Hari ini: Senin, 26 Februari 2024
Selasa, 05 September 2023, 16:30 WIB

Manfaat Ikan Kembung: Bagi Kesehatan Hewan Peliharaan, Manusia dan Ekosistem

Manfaat Ikan Kembung: Bagi Kesehatan Hewan Peliharaan, Manusia dan Ekosistem

Ikan kembung memberikan beragam manfaat yang tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan nutrisi (Gambar: @Richard Bell/Unsplash)

Ikan kembung memiliki banyak manfaat yang besar untuk hewan peliharaan, manusia dan ekosistem. Kira-kira apa saja ya manfaatnya? Inilah penjelasannya.

Sobat Pintar, Ikan kembung (Chub mackerels) adalah salah satu ikan yang baik untuk kamu konsumsi sehari-hari. Hal ini tidak terlepas dari segudang manfaat ikan kembung yang berasal dari gizi dan nutrisinya.

Tidak hanya untuk manusia, ikan kembung pun memiliki banyak manfaat lainnya lho. Ikan dengan nama ilmiah Rastrelliger ini merupakan jenis ikan laut yang masih satu kerabat dengan tongkol, tuna, makarel, dan tenggiri.

Di Indonesia, kamu bisa menemukan ikan ini dengan mudah dan harganya yang tidak terlalu mahal. Sekitar Rp30.000 sampai Rp50.000 per kilogramnya tergantung ukuran.

Lantas, apa saja manfaat yang ada di dalam ikan kembung itu? Jika kamu penasaran dengan jawabannya, yuk kita simak bersama-sama penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Manfaat Ikan Kembung untuk Hewan Peliharaan

Manfaat Ikan Kembung Untuk Kucing Dan Anjing
manfaat ikan kembung untuk kucing dan anjing (Gambar: @Rsape/Pixabay)

Pertama, ikan kembung memiliki manfaat bagi hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Bagi anjing, asupan omega 3 terbilang sangat penting karena berperan besar untuk sistem kekebalan tubuh dan fungsi otak mereka.

Nah, asupan omega 3 bisa kamu peroleh dari ikan kembung, ikan salmon, ataupun ikan tuna. Jadi jika kamu mencari sumber protein yang tinggi, tetapi harganya cukup terjangkau, maka ikan kembung untuk anjing bisa menjadi opsi yang sangat tepat.

Sama seperti anjing, kucing pun membutuhkan banyak nutrisi dan gizi untuk kesehatan mereka. Kucing membutuhkan protein yang tinggi agar kesehatannya terjaga dan tidak mudah sakit.

Apalagi ikan adalah salah satu makanan kesukaannya. Kamu bisa memberikan ikan kembung untuk kucing agar nutrisinya terpenuhi. Ikan ini juga mengandung vitamin B kompleks, yang penting untuk metabolisme yang sehat dan energi yang berkelanjutan.

Dengan memberikan ikan laut ini, kamu juga bisa membantu pertumbuhan otot dan menjaga berat badannya. Selain itu, kandungan mineral seperti selenium dalam ikan kembung membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing kesayangan, melindungi mereka dari infeksi dan penyakit.

Akan tetapi, penting untuk memasak ikan kembung untuk kucing dengan benar untuk menghindari risiko keracunan merkuri. Selalu pastikan ikan telah dimasak hingga matang sempurna dan hindari memberikan tulang ikan yang tajam kepada kucing peliharaan.

Tidak hanya itu saja, penting untuk menghilangkan duri dan tulang ikan terlebih dahulu. Hal ini sangat krusial karena duri dan tulang ikan bisa membahayakan kucing terutama untuk mulut, pencernaan, dan tenggorokannya. Oleh karena itu, pastikan sebelum memberikannya, kamu sudah hilangkan duri dan tulangnya ya.

Dengan memberikan ikan kembung dalam makanan mereka secara teratur, kamu dapat mendukung kesehatan dan kelangsungan hidup anabul secara alami, sambil memberikan mereka hidangan yang lezat dan bergizi.

Peran Ikan Kembung untuk Ekosistem

Manfaat Ikan Kembung Untuk Lingkungan
manfaat ikan kembung untuk lingkungan (Gambar: klikdokter.com)

Seperti yang kamu tahu, ikan kembung termasuk ke dalam golongan ikan air laut. Di ekosistem alami, ikan laut memiliki peranan yang sangat besar terutama untuk menjaga rantai makanan dan memastikan stabilitasnya terjaga.

Di alam bebas, ikan akan memakan organisme lainnya. Inilah yang akan mencegah terjadinya ledakan populasi suatu organisme. Ketika terjadi ledakan populasi, tentu hal ini tidak akan baik untuk keseimbangan alam.

Selain itu, ikan punya peranan yang penting juga sebagai indikator kualitas air. Ketika di suatu perairan terdapat banyak ikan, maka bisa menjadi arti bahwa kualitas air di perairan tersebut masih bagus dan tidak tercemar.

Akan tetapi, saat populasi ikan menurun drastis, maka ini bisa menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres dengan perairan tersebut. Bisa ada pencemaran karena limbah atau lainnya. Jadi ikan laut memang punya peranan yang sangat krusial untuk alam.

Manfaat Ikan Kembung untuk Kesehatan Manusia

Selain bermanfaat untuk lingkungan dan hewan peliharaan, ikan kembung pun punya manfaat yang amat besar untuk kesehatan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan gizi pada ikan kembung yang luar biasa.

Beberapa nutrisi yang bisa kamu dapatkan dalam ikan kembung adalah lemak, karbohidrat, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, protein, kalsium, hingga berbagai vitamin. Nutrisi inilah yang membuat ikan kembung sangat bermanfaat.

Inilah berbagai manfaat ikan kembung untuk kesehatan selengkapnya:

1. Membantu Mencegah Anemia

Pertama, ikan kembung adalah sumber zat besi dan vitamin B12 yang sangat baik untuk kesehatan. Kedua kandungan gizi tersebut sangat baik untuk membantu mencegah anemia atau kekurangan darah.

Ketika terkena anemia, kamu cenderung akan mudah pusing, lelah, lemas, dan penglihatan yang terganggu. Konsumsi ikan kembung bisa membantumu lepas dari gejala anemia.

2. Baik untuk Perkembangan Bayi

Manfaat ikan kembung bagi ibu hamil pun juga terkenal sangat besar. Salah satunya adalah untuk membantu perkembangan visual dan kognitif bayi sejak dalam masa kandungan.

Manfaat ini berasal dari kandungan omega 3 yang ada di dalam ikan kembung. Di dalam omega 3 terdapat kandungan DHA dan juga EPA. Kedua nutrisi inilah yang sangat baik untuk perkembangan bayi.

Selain itu, omega 3 juga sangat baik untuk perkembangan saraf bayi, otak bayi, dan membantu mengurangi resiko terkena alergi pada bayi.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat Ikan Kembung Untuk Manusia
manfaat ikan kembung untuk manusia (Gambar: endeus.tv)

Selanjutnya, ikan kembung pun sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini berasal dari kandungan protein dan lemak yang bermanfaat untuk menurunkan kadar ghrelin di dalam tubuh manusia.

Ghrelin adalah hormon yang bisa memicu timbulnya rasa lapar sehingga kamu akan sering makan. Dengan protein dan lemak yang cukup, ghrelin akan lebih terkontrol dan hasilnya berat badan pun akan menurun karena pola makan terjaga.

4. Membantu Menurunkan Resiko Terkena Diabetes

Berikutnya ikan kembung juga terbilang baik untuk membantu menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini berasal dari kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi dalam ikan ini.

Akan tetapi, perlu kamu ingat bahwa konsumsi ikan kembung untuk penderita diabetes tetap harus dibarengi dengan usaha lainnya. Seperti gaya hidup yang sehat dan asupan makanan yang sehat.

5. Baik untuk Kesehatan Tulang

Ikan kembung memiliki kandungan vitamin, protein, dan tinggi kalsium. Inilah yang membuatnya sangat baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Konsumsi ikan kembung bisa membantu pencegahan osteoporosis dan patah tulang.

Tidak hanya itu, ikan kembung juga baik untuk menjaga kesehatan gigi. Protein dan kalsiumnya bisa membantu gigi tetap kuat.

6. Bermanfaat untuk Kolesterol

Masalah kolesterol memang sering menjadi momok bagi banyak orang. Tidak banyak yang tahu, bahwa ada manfaat ikan kembung untuk kolesterol yang sangat besar lho. Hal ini berasal dari minyak ikan yang ada di dalam ikan kembung.

Minyak ikan ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan di waktu yang bersamaan meningkatkan jumlah kolesterol yang baik. Kemudian minyak ikan akan bekerja agar kolesterol terserap di usus dengan maksimal.

7. Membantu Mengurangi Gejala Arthritis

Rheumatoid arthritis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada sendi manusia. Kondisi ini merupakan akibat dari sistem kekebalan yang keliru dan justru menyerang tubuh kita sendiri.

Ketika terkena kondisi ini, konsumsi ikan kembung akan membantu meredakan rasa nyeri pada persendian dan membantu mengurangi otot yang kaku. Hal ini berasal dari kandungan anti peradangan yang ada di dalam ikan kembung.

Selain itu, natrium dan kalium yang ada di ikan kembung bermanfaat besar untuk kesehatan saraf dan otot. Kamu bisa mengonsumsi ikan kembung agar asupan natrium dan kalium di dalam tubuh senantiasa terpenuhi.

Sobat Pintar, itulah dia berbagai manfaat ikan kembung yang besar bagi manusia, lingkungan, dan hewan peliharaan. Walaupun sangat bermanfaat, perlu kamu pahami bahwa ada juga orang yang alergi terhadap ikan kembung.

Ketika alergi, maka tubuh akan menunjukkan tanda-tanda seperti gatal, ruam, dan sebagainya. Saat alergi, manfaat ikan kembung justru tidak akan bisa kamu peroleh secara maksimal.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apakah kamu alergi terhadap ikan kembung atau tidak.

Jika memang tidak ada tanda alergi, kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin agar bisa mendapatkan manfaat yang besar dari gizi dan nutrisi di dalamnya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://infokost.id/blog/makanan-kucing-kampung/121470/
  • https://kids.grid.id/read/473834611/5-peran-penting-ikan-dalam-ekosistem-serta-ciri-cirinya-apa-saja?page=all
  • https://www.halodoc.com/artikel/jarang-disadari-ini-5-manfaat-ikan-kembung-bagi-kesehatan
  • https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/22/074800376/5-sumber-omega-3-untuk-anjing-peliharaan
  • https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-mengonsumsi-ikan-kembung-bagi-kesehatan

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom.) Binus University 2013 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, ikan dan juga hewan peliharaan lainnya.

Ingin bekerja sama dengan PintarPet? Hubungi saya disini.

Komentar