Hari ini: Selasa, 01 Desember 2020
Minggu, 30 Agustus 2020, 10:00 WIB

Tertarik Beli Hamster? Ketahui 12 Manfaat Memelihara Hamster Berikut Ini

Tertarik Beli Hamster? Ketahui 12 Manfaat Memelihara Hamster Berikut Ini

Sebagai hewan yang lucu, ternyata ada 12 manfaat memelihara hamster bagi pemilik yang tidak banyak diketahui. Cek disini untuk mengetahuinya lebih lengkap

Meskipun kepopuleran memelihara hamster tidak seperti memelihara kucing atau anjing, nyatanya hamster adalah hewan istimewa yang menyenangkan dan lucu untuk dipelihara.

Banyak pekerja kantoran yang beranggapan bahwa hamster merupakan hewan yang bisa menemani pemiliknya dari lelahnya aktivitas di siang hari. Hal ini terjadi karena faktanya hamster merupakan salah satu hewan yang aktif di malam hari dan tidur di siang hari.

Buat kamu yang masih pemula dan ingin memiliki hewan peliharaan, hamster salah satu alternatif terbaik yang bisa kamu pilih. Selain menemani di malam hari, masih ada manfaat memelihara hamster lain yang bisa kamu dapatkan.

12 Manfaat Memelihara Hamster Bagi Pemiliknya

Memelihara hamster lebih mudah dibandingkan memelihara hewan lain, seperti kucing, anjing dan kura-kura. Kamu tidak perlu kandang yang terlalu besar dan perawatan yang mahal untuk satu hamster.

Berikut ini manfaat memelihara hamster lebih lengkap yang bisa kamu simak. Barangkali, setelah membaca artikel ini, kamu tertarik untuk memelihara hamster, mulai dari satu ekor dulu sampai 3 atau 4 ekor baru lainnya.

Biaya Perawatan Murah

Manfaat Memelihara Hamster

Mereka adalah hewan peliharaan yang harga penjualan dan pembeliannya cukup murah. Satu ekor hamster bisa dijual hanya dengan harga Rp35.000 - Rp50.000.

Alat dan bahan lain untuk perawatan rutinitas hewan bisa kamu beli dengan detail harga seperti berikut ini:

  • Kandang ukuran medium: Rp100.000
  • Pasir hamster: Rp15.000
  • Mainan hamster: Rp30.000 - Rp50.000

Jadi, untuk pertama kali memelihara hamster, kamu cukup perlu mengeluarkan uang sekitar Rp200.000 saja. Uang yang cukup murah untuk mendapatkan satu jenis hewan yang sangat lucu.

Baca Juga: Perhatikan! Ini Ciri-Ciri Fisik Hamster Sedang Hamil dan Akan Melahirkan Anaknya

Hewan yang Tidak Berisik

Memelihara kucing dan anjing memang lucu. Tapi, memelihara hamster lebih tenang karena mereka tidak menggonggong, melompat dan mengganggu kamu sebagai pemiliknya.

Mereka hanya akan bersenang-senang di kandangnya tanpa peduli siapa orang yang mendekati rumah kamu. Itulah sebabnya, hamster bisa dipelihara dimanapun kamu tinggal, baik di kontrakan, kost, ataupun rumah pribadi.

Tidak Perlu Ajak Jalan-jalan

Bagi sebagian orang, mereka hanya ingin memelihara hewan karena lucu dan menjadi teman di kamarnya serta tidak punya waktu untuk mengajak hewan peliharaannya jalan-jalan.

Bagi pemelihara hewan pemula, hamster merupakan hewan yang sangat cocok untuk dipelihara pertama kali.

Menenangkan

Layaknya hewan berbulu lainnya, hamster juga merupakan hewan yang sangat menyukai belaian dari pemiliknya. Bahkan, hamster jauh lebih tenang dibelai dibandingkan hewan peliharaan berbulu lainnya.

Saat kamu membelai mereka, hal ini akan membuat perasaanmu menjadi lebih tenang dan rileks.

Membersihkan Kandangnya Tidak Membuat Capek

Tidak semua orang punya banyak waktu untuk memelihara hewan yang perawatannya butuh tenaga ekstra, mulai dari pembersihan kandang, pup, kencing dan lainnya.

Pada umumnya, kandang hamster tidak memiliki ukuran yang sangat besar. Hal ini membantu kamu untuk lebih cepat proses pembersihannya.

Manfaat Memelihara Hamster Lainnya...

Baca Juga: Kejam deh! Ini Alasan Kenapa Hamster Sering Memakan Anaknya Sendiri yang Baru Lahir

Tidak Perlu Perawatan Dokter Hewan

Tidak seperti hewan peliharaan lainnya yang membutuhkan kesehatan ekstra, hamster tidak perlu perawatan dari dokter hewan sama sekali.

Hamster bisa merawat diri mereka sendiri tanpa adanya bantuan suplemen, obat, dan vaksinasi yang dibutuhkan dari pemiliknya. Murah dan mudah, kan?

Tidak Galak dan Agresif

Ingin pelihara hewan tapi takut diserang, atau digigit? Hamster merupakan pilihan terbaik saat ini karena sifatnya yang tenang saat dipegang dan dibelai.

Selama kamu memegang mereka dengan tenang dan tidak menyakitinya, hamster tidak akan pernah menggigit jari kamu.

Mandi Cukup Pakai Pasir

Alih-alih harus memandikan hewan peliharaan dengan air dan shampo khusus, hamster hanya perlu pasir untuk mandi.

Pasirnya pun mudah ditemukan di toko hewan terdekat atau marketplace online di Indonesia. Bahkan, ada beraneka ragam warna dan bau wangi pasir yang bisa digunakan. Cukup membantu kamu yang belum terbiasa memandikan hewan peliharaan.

Menyenangkan Dilihat

Di dalam kandang hamster, kamu harus menyiapkan minimal 2 jenis mainan yang bisa mereka gunakan. Mainan yang paling umum digunakan adalah roda putar.

Roda putar ini digunakan oleh hamster sebagai tempat berlari yang sangat lucu untuk kamu lihat. Hiburan yang sangat menggemaskan pokoknya.

Baca Juga: Ingin Bisnis Hamster? Yuk, Ketahui 9 Cara Ternak Hamster Ini!

Bisa Dilatih untuk Kompetisi

Manfaat Merawat Hamster

Hamster bisa ikut kompetisi? Apakah ini bohong? Tentu tidak, America's Got Talent pernah mendapatkan peserta kompetisi mereka yang mengajak hamster untuk bermain.

Hamsternya tersebut terlihat seperti nurut dan jinak pada pemiliknya. Bahkan, beberapa trik bisa mereka lewati.

Ini adalah kabar baik bahwa hamster yang kamu pelihara bisa dilatih untuk menyelesaikan berbagai trik hewan kompetisi. Tapi, jangan lupa juga untuk memberi penghargaan kepada hamster ketika berlatih dengan makanan kesukaannya.

Teman Pulang Kantor

Hamster merupakan hewan peliharaan yang sangat baik untuk orang yang sibuk di siang hari dan tidak punya banyak waktu merawat hewan peliharaan mereka. Karena, hamster akan jauh lebih aktif di malam hari, dan tertidur di siang hari.

Di malam hari inilah, hamster bisa menjadi teman kamu membuang segala macam kelelahan bekerja di siang hari.

Hewan yang Tidak Berbau

Meski tergolong sebagai hewan pengerat, nyatanya hamster tidak bau layaknya tikus got lainnya. Yang penting, kamu selalu menjaga kesehatan dan kebersihan kandangnya.

Selama itu pula, kamu harus menyediakan pasir mandi dengan aneka ragam wewangian yang harum dihirup.

Itu dia, hamster adalah hewan yang sangat menggemaskan. Ada banyak manfaat memelihara hewan yang bisa kamu dapatkan tanpa perlu repot-repot merawatnya.

Agar mereka tetap hidup dengan sehat, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatannya, ya. Harapannya, setelah membaca artikel ini kamu tidak meremehkan segi kesehatan mereka.

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://www.wellmindedpets.com/blog/2015/8/22/do-hamsters-make-good-pets-for-kids
  • https://metro.co.uk/2017/06/19/18-reasons-why-hamsters-make-the-best-pets-6719205/
  • https://www.kompasiana.com/median/550bcee18133111622b1e22a/hamster-peliharaan-kecil-dengan-manfaat-besar¬†
  • https://www.quora.com/What-are-ten-benefits-you-receive-with-raising-hamsters
  • https://www.wedgewoodpharmacy.com/blog/posts/10-things-you-to-know-about-keeping-a-hamster-as-a-pet.html#:~:text=Hamsters%2C%20for%20many%20people%2C%20make,t%20come%20with%20care%20instructions.
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar