Hari ini: Minggu, 28 Februari 2021
Rabu, 23 Desember 2020, 19:30 WIB

Bersih dan Aman! Ini Dia 7 Cara Memandikan Hamster dengan Benar

Bersih dan Aman! Ini Dia 7 Cara Memandikan Hamster dengan Benar

cara memandikan hamster - petpintar

Memandikan hamster bukan perkara yang mudah, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang cara memandikan hamster dengan aman berikut ini

Sebagai salah satu hewan pengerat yang lucu dan imut, hamster adalah hewan yang paling diminati untuk dipelihara. Selain lucu, memelihara hamster pun tidak serewel memelihara hewan lainnya, seperti anjing, kucing ataupun kelinci.

Jika kamu mendapati bulu anjing, kucing atau kelinci peliharaan kamu berdebu, atau kotor, kamu harus segera memandikan mereka dengan menggunakan air dan shampoo khusus. Tapi, tidak untuk hewan yang satu ini.

Hamster memiliki kemampuan sendiri untuk menjilati dirinya sendiri, dan memiliki minyak alami pada tubuhnya yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Bila terendam air yang terlalu dingin, hamster bisa dengan mudah mati.

Oleh sebab itulah, sebelum/selagi kamu memelihara hamster, sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara memandikan hamster dengan baik dan benar, sebelum mereka mati karena kesalahan yang kamu lakukan sendiri.

7 Cara Memandikan Hamster dengan Baik Agar Wangi dan Bersih

Cara Mandikan Hamster
Cara memandikan hamster - petpintar

Tubuhnya yang mungil, dan imut, membuat hamster memiliki daya tarik tersendiri untuk dipelihara. Masalahnya, masih banyak masyarakat yang belum tahu bagaimana cara terbaik untuk memandikan hamster.

Berikut ini PetPintar sudah rangkumkan berbagai metode terbaik agar proses mandi hamster tidak membuat mereka sakit.

1. Biarkan Hamster Mandi dengan Pasir Zeolite

Karakteristik yang dimiliki oleh hamster salah satunya adalah kemampuan mereka membersihkan tubuhnya sendiri dengan cara berguling-guling di tumpukan pasir.

Proses ini kerap oleh pecinta hamster sebagai metode ‘mandi debu’.

Kamu hanya perlu menyiapkan satu tumpukan pasir di dalam mangkuk kecil. Lalu, menyimpannya ke dalam kandang berisi hamster agar mereka bisa sendiri. Setelah 12 jam, segera buang pasir tersebut jauh-jauh.

Perlu diingat, tidak semua jenis pasir dapat digunakan untuk memandikan hamster. Zeolite merupakan jenis pasir terbaik untuk hamster mandi. Zeolite sendiri bisa kamu cari dengan mudah di berbagai toko hewan.

Agar hasil maksimal, gunakanlah pasir yang sudah menggunakan aroma alami sesuai kesukaan kamu. Ada banyak toko hewan yang menyediakannya.

Baca Juga: Agar Tidak Cepat Mati, Begini Rahasia Cara Merawat Hamster dengan Baik dan Benar

2. Sikat Bulu Hamster

Setelah kamu membiarkan hamster melewati acara mandi debu. Kini saatnya tugas kamu untuk membersihkan sisa-sisa pasir yang menempel di badannya dan sulit dijangkau oleh hamsternya sendiri.

Cara ini tidak perlu kamu lakukan jika kamu pastikan tidak ada pasir yang tertinggal di bulu mereka.

Namun, khusus untuk hamster Suriah, yaitu hamster dengan tipe bulu yang lebih panjang, kamu wajib menyikatnya, setelah/sebelum mandi debu.

Penyikatan pada hamster Suriah membantu mereka untuk membersihkan sisa-sisa serutan kayu, makanan dan kotoran yang mungkin saja menempel pada bulu hamster.

3. Bersihkan Gigi Hamster

Dibandingkan kamu harus memandikan hamster dengan menggunakan air, lebih baik kamu membersihkan giginya saja.

Karena, kebersihan gigi pada hamster sangat berpengaruh pada tingkat nafsu makan yang mereka miliki. Semakin bersih gigi hamster, semakin bagus nafsu makannya.

Kamu tidak perlu menggosok gigi hamster hingga benar-benar putih, dan tidak perlu khawatir jika gigi hamster berwarna putih atau tidak seputih gigi manusia.

Gigi kuning pada hamster merupakan warna alami yang memang mereka dapatkan dari jenis-jenis makanan hamster. Bahkan, hamster dewasa yang giginya terlalu putih justru sering diwaspadai sebagai gejala suatu penyakit.

Lalu, seperti apa gigi hamster yang sehat? Gigi hamster yang sehat adalah gigi hamster yang berwarna kuning alami, dan sama panjangnya antar gigi kanan dengan gigi kiri.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG HAMSTER?
Cari info Hamster terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Periksa Kuku Hamster secara Rutin

Tips Memandikan Hamster
Periksa kuku hamster - petpintar

Setelah kamu membersihkan membersihkan bagian bulu dan gigi, kamu bisa beralih memperhatikan kuku yang mereka miliki.

Pada dasarnya, tidak semua jenis hamster harus dipotong kukunya secara rutin. Hanya saja, pemotongan rutin pada hamster dapat mengurangi terjadinya resiko penyakit.

Pemotongan kuku perlu kamu lakukan ketika ada gejala penyakit menyerang hamster, dan mereka mulai menggaruk-garuk dirinya sendiri dengan tidak wajar.

Untuk mempermudah kapan seharusnya kamu memotong kuku hamster, perhatikanlah bentuk dan panjang dari kukunya. Jika sudah terlalu panjang dan menggulung, ini tanda sudah saatnya untuk dipotong.

5. Oles atau Gosokkan Minyak Kelapa

Bulu, kuku, dan gigi sudah kamu bersihkan. Sekarang, gunakanlah minyak kelapa untuk mengoleskannya pada seluruh tubuh hamster.

Dengan cara mengoleskan minyak kelapa, dipercaya dapat membantu kulit hamster tercegah dari kekeringan dan terjaga tetap sehat.

Perhatikan seberapa banyak minyak kelapa yang kamu oleskan. Gunakan ujung jari telunjuk untuk pengolesan. Pastikan jumlah minyak kelapa tidak melumuri badan hamster terlalu banyak.

Baca Juga: 8 Cara Merawat Bayi Hamster, Mulai Masa Kehamilan Hingga Tumbuh Dewasa

6. Bersihkan Kandang Hamster

Mungkin beberapa diantara kamu ada yang bertanya, kenapa hamster tidak boleh mandi pakai air padahal bau hamster sudah sangat menyengat?

Sebenarnya, hamster tidak mudah bau layaknya hewan peliharaan berbulu lainnya. Paling kotor, mereka hanya akan terlihat dekil saja.

Namun, hal ini bukan berarti hamster benar-benar terbebas dari bau yang menyengat. Karena, kandang tempat mereka tinggal dapat mencampuri bulu hamster menjadi tidak enak.

Oleh sebab itu, kamu harus tetap rajin membersihkan kandang hamster minimal 4 hari sekali guna menjaga kandang tidak kotor, bau atau penuh dengan kutu.

Sebaiknya letakkan terlebih dahulu hamster pada tempat yang aman dan bersih ketika kamu mulai membersihkan kandangnya. Perhatikan sekitarnya, jangan sampai ada hewan lain yang bisa membuat hamster kamu menjadi mangsa.

7. Bila Terdesak, Mandikan Hamster dengan Air

Ingat! Hamster adalah hewan yang mudah stres dan gampang mati bila terendam ke dalam air dingin. Cara ini hanya direkomendasikan ketika kamu sudah terdesak ingin membersihkan bulu dan kulit hamster.

Beberapa kondisi mendesak yang membuat kamu harus memandikan hamster dengan air adalah saat kulit mereka terpenuhi kutu, dan tersiram/terciprat zat kimia berbahaya.

Bila tidak ada kondisi yang mendesak, sebaiknya gunakan saja handuk hangat basah untuk mengelap bagian yang menurut kamu terlalu kotor.

Perhatikan daftar cara memandikan hamster dengan air secara benar dan baik berikut ini.

  1. Jangan pernah satu kalipun memandikan hamster dengan air yang terlalu dingin, atau terlalu panas.
  2. Siapkan handuk sebelum kamu mulai memandikan mereka. Lap tubuh mereka dengan handuk secepatnya setelah proses mandi selesai.
  3. Kamu harus diperbolehkan menyiram bagian tubuh hamster, dan tidak boleh menyiram bagian wajah/kepala.
  4. Bagian kepala atau wajah hanya bisa dibersihkan dengan tisu basah.
  5. Segera keringkan hamster setelah mandinya selesai. Agar hasil lebih cepat dan maksimal, gunakanlah hair dryer dengan suhu normal untuk mengeringkannya.
  6. Bila zat kimia atau kutu pada hamster sulit dibersihkan, sebaiknya bawa hamster peliharaan kamu ke dokter hewan sesegera mungkin untuk mendapatkan penangan terbaik.

Bagaimana Caranya Membersihkan Bulu Hamster yang Terkena Zat Beracun?

Cara Menghilangkan Hamster Dari Zat Beracun
cara menghilangkan hamster dari zat beracun - navseruki

Pastinya kamu tidak ingin hamster kamu menelan apapun yang beracun. Jika hewan peliharaanmu terkena zat yang beracun seperti cat atau bahan kimia lainnya pada bulunya, kamu harus segera mencegah dia untuk menjilat bulunya.

Nah, cara yang paling tepat sebenarnya adalah segera memotong bulu yang terkena zat beracun tadi, namun keadaan ini agak menyulitkan. Salah satu cara yang memungkinkannya supaya dia tidak menjilati bulunya adalah dengan cara membersihkan bulunya.

RSPCA merekomendasikan agar menggunakan sikat gigi yang lembut dengan sedikit air hangat untuk membantu melepaskan bagian bulu yang kusut karena terkena zat kimia tadi. Berikan sedikit air hangat juga untuk menghilangkannya dengan kapas.

Ini hal yang harus kamu perhatikan, karena kamu harus menggunakan sesedikit mungkin air supaya tidak menghilangkan terlalu banyak minyak dari bulu hamster.

Jangan menggunakan shampo atau sabun tanpa kamu berkonsultasi dengan dokter hewan. Produk semacam ini bisa membuat hamster kesayanganmu sakit jika residunya mencerna saat dilakukan perawatan.

Hal yang paling penting yang perlu kamu ingat adalah hamster peliharaanmu sudah terbiasa menjaga kebersihan dirinya sendiri.

Kamu hanya boleh membersihkannya jika benar-benar sangat diperlukan, contohnya seperti kasus diatas. Ini memang sudah sifat asli hamster yang sering mempercantik dirinya sendiri tanpa bantuan kita.

Itu dia proses dan cara memandikan hamster dengan baik dan benar serta cara menghilangkan bulunya dari zat berbahaya. Pastikan kamu tidak menyakiti mereka, ya! Hewan yang mungil dan imut ini harus kamu jaga dengan tepat. Kini, dengan 7 cara di atas, hamster kamu sudah pasti bersih dan wangi, kok.

Selamat bersenang-senang kembali dengan hamster kesayangan kamu. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu di sosial media, agar lebih banyak orang tahu bagaimana cara merawat hamster dengan benar.

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Selasa, 08 September 2020, 19:30 WIB
Update pada: Rabu, 23 Desember 2020, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/cara-memandikan-hamster
  • https://blog.petloverscentre.com/how-to-bathe-a-hamster/
  • https://www.omlet.co.uk/guide/hamsters/hamster_hygiene/do_they_need_baths
  • https://www.petco.com/content/petco/PetcoStore/en_US/pet-services/resource-center/home-habitat/how-to-clean-your-hamster-and-her-habitat.html
  • https://www.petmd.com/exotic/care/evr_ex_hm_how-to-give-your-hamster-a-bath
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar