rentang ikan gurame yang sedang produktif untuk melakukan pemijahan.

Selain usia dan bobot, ada 2 ciri fisik lain yang menandakan bahwa ikan gurame tersebut sudah siap dipijahkan, yaitu perut yang terasa lebih lembek, membesar ke belakang, dan anus tampak berwarna putih kemerahan.

3. Ketahui Cara Merawat Ikan Gurame

PetPintar akan membagikan tips ini di artikel lainnya di dalam website ini. Yang paling penting, kamu mengetahui apa faktor utama yang harus dilakukan untuk merawat ikan gurame agar bisa tumbuh dan panen lebih cepat.

Cara perawatan tersebut dimulai dari pemberian pakan, apa saja ikan lain yang boleh tinggal bersama dan bagaimana kamu membersihkan kolam agar suhu dan tingkat pH-nya sesuai dengan ekosistem ikan gurame yang baik.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG IKAN?
Cari info Ikan terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Lakukan Proses Pemijahan dengan Baik

Bagi kamu yang sebelumnya tidak pernah memelihara ikan jenis apapun, pemijahan adalah proses pengeluaran sel telur induk betina dan sperma oleh jantan yang kemudian diikuti dengan perkawinan.

Proses ini penting dilakukan mengingat tujuan dari budidaya adalah mendapatkan anakan gurame yang lebih banyak.

Saat proses ini, buatlah sarang pemijahan sendiri yang terpisah dari kolam utamanya. Pilih 1 pasang induk yang sudah siap dan masukkan mereka dalam sarang pijahan tersebut.

Tunggulah proses pemijahan sekitar 7 hari hingga kamu benar-benar melihat ada banyak telur ikan gurame dalam sarang tersebut.

5. Rawat Telur Ikan Gurame dengan Baik

Ketika kamu melihat sudah banyak telur ikan gurame di dalam sarang, pindahkan mereka ke dalam kolam khusus yang hanya berisi benih tersebut. Mereka harus segera dipisah agar induk ikan gurame tidak merusak atau memakan pertumbuhan benihnya.

Jagalah kualitas air, suhu dan pakan yang kamu berikan kepada benih ikan gurame yang berjumlah ratusan tersebut agar tingkat kematiannya rendah.

Pelet terbaik untuk benih gurame adalah pelet yang halus dan berbeda dengan pelet yang kamu berikan kepada gurame induk.

Baca Juga: Panduan Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Pemula, Siap Jadi Jutawan?

6. Persiapkan Proses Pendederan Benih Ikan Gurame

Tunggu hingga kurang lebih 2 minggu benih ikan gurame hidup di dalam kolam khusus tersebut. Setelah itu, masukkan mereka ke dalam satu plastik yang biasa digunakan untuk memasukkan benih ikan.

Plastik ini digunakan sebagai wadah benih ikan gurame untuk beradaptasi dengan kondisi kolam baru yang akan mereka tempati.

Pastikan kamu sudah membiarkan plastik berisi benih ikan tersebut mengapung selama 2 jam di atas kolam agar mereka tidak mudah stress dengan kondisi kolam yang baru akan mereka tempati.

Setelah 2 jam kamu menunggu mereka mengapung. Kini saatnya melepaskan benih ikan gurame yang baru saja kamu budidayakan ke dalam kolam. Lalu, berikan pakan berupa pelet halus untuk memastikan tidak adanya ikan gurame yang kelaparan.

7. Besarkan Ikan Gurame Seperti Biasa

Setelah benih ikan gurame yang sudah berumur lebih dari 2 minggu hidup di dalam kolam, rawatlah mereka layaknya kamu merawat ikan gurame remaja lainnya.

Berikan pakan yang sesuai, rawat kebersihan kolam, jaga suhu air agar tetap stabil dan pastikan tidak ada hewan lain yang berpotensi sebagai hama kolam ikan gurame.

Cara budidaya ikan gurame setelah melewati proses ini akan terasa sangat menyenangkan, artinya kamu sudah melewati proses pembuatan anak ikan gurame lebih banyak dan potensi penjualan meningkat.

8. Panen Ikan Gurame

Cara Ternak Ikan Gurame

Pemilihan induk, perawatan, pemijahan dan proses pendederan sudah kamu lakukan. Apa langkah terakhir yang ditunggu-tunggu? Yaitu proses panen ikan gurame. Tahap ini menyenangkan tapi harus kamu lakukan dengan hati-hati supaya hasil panen maksimal.

Masa panen biasanya dalam waktu 4-6 bulan sejak benih dimasukkan dalam kolam Dalam memanen, Anda juga perlu melihat kebutuhan pasar, jenis gurame seperti apa yang banyak diminati oleh pasar.

Itu dia 8 cara budidaya ikan gurame yang mudah dilakukan agar cepat panen dan hasilnya maksimal. Lakukan semua tahap demi tahap dan pastikan tidak ada yang terlewatkan. Jika ada sesuatu yang kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar kamu di sosial media PetPintar.

Selamat menikmati budidaya ikan gurame dan semoga hasil panen kamu menyenangkan!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://www.fis-net.com/fis/worldnews/worldnews.asp?l=e&id=42078&ndb=1
  • https://freshwater-aquaculture.extension.org/wp-content/uploads/2019/08/Manual_for_commercial_production_of_the_Gourami.pdf
  • https://www.researchgate.net/publication/328353532_An_overview_of_giant_gourami_aquaculture_Current_problems_and_future_solutions
  • https://www.researchgate.net/publication/328353532_An_overview_of_giant_gourami_aquaculture_Current_problems_and_future_solutions
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar