Hari ini: Kamis, 11 Agustus 2022
Selasa, 21 Desember 2021, 10:00 WIB

Kenapa Kucing Suka Menggigit Tangan Kita? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Kenapa Kucing Suka Menggigit Tangan Kita? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

kucing suka menggigit tangan - meow guide

Alasan kenapa kucing suka gigit tangan dan 7 cara untuk mengatasinya yang harus kamu ketahui sebelum melatih kucingmu supaya tidak melakukannya lagi

Sobat Pintar, kamu pasti penasaran mengapa kucing suka gigit tangan kita, bukan? Hewan yang menggemaskan ini memang merespon sentuhan kita dengan banyak cara.

Salah satu respon yang membuat kamu bingung yaitu gigitan. Respon ini menjadikan kamu bertanya-tanya, kenapa ia suka menggigit tangan mu. 

Faktanya, menggigit merupakan kepribadian yang normal untuk anak kucing. Baginya cakar dan mulut merupakan objek untuk melakukan eksplorasi dunia, jadi jika ia menggigit itu hal yang alami.

Di bawah ini kamu bisa membaca penjelasan lengkap mengenai kucing yang suka menggigit.

Berbagai Alasan Kenapa Kucing Suka Gigit Tangan Berdasarkan Usia

Penyebab Kucing Suka Gigit Tangan
penyebab kucing suka gigit tangan - purina

Kucing dapat belajar untuk menggunakan cakarnya dengan lembut dan juga menahan kekuatan gigi nya agar tidak melukai kamu.

Sehingga kucing dapat bermain dengan mu menggunakan cakar dan gigitannya tanpa membuat kamu berdarah. Inilah alasan kucing menggigit kamu yang harus diketahui. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Alasan Anak Kucing Suka Menggigit Tangan

Anak kucing menggigit memiliki alasan yang berbeda dengan kucing yang sudah dewasa. Penting untuk kamu mencoba memahami kebiasaan ini.

Anak kucing biasanya menggigit sebab masalah sosialisasi. Namun, berbeda untuk kucing yang sudah dewasa.  Apabila kamu ingin merawat anak kucing, maka ada baiknya kamu segera melatihnya. 

Kucing dewasa yang dapat bersosialisasi dengan baik pun akan memahami aturan lalu akan mengajarkan anak kucing dengan baik.

Untuk anak kucing, menggigit juga dapat menjadi salah satu cara mereka untuk memberitahu kamu tentang kebutuhannya, sedang tumbuh gigi atau menjadi caranya untuk mengeksplorasi lingkungan. 

2. Alasan Kucing Dewasa Suka Menggigit Tangan

Untuk kucing yang sudah memasuki usia dewasa, bisa jadi cara mereka untuk menyampaikan pesan khusus, diantaranya seperti: 

  • Respon untuk ancaman yang sedang dialaminya atau cara menegaskan yang mendominasi. Apabila kucing menggigit dan mereka tidak mundur, ini dapat menjadi sebuah masalah. 
  • Sebagian kucing menggigit untuk memberi peringatan jika ia tidak suka dengan tindakan atau perilaku yang manusia berikan. Cara ini biasanya ia lakukan karena sebelumnya pernah dilakukannya dan mereka berhasil. Contohnya seperti, apabila ia menggigit ketika kamu ingin memotong kukunya, lalu kamu tidak jadi memotong kukunya sebab ia sudah menggigit mu. Kucing belajar jika cara tersebut efektif. 
  • Lalu, sebagian kucing dewasa yang suka menggigit juga menjadi salah satu cara nya untuk berkomunikasi dan meminta perhatian kamu. Bukan hanya mengeong saja, ada juga kucing yang langsung menggigit. Tetapi, untuk masalah ini, apabila kucing menggigit kamu dan mencoba mengarahkan kamu pada sebuah benda atau kegiatan, kemungkinan besar mereka mengajak kamu untuk bermain.

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing yang Suka Menggigit Tangan?

Cara Mengatasi Kucing Suka Gigit Tangan
cara mengatasi kucing suka gigit tangan - mad paws

Terdapat sejumlah cara yang dapat kamu lakukan agar kucing-mu tidak lagi memiliki kebiasaan menggigit tangan. Perlu diingat jika kamu harus menyesuaikan usia kucing-mu.

Karena, solusi untuk kucing dewasa dan anak kucing ini berbeda. Berikut ini adalah sejumlah solusi untuk menghentikan kucing yang suka menggigit tangan secara umum, antara lain: 

1. Jangan Bermain dengan Tangan Telanjang

Kamu harus bisa membuat kucing dewasa dan anak kucing perlahan-lahan memahami jika tangan bukanlah sebuah mainan.

Jika kamu sering menawarkan tangan menjadi alat bermain bersama dengannya, maka sama saja kamu mengajarkan kebiasaan yang sangat beresiko. 

2. Merespon dengan Konsisten untuk Beberapa Perilakunya

Cara mengatasi kucing yang suka menggigit tangan berikutnya adalah menerapkan aturan tertentu dalam merespon perilakunya.

Selain itu, kamu juga wajib untuk memastikan seluruh anggota keluargamu menerapkan aturan yang sama. Karena, apabila kucing menerima respon yang berbeda untuk perilakunya, sudah pasti susah sekali untuk kamu melatihnya. 

3. Berikan banyak Pujian

Selanjutnya, kamu bisa memberinya pujian sebab sentuhan lembut dari gigi maupun cakarnya, misalnya “pintar cakarnya”.

Apabila gigi atau cakarnya menyakitimu, kamu bisa bereaksi dengan langsung menarik tangan atau bersuara keras sehingga mereka bisa belajar agar berhenti melakukan hal tersebut. Pakailah respon itu menjadi distraksi untuk menghentikan kebiasaan buruknya, bukan menjadi sebuah hukuman. 

4. Berikan kucing Mainan

Kucing memang sejatinya senang bermain. Kamu dapat menawarkan mainan apa saja yang disukainya supaya mereka tidak mudah bosan.

Mainan yang diberikan menjadi “hadiah” merupakan cara yang tepat untuk mendorong kebiasaan bermain yang positif sebab mereka telah bermain dengan objek yang tepat. 

5. Mendorong Tangan Supaya Dilepaskan

Apabila kucing menggigit tangan dan mereka tidak ingin melepaskannya, maka cara mengatasinya adalah dengan mendorong tanganmu agar gigitannya lepas atau bisa juga dengan menggetarkan giginya.

Sebab, jika menarik tanganmu dari gigitannya, mereka malah semakin tidak ingin melepaskannya. 

Selain itu, gunakan pakaian sebagai perpanjangan untuk tanganmu dan agar melatih kucing untuk memahaminya.

Apabila tidak seperti itu, kucing tidak akan pernah bisa berhasil membedakan apakah mereka menggigit kain atau tangan telanjang mu. 

6. Jangan Memberikan Hukuman Fisik

Cara mengatasi kucing yang suka menggigit tangan ini sangat penting untuk kamu lakukan, karena hukuman fisik bisa membuat kucing akan merasa diserang oleh kamu sehingga mereka secara naluri akan melawan untuk melindungi dirinya, dan bahkan mereka bisa berbuat kasar kepadamu. 

7. Ajarkan kebiasaan Pengganti

Apabila kucing mu sangat bersemangat lalu melukai kaki kamu saat kamu sedang berjalan, maka ajarkan kucing untuk duduk.

Jangan lupa untuk memberikannya hadiah bila ia berhasil melakukannya. Dengan demikian, setiap kali kamu berjalan, maka kucing akan duduk sebab menginginkan hadiah.

Lakukan cara ini dengan konsisten agar ia cepat bisa mengerti dan tidak mudah untuk melupakannya. 

Demikianlah pembahasan kenapa kucing suka gigi tangan dan cara mengatasinya. Agar tidak menggigit lagi, sebaiknya kamu mulai melatihnya dengan konsisten dari sekarang secara bertahap dan perlahan-lahan serta jangan pernah memberinya hukuman fisik jika mereka belum terlatih ya, Sobat Pintar! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/15/093652220/alasan-kucing-suka-menggigit-tangan-kita-dan-cara-mengatasinya?page=all
  • https://www.suara.com/lifestyle/2021/08/21/211506/4-penyebab-kucing-suka-menggigit-jangan-salah-paham-bisa-jadi-tanda-cinta?page=all
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar