Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Senin, 03 Mei 2021, 13:30 WIB

Perbedaan Kucing Persia dan Anggora, Mulai Ciri Fisik, Tingkah Laku, dan Harganya

Perbedaan Kucing Persia dan Anggora, Mulai Ciri Fisik, Tingkah Laku, dan Harganya

Perbedaan kucing anggora dan persia - PintarPet

Yuk, kenali perbedaan kucing persia dan anggora dari ciri-ciri fisik, tingkah laku, dan harganya. Kira-kira antara kucing persia dan anggora bagus mana, ya?

Apakah Sobat Pintar memelihara kucing di rumah? Apakah kamu juga mengetahui jenis ras kucing apa yang kamu pelihara tersebut?

Selain kucing domestik alias kucing kampung, jenis ras kucing persia dan kucing anggora menjadi salah satu yang difavoritkan dan banyak dipelihara oleh berbagai kalangan.

Memiliki beberapa ciri fisik yang hampir serupa, mungkin saja membuat Sobat Pintar masih bingung membedakan di antara keduanya, kan?

Maka dari itu, kali ini PetPi akan mengulas beberapa perbedaan kucing persia dan anggora yang perlu diperhatikan, mulai dari ciri fisik, tingkah laku, hingga harganya, lho.

Inilah Beberapa Perbedaan Ras Kucing Persia dan Anggora

Perbedaaan Kucing Persia Dan Anggora
Bedanya kucing anggora dan persia - the cat site

Kalau membicarakan mengenai jenis ras kucing berbulu panjang, umumnya kebanyakan orang akan menyebut nama kucing persia atau kucing anggora saat pertama kali melihatnya.

Namun jangan salah, kedua jenis ras kucing ini berbeda! Berdasarkan ciri-ciri kucing persia dan kucing anggora, kali ini PetPi akan mengulas berbagai perbedaannya yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Bentuk Wajah

Secara umum, kucing persia cenderung memiliki wajah bulat dan hidung datar jika kamu melihatnya dari samping, terutama untuk jenis kucing persia flatnose dan peaknose.

Kontur wajah lainnya seperti dahi hingga moncong pun juga cenderung datar. Warna mata pada kucing persia lebih beragam dibandingkan kucing anggora.

Kucing anggora memiliki kontur wajah segitiga dengan hidung dan moncong sedikit runcing, mirip kucing kampung pada umumnya. Bagian telinga kucing anggora pun berbentuk segitiga.

Mata pada kucing anggora memiliki tatapan yang tajam dan umumnya memiliki warna biru, kuning, atau keduanya (bermata aneh/heterochromia).

2. Proporsi Tubuh

Kucing persia memiliki proporsi tubuh yang terlihat lebih gemuk dengan postur yang pendek. Hal ini pula didukung dengan kaki kucing persia yang lebih pendek, namun tetap terlihat kuat.

Sementara kucing anggora memiliki proporsi tubuh yang cenderung lebih ideal. Kucing anggora terlihat lebih tinggi dengan tubuh langsing, sedikit berotot, dan struktur tulang yang kokoh.

3. Jenis Bulu

Bicara mengenai bulu, kucing persia sangatlah terkenal akan ciri fisik yang satu ini. Kucing persia memiliki bulu panjang dan lebat hampir di seluruh bagian tubuhnya.

Kucing anggora pun sama-sama memiliki mantel bulu panjang, namun tidak selebat milik kucing persia. Satu-satunya bagian tubuh kucing anggora yang memiliki bulu cukup lebat terutama adalah bagian ekornya.

4. Bentuk Ekor

Kucing anggora sangat dikenal berkat bentuk ekornya yang unik, di mana ras kucing ini memiliki ekor dengan bulu panjang dan sering berdiri tegak ke atas mirip seperti ekor musang.

Bentuk ekor kucing anggora yang unik juga membuat banyak kalangan menyebutnya sebagai ekor kemoceng, lho.

Sebaliknya hal ini tidak dimiliki oleh kucing persia. Mereka cenderung tidak memiliki bentuk ekor dengan penampilan atraktif dan bulu pada ekornya pun mirip seperti pada bagian tubuh lainnya.

5. Grooming

Sesuai dengan tipe bulunya, kucing persia yang memiliki bulu lebih lebat tentu memerlukan perawatan ekstra dalam hal grooming. Hal ini perlu dilakukan tiap hari untuk mencegah kusut dan hairball.

Sementara kucing anggora yang memiliki bulu lebih pendek, setidaknya kamu memerlukan grooming sekali atau dua kali seminggu agar menjaga kondisinya tetap bagus.

6. Masalah Kesehatan

Beberapa kucing ras rentan terhadap beberapa masalah genetik. Baik kucing persia atau anggora, memiliki risiko tinggi terhadap kardiomiopati hipertrofi yang menyebabkan penebalan otot jantung.

Penyakit mata pada kucing dan iritasi cenderung lebih rentan pada kucing persia yang memiliki mata besar dan menonjol.

Hidung datar dan pendek pun juga dapat menyebabkan masalah pernapasan. Selain itu kucing persia juga rentan akan risiko penyakit ginjal dan atrofi retina.

Sementara pada kucing anggora, terdapat pula masalah kesehatan yang disebut ataksia. Walau jarang terjadi, ataksia yang berkembang kurang lebih empat minggu dapat menyebabkan gangguan gerak tubuh hingga kematian, lho.

7. Tingkah Laku

Kucing persia memiliki kepribadian dan tingkah laku yang tenang. Hal ini membuat mereka akan bertingkah lembut, patuh, manja, dan terkadang suka bermalas-malasan.

Berbanding terbalik dengan kucing anggora yang sangat aktif, patuh, dan cukup pintar dengan tingkat intelegensi tinggi. Mereka sangat menyukai interaksi dengan pemiliknya.

Kucing anggora juga punya rasa ingin tahu tinggi akan lingkungan di sekitarnya. Selain itu, kucing anggora juga mudah beradaptasi pada lingkungan baru, seperti orang atau hewan lain.

8. Aktivitas dan Kebiasaan

Umumnya kucing persia memiliki aktivitas yang cenderung minim dan menggunakan sebagian besar waktunya untuk beristirahat.

Cara berjalan kucing persia pun juga lambat berkat kaki-kaki pendek yang dimilikinya. Walaupun begitu, kucing persia juga tetap menyenangkan dengan kepribadiannya yang manja saat kamu ajak bermain.

Lain halnya dengan kucing anggora yang memiliki tubuh atletis, di mana mereka akan tampak lebih aktif beraktivitas dan sangat senang apabila diajak bermain.

Cara berjalan kucing anggora pun menurut kebanyakan kalangan mirip seperti model dan pose tubuh mereka sangat “photogenic”.

9. Asal Muasal

Penamaan pada kedua ras kucing terpopuler ini sebenarnya mengacu pada daerah asal muasalnya, lho.

Kucing persia berasal dari kawasan Persia atau kini menjadi negara Iran, yang awalnya dibawa oleh penjelajah ke wilayah Italia dan sekitarnya pada 1620.

Kucing anggora berasal dari wilayah Anggora atau sekarang dikenal sebagai Ankara, Turki. Salah satu ras kucing tertua ini lebih dulu dibawa ke kawasan Eropa dan sekitarnya pada 1600-an.

10. Harga

Perbedaan harga kucing anggora dan persia menjadi bahan perbincangan yang menarik di kalangan pecinta kucing. Secara umum harga kucing persia lebih terjangkau dibanding harga kucing anggora.

Jenis kucing persia medium menjadi yang paling terjangkau. Hal ini dikarenakan kucing persia medium merupakan hasil persilangan kucing persia dengan ras kucing lain.

Sementara untuk kucing anggora, sangat sulit untuk mencari keturunan murni. Jika adapun merupakan keturunan campuran yang sudah mengalami persilangan.

Tabel Perbedaan Kucing Anggora dan Persia
 AnggoraPersia
Bentuk WajahBulat, Hidung datarSegitiga, Hidung mancung
Bentuk TubuhGemuk, PendekTinggi, Langsing
Jenis BuluPanjang, LebatPanjang, Tidak terlalu lebat
Bentuk EkorBulu panjang, TegakBulu panjang, Atraktif
GroomingSetiap hari2 Minggu sekali
Masalah KesehatanPenyakit mataAtaksia
Tingkah LakuLembut dan Malas-malasanAktif dan Patuh
Aktivitas dan KebiasaanSenang tidurSenang bermain
AsalIranTurki
HargaLebih murahLebih mahal

Kucing Persia dan Anggora Bagus Mana untuk Hewan Peliharaan?

Bedanya Kucing Anggora Dan Persia
Mana yang cocok jadi peliharaan? - eldiariodelanena

Setelah PetPi membahas mengenai perbedaan kucing persia dan anggora, mungkin timbul pertanyaan, "Kucing Persia dan Anggora bagus mana untuk hewan peliharaan?".

Kalau menurut PetPi, kedua ras kucing ini sama-sama menggemaskan dan memiliki ciri unik serta khas yang membuatnya cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah.

Namun dilansir melalui laman Cat Behaviourist, sebaiknya pilih jenis ras kucing yang sesuai dengan kepribadian kucing dan tempat tinggal yang akan mereka huni nantinya.

Sebagai pertimbangan, jika kamu memilih kucing persia mungkin akan lebih cocok sebagai kucing rumahan (indoor) yang berperilaku pasif dan manja sehingga cocok untuk anak-anak.

Mereka pun juga membutuhkan banyak perhatian ekstra, terutama untuk perawatan bulu yang harus dilakukan secara rutin hingga masalah kesehatan yang lebih rentan.

Adapun jika kamu menginginkan memelihara kucing anggora, mungkin Sobat Pintar membutuhkan rumah yang cukup luas. Hal ini dikarenakan tingkah laku dan aktivitas kucing anggora yang membuat mereka selalu bergerak dan eksplorasi secara bebas.

Terlebih untuk saat ini agak sulit untuk mendapatkan kucing anggora yang berasal dari keturunan murni. Jika ada harganya juga relatif sangat mahal, lho.

Itulah dia ulasan mengenai perbedaan kucing persia dan anggora yang membuat Sobat Pintar lebih memahami keduanya, berdasarkan ciri fisik, tingkah laku, dan berbagai hal lainnya.

Nah buat kamu yang memelihara salah satu ras kucing di atas, PetPi mau tahu apa saja pengalaman saat merawatnya. Makanya jangan lupa tulis pada kolom komentar di bawah, ya!

VIDEO: Biar Gak Salah Pilih, Ini Dia Perbedaan Ras Kucing Persia Dan Anggora!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Terbit: Minggu, 03 Januari 2021, 10:00 WIB
Update pada: Senin, 03 Mei 2021, 13:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://www.catbehaviourist.com/blog/choose-right-cat-breed/
  • https://pets.thenest.com/differences-between-angora-persian-cats-4455.html
  • https://www.catsact.com/2018/03/differences-angora-and-persian-cats.html
  • https://www.petmd.com/cat/breeds/c_ct_persian
  • https://www.petmd.com/cat/breeds/c_ct_turkish_angora

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar