Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Sabtu, 28 November 2020, 10:00 WIB

Rahasia Makanan Hamster yang Baik dan Bernutrisi, Gak Kalah dari Pabrikan!

Rahasia Makanan Hamster yang Baik dan Bernutrisi, Gak Kalah dari Pabrikan!

Makanan hamster terbaik - squeaksandnibbles

Memilih makanan hamster yang baik, tentu akan membuat mereka sehat dan bugar. Berikut rekomendasi makanan hamster alami dan bermerek yang patut diperhatikan

Hamster kini menjadi pilihan hewan peliharaan yang disukai oleh banyak kalangan karena ukurannya yang mungil dan menggemaskan.

Berkat hal ini pula, tentu kamu nggak perlu bingung menyiapkan banyak tempat di dalam rumah untuk tempat merawat sahabat kecil kamu yang satu ini.

Namun jangan salah, ternyata merawat hamster bisa menjadi hal yang susah-susah gampang, lho. Terutama dalam urusan pemilihan makanannya.

Pasalnya ada beberapa larangan makanan hamster yang bukannya bernutrisi malah berbahaya bagi sistem pencernaan dan kondisi kesehatannya.

Untuk membantu kamu memilih makanan hamster yang baik dan penuh nutrisi, berikut PetPi sudah rangkum beberapa opsi yang bisa kamu buat sendiri dan sediakan di rumah.

Pilihan Makanan Hamster Alami yang Baik, Sehat, dan Bernutrisi

Makanan Hamster
Makanan hamster terbaik - freepik

Hamster sejatinya merupakan hewan pengerat berukuran rata-rata kecil yang kini menjadi favorit para pecinta hewan untuk dipelihara di rumah mereka.

Tergolong ke dalam hewan pengerat, di alam liar hamster menjadi binatang pemakan segala, mulai dari biji-bijian, sayuran dan buah-buahan, serta serangga.

Sementara untuk hamster peliharaan, sebenarnya ada opsi mudah di mana kamu bisa membeli pakan pabrikan dengan nutrisi yang sudah disesuaikan. Sayangnya jenis makanan ini tergolong mahal.

Makanya untuk menghemat pengeluaran sobat Pintar, kali ini bakal dibahas sejumlah rahasia pilihan makanan hamster yang baik dan bernutrisi yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Ada apa saja, ya?

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Hamster lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Kombinasi Biji-Bijian

Pilihan pertama jatuh pada kombinasi biji-bijian yang mudah untuk kamu dapatkan, yakni kacang hijau, kacang kedelai, beras merah, jagung, milet putih, dan milet merah.

Biji-bijian tersebut bisa kamu dapat temukan dengan mudah di warung maupun pasar. Sementara untuk milet atau jewawut bisa kamu dapatkan di toko pakan burung.

Cara penyajiannya mudah, di mana kamu tinggal campurkan biji-bijian yang hasilnya tidak kalah apabila dibanding dengan makanan pabrikan.

Khasiatnya pun beragam, mulai dari beras merah dan jagung sebagai sumber karbohidrat. Kemudian ada kacang kedelai dan kacang hijau sebagai sumber protein nabati dan vitamin.

Sementara itu jewawut atau milet punya fungsi untuk menambah energi sekaligus sumber nutrisi untuk hamster yang tengah menyusui, lho.

Biji Bunga Matahari

Bagi sebagian di antara sobat Pintar mungkin berpikiran kalau biji bunga matahari adalah makanan pokok bagi hamster. Sebenarnya tidak salah, namun pemberiannya haruslah tepat, ya!

Pertama, jangan berikan biji bunga matahari olahan alias kuaci yang biasa kamu makan. Pasalnya bumbu dalam kuaci ini bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare.

Lalu pemberian biji bunga matahari ini sebaiknya dilakukan sesekali saja. Hal ini dikarenakan kandungan lemak dalam biji bunga matahari tergolong tinggi sehingga kurang tepat untuk dijadikan pakan harian.

Apel

Hamster peliharaan juga bisa diberikan makanan berupa buah-buahan, salah satunya adalah apel yang bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran.

Buat kamu yang mau menjadikan apel sebagai makanan hamster kecil, seperti jenis hamster Roborovski sebaiknya potong dadu kecil sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Jangan lupa juga buang biji apel agar tidak termakan oleh hamster. Hal ini karena biji apel mengandung senyawa amygdalin yang bersifat racun.

Buah lain yang bisa kamu jadikan makanan hamster seperti anggur, stroberi, semangka, dan pisang. Namun tetap dalam jumlah yang terbatas dan sesekali saja, ya.

Adapun larangan makanan hamster adalah dari jenis buah-buahan citrus, seperti jeruk dan lemon dengan kandungan asam yang mampu mengganggu sistem pencernaan mereka.

Wortel

Dr. Carol Osborne pada laman PetMD.com menjelaskan juga beberapa tipe sayuran yang aman untuk dikonsumsi hamster, salah satunya adalah wortel.

Namun buat kamu yang hendak menjadikannya makanan hamster kecil, wortel kurang direkomendasikan karena berpotensi menyebabkan diabetes karena kandungan gula yang tinggi.

Walaupun begitu, beliau pun tidak melarangnya. Pemberian wortel pada hamster bukanlah sebagai makanan utama, melainkan variasi yang bisa kamu berikan seminggu sekali dan dalam jumlah sedikit.

Tauge

Kalau kamu punya bujet terbatas dan hendak memberikan snack untuk hamster, tauge bisa jadi pilihan termurah yang bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Sama seperti sebelumnya, kamu bisa memberikan tauge dalam jumlah terbatas dan belum dimasak.

Pastikan tauge dalam keadaan mentah, namun tetap harus kamu cuci bersih untuk tetap menjaga higenitasnya dari bahaya bakteri dan kuman, nih.

Telur Rebus

Beralih ke tipe makanan hamster yang baik dan mengandung protein hewani, kamu bisa memilih telur rebus terutama bagian putihnya saja.

Bagian putih telur ini sudah memiliki kandungan protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hamster. Pemberiannya pun bisa kamu lakukan seminggu sekali sebagai variasi, nih.

Dalam mempersiapkan telur rebus, pastikan kamu memasaknya dengan matang sempurna untuk menghindari risiko bakteri Salmonella yang terdapat pada telur mentah.

Ulat Hong Kong

Karena di alam liar hamster juga memakan serangga, kamu juga bisa memberikan ulat hong kong sebagai tambahan protein hewani untuk peliharaanmu.

Selain ulat hong kong, kamu juga bisa memilih serangga lain seperti ulat jerman atau jangkrik yang bisa ditemui di toko pakan burung.

Sayangnya, beberapa kalangan menghindari pemberian protein hewani berlebih pada hamster peliharaannya atau hanya memberikan dalam jumlah sangat terbatas.

Hal ini dianggap dapat memicu perilaku kanibalisme pada hamster, terutama buat kamu yang memelihara lebih dari satu hamster dalam sebuah kandang, nih.

Apa Saja Merek Makanan Hamster yang Bagus dan Berkualitas?

Makanan Untuk Hamster Terbaik
Merek makanan terbaik untuk hamster - omlet

Walaupun cara membuat makanan hamster sendiri dengan menggunakan komposisi di atas terbilang mudah, sayangnya hal ini membuat pakan tidak dapat bertahan lama.

Terlebih kamu juga harus selalu memastikannya dalam kondisi segar, agar hamster dapat memakannya dengan aman, lho.

Sebagai alternatif saat ini sudah tersedia berbagai merek makanan hamster terbaik dalam kemasan yang bisa kamu jadikan sebagai pakan harian yang praktis.

Berikut PetPi sudah rangkum beberapa merek makanan hamster dan harganya yang bisa kamu temukan di pet shop terdekat atau ecommerce.

1. Vitakraft

Vitakraft merupakan merek makanan hamster yang baik dan berkualitas impor yang mana mengandung biji-bijian berkualitas, bulir-bulir penting, dan sayuran.

Makanan hamster ini kaya akan kandungan protein alami, vitamin esensial, dan mineral yang mampu mengoptimalkan kondisi kesehatan hamster peliharaan.

Selain itu, Vitakraft memiliki kandungan yang membuat kotoran hamster tidak bau. Harga makanan hamster Vitakraft berkisar Rp75.000 - Rp80.000 untuk kemasan ukuran 1 kg.

2. Morning Sun

Morning Sun juga menjadi makanan favorit hamster peliharaan yang mana tipe makanan kering ini dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Jenis makanan hamster kemasan ini memiliki komposisi bahan premium dan kaya akan kandungan vitamin yang aman dikonsumsi.

Terdapat beberapa varian kemasan Morning Sun yang tersedia di pasaran, seperti harga makanan hamster Morning Sun ukuran 1,2 kg berkisar Rp55.000 - Rp60.000.

3. Hamsfood

Ada juga merek makanan hamster lokal yang harganya lebih terjangkau, salah satunya adalah Hamsfood yang kaya akan protein dan mineral.

Hamsfood memiliki komposisi biji-bijian yang disukai oleh hamster, seperti gandum, jagung, jelai, dan biji bunga matahari.

Harga makanan hamster Hamsfood tergolong terjangkau untuk dompet berbagai kalangan, di mana kamu bisa mendapatkannya berkisar Rp35.000 - Rp40.000 untuk kemasan 1 kg.

Berapa Takaran Makanan Hamster Sesuai dengan Ukuran Tubuhnya?

Makanan Hamster Adalah
Porsi makanan hamster - ltkcdn

Bagi kamu yang baru pemula, mungkin masih bingung dalam memberikan takaran makanan yang pas. Bisa jadi kamu sudah mempersiapkan makanan, namun tidak habis dalam sekali makan.

PetPi menyarankan pemberian makanan hamster sebanyak dua kali, yakni pagi dan sore dengan takaran pelet atau kombinasi biji-bijian sebanyak setengah sendok makan per sekali makan.

Takaran makanan ini pun bisa berubah tergantung jumlah hamster yang kamu pelihara dalam sebuah kandang. Ukuran dan jenis hamster pun bisa memengaruhi juga, lho.

Seperti kamu bisa memberikan makanan hamster kecil seperti jenis hamster Roborovski dalam jumlah sedikit. Berbanding terbalik dengan hamster Syrian yang butuh takaran makanan lebih banyak.

Dan jangan lupa juga untuk membersihkan sisa makanan sebelumnya agar pakan hamster tetap fresh. Siapkan juga air bersih yang biasa diberikan dalam tempat minum khusus.

Nah, itulah sejumlah rekomendasi makanan hamster yang baik dan bernutrisi. Adapun jika ada masalah kesehatan seperti diare, kamu bisa mengurangi porsi atau tidak memberikannya lagi, ya. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Hamster terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Selasa, 18 Agustus 2020, 19:00 WIB
Update pada: Sabtu, 28 November 2020, 10:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://petsbayu.blogspot.com/2011/02/tips-memelihara-hamster-berikut.html
  • http://www.onlinehamstercare.com/can-hamsters-eat-bean-sprouts/
  • https://thehamsterhouse.com/hamster-food/what-do-hamsters-eat/
  • https://www.pdsa.org.uk/taking-care-of-your-pet/looking-after-your-pet/small-pets/your-hamsters-diet
  • https://www.petmd.com/exotic/nutrition/evr_ex_hm_what-can-hamsters-eat
  • https://www.thesprucepets.com/feeding-pet-hamsters-1238968
  • https://www.youtube.com/watch?v=_HkreFxJCPQ

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar