Hari ini: Senin, 17 Januari 2022
Selasa, 14 Desember 2021, 08:11 WIB

5 Penyebab Kucing Berkelahi Disertai Cara Mencegahnya

5 Penyebab Kucing Berkelahi Disertai Cara Mencegahnya

penyebab kucing berkelahi - pixabay

Kucingmu seringkali berkelahi dengan kucing lain? Ketahuilah penyebab kucing berkelahi dan cara mencegahnya yang harus kamu lakukan dengan cara yang benar

Sobat Pintar, pernahkan kamu melihat kucing berkelahi? Biasanya mereka yang berkelahi akan mengeong dengan suara yang keras.

Pastinya suara tersebut mengganggu sekali. Jika di pedesaan kucing yang berkelahi ini sudah langsung di siram dengan segayung air agar berhenti berkelahi. 

Sangat menyulitkan sekali untuk mengatasi kucing yang sedang berkelahi baik di dalam maupun luar rumah. Lalu, pernahkah kamu tahu penyebab dari kucing yang berkelahi dan bagaimana cara mengatasinya?

Jika kamu belum mengetahuinya, mari simak penjelasannya berikut ini. 

Apa Saja Penyebab Kucing Berkelahi?

Penyebab Kucing Berkelahi
penyebab kucing berkelahi - pixabay

Kucing merupakan hewan teritorial dan ia akan selalu berkelahi untuk mempertahankan daerah yang diyakini nya menjadi daerahnya.

Ini merupakan hal yang umum sekali mengapa kucing berkelahi. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang sering menyebabkan kucing bertengkar dengan sesamanya, yaitu:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Perebutan Daerah Kekuasaan

Hal ini paling sering terjadi di luar rumah, sebab mereka meyakini ada kucing lain yang mengambil daerahnya. Mungkin saja kucing liar percaya jika kucing-mu tidak seharusnya ada di rumahmu atau di daerahnya. 

Mungkin saja kucing liar percaya jika kucing-mu tidak seharusnya ada di rumahmu atau di daerahnya. Tetapi, perkelahian tersebut juga dapat terjadi pada kucing yang tinggal bersama. 

Kucing akan memberikan tanda jika itu adalah wilayahnya dengan aroma dan salah satunya yaitu rumahmu. Apabila kamu mempunyai banyak kucing yang hidup bersama di rumah, mereka akan selalu berkelahi mengenai masalah daerah ini.

2. Mencari Perhatian Kucing Betina

Sebagian kucing memang agresif dan bisa melakukan kekerasan. Biasanya kucing jantan selalu ingin berkelahi sebab ia sangat agresif.

Kadang kala ia juga ingin mendominasi kucing betina. Apalagi ketika memasuki musim kawin, kucing-mu mungkin harus menunjukkan sifat agresifnya dengan cara berantem dengan betina dan saudara laki-lakinya atau bahkan dengan kucing lain.

3. Bermain Terlalu Kasar

Lalu, kucing juga biasanya dapat bermain dan juga dapat menjadi sosok yang kasar. Kucing bersikap kasar ketika bermain, hal tersebut mungkin akan terlihat seperti perkelahian dan agresi.

Namun, sebenarnya tidak. Tetapi, terkadang permainan yang berlebihan seperti itu bisa membuat kucing menjadi berkelahi dan menyebabkan salah satu dari kucing tersebut cedera. Untuk kasus ini, lebih baik kamu pisahkan kucingmu ke tempat yang aman. 

4. Terlalu Banyak Kucing

Kucing bukan termasuk hewan kawanan, dan umumnya mereka tidak senang dengan hidup yang berkelompok, baik kecil maupun besar.

Terdapat cara untuk meminimalisir stress ketika mereka harus berbagi ruangan, yaitu dengan menyediakan tempat makan yang berbeda, meletakan secara berjauhan. dan juga membuat ruangan persembunyian untuk kucing yang ingin menyendiri. 

5. Ruangan Terlalu Sesak

Apabila kamu memiliki banyak kucing di rumah, hal ini dapat menyebabkan ruangan tersebut terlalu sesak dan memunculkan aroma-aroma khas antar kucing yang bisa mengakibatkan perkelahian. 

Maka dari itu, gunakanlah produk pengharum ruangan yang bisa menghilangkan aroma tersebut. Selain itu, pilihlah wangi pengharum yang bisa menenangkan kucing sehingga bisa membantunya untuk mengurangi stres dan juga bisa mengurangi sifat agresifnya.

Cara ini bisa membantu pengenalan untuk kucing baru agar bisa hidup rukun dengan kucing yang lama.

Bagaimana Cara Mencegah Kucing Berkelahi?

Cara Mencegah Kucing Berkelahi
cara mencegah kucing berkelahi - pixabay

Apa yang akan kamu lakukan jika kucingmu berkelahi? Tentu saja melihat kucing yang berkelahi mengesalkan sekali. Walaupun naluri pertamamu mungkin ini cepat-cepat memisahkannya, namun kamu harus tetap berhati-hati ya.

Berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya di rumah, yaitu:

1. Mengalihkan Perhatiannya

Kucing dapat menjadi sangat agresif, dan mungkin kamu bisa mendapatkan banyak cakaran sebab usaha kamu. Ada baiknya cobalah untuk memisahkannya secara perlahan-lahan, selama kamu yakin tidak dalam bahaya.

Lalu, kamu bisa mencoba untuk mengalihkan perhatiannya, kucing akan sangat fokus ketika sedang berkelahi, namun kamu harus bisa mengalihkan perhatian mereka.

Gunakan sesuatu benda yang mereka sukai, seperti mainan atau makanannya. Hal ini kemungkinan besar bisa menarik perhatian mereka dan akhirnya berhenti untuk berkelahi. 

2. Menyemprotkan Sedikit Air

Apabila mengalihkan perhatiannya juga tak kunjung berhasil, maka kamu bisa menggunakan cara lembut tetapi efektif ini untuk menghentikan mereka berkelahi yaitu dengan memakai botol semprotan bunga dan semprotkan ke mereka yang sedang berkelahi.

Biasanya cara ini akan langsung menghentikan pertengkaran yang sedang terjadi, karena pada dasarnya kucing tidak terlalu suka air. 

3. Membiarkannya Tetap di Rumah

Terkadang, ketika kucing kamu berantem di luar rumah, mereka bisa saja diserang oleh kucing yang lain. Serangan ini dapat sistematis, seorang pemilik mempunyai cerita mengenai kucing yang selalu berkelahi dengan kucingnya setiap mereka bertemu.

Hal ini tentu saja mengkhawatirkan bila kucing-mu memiliki sifat lemah lembut dan tidak bisa melawan. 

Solusi yang tepat untuk mencegahnya berkelahi pada keadaan ini yaitu dengan menjaga kucing mu tetap di dalam rumah saja.

Melepaskannya ketika matahari sudah terbenam sangat beresiko. Apabila kamu tidak bisa memelihara kucing di rumah, kamu bisa coba dan cari tahu apa kucing liar tersebut punya seseorang dan apakah ia bisa dikendalikan.

4. Membantunya Berinteraksi

Cara lainnya untuk mencegah kucing berkelahi adalah ketika kamu mendengar kucing-mu sedang kesusahan, pergi dan bantulah kucing peliharaanmu.

Masih banyak kucing asing atau aneh yang akan berlari ketika melihat manusia. Untuk itu, kamu tidak harus melakukan banyak hal untuk bisa menghentikan mereka yang sedang berkelahi. 

5. Memeriksakannya ke Dokter Hewan

Pada dasarnya kucing sering berkelahi sebab mempunyai sifat yang sangat agresif. Sifat ini dapat jadi sebuah gejala penyakit yang tidak kamu ketahui.

Jika sudah seperti itu, bawa kucing kesayanganmu ke dokter hewan agar mendapatkan perawatan yang tepat. Setelah diperiksa, umumnya dokter hewan tersebut akan memberitahukan langkah apa saja yang harus kamu lakukan selanjutnya.

6. Ajak Kucing Bersosialisasi

Yang menjadi alasan utama kucing berkelahi yaitu sosialisasi yang tidak bagus. Kucing-kucing itu sama sekali tidak mau atau tidak tahu caranya berbagi, bersosialisasi dan bergaul dengan kucing lainnya.

Cara mencegah kucing berkelahi yang terakhir yaitu mungkin kamu bisa mengajaknya bersosialisasi dengan kucing-kucing tersebut supaya mereka mengerti cara bertindak dengan kucing lainnya.

Kamu juga bisa membawanya ke sekolah pelatihan kucing apabila kesulitan dalam mengatasinya sehingga membantu kamu dalam meningkatkan cara berperilaku mereka.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab kucing berkelahi dan cara mencegahnya yang harus kamu coba ketika kucing kamu berkelahi. Jangan lupa untuk tidak menggunakan kekerasan dalam hal ini, ya Sobat Pintar! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://daftarhewan.com/kucing-berantem/
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/eka-amira/5-cara-ampuh-mencegah-kucing-berkelahi-c1c2/2
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar