Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Jumat, 12 November 2021, 10:00 WIB

Ini Dia 8 Alasan Kenapa Kucing Suka Kardus Yang Jarang Diketahui

Ini Dia 8 Alasan Kenapa Kucing Suka Kardus Yang Jarang Diketahui

alasan kenapa kucing suka kardus - pixabay

Alasan kucing suka kardus berikut ini bisa menjawab rasa penasaranmu kenapa selama ini kucing senang berada dalam kotak kardus. Berikut penjelasannya

Sobat pintar tentu pernah sesekali memiliki rasa penasaran mengenai alasan kenapa kucing suka kardus. Ini karena kucing senang sekali bersembunyi, santai dan bahkan tidak jarang tidur di dalam kardus.

Memang binatang satu ini memiliki berbagai fakta menarik, salah satunya senang bersembunyi di dalam kotak kardus. 

Merangkum dari berbagai sumber yang ada, Pepti akan mengajak kamu untuk sedikit mengetahui alasan-alasan kenapa kucing senang sekali bersembunyi di dalam kardus.

Langsung saja, berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Mengapa Kucing Senang Di Kardus?

​​

Alasan Kenapa Kucing Suka Kardus
alasan kenapa kucing suka kardus - pixabay

Banyak faktor yang menjadikan binatang satu ini senang dengan benda berukuran kotak seperti kardus. Salah satu alasannya adalah karena bentuk benda seperti ini memiliki atap sehingga kucing nyaman berlama-lama di dalamnya. 

Ini juga berkaitan dengan naluri kucing yang merupakan predator penyergap sehingga senang dengan tempat sembunyi yang hangat.

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini pepti rangkum uraian-uraian lengkapnya.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Merasa Lebih Aman

Alasan kenapa kucing suka kardus yang pertama adalah karena mereka merasa nyaman berada dalam ruang tertutup.

Biasanya kotak kardus ini digunakan oleh kucing sebagai tempat persembunyian karena kucing bisa dengan mudah untuk menyelinap dari arah belakang maupun samping.

Kucing merasa sangat aman berada di dalam kardus karena dia bisa mengontrol pergerakan penyusup, artinya kucing tidak akan kaget ketika mangsa datang menyusup. 

Selain itu kucing senang dengan kardus karena kardus menjadi zona aman mereka. Hal ini akan membuat kucing sangat nyaman sehingga kucing bisa terhindar dari stress. 

2. Sedang Beradaptasi

Beberapa penelitian memberikan hasil terkait alasan kenapa kucing senang dengan benda berukuran kotak seperti kardus. Penelitian tersebut dilakukan dalam tempat penampungan kucing. Hasilnya, kucing lebih cepat beradaptasi ketika berada dalam kotak. 

Fakta ini sangat menarik karena ternyata benda berbentuk kotak ini dapat membantu kucing untuk lebih mudah menghadapi berbagai perubahan pada keadaan di lingkungan sekitarnya. 

3. Kucing Merupakan Makhluk Cryptic

Ada satu penelitian menarik terkait dengan hal ini juga, bahwa kucing termasuk dalam jenis hewan cryptic. Ini berarti kucing merupakan binatang yang memang senang bersembunyi. Sangat masuk akal sekali apabila kardus menjadi salah satu benda yang sangat digemari kucing. 

Saat kucing berada dalam kardus, kucing merasa sangat aman karena bisa melihat berbagai hal langsung ke arahnya. 

4. Kardus Memberikan Kehangatan

Alasan kenapa kucing suka kardus lainnya yang tak kalah menarik yaitu kardus memiliki sifat isolator yang baik sehingga sangat bagus apabila digunakan untuk kehangatan.

Mengingat sifat kardus sebagai penghantar panas sangat baik tentu kucing akan semakin nyaman dan rileks ketika berada di dalamnya. 

Kucing memiliki suhu tubuh kurang lebih 37 derajat celcius, dengan ini kardus merupakan ruangan yang pas untuk kucing beristirahat.

5. Penasaran Dengan Bentuknya

Binatang satu ini tergolong dalam makhluk yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Tidak heran apabila sang majikan memiliki benda yang baru, ia akan langsung penasaran. 

Untuk itu sangat masuk akal sekali apabila kamu baru saja membeli benda berukuran kotak kucingmu langsung penasaran sehingga langsung berada di dekat kotak tersebut.

6. Kardus Membantu Kucing Istirahat

Kucing mampu menghabiskan waktu kurang lebih 18 jam setiap hari untuk tidur. Hal ini tentu membuatnya mencari tempat yang nyaman untuk beristirahat.

Berkaitan dengan hal tersebut, kardus menjadi salah satu benda yang bisa membantunya istirahat. 

Ibaratnya, kotak kardus tersebut sebagai ruangan yang sangat mewah bagi kucing peliharaanmu. Kucing akan merasa nyaman dan terlindungi saat berada dalam kardus. 

Terkait dengan hal tersebut, setidaknya kamu menyiapkan satu kotak apapun itu bentuknya supaya kucing muka bisa beristirahat dengan

7. Tekstur Kardus Membuat Kucing Nyaman

Alasan kenapa kucing suka kardus berikutnya adalah karena kotak kardus membuat kucing merasa nyaman. Tekstur dalam kotak kardus sangat menarik untuk dicakar maupun digigit.

Dengan demikian maka kucing akan semakin senang memainkan kotak kardus tersebut.

Kucing akan menganggap kotak yang sudah lapuk merupakan ainan yang sangat menarik sehingga membuatnya betah berlama-lama di dalamnya. 

8. Kotak Kardus Bisa Untuk Semua Ras Kucing

Jika belum pernah menjumpai, kamu akan heran ketika ada ras kucing yang besar ternyata memiliki karakteristik yang sama dengan kucing yang kamu pelihara.

Sekalipun kucing tersebut dibesarkan di suaka margasatwa sekalipun kucing akan tetap senang ketika diberi mainan berukuran kotak. 

Kucing akan langsung bermain-main dalam kotak, melompat, masuk dan keluar sama seperti kucing rumahan. 

Kesimpulan

Selain mengetahui alasan kucing suka dengan kardus, sebagai pemilik kamu bisa juga terus menumbuhkan pengalaman positif kucing dengan kardus tersebut. Kamu bisa menambahkan selimut dan beberapa mainan dalam kardus. 

Selain itu penting juga untuk melihat fakta menarik bahwa kucing senang ketika bersama dengan keluarganya. Maka dari itu sebaiknya kamu menempatkan kardus di area yang membuatnya bisa berkumpul dengan anggota keluarganya. 

Sobat Pintar alasan kucing suka kardus ternyata sangat banyak, namun dari beberapa alasan tersebut pepti ambil kesimpulan bahwa kucing senang dengan kardus karena bisa memberikan tempat yang nyaman. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.halodoc.com/artikel/alasan-kucing-suka-berada-dalam-kardus
  • https://www.idntimes.com/science/experiment/izza-namira-1/alasan-kenapa-kucing-menyukai-kardus
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar