Hari ini: Sabtu, 08 Mei 2021
Minggu, 24 Januari 2021, 16:00 WIB

Dijamin Jinak! 7 Jenis Hamster ini Cocok untuk Dipelihara Buat Pemula

Dijamin Jinak! 7 Jenis Hamster ini Cocok untuk Dipelihara Buat Pemula

Jenis hamster yang jinak - hamster 101

Bingung mau pelihara hewan apa? Mending kamu pelihara hamster saja. Nah, berikut ini ada 7 jenis hamster lucu yang bisa kamu pelihara!

Memelihara hewan peliharaan pastinya mempunyai banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pemiliknya. Kebanyakan pecinta hewan biasanya akan memilih hewan yang bisa dipeluk dan berinteraksi dengan baik.

Mereka cenderung memilih hewan seperti kucing, anjing, musang, kelinci maupun hewan yang bisa diajak interaksi lainnya. Namun bukan berarti hewan yang sudah disebutkan tadi memiliki perawatan yang mudah.

Nah, saat kamu tidak mau repot untuk memelihara hewan peliharaan yang besar. Hamster menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang mau memulai memeliharanya.

Kali ini PetPi bakalan bahas tentang jenis hamster yang bisa kamu pelihara di rumah lho. Yuk ikutin terus informasinya.

Jenis Hamster yang Cocok Dipelihara Di Rumah

Tubuhnya yang sangat imut dengan bulu-bulu halus tidak kalah lucu dari beberapa hewan peliharaan lain seperti kucing, anjing dan kelinci. Walaupun kecil, hamster juga terkadang mampu menghibur pemiliknya lewat tingkah laku yang lucu.

Nah, kira-kira jenis hamster apa saja yang cocok untuk kamu pelihara buat pemula, yuk simak informasinya di bawah ini.

Hamster Winter White

Jenis Hamster Yang Jinak
Hamster winter white - squeaks and nibbles

Hamster pertama yang sangat cocok untuk kamu pelihara adalah jenis hamster winter white. Hamster ini sangat imut dengan tiga variasi warna unik yaitu normal, pearl, dan sapphire.

Sifatnya yang sangat lembut, sosial dan manis membuat hamster ini sangat mudah untuk dijinakkan.

Walaupun begitu, sebaiknya jangan taruh mereka di tempat yang terlalu terbuka. Hamster winter white ini mudah kaget dan pemalu apabila disentuh secara mendadak.

Jauhkan dari jangkauan anak-anak karena gerakannya yang cepat bisa membuatnya melarikan diri dari genggamannya. Ukuran hamster ini cukup kerdil dan bisa hidup sampai usia 1,5 - 2 tahun lamanya.

Hamster Syrian

Jenis Hamster Yang Bisa Dipelihara
Hamster syrian - irish times

Di deretan yang kedua ada hamster syria. Sama dengan hamster winter white, hamster ini sangat cocok untuk kamu pelihara karena bentuknya yang lucu dan jinak.

Hewan ini sangat cocok menjadi hadiah yang kamu berikan kepada seorang anak karena kecepatannya yang tidak terlalu gesit.

Tubuhnya pun sedikit lebih besar dari hamster winter white sehingga hamster ini sangat cocok untuk kamu pegang dan kamu mainkan bersama buah hatimu.

Jenis hamster untuk pemula ini mampu bertahan hidup sampai 2 - 3 tahun lamanya. Untuk mencegahnya stres, kamu harus memberikan banyak mainan pada kandang hamster yang kamu siapkan.

Hamster Roborovski

Jenis Hamster Lucu
Hamster roborovski - blogger

Selanjutnya ada jenis hamster jinak lainnya bernama Roborovski. Hamster ini merupakan jenis hamster yang paling kecil di antara hamster yang sudah kita bahas di atas. Hamster mungil ini memiliki dua variasi warna, yaitu normal dan white face dengan bulu yang kekuningan.

Roborovski memiliki gerakan yang cukup lincah dan suka sekali berlarian kesana kemari. Untuk itu perlu kemampuan khusus untuk memegangnya supaya ia tidak kabur dari genggamanmu.

Faktanya hamster ini memiliki ketahanan tubuh yang sangat baik, asal kamu bisa memberikan makanan hamster yang berkualitas ya supaya nutrisinya tetap terjaga.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG HAMSTER?
Cari info Hamster terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Hamster Chinese

Jenis Hamster Untuk Pemula
Hamster chinese - pinimg

Mungkin namanya jarang terdengar di kalangan pecinta hamster. Namun hamster ini bisa jadi alternatif buat kamu untuk memeliharanya.

Hamster chinese merupakan jenis hamster yang bentuknya lebih mirip tikus. Banyak yang salah mengartikan jenis hamster ini karena mengira bahwa ini adalah spesies tikus.

Padahal saat kamu pelihara, hamster ini ramah sekali dan jarang menggigit siapapun yang ingin berinteraksi dengannya. Namun, kamu harus berhati-hati saat ia mulai bosan dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Ia akan memperlihatkan perilaku yang destruktif saat merasa bosan. Berikanlah mainan hamster di kandangnya untuk meredakan stres jika tidak ingin hamster ini merasa bosan. Sangat cocok untuk dipelihara buat orang yang sering berinteraksi dengannya.

Hamster Campbell

Hamster Yang Lucu
Hamster campbell - animal fun fact

Hamster campbel dikenal dengan tubuhnya yang imut. Banyak yang menjulukinya dengan hamster kurcaci karena tubuhnya yang sangat mungil.

Karena tubuhnya yang mungil, ia terkadang mempunyai sifat yang penakut. Campbell sering meninggalkan gigitan di tanganmu saat kamu memberikan sentuhan yang dadakan.

Merawat hamster Campbell ini butuh perhatian khusus. Kamu harus memberikan pola makanan yang ideal dan makanan bernutrisi tinggi. Hamster ini rawan sekali terkena penyakit diabetes, maka dari itu harus benar-benar menjaga pola makan dan makanan yang diberikan.

Hamster ini tidak cocok kamu berikan pada anak kecil yang terlalu bersemangat, karena sentuhannya bisa saja membuat hamster campbell kaget dan malah balik menggigitnya.

Hamster Eropa

Jenis Hamster Eropa
Hamster eropa - bored panda

Nah, ternyata hamster bukan saja memiliki tubuh yang kecil dan imut. Berbeda dengan hamster yang lainnya, hamster eropa ini sedikit memiliki tubuh yang cukup besar.

Sesuai dengan namanya, habitat asli hamster ini memang di eropa. Biasanya hamster ini ditemukan di dekat peternakan dan juga di padang rumput atau kebun.

Ciri-ciri yang paling mudah diketahui dengan melihat ukurannya. Ukuran hamster ini lebih besar dari hamster syrian dan hamster campbell.

Dia memiliki perut yang berwarna gelap kehitaman. Sayangnya, di eropa sana hamster ini populasinya terancam karena banyak sekali perburuan hamster yang lucu ini.

Hamster Romania

Hamster Romania
hamster romania - natural today

Jenis hamster yang terakhir ini adalah hamster romania. Jenis hamster ini memang terbilang langka di Indonesia, karena memang habitat aslinya ada di negara Rumania.

Spesies ini aktif di malam hari untuk mencari makan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayur yang berakar, rumput dan juga serangga kecil. Sama seperti lainnya, terkadang ia tidak langsung memakan pakannya semua melainkan disimpan di dalam pipinya yang elastis.

Ciri-ciri yang bisa kamu lihat dari hamster ini adalah memiliki bulu pada punggung yang berwarna coklat dan bagian bawah yang berwarna putih.

Bagian atas kepala memiliki garis hitam yang memanjang ke leher.

Pada pipinya terdapat garis yang memanjang gelap. Hampir sama dengan beberapa hamster yang lain, ia lebih memilih hidup untuk menyendiri serta memiliki sistem liang yang kompleks.

Cara Merawat Hamster Bagi Pemula

Saat kamu ingin memulai merawat hamster, kamu sebaiknya membaca terlebih dahulu panduan untuk merawat hamster yang benar agar hamster kamu bisa bertahan hidup lebih lama.

Pada umumnya, hamster ini mampu bertahan hidup 1 - 3 tahun tergantung dengan jenis hamster dan cara kamu merawatnya.

Tentunya, kamu tidak mau kan cepat-cepat kehilangan hamster yang kamu sayangi. Selain itu juga, hamster bisa kamu budidayakan dengan cara mengawinkan hamster sesuai dengan jenisnya.

Nah, kira-kira apa saja perawatan hamster yang harus kamu perhatikan? Berikut ini PetPi akan kasih tau kamu cara merawat hamster yang benar.

  • Pilih kandang sesuai dengan jenis hamster
  • Atur kebutuhan Kandang
  • Berikan asupan makanan secara teratur
  • Letakkan persediaan air minum yang cukup
  • Berikan mainan hamster di dalam kandangnya
  • Letakkan kandang hamster di tempat yang aman
  • Bersihkan kandang secara berkala
  • Ajak hamster bermain

Untuk tau lebih lanjut, kamu bisa membaca artikel PetPi yang membahas cara merawat hamster agar tidak cepat mati.

Nah itulah dia informasi yang bisa PetPi berikan tentang jenis hamster jinak yang bisa kamu pelihara di rumah. Pilihlah sesuai dengan bentuk yang kamu sukai.

Karena memelihara hamster juga memberikan manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman mu ya!

Terbit: Senin, 02 November 2020, 19:30 WIB
Update pada: Minggu, 24 Januari 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://blog.petloverscentre.com/types-of-hamster-breeds/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Hamster_cage
  • https://www.liputan6.com/citizen6/read/3916560/jenis-hamster-langka-dan-harganya-bisa-jadi-referensi-hewan-peliharaan
  • https://www.thesprucepets.com/is-a-hamster-the-right-pet-for-you-1238971
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar