Hari ini: Kamis, 11 Agustus 2022
Jumat, 03 Desember 2021, 10:00 WIB

8 Penyebab Kucing Suka Menjulurkan Lidah Seperti Anjing

8 Penyebab Kucing Suka Menjulurkan Lidah Seperti Anjing

penyebab kucing suka menjulurkan lidah - pixabay

Sering melihat kucingmu menjulurkan lidah seperti anjing? Kenali 8 masalah kesehatan pada kucing yang selalu menjulurkan lidahnya berikut ini

Sobat Pintar, kamu pasti masih bertanya-tanya apa penyebab kucing menjulurkan lidahnya. 

Hewan yang satu ini memang menjadi binatang favorit masyarakat untuk dipelihara. Tingkahnya yang lucu memang mampu menghilangkan stress para pemiliknya.

Namun, keadaan kesehatan tubuh kucing juga bisa menurun. Salah satu ciri yang paling terlihat yaitu kucing selalu menjulurkan lidahnya, hingga produksi liur yang ekstrem.

erikut ini penyebab-penyebab kucing menjulurkan lidah yang harus kamu ketahui. 

Apa Saja Penyebab Kucing Menjulurkan Lidah?

Kucing yang sering menjulurkan lidahnya terkadang memang terlihat menggemaskan yang perilakunya mirip dengan seekor anjing.

Namun, anjing menjulurkan lidahnya dengan tujuan untuk mengatur suhu badannya ketika kelelahan atau juga untuk mendinginkan badannya.

Lalu, apa yang menjadi penyebab kucing senang menjulurkan lidahnya?  Apa ini menjadi sebuah tanda buruk? Mari kenali penyebabnya di bawah ini. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Ada Bulu atau Makanan yang Tersangkut

Kondisi kucing yang selalu menjulurkan lidahnya seperti anjing ini dapat disebabkan oleh bulu atau makanan yang tersangkut pada mulut kucing.

Area lidah kucing  ini papillae, yaitu lapisan kucing di lidah berupa seperti duri yang melengkung kecil ke belakang. 

Nah, saat ada bulu atau makanan yang tersangkut di rongga mulutnya, biasanya ia akan menjulurkan lidahnya masuk dan keluar, bahkan sampai memakai cakarnya untuk melepaskan bulu atau makanan yang ada di dalam mulutnya.

Tetapi, apabila kucing melet selama lebih dari dua menit, ini menjadi sebuah indikasi lan yang sedang terjadi di dalam mulutnya. 

Jika kondisi tersebut terjadi pada kucing peliharaan kamu, maka segeralah membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Mungkin saja terdapat masalah di mulutnya dan dokter hewan dapat membantu untuk membersihkannya. 

2. Sakit Gigi dan Gusi

Jika kucing memeletkan lidahnya dibarengi dengan produksi air liur yang banyak sekali, kemungkinan besar ia sedang mengalami sakit gusi dan giginya.

Jika hal ini dibiarkan saja, maka kondisinya akan semakin parah, mulut kucing dapat mengeluarkan darah. Oleh sebab itu, langsung bawa kucing mu ke dokter hewan, jangan sampai terlambat. 

3. Keracunan

Penyebab kucing menjulurkan lidah selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah keracunan, apalagi jika ia menjulurkan lidahnya dengan air liur yang banyak. 

Keracunan yang ia alami ini dapat disebabkan karena air minum yang sudah tercemar oleh pestisida, meminum cairan pembersih lantai, memakan hewan yang mati karena diracun, atau ia telah mengkonsumsi makanan yang tidak cocok untuknya. 

Tanda-tanda keracunan ini bisa diperkuat bila kamu melihat kucing menjadi sering muntah, lemas, lesu, sampai kesulitan untuk bernafas.

Jika sudah seperti ini, kamu harus memberi penanganan yang tepat dengan membawanya ke dokter hewan sehingga kucing kamu langsung bisa mendapatkan pengobatan. 

4. Kucing Mengalami Heat Stroke

Kamu harus tahu jika kucing merupakan hewan homoiterm. Suhu kucing tidak bisa diluar dari suhu normalnya, yaitu 38,5-39 derajat celcius.

Kucing rentan sekali terkena heat stroke, keadaan saat tubuhnya terjadi peningkatan suhu sangat drastis. Hal itu disebabkan ia berada di luar dengan suhu yang panas dan kurang cairan. 

Gejala heat stroke ini seperti menjulurkan lidah, lidah berwarna merah, air liur selalu menetes, terengah-engah dan kurang keseimbangan.

Untuk mengatasi hal ini, kamu harus memindahkannya ke ruangan yang teduh dan jangan lupa untuk selalu memberikannya minum. Dengan begitu, tubuh kucing akan perlahan-lahan menjadi dingin. 

5. Ada Luka di Dalam Mulutnya

Ada luka di dalam mulut kucing bisa juga menjadi penyebab kucing menjulurkan lidah. Luka ini biasanya akibat kucing berkelahi dengan kucing lainnya dan tidak dapat ia hindari.

Dalam perkelahian ini, mungkin saja ia digigit oleh kucing lain pada bagian mulutnya sehingga ia merasakan luka yang perih, terutama ketika bergesekan dengan area lain di dalam mulutnya. 

6. Mengeksplor Tekstur dan Rasa

Mungkin saja kucing menjulurkan lidahnya sebab ia sedang mencari tahu tekstur atau rasa yang ada di dalam mulutnya.

Seperti yang dikatakan oleh Pam Johnson-Bennet sebagai ahli perilaku kucing, bahwa kucing mempunyai preferensi yang kuat yang hanya pada rasa saja, namun juga dengan tekstur.

Bisa jadi kucing suka mengeksplor sisa makanan, sehelai rambut, atau benda asing di dalam mulutnya. Kucing akan menjulurkan lidahnya secara terus menerus untuk mengeluarkan benda tersebut. 

7. Rahang Mengendur

Yang satu ini merupakan penyebab kucing menjulurkan lidah lainnya, terutama ketika ia sedang tertidur sama halnya dengan manusia yang membuka mulut ketika sedang tertidur.

Tubuh kucing juga dapat sangat rileks sehingga rahang si kucing akan mengendur, jadi kamu bisa melihat lidahnya keluar dari mulut. Selain itu, rahang mengendur juga dapat terjadi saat mereka sedang dibius. 

Untuk kasus ini, kamu tidak perlu khawatir karena bukanlah masalah serius, ini hanya kebiasaan dari kucing yang tidak ada pengaruhnya dengan kesehatannya. 

8. Infeksi dan Stomatitis

Infeksi ini bisa disebabkan oleh lesi, periodontitis maupun hal lainnya, infeksi dan peradangan ini bisa membuat kucing selalu menjulurkan lidahnya. Tidak hanya bisa terkena infeksi saja, ternyata kucing juga bisa terkena stomatitis. 

Stomatitis yang terjadi pada kucing ini benar-benar merupakan keadaan kesehatan yang cukup parah.

Kondisi ini juga selalu ditandai dengan kucing yang menjulurkan lidahnya, kehilangan nafsu makan, berliur, dan nafasnya terengah-engah. Untuk kasus ini, kamu harus membawanya segera ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. 

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai penyebab kucing menjulurkan lidahnya yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga dengan artikel ini, kamu dapat lebih memahami masalah kesehatan pada kucing peliharaanmu ya, Sobat Pintar! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.halodoc.com/artikel/beda-dengan-anjing-ini-alasan-kucing-menjulurkan-lidah
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/rahmadila-eka-putri/penyebab-kucing-menjulurkan-lidah-exp-c1c2/full/5
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar