Hari ini: Sabtu, 02 Maret 2024
Jumat, 01 September 2023, 18:00 WIB

10 Jenis Ikan yang Baik untuk Kucing, Bergizi Tinggi!

10 Jenis Ikan yang Baik untuk Kucing, Bergizi Tinggi!

Deratan jenis ikan yang baik dan bergizi tinggi untuk kucing (Gambar: Pixabay/@StockSnap)

Memilih ikan buat kucing jangan sembarangan. Sebelum diberikan, cek dulu apa saja jenis ikan yang baik untuk kucing di sini. Kucing tambah gemoy dan sehat!

Sobat Pintar, pernah tahu nggak kalau ada jenis ikan yang baik untuk kucing? Kamu bisa memberinya ikan sebagai makanan tambahan selain dry food juga wet food.

Sebagian pecinta kucing biasanya sesekali akan mengubah menu makan anabulnya dengan ikan segar. Ikan pada kenyataannya bisa menjadi makanan terbaik buat kucing.

Tentu karena alasan seperti kandungan gizi serta nutrisi yang terkandung di dalamnya. Disamping itu, ikan yang bagus buat kucing pun bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran.

Entah itu di pasar tradisional maupun di pasar modern seperti supermarket. Ada cukup banyak ikan berkualitas dan bergizi yang bisa jadi makanan untuk menambah nutrisi kucing kesayangan.

Penasaran apa saja jenisnya? Maka dari itu, yuk mari sama-sama kita simak ulasan tentang daftar ikan yang bagus diberikan pada kucing lengkap dengan penjelasannya di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Rekomendasi Jenis Ikan yang Baik untuk Kucing

Ikan Salmon Bagus Untuk Kucing
ikan salmon bagus untuk kucing (Gambar: Pixabay/@Shutterbug75)

Ikan bisa jadi sumber protein serta bergizi buat kucing. Biar tahu apa aja ikan yang bagus buat kucingmu, PetPi sudah merangkum semuanya di sini.

Agar terhindar dari makanan yang dilarang untuk dikonsumsinya, berikut adalah daftarnya:

1. Ikan Salmon

Ikan yang bagus untuk kucing persia dan hampir semua jenis kucing salah satunya adalah ikan salmon. Ikan satu ini sangat kaya dengan protein dan lemak omega-3 yang tentu bagus buat kucing.

Omega-3 sangat penting bagi kesehatan bulu dan kulit kucing. Protein yang terkandung dalam ikan salmon pun bisa menguatkan otot-otot pada kucing.

Jenis ikan yang baik untuk kucing ini juga kaya dengan nutrisi lain yang bisa memberikan kesehatan buat kucing peliharaan kamu. Ini dia sejumlah manfaat mengkonsumsi ikan salmon buat anabul:

  • Sumber protein: Yap, salmon adalah sumber protein yang bagus buat kucing. Nutrisi ini bisa membantu menguatkan otot juga menjaga kesehatan jaringan tubuh pada kucing.
  • Sumber omega-3: Salmon punya kandungan omega-3 yang tinggi dan bagus untuk bulu dan kulit kucing. Bisa juga mengurangi adanya peradangan kucing.
  • Vitamin D: Kandungan vitamin D sangat penting bagi tulang kucing dan membantu proses penyerapan kalsium.
  • Kesehatan jantung: Omega-3 yang ada dalam salmon bisa menjaga jantung kucing juga mengurangi risiko terkena penyakit jantung anabul.
  • Bantu mata lebih sehat: Tentu saja, salmon punya kandungan vitamin A serta taurin. Dengan nutrisi ini, kesehatan mata kucing bisa terjaga.

2. Ikan Sarden

Ikan Sarden Bagus Untuk Kucing
ikan sarden bagus untuk kucing (Gambar: Pixabay/@DanaTentis)

Selanjutnya jenis ikan yang baik untuk kucing berikutnya adalah ikan sarden. Ikan ini merupakan jenis ikan laut yang juga bermanfaat untuk anabul kesayangan.

Kandungan nutrisinya cukup beragam. Misalnya saja, seperti:

  • Protein: Baik untuk menguatkan otot juga menjaga kesehatan dari jaringan tubuh kucing;
  • Kandungan asam lemak omega-3: Bisa membantu terjadinya peradangan dan bisa menjaga kesehatan jantung anabul;
  • Punya kandungan vitamin D: Manfaatnya untuk kesehatan tulang juga penyerapan kalsium;
  • CoQ10: Fungsinya sama untuk menjaga kesehatan jantung kucing; serta
  • Selenium: Membantu kucing agar kesehatan ginjalnya terjaga.

3. Ikan Tongkol

Kamu mungkin penasaran apakah ikan tongkol itu bagus atau enggak untuk kucing. Menurut beberapa informasi, ikan tongkol untuk kucing bagus kok buat kesehatannya.

Kandungan dalam ikan tongkol juga mirip-mirip dengan ikan yang harganya cukup mahal seperti salmon dan sarden.

Di dalam ikan tongkol ada kandungan asam lemak Omega-3 yang tentu bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan kucing. Utamanya dari segi penglihatan mata. Anabul akan tampak lebih jelas, bersih, juga sehat pada bagian mata.

Jenis ikan yang baik untuk kucing ini pun sangat mudah untuk kamu dapatkan di pasar tradisional bahkan di abang-abang penjual sayuran juga ada. Kadang, ada beberapa pecinta hewan yang menjadikan ikan tongkol sebagai makanan utama.

4. Ikan Lele

Kucing Makan Ikan Lele
kucing makan ikan lele (Gambar: Pixabay/@Congerdesign)

Mau tahu jenis ikan murah untuk kucing yang juga sangat mudah untuk kamu dapatkan? Jenisnya adalah ikan lele.

Semua pasti tahu kalau ikan bersungut ini punya banyak manfaat untuk kesehatan kucing. Meskipun murah, kandungan gizinya itu banyak, loh.

Ikan lele ini punya kandungan protein tinggi yang cocok buat ningkatin kekebalan juga bikin tubuh kucing jadi lebih gemoy. Ada juga vitamin B12 yang terkandung dalam ikan lele yang bisa mencegah kucing tertular penyakit.

Kamu sih bakal kaget kalau PetPi bilang, ikan lele ini juga punya kandungan omega-3 loh! Kandungan ini bisa bikin kulit dan bulu anabul jadi sehat dan nggak kusam. Yap, ikan lele juga termasuk jenis ikan yang baik untuk kucing.

5. Ikan Gabus

Selanjutnya masih ada lagi sih ikan yang bagus banget buat kucing. Utamanya kucing kampung.

Ikan yang bagus untuk kucing kampung adalah ikan gabus. Waktu denger ikan ini, mungkin kamu udah nggak asing lagi.

Meskipun gampang dapetnya di pasaran dan nggak mahal, protein dalam ikan gabus ini lebih tinggi dari yang ada dalam ikan lele, loh! Nah, manfaat ikan gabus sendiri buat kucing bisa bikin gemoy dan pertumbuhan kucing bisa lebih cepat.

Biasanya banyak pecinta kucing yang memberikan ikan gabus tampi sudah tercampur dan diaduk rata dengan nasi. Yakin deh bakal doyan banget kucingmu.

6. Ikan Tuna

Ikan Tuna Makanan Kucing
ikan tuna makanan kucing (Gambar: Pixabay/@27707)

Ikan tuna juga cukup populer sebagai jenis ikan yang baik untuk kucing. Manfaat kesehatannya tuh banyak banget. Kaya dengan protein itu pasti, vitamin D juga ada, dan omega-3 juga terkandung dalam ikan tuna.

Bisa kami katakan kalau makanan basah kucing ini bisa nguatin otot-otot kucing juga bikin jaringan tubuh kucing lebih sehat. Omega-3 yang ada di dalamnya juga bagus buat jaga kesehatan jantung kucing.

Vitamin D buat tulang-tulang kucing jadi kuat, vitamin A-nya bagus buat mata, dan katanya sih kalau makan ikan tuna, kucing jadi lebih nafsu makan.

7. Ikan Cod

Tidak, ini bukan cash on delivery, tapi ini ikan cod beneran. Yap, ikan itu cocok banget dan bagus buat anabul kesayangan.

Kandungan di dalam ikan ini juga sangat lengkap. Sudah ada kandungan protein, omega-3, vitamin D, EPA dan juga DHA. Nutrisi yang namanya sulit ini, bisa jaga kesehatan jantung kucing loh.

Ada juga kandungan seng juga selenium yang penting buat daya tahan atau sistem kekebalan tubuh kucing kesayanganmu.

9. Ikan Patin

Selanjutnya ada ikan patin yang juga termasuk salah satu jenis ikan yang baik untuk kucing. Rata-rata sama sih kandungannya.

Ada protein dan juga asam lemak omega-3. Biasanya dengan mengkonsumsi ikan segar ini, tubuh kucing menjadi tambah gemoy dan kucing semakin sehat lagi.

10. Ikan Bandeng

Ikan Bandeng Makanan Kucing
ikan bandeng makanan kucing (Gambar: Pixabay/@Aybanreyes)

Meskipun banyak tulangnya, ternyata ada hasil studi dari Nutriweb yang bilang kalau ikan bandeng itu punya banyak kandungan nutrisi buat anabul.

Contohnya juga ada asam lemak, asam amino, dan juga kandungan mineral juga vitamin. Proteinnya pun tinggi.

Biasanya para pecinta kucing akan merebus atau kukus ikan bandeng dulu sebelum jadi makanan buat kucing. Tahu kan kalau ikan bandeng banyak durinya?

Biasanya duri dan tulangnya ini nggak dibuang tapi dibiarin dalam proses kukus sampai benar-benar lunak. Ini juga harus kamu lakukan agar kucingnya nggak tersedak.

Akhir Kata

Ikan Baik Bagi Kesehatan Kucing
ikan baik bagi kesehatan kucing (Gambar: Pixabay/@Rihaij)

Sobat Pintar, itulah dia beberapa jenis ikan yang baik untuk kucing peliharaan kesayanganmu di rumah. Menarik bukan?

Harganya yang terjangkau dan bernutrisi tinggi, membuat jenis ikan di atas menjadi makanan terbaik yang direkomendasikan bagi kucing kesayangan kalian di rumah.

Terakhir, apabila kamu ingin memberikannya, jangan lupa belajar cara memberikan makan kucing terlebih dahulu dengan baik dan benar juga ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://www.radiokucing.com/2022/09/jenis-jenis-ikan-yang-baik-untuk-kucing.html
  • https://hewania.com/jenis-ikan-paling-bagus-untuk-kucing/12489/
  • https://www.faunafella.com/ikan-makanan-kucing/
  • https://www.kucingmania.net/jenis-ikan-yang-baik-untuk-kucing/
  • https://www.momsmoney.id/news/5-jenis-makanan-manusia-ini-aman-dikonsumsi-kucing-perhatikan-cara-menyajikannya
  • https://www.orami.co.id/magazine/cara-membuat-makanan-kucing

Tentang Penulis

Saya adalah alumni dokter hewan FKH Universitas Airlangga 2023 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar