Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Jumat, 26 Februari 2021, 11:00 WIB

Cara Merawat Kucing Anggora Paling Tepat Agar Sehat dan Panjang Umur

Cara Merawat Kucing Anggora Paling Tepat Agar Sehat dan Panjang Umur

cara merawat kucing anggora - petfood

Memelihara kucing ras tidak boleh sembarangan dalam merawatnya. Berikut ini panduang cara merawat kucing anggora yang bisa kamu terapkan

Lagi cari-cari jenis ras kucing yang cocok dengan karaktermu dan ingin memeliharanya? Coba deh pertimbangkan untuk pelihara jenis kucing anggora!

Kucing anggora atau dikenal juga sebagai Turkish Angora termasuk kucing berukuran sedang. Ia terkenal dengan sifatnya yang setia dan penuh kasih sayang. Kucing ini juga sangat aktif serta suka bermain dan berlari.

Selain berbulu indah dengan berbagai warna, kucing anggora juga memiliki mata berbentuk almond yang bisa berwarna biru, hijau, kuning, atau bahkan kedua matanya bisa berbeda warna.

Nah, dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh kucing anggun ini, kamu harus tahu apa aja cara merawat kucing anggora biar sehat dan berumur panjang!

Cara Merawat Kucing Anggora Agar Selalu Sehat

Cara Merawat Kucing Anggora
cara merawat kucing anggora - wikipedia

Buat kamu yang belum tahu, kucing anggora berasal dari Turki. Pada tahun 1520, untuk pertama kalinya kucing ini dibawa ke Eropa.

Sempat dikhawatirkan punah, pada tahun 1917 muncul program pengembangbiakan ras kucing ini. Akhirnya, kucing ini pun tidak jadi punah bahkan bisa sampai tersebar ke segala penjuru dunia.

Di bawah ini akan ada beberapa cara merawat kucing anggora dengan baik dan benar. Apa aja?

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Pilih Nutrisinya dengan Cermat

Pada dasarnya, kucing anggora merupakan tipe ras kucing yang berperawakan bagus. Anggora memiliki tubuh yang ramping dan ekor yang menyerupai seekor rubah.

Jika anggoramu mengalami obesitas alias kegendutan, itu akan membuat keanggunannya hilang dan dapat memicu berbagai penyakit berbahaya. Oleh karena itu, kamu harus memilah nutrisinya dengan cermat.

Jumlah makanan yang diberikan tergantung dari usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitasnya. Sebaiknya kamu mengkonsultasikan hal ini ke dokter hewan.

Kucing anggora banyak dipilih orang karena keindahan bulunya. Kalau kamu sampai memberikan makanan yang kualitasnya sembarangan, bulunya akan menjadi tidak sehat dan bukan tidak mungkin akan terjadi kerontokan.

2. Ajak Main dan Sediakan Mainan

Kucing anggora adalah tipe kucing yang suka bermain. Ia akan suka berlari ke sana kemari menghabiskan energinya untuk bersenang-senang. Dalam sehari, sebisa mungkin kamu mengalokasikan waktu bermain dengannya selama 15 hingga 30 menit.

Untuk mengakomodasi hobinya ini, berilah dia mainan kucing yang bisa kamu dapatkan di petshop terdekat. Kucing ini juga suka memanjat pohon, jadi sebisa mungkin sediakan tanaman atau alat bantu yang bisa ia panjat.

Selain itu, kucing anggora juga cenderung tidak suka dibiarkan sendiri. Kalau kamu tidak bisa mengakomodir kebutuhannya untuk bermain, bukan tidak mungkin ia akan membuat kerusakan di rumahmu hanya karena merasa bosan!

3. Menyikat Bulu dan Mandikan Secara Rutin

Cara merawat kucing anggora agar bulunya tidak rontok adalah dengan menyikatnya setiap hari atau setidaknya satu minggu sekali. Gunakan sisi bergigi rapat (fine-toothed comb) atau sikat licin (slicked brush) untuk menghilangkan bulu yang berlebih.

Ketika cuaca sedang panas, disarankan untuk lebih sering melakukannya. Aktivitas menyikat kucing anggora tergolong mudah karena anggora termasuk kucing single coat atau tidak memiliki bulu lapis bawah, sehingga bulunya tidak mudah kusut.

Anggora juga termasuk tipe kucing yang menyukai air, sehingga kamu bisa memandikannya secara rutin tanpa takut dicakar atau digigit. Aktivitas memandikan ini direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kucing anggora dengan warna bulu terang.

4. Rutin Memotong Kuku dan Membersihkan Telinganya

Selain rajin untuk memandikan kucing anggora, kamu juga harus merawat kebersihan kukunya secara rutin. Kamu bisa memotong kukunya setidaknya dua minggu sekali atau sebulan sekali.

Jangan lupa untuk membuatnya nyaman terlebih dahulu saat memotong kukunya karena ini bukanlah hal yang mudah, jika kamu tidak yakin untuk memotong kukunya, sebaiknya kamu lakukan di dokter hewan atau salon hewan terdekat.

Masih berhubungan dengan kebersihan dari kucing anggora, kamu juga harus membersihkan telinganya secara rutin.

Disarankan setelah kamu memandikannya, kamu bisa sekalian membersihkan telinganya. Gunakan bola kapas atau kain bersih yang basah dan usap lembut bagian telinga pelan-pelan dari bagian luar.

Telinga yang kotor biasanya akan menimbulkan penyakit pada kucing anggora.

5. Cegah Jangan Sampai Keluar Rumah

Cara Menjaga Kucing Aggora Keluar Rumah
jangan biarkan dia keluar rumah - love to know cat

Kucing anggora bisa dibilang sebagai kucing yang penyayang dan mampu menjalin persahabatan dengan hewan lainnya seperti anjing. Tapi seperti kebanyakan kucing, ia akan menunjukkan siapa bosnya di rumah.

Maka dari itu, anggora tidak suka sendirian. Jika ia tidak memiliki teman bermain di dalam rumah, bukan tidak mungkin ia akan berusaha keluar rumah untuk mengusir rasa bosan.

Kamu harus mengawasinya baik-baik agar hal tersebut tidak sampai terjadi. Selain berpotensi hilang karena dicuri, kucingmu juga bisa saja tertular penyakit dari kucing liar atau mendapatkan serangan dari hewan lain seperti anjing.

Untuk itu, kamu harus bisa menyediakan kandang yang nyaman untuknya dan alokasikan waktu bermain yang cukup dengannya.

6. Sediakan Kandang yang Cukup Luas

Jika kamu tidak ingin kucing anggora peliharaanmu bermain keluar rumah, maka kamu harus menyediakan kandang yang cukup luas dan nyaman baginya.

Seperti yang sudah diinformasikan di atas bahwa kucing anggora sering bosan jika tidak diajak main oleh pemiliknya.

Untuk menghindari kebosanannya dan kekhawatiran kamu akan dia keluar rumah, maka dari itu siapkan kandang yang luas berisikan mainan, alat panjat, tiang untuk mengasah kukunya, tempat tidur dan fasilitas lain sehingga ia tidak merasakan kebosanan.

Membuatnya nyaman adalah salah satu cara untuk membuatnya hidup lebih panjang.

7. Perhatikan Penyakit yang Rawan Menyerangnya

Semua kucing memiliki potensi penyakit yang bisa menyerangnya kapan saja. Kucing anggora tidak terkecuali. Kamu harus telaten menggosok giginya satu minggu sekali untuk menghindari penyakit periodontal.

Periksa juga telinganya dari kotoran dan cek apakan terdapat tanda-tanda infeksi. Jika telinganya kotor, bersihkan dengan menggunakan kain katun yang lembut. Jika tercium aroma tidak sedap dari telinganya, bisa jadi itu tanda infeksi telinga.

Jika mata anggora mengeluarkan kotoran, seka dengan kain bersih. Usahakan untuk menggunakan kain yang berbeda untuk kedua mata untuk menghindari penyebaran infeksi.

Beberapa penyakit lain yang umum menyerang kucing anggora antara lain:

  • Hypertrophic cardiomyopathy: Sejenis penyakit jantung yang ditandai dengan pembesaran otot jantung
  • Ataxia: Gangguan neuromuskular yang fatal dan bisa menyerang anak kucing anggora berusia dua hingga empat minggu

Segera bawa ke dokter hewan jika kucingmu menunjukkan gejala penyakit yang berbahaya!

Itulah tadi beberapa cara merawat kucing anggora dengan benar yang bisa kamu coba di rumah. Sebagai kucing ras yang indah, sudah sepatutnya kamu memberikan perawatan terbaik agar dia sehat dan panjang umur.

Bagaimana dengan cara merawat kucing anggora umur kecil yang baru lahir atau masih berusia 3 bulan? Untuk kucing anggora yang masih bayi, cara perawatannya kurang lebih sama kok dengan anak-anak kucing lainnya!

Kamu bisa mendapatkankan kucing ras ini dari shelter hewan yang ada di sekitar daerah rumahmu, bergabung dengan komunitas adopsi kucing, atau langsung mencari orang yang memang menjual ras kucing ini.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Kamis, 07 Januari 2021, 10:00 WIB
Update pada: Jumat, 26 Februari 2021, 11:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://vcahospitals.com/know-your-pet/cat-breeds/turkish-angora
  • https://www.hillspet.co.id/cat-care/cat-breeds/turkish-angora
  • https://www.popmama.com/life/home-and-living/rachma-novianty/cara-merawat-kucing-anggora/7
  • https://www.thesprucepets.com/turkish-angora-cat-breed-profile-4774070

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar