Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Minggu, 27 September 2020, 16:00 WIB

Yuk Adopsi! 5 Lokasi Shelter Hewan di Jakarta dan Sekitarnya yang Wajib Diketahui

Yuk Adopsi! 5 Lokasi Shelter Hewan di Jakarta dan Sekitarnya yang Wajib Diketahui

Sedang berniat mengadopsi kucing atau anjing sebagai peliharaan? Ketahui dulu lokasi shelter hewan di Jakarta dan sekitarnya yang terjamin dan terpercaya.

Memiliki hewan peliharaan di rumah, semisal anjing ataupun kucing mungkin jadi dambaan Sobat PetPi, kan? Terlebih peliharaan ini tergolong jinak dan bisa kamu jadikan teman bermain.

Di samping membeli hewan peliharaan di pet shop tertentu, ada pula opsi untuk melakukan adopsi, lho.

Sebagian kalangan bahkan merekomendasikan untuk melakukan adopsi karena beberapa alasan. Di antaranya adalah biaya awal yang lebih murah, sekaligus memberikan mereka "kehidupan kedua".

Selain dari mulut ke mulut atau media sosial, untuk kamu yang berniat melakukan adopsi anjing atau kucing bisa mendatangi shelter hewan yang menampung sekaligus merawatnya.

Kali ini, PetPi akan membahas beberapa lokasi shelter hewan di Jakarta dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan peliharaan yang kamu inginkan.

Beberapa Lokasi Shelter Hewan di Jakarta dan Sekitarnya untuk Adopsi Peliharaan

Shelter hewan secara umum menampung anjing, kucing, maupun jenis hewan lainnya yang sedang sakit, ditelantarkan, atau pemiliknya sudah tidak sanggup lagi dalam merawatnya.

Selain ditampung pada sebuah tempat khusus, hewan ini juga mendapat perawatan yang cukup. Mulai dari asupan makanan, vaksin, hingga sterilisasi untuk menjaganya dari risiko overpopulasi.

Apabila kamu mengadopsi dan merawatnya dengan baik, tentu peliharaanmu ini tidak akan kalah cantik dibanding yang dibeli di petshop, kok! Lalu di mana kamu bisa adopsi hewan di Jakarta dan sekitarnya?

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Shelter lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Jakarta Animal Aid Network

Jakarta Animal Aid Network

Pertama ada Jakarta Animal Aid Network (JAAN) yang merupakan sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh Femke den Haas, Karin Franken, dan Natalie Stewart pada Februari 2008 lalu.

Jakarta Animal Aid Network terbagi ke dalam dua bagian, yakni Wildlife yang berfokus pada hewan liar dan Domestic yang berfokus pada hewan domestik, seperti anjing dan kucing.

Bukan hanya sebagai shelter hewan di Jakarta, JAAN juga melayani adopsi anjing dan kucing, laporan penganiayaan dan hewan terlantar, hingga berbagai kampanye seputar isu kesejahteraan hewan.

2. Pejaten Shelter

Shelter Hewan Jakarta

Lalu ada Pejaten Shelter yang berlokasi di Jakarta Selatan. Lokasi ini merupakan salah satu shelter anjing Jakarta terbesar yang menampung lebih dari 1.000 ekor anjing di dalamnya.

Dr. Susana Somali, dokter patologi klinik merupakan pendiri dari shelter hewan yang menampung bukan hanya anjing, tetapi juga monyet dan kambing dengan luas area mencapai 5.000 meter persegi.

Umumnya jenis anjing yang dirawat merupakan peliharaan yang ditelantarkan atau dibuang pemiliknya.

Jika kamu hendak melakukan adopsi, Pejaten Shelter akan memfasilitasi dulu proses perawatan, vaksinasi, hingga sterilisasi jika dibutuhkan sebelum bisa dibawa ke rumah.

  • Alamat: Jalan Pejaten Barat No. 45T, RT.2/RW.8, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540
  • Facebook: Pejaten Shelter
  • Instagram: @shelterpejaten

3. Animal Defenders Indonesia

Shelter Hewan Di Jakarta

Kemudian ada Animal Defenders Indonesia yang merupakan organisasi penyelamat hewan yang sudah didirikan sejak 2011 lalu.

Shelter hewan Jakarta yang dikenal lewat sosok Doni Herdaru ini sendiri memiliki berbagai kegiatan, mulai dari menyelamatkan, merehabilitasi, adopsi, hingga edukasi seputar kesejahteraan hewan.

Animal Defenders Indonesia tidak memungut biaya jika kamu hendak melakukan adopsi. Namun syaratnya pengadopsi wajib lapor kondisi peliharaan minimal sebulan sekali.

TAUTAN BERSPONSOR
Disclosure:
Bantu Pet Shelter dan PintarPet terus berjalan! Kami menggunakan link affiliasi pada banner, dimana Kami akan menerima komisi dari pembelian paket donasi Anda di Lazada.

4. Catrescue.id

Shelter Kucing Di Jakarta

Khusus untuk lokasi shelter kucing Jakarta, ada pula Catrescue.id yang melakukan kegiatan masing-masing di wilayah Depok, Menteng, dan Tanjung Barat.

Catrescue.id merupakan sebuah gerakan inisiatif melalui program sterilisasi kucing jalanan yang disebut Trap Neuter Return (TNR) atau tangkap, steril, dan lepaskan kembali.

Lembaga ini juga membuka kesempatan untuk adopsi hewan, khususnya bagi mereka yang berkebutuhan khusus.

Misal untuk anak kucing, kucing sakit, kucing hamil, kucing senior, atau kucing yang tempat tinggalnya sangat berbahaya.

5. Pusat Kesehatan Hewan Ragunan

Shelter Anjing Di Jakarta

Kemudian ada pula Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Ragunan yang bukan hanya menyediakan pelayanan kesehatan saja, melainkan juga menjadi pusat penampungan bagi anjing dan kucing.

Shelter hewan di Jakarta yang dikelola oleh pemerintah ini bisa dikatakan memiliki persyaratan yang mudah untuk dapat mengadopsi hewan peliharaan yang diinginkan.

Untuk mulai mendaftar, kamu hanya perlu mengisi formulir dan KTP Jakarta untuk verifikasi berkas. Biaya yang dikeluarkan pun hanya Rp20.000,- untuk proses administrasi.

Sebelum bisa membawa pulang, Puskeswan akan melakukan wawancara dan survei kelayakan terlebih dulu. Adapun hewan yang diadopsi semuanya sudah melalui vaksin, steril, dan perawatan yang baik, lho.

Itulah dia beberapa informasi mengenai beberapa lokasi shelter hewan di Jakarta yang sudah PetPi rangkum buat kamu yang hendak mengadopsi peliharaan kesayanganmu nanti.

Nah dibanding membeli melalui pet shop, sudah jelas biaya yang dikeluarkan untuk adopsi anjing atau kucing jauh lebih terjangkau, kan?

Tertarik mencobanya? Sebelum itu, yuk tuliskan pendapatmu pada kolom komentar di bawah, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Shelter terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://animaldefenders.or.id/
  • https://catrescue.id/
  • https://muda.kompas.id/baca/2020/01/22/pejaten-shelter-suaka-hewan-terbuang/
  • https://www.jakartaanimalaid.com/about/
  • https://www.petbacker.com/blog/how-to/top-things-to-know-before-adopting-a-dog-cat-or-other-pets
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar