Hari ini: Jumat, 27 Januari 2023
Jumat, 16 September 2022, 13:30 WIB

Ingin Kirim Hewan Peliharaan? Gunakan Saja 9 Jasa Pengiriman Profesional Ini!

Ingin Kirim Hewan Peliharaan? Gunakan Saja 9 Jasa Pengiriman Profesional Ini!

jasa ekspedisi pengiriman hewan - breeding business

Apakah hewan bisa dikirim melalui ekspedisi? Ya, tentu saja bisa. Kamu bisa mengirimkannya melalui beberapa jasa pengiriman hewan peliharaan berikut ini.

Sobat Pintar, ketika kamu sedang berkecimpung pada usaha jual beli hewan peliharaan, tentunya akan bingung dalam memilih jasa pengiriman hewan peliharaan yang terpercaya.

Walaupun mungkin bisa mengantarkan sendiri, namun lebih efisien untuk memakai jasa pengiriman profesional untuk menerbangkan atau mengangkut hewan tersebut ke pembeli.

Jasa pengiriman hewan umumnya akan memeriksa kesehatan hewan yang akan dikirim dan mengamati pola tingkah lakunya. Sehingga, hewan tersebut bisa sampai di rumah pemilik barunya dengan aman dan terhindar dari stres.

Pastinya, kemudahan dan kenyamanan ada harganya, sehingga mungkin kamu tergoda untuk menangani sendiri saja. Tetapi, ada baiknya untuk tidak melakukannya.

Tentu saja hal ini dikarenakan tindakan tersebut akan berkaitan dengan keselamatan dari hewan peliharaan, sehingga akan lebih baik jika kamu menggunakan jasa profesional.

Lantas, apa saja agen ekspedisi yang menerima pengiriman hewan? Temukan jawabannya pada ulasan di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ragam lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Daftar Jasa Ekspedisi Pengiriman Hewan Terbaik di Indonesia

Jasa Kirim Hewan
ilustrasi jasa kirim hewan - breeding business

Faktanya, sebagian moda transportasi tidak akan mengizinkan kamu untuk membawa hewan hidup kecuali kamu memakai jasa ekspedisi khusus untuk pengiriman hewan.

Untuk itu, PetPi sudah menyiapkan rekomendasi dari jasa pengiriman hewan profesional dan terpercaya yang bisa kamu gunakan untuk mengirim hewan peliharaan ke luar kota, luar pulau, dan bahkan luar negeri secara aman seperti berikut ini.

1. JNE

Jasa Pengiriman Hewan Jne
jasa pengiriman hewan jne

Pasti banyak yang bertanya apakah JNE bisa kirim hewan peliharaan, bukan? Jawabannya adalah iya, karena JNE saat ini sudah melayani pengiriman hewan hidup seperti kucing, ikan, reptil, burung, dan lainnya.

Dilansir dari Kompas, Eri Palgunadi (VP of Marketing JNE) mengatakan, bahwa perusahaan ekspedisinya saat ini sudah bisa melayani pengiriman hewan hingga tumbuh-tumbuhan. Tetapi, ada beberapa persyaratan penting yang harus dipenuhi.

Persyaratannya adalah antara lain ada dokumen karantina dari Balai Karantina Hewan untuk hewan serta Balai Konservasi Alam untuk tumbuhan dan hewan yang dilindungi. Tak lupa untuk menyiapkan makanan dan minuman ke dalam kandang hewan yang dikirimkan.

Selain itu, karena hewan hidup adalah makhluk yang rentan terhadap kondisi lingkungan tertentu maka mereka akan memperlakukan dan mengemas hewan tersebut dengan berbeda. Sehingga, perlu diingat bahwa kamu juga akan dibebankan biaya tambahan surcharges, ya.

2. TIKI

Jasa Pengiriman Hewan Tiki
jasa pengiriman hewan tiki

Jasa pengiriman hewan selanjutnya adalah salah satu perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia yaitu TIKI. Selain dokumen, ternyata mereka juga bisa melakukan pengiriman hewan hidup, tetapi terbatas hanya pada ikan hias dan hewan reptil saja.

Sama seperti JNE, persyaratannya pun cukup mudah dan tidak ribet. TIKI hanya membutuhkan surat karantina dari beberapa instansi terkait ketika pengiriman menggunakan jalur udara.

Untuk pengiriman jalur darat khususnya pada area Jabodetabek dan pulau Jawa, TIKI tidak membebankan biaya surcharges serta dari pihak pengirim pun tidak perlu untuk menyertakan surat karantina.

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan ketika mengirim hewan peliharaan melalui TIKI yaitu cara pengemasannya. Hal ini penting dilakukan agar hewan tidak stres dan mati ketika di perjalanan.

3. Jakiwan

Jakiwan (Jasa Kirim Hewan) adalah jasa pengiriman hewan yang PetPi referensikan berikutnya. Ekspedisi untuk pengiriman hewan ini bisa menjadi salah satu opsi untuk mengirim hewan peliharaan melalui darat, laut, atau udara (antar pulau) kepada pemilik baru.

Jakiwan memiliki fasilitas yang cukup lengkap karena mereka bisa menangani pengiriman berbagai hewan dengan banyak cara, termasuk dengan penjemputan di lokasi seperti bandara, stasiun dan pelabuhan, serta impor dan ekspor dari atau ke luar negeri.

Bukan hanya bisa memberikan berbagai layanan yang lengkap, namun prosedur Jakiwan juga dapat dikatakan sangat sederhana, bisa diandalkan dan aman untuk hal pengiriman hewan.

Untuk saat ini, Jakiwan hanya melayani penjemputan pada seluruh area pulau Jawa dan Bali, serta beberapa kota besar seperti Medan, Pekanbaru, Makassar, dan Banjarmasin.

Tidak hanya mamalia saja, tetapi Sobat Pintar juga dapat mengirim ikan, reptil, unggas dan bahkan jenis hewan lainnya ketika menggunakan layanan pengiriman Jakiwan yang profesional dan bersih ini.

4. Mas Cargo Express

Perusahaan jasa pengiriman yang satu ini adalah sebuah ekspedisi yang telah dipercaya oleh banyak pelanggan dalam hal mengirim hewan peliharaan di Indonesia.

Mereka bisa melakukan banyak pengiriman hewan ke luar kota, termasuk burung, anjing, kucing dan hewan tidak biasa yang lainnya. Untuk itu, kamu tidak perlu bingung lagi. 

Selain itu, Mas Cargo Express juga mempunyai pegawai yang memiliki banyak pengalaman untuk mengatur dokumen dan merawat hewan peliharaan selama di perjalanan.

Sehingga kamu tidak perlu khawatir, karena pada proses pengirimannya pun sangat aman sebab akan disediakan seorang spesialis untuk setiap pengirimannya.

5. Caesar Jac’O Pet Delivery

Agen pengiriman hewan selanjutnya ini berlokasi di Jakarta, mereka adalah Caesar Jac’O Pet Delivery. Uniknya, perusahaan pengiriman ini bukan hanya terlibat untuk pengiriman hewan saja, lho.

Tetapi, mereka juga bisa untuk melakukan perawatan, pelatihan, grooming, pacak, dan masih banyak layanan lain yang masih berhubungan dengan hewan.

Oleh sebab itu, mereka mempunyai pengalaman yang sangat banyak untuk menangani hewan seperti reptil, ayam, burung, kucing, anjing dan berbagai jenis hewan peliharaan lainnya. 

Lalu, perusahaan jasa pengiriman hewan ini juga bisa menangani seluruh proses untuk mengirim hewan antar kota, termasuk pengantaran dari atau ke lokasi kamu, mengurus proses administrasi, serta membuat dokumen persyaratan sampai hewan peliharaan berada di lokasi pelanggan mu.

Mereka pun juga memberikan fasilitas penjempuran lewat bandara, stasiun, dan pelabuhan tergantung kesepakatan. Ketika kesepakatan sudah terjalin, maka mereka akan memastikan bahwa hewan tersebut akan sehat sampai tujuan.

Selain itu, mereka juga sangat menjamin layanan pengiriman yang aman, efisiensi, dan cepat dengan kandang yang sangat bersih serta minuman dan makanan selama perjalanan.

Lalu, untuk harga yang sudah atau akan kamu bayar tersebut itu sudah termasuk proses dokumen karantina dan juga pemeriksaan kesehatan.

6. KI8 Express

Jasa Pengiriman Hewan Ki8
jasa pengiriman hewan ki8

Dengan memakai ekspedisi pengiriman hewan yang satu ini, kamu dapat mengirimkan berbagai jenis hewan mulai dari burung hias, kucing, anjing, sampai DOC dengan jumlah yang banyak ke berbagai kota yang ada di Pulau Jawa.

Selain harganya yang ramah dikantong, waktu pengirimannya juga bisa dikatakan sangat cepat karena hanya memakan waktu selama 1-2 hari saja, lho.

KI8 Express memakai moda transportasi kereta api, sehingga kamu perlu pergi ke stasiun untuk dapat bertransaksi. Selanjutnya, kamu juga harus tahu jika KI8 Express ini mempunyai transportasi mobil yang sudah di modifikasi khusus untuk mengirim hewan peliharaan. 

Namun, sayang sekali layanan yang dimilikinya sangat terbatas, sehingga kamu perlu menyediakan kotak pengiriman atau kandang sendiri, tidak lupa dengan minuman dan makanan untuk memudahkan perjalanan hewan yang kamu kirim. 

Selain itu, dikarenakan jasa pengiriman ini tidak mempunyai aturan khusus saat pemeriksaaan kesehatan, ada baiknya hewan peliharaan yang kamu kirim langsung dibawa ke dokter hewan begitu tiba di lokasi untuk melakukan pengecekan dengan layak.

7. Mitra Logistics

Ekspedisi pengiriman hewan ini menawarkan jasa kirim kucing, anjing dan hewan lainnya menggunakan sistem door to door, maksudnya yaitu penjemputan dan pengiriman hewan dari lokasi kamu langsung dikirim ke rumah pelanggan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu dan pelanggan agar tidak saling merasa terbebani. 

Meskipun tidak mempunyai prosedur khusus untuk penanganan hewan, jasa pengiriman Mitra Logistics ini sangat berusaha untuk mengikuti peraturan yang diberikan demi mengamankan hewan peliharaan selama di dalam perjalanan. 

Selain itu, kamu perlu menyediakan kandang sendiri untuk mengirim hewan peliharaanmu. Selain dapat menghubungi customer service nya di WhatsApp, kamu juga dapat berkunjung ke websitenya untuk melakukan pelacakan pengiriman menggunakan nomor resi.

8. DMK Cargo

Jasa Pengiriman Hewan Dmk Cargo
jasa pengiriman hewan dmk cargo

Tidak hanya mengirimkan kargo, jasa pengiriman yang satu ini pun bisa mengangkut berbagai jenis hewan peliharaan, mulai dari hewan peliharaan berdarah dingin sampai hewan berdarah panas dengan cara yang sangat aman karena menggunakan jasa DMK Live Animal. 

Cara penanganan pengiriman untuk semua jenis hewan peliharaan ini pastinya bervariasi masing-masing spesiesnya. Layanan DMK Live Animal yang satu ini dibuat khusus untuk mengirim hewan peliharaan dan ternak yang dibagi ke sub-kategori wet cargo, DOC, serangga, reptil, unggas, hewan eksotis dan hewan peliharaan. 

Dengan mengurus semua aspek mulai dari ketentuan pengemasan, biaya, persyaratan dokumen, pelabelan, prosedur dan lainnya, PT. Dian Mega Kurnia (DMK Cargo) memberikan kemudahan untuk kamu yang ingin mengirim hewan peliharaan sesuai jenisnya. 

Tidak hanya mempekerjakan tenaga darat dan ahli, jasa pengiriman ini akan selalu memastikan keadaan pengiriman hewan dengan nyaman, dengan memperhatikan suhu udara, tekanan pada kabin pesawat dan berbagai faktor lainnya, seperti pemberian makan dan minum selama pengiriman.

9. PT IKE

Perusahaan ini merupakan satu-satunya jasa pengiriman hewan peliharaan yang memiliki asuransi pengiriman langsung ke pelanggan mereka. Lalu, PT IKE pun dapat membantu kamu untuk memperoleh seluruh dokumen yang diperlukan untuk mengirim burung, anjing, kucing dan lainnya.

Meskipun kamu perlu menjamin kenyamanan dan kesehatan hewan yang dikirim secara mandiri, PT Indone Kargo Ekspress (IKE) mempunyai prosedur yang sangat menjamin keselamatan dari hewan peliharaan tersebut selama dalam perjalanan. Sehingga, mereka akan memberikan seluruh kebutuhan dan keadaan hewan sebelum dikirim. 

Dengan banyak moda transportasi yang ada, PT IKE pun mampu menjangkau hingga pelosok-pelosok menggunakan jalur yang mereka sudah tentukan. Tidak hanya hewan peliharaan kecil seperti burung dan kucing saja, kamu juga dapat mengirim hewan ternak seperti domba dan kambing, lho.

Pertanyaan-pertanyaan Lain yang Sering Ditanyakan Terkait Jasa Pengiriman Hewan

Jasa Pengiriman Hewan Lainnya
jasa pengiriman hewan lainnya - Wikimedia

Dari sekian penjelasan yang sudah ada, mungkin masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang dari pemilik hewan yang mengalami kesulitan dalam mencari ekspedisi khusus hewan.

Nah, kali ini PetPi akan berikan informasi mengenai pertanyaan-pertanyaan umum yang mungkin sering ditanyakan berikut ini.

Apakah J&T bisa kirim hewan peliharaan?

Sayangnya tidak. Dilansir dari Kompas, Elena (Public Relation J&T Express) mengatakan, J&T tidak pernah melayani pengiriman hewan. Sebab, perusahaan mereka hanya menerima pengiriman dalam bentuk parcel atau paket berbasis Express.

Apakah Lion Parcel menerima pengiriman hewan?

Serupa dengan J&T, Lion Parcel pun juga tidak menerima pengiriman binatang atau tanaman hidup terkecuali bila diatur dalam perjanjian lain antara Lion Parcel dan Pelanggan melalui komoditi Live animals (AVI) itupun dengan persyaratan khusus.

Apakah POS Indonesia bisa mengirim hewan?

Hal yang sama pun juga dibenarkan oleh Pos Indonesia. Lily Selanno selaku VP Synergi Business Aliance & PKBL PT Pos Indonesia (Persero) mengatakan, perusahaan ekspedisinya saat ini belum memiliki SOP terkait pengiriman dan penanganan pada semua jenis hewan termasuk reptil.

Apakah hewan diperbolehkan dikirim dengan AnterAja?

Melansir dari laman Shopee, AnterAja tidak dapat mengirimkan hewan hidup apapun, termasuk juga tumbuhan hidup/tanaman liar sesuai dengan hukum perundangan Indonesia yang diatur dalam UU No. 1 Tahun 2009 pasal 136 ayat (1) & (3) dan pasal 138.

Apakah hewan bisa dikirim melalui SiCepat?

Mengutip dari website resminya, SiCepat Ekspres pun juga tidak akan menerima pengiriman paket atau barang berupa binatang hidup ataupun mati. Sehingga, jangan pernah coba-coba untuk kirim hewan melalui jasa ekspedisi ini, ya.

Sobat Pintar, sekarang kamu sudah tidak bingung lagi untuk memilih jasa pengiriman hewan peliharaan yang aman dan terpercaya, bukan?

Saat ini sudah banyak sekali ekspedisi yang berpengalaman dalam mengirim hewan peliharaan, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ragam terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://blog.shipper.id/tips/rekomendasi-jasa-pengiriman-hewan/
  • https://cekresi.com/cara/begini-cara-kirim-hewan-melalui-jasa-pengiriman-tiki/
  • https://help.shopee.co.id/portal/article/72462-Produk-apa-saja-yang-tidak-diperbolehkan-dikirim-dengan-jasa-kirim-Anteraja%3F
  • https://money.kompas.com/read/2021/01/19/181600826/viral-video-pengiriman-paket-berisikan-ular-hidup-ini-tanggapan-perusahaan
  • https://sahabatsicepat.com/pengiriman-paket-yang-tidak-bisa-dilakukan-sicepat/
  • https://www.lionparcelsurabaya.com/index.php/news/16/syarat-dan-ketentuan-umum-pengiriman-lion-parcel-skup
  • https://www.pengadaan.web.id/2021/07/jasa-pengiriman-hewan.html
  • https://www.republika.co.id/berita/rgva4n484/bisnis-hewan-reptil-terus-bertahan-berkat-layanan-pengiriman-tiki

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom.) Binus University 2013 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, ikan dan juga hewan peliharaan lainnya.

Ingin bekerja sama dengan PintarPet? Hubungi saya disini.

Komentar