Hari ini: Senin, 08 Maret 2021
Kamis, 20 Agustus 2020, 19:30 WIB

Coba Yuk! Ini Jenis Hewan Peliharaan yang Bisa Dilatih dengan Mudah, Dijamin Nurut!

Coba Yuk! Ini Jenis Hewan Peliharaan yang Bisa Dilatih dengan Mudah, Dijamin Nurut!

Hewan yang bisa dilatih - digstraksi

Kamu ingin pelihara hewan yang mudah dilatih? jangan bingung, Ini daftar hewan peliharaan yang bisa dilatih sendiri dirumah dengan mudah!

Memiliki hewan peliharaan yang lucu adalah hak yang sangat menyenangkan. Mulai dari orang dewasa sampai anak kecil pun juga bisa bermain dengan hewan peliharaan.

Selain itu hewan peliharaan juga bisa menenangkan pikiran kita dengan tingkah lakunya yang polos dan lugu.

Banyak jenis hewan peliharaan yang bisa kita pelihara di rumah, seperti yang biasa dipelihara oleh beberapa masyarakat di Indonesia seperti Anjing, Kucing, Burung, Ikan, Kelinci dan masih banyak hewan lainnya.

Buat kamu yang belum mengetahuinya diantara banyak hewan peliharaan yang biasa dipelihara, ada beberapa hewan peliharaan yang bisa dilatih mengikuti instruksi kita lho.

Bukan hanya kucing dan anjing saja yang bisa kita latih mengikuti instruksi kita, namun ada beberapa hewan cerdas lainnya yang bisa kita latih supaya mau mengikuti instruksi.

Kira-kira kamu bisa menebak hewan apa saja yang bisa dilatih? Yuk ikutin terus informasi dari PetPi berikut ini.

Daftar Hewan Peliharaan yang Bisa Dilatih

Jika kamu mengerti, sebenarnya ada beberapa hewan yang bisa dilatih. Bukan hanya anjing dan kucing saja. Selama ini asumsi orang-orang, hewan yang bisa dilatih adalah hewan mamalia saja, padahal ada beberapa jenis hewan lain yang bisa kamu latih loh.

Berikut adalah informasi mengenai hewan yang bisa kita latih selain kucing dan anjing.

Kelinci

Hewan Peliharaan
Kelinci bisa dilatih - unsplash

Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang cukup favorit dikalangan masyarakat Indonesia. Banyak yang mengatakan kelinci adalah hewan yang aktif dan sosial. Kelinci juga cocok menjadi hewan peliharaan untuk anak kecil karena bentuknya yang lucu dan bisa dijadikan bahan edukasi buat anak kita.

Kebanyakan kelinci juga bukan hewan yang galak, jadi dirasa cocok untuk kamu pelihara.

Masalah yang terjadi saat memelihara kelinci adalah masalah kebersihan dari kandangnya. Kandang kelinci kadang penuh dengan kotorannya sehingga menjadi bau dan membuat tidak nyaman bagi siapa yang merawatnya.

Mereka biasanya tidak membuang kotoran di tempat yang telah kita sediakan. Hal ini cukup berbahaya untuk kehidupan si kelinci, oleh karena itu kelinci sebenarnya bisa kita latih agar membuang kotorannya di tempat yang disediakan.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal membersihkan kotoran yang berceceran tadi. Lalu kumpulkan di satu wadah di tempat kotoran yang sudah kamu sediakan tadi.

Lakukanlah rutin seperti itu, sampai ia mengerti bahwa tempat yang kamu sediakan adalah tempat untuknya membuang kotoran.

Baca Juga: Tertarik Beli Hamster? Ketahui 12 Manfaat Memelihara Hamster Berikut Ini

Burung

Hewan Peliharaan Yang Bisa Dilatih
Burung bisa dilatih - unsplash

Di dunia ini terdapat jenis burung yang bisa kamu jadikan hewan peliharaan. Selain warna dan suaranya yang menarik, burung juga cenderung lebih mudah dipeliharanya.

Tugas kita setiap hari hanya memberinya makan, minum dan sesekali rmembersihkan sangkarnya dari kotoran-kotorannya. Kamu bisa melakukan ini tanpa harus menyita waktu.

Beberapa jenis burung yang dipelihara, biasanya adalah burung yang memiliki suara yang merdu. Diantaranya adalah burung lovebird, atau burung kicau lainnya. Jika kamu memelihara burung kicau, kamu bisa melatih suaranya sehingga dia bisa mengikuti suara yang kamu inginkan.

Berbeda lagi halnya dengan burung beo yang bisa mengikuti suara apapun yang ia dengar. Bahkan kadang suara manusia bisa ditiru dengan mudah karena kepintarannya.

Hamster

Hamster Bisa Dilatih
Hamster untuk anak-anak - unsplash

Jenis hewan yang cocok dipelihara di kamar yang satu ini adalah hamster. Hamster memang hewan yang mirip sekali dengan tikus, karena memiliki badan yang hampir mirip kecilnya.

Namun perbedaannya adalah tikus tidak bisa kita pelihara karena dianggap hama bagi sebagian orang seperti orang petani dan orang yang mempunyai perkebunan.

Sementara hamster, menjadi idola bagi beberapa kalangan untuk dipelihara dan dikembangbiakan karena bentuknya yang imut dan lucu. Sejumlah pelatihan bisa kamu terapkan pada hamster kesayanganmu di rumah.

Salah satunya menyuruhnya untuk berolahraga atau bergerak pada sebuah mainan hamster yang berbentuk seperti roller.

Taruh beberapa makanan hamster pada mainan tersebut, pastinya dia akan punya insting untuk mencari makanan yang kita berikan. Jika ia menemukan di mainan tersebut, pastinya dia akan mencoba berlari seperti sedang berolahraga di treadmill.

Selain membuatnya sehat, kita sebagai pemilik hamster tersebut juga akan merasa terhibur melihat tingkah lakunya.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG HAMSTER?
Cari info Hamster terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Landak Mini

Hewan Yang Aman Dipelihara
Landak mini bisa dilatih - unsplash

Sama halnya seperti dengan hamster, landak mini ternyata juga bisa kita latih lho. Landak memang hewan peliharaan yang bisa berbahaya buat anak kecil. Jika kamu mempunyai anak kecil di rumah, jangan sesekali mengenalkan dirinya dengan landak mini.

Kita tahu walaupun disebutkan ini adalah landak mini, namun tetap saja dia mempunyai duri yang tajam yang sangat berbahaya bagi anak-anak mu.

Hewan ini bisa saja kita latih untuk membuang kotorannya pada tempatnya. Lakukan hal yang sama seperti apa yang kita lakukan terhadap kelinci.

Kumpulkan kotoran-kotorannya di dalam wadah yang biasa kita taruh untuk membuang kotoran hewan. Lalu lakukanlah rutin seperti itu, sampai dia memahami bahwa tempat yang kamu sediakan adalah untuk membuang kotorannya.

Hewan Peliharaan Lainnya...

Selain itu juga ada beberapa hewan yang bisa kamu pelihara dan kamu latih layaknya seperti kucing dan anjing. Hewan-hewan lainnya yang bisa kamu latih adalah.

  1. Musang Pandan
  2. Burung Beo
  3. Kuda Mini
  4. Sugar Glider
  5. Marmut

Diantara hewan-hewan di atas, sebenarnya masih banyak lagi hewan yang bisa dipelihara dan dilatih sesuai dengan instruksi yang pemilik berikan.

Jika kamu mempunyai hewan lain yang bisa kamu latih, kamu bisa komen di halaman komentar ya.

Supaya beberapa pembaca PetPi juga mendapatkan gambaran hewan peliharaan yang bisa dilatih apa saja yang cocok untuk kamu pelihara. Sekian informasi dari PetPi, semoga bermanfaat!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://dokterhewan.co.id/detailpost/hewan-peliharaan-yang-mudah-untuk-dilatih
  • http://www.tahupedia.com/content/show/1671/10-Hewan-Peliharaan-Yang-Baik-Untuk-AnakAnak
  • https://arenahewan.com/hewan-peliharaan-yang-bisa-dilatih
  • https://www.ekor9.com/hewan-peliharaan-yang-bisa-dilatih/
  • https://www.tokopedia.com/blog/hewan-peliharaan-yang-mudah-dipelihara/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar