Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Senin, 24 Mei 2021, 20:30 WIB

Dijamin Hilang, Begini Cara Menghilangkan Kutu Pada Hamster Paling Ampuh!

Dijamin Hilang, Begini Cara Menghilangkan Kutu Pada Hamster Paling Ampuh!

cara menghilangkan kutu hamster - ltkcdn

Punya hamster tapi bulunya selalu rontok dan gatal? Jangan khawatir, begini cara menghilangkan kutu hamster dengan mudah. Dijamin ampuh!

Hamster merupakan salah satu hewan peliharaan yang menjadi favorit pecinta hewan. Hewan ini juga menjadi mamalia terkecil yang pernah dipelihara oleh manusia.

Hamster termasuk ke dalam golongan hewan pengerat seperti, tikus, marmut ataupun kelinci yang hidupnya bertumpu pada kekuatan gigi depannya. 

Hal terpenting agar hamster kita selalu terlihat sehat adalah bagaimana kita bisa merawat dan menjaga kebersihannya.

Nah dari beberapa hewan pengerat ini, hamster menjadi hewan yang paling rentan terserang kutu karena beberapa jenis hamster memiliki bulu yang tebal dan panjang.

Sebenarnya, kutu memang selalu ada di beberapa hewan yang mempunyai bulu yang panjang, tak terkecuali hamster ini. Jika kutu pada hamster jumlahnya masih dalam batas normal, itu adalah hal yang biasa.

Namun, jika kutu ini sudah terlalu banyak, maka nyawa hamster bisa terancam. Berikut ini PetPi akan kasih tau kamu cara menghilangkan kutu hamster yang paling ampuh, tidak usah berlama-lama, yuk kita simak cara-caranya di bawah ini

Cara Menghilangkan Kutu Pada Hamster

Cara Menghilangkan Kutu Hamster
cara menghilangkan kutu pada hamster - 101hamster

Ciri ciri hamster yang terserang kutu adalah sering menggaruk tubuhnya sendiri dalam periode yang singkat. Kadang juga hamster sering menggesekan badannya ke kandang untuk mencoba menghilangkan kutu tersebut.

Namun, jika itu dibiarkan lama, maka buku hamster akan rontok sehingga hamster akan mengalami kebotakan. Lalu , saat kamu melihat ciri ciri yang disebutkan tadi, kamu wajib melakukan langkah-langkah seperti di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Hamster lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Bersihkan Seluruh Kandang

Bersihkan seluruh bagian kandang yang hamster kamu tempati secara menyeluruh untuk membasmi kutu. Lepaskan semua botol air, piring, mainan, tangga dan perabotan lain yang ada di dalam kandang.

Semua perlengkapan hamster yang  terbuat dari logam dan pastik harus dicuci bersih dengan sabun anti bakteri dan air hangat supaya tidak ada lagi telur kutu yang menempel.

Gunakan sabun anti bakteri yang tidak menggunakan parfum karena aroma dari parfum yang dihasilkan bisa saja bertahan lama sehingga mengganggu hamster.

uci peralatan dan kandang dengan memakai air yang mengalir, dan  bilaslah sampai residu sabun tidak tersisa. Hal ini bisa berbahaya karena bisa saja tercampur dengan makanan hamster. Jangan lupa keringkan kandang hingga benar-benar kering.

Gunakan Kandang Sementara

Sebelum kamu mencuci kandang sesuai dengan ketentuan di atas, kamu harus memindahkan hamster yang sedang mengalami perawatan ke kandang yang lainnya. Jangan sesekali memindahkan hamster ke kandang yang belum dibersihkan.

Jika memiliki banyak hamster, pastikan kamu pisahkan dengan hamster yang sudah tertular dengan kutu tadi.

Hal ini bertujuan untuk menghindari hamster yang lain terkena kutu yang berada di dalam kandang sebelumnya.

Sebagai pemilik hamster, setidaknya kamu memiliki kandang cadangan untuk mengantisipasi hal ini.

Desinfeksi Kandang

Cara menghilangkan kutu hamster selanjutnya adalah melakukan desinfeksi kandang dengan alkohol isopropil. Agar telur kutu tidak berkembang biak lagi, perlu melakukan hal seperti ini  agar lebih steril.

Gosok alkohol pada bagian kandang yang berbahan logam, lalu kemudian keringkan dengan handuk bersih. 

Oleskan ke seluruh permukaan kandang sehingga agar tidak telur kutu yang tersisa.

Keringkan kandang di bawah sinar matahari hingga kering, jangan sampai kandang yang kamu berikan desinfeksi malah membuat hamster tidak sehat saat dipindahkan kembali ke kandangnya. 

Mandikan dengan Shampo Selenium Sulfida

Mengatasi Kutu Hamster
memandikan hamster yang terkena kutu - ltkcdn

Sebenarnya kita harus mengetahui terlebih dahulu kutu jenis apa yang menyerang hamster. Sebelum itu kamu harus konsultasi ke dokter hewan untuk mengetahuinya.

Namun kebanyakan dokter hewan akan memberikanmu saran untuk memandikan hamster dengan shampo selenium sulfida. 

Shampo ini cukup aman untuk hamster yang sedang hamil. Jadi kamu bisa pakai shampo ini untuk memandikan hamster kamu sehingga bisa membasmi kutu-kutunya.

Selain itu, dokter juga pasti akan mengambil sampel kulit hamster yang akan diperiksa di bawah mikroskop untuk mengetahuinya lebih jauh.

Semprotan Jeruk

Cara lain untuk membasmi kutu hamster adalah menyemprotkan cairan jeruk untuk membasmi kutu hamster. Hal ini juga bisa kamu terapkan di beberapa hewan peliharaan sebelumnya.

Hal ini dipercaya bisa mengeluarkan kutu dari bulu hamster sehingga hamster tidak gatal-gatal lagi.

Cara membuatnya cukup mudah, irisan lemon dalam air direbus sampai airnya mendidih. Biarkan campuran lemon ini semalaman, lalu keesokan paginya kamu gunakan dan semprot di kandang hamster.

Cairan ini juga bisa menjadi pengganti bahan kimia seperti alkohol isopropil.

Pilih Tempat Tidur Hamster yang Lain

Salah satu alternatif cara menghilangkan kutu hamster berikut ini adalah dengan mengganti tempat tidurnya dengan merk lain.

Saat kamu memilih tempat tidur untuk hamster, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal untuk pilih tempat tidur yang tidak berbahaya dan menjaga keselamatan hamster agar tidak terserang oleh kutu.

Ada beberapa pilihan terbaik untuk tempat tidur yang kamu gunakan. Carefresh ultra adalah tempat tidur hamster yang cukup lembut, aman dan bebas dari bahan kimia serta pewangi.

Bahan ini terbuat dari serat selulosa yang bisa  menyerap kelembaban agar kutu sulit untuk berkembang biak.

Selain itu ada Kaytee Clean & Cozy yang merupakan alas tempat tidur hamster dengan tanaman unggul yang bisa menyerap kelembaban dan menghilangkan bau tidak sedap.

Alas tidur ini juga tidak mempunyai aroma sehingga hamster tidak terganggu dengan bau yang mencolok.

Nah itulah dia beberapa informasi yang berguna untuk mengetahui cara mengatasi kutu hamster dengan mudah. Cara-cara di atas harus kamu gunakan secara hati-hati, sesekali kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan yang biasa menangani masalah ini.

Semoga dengan informasi kali ini, kamu bisa menyembuhkan hamster yang sedang terserang banyak kutu.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Hamster terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Kamis, 10 September 2020, 10:00 WIB
Update pada: Senin, 24 Mei 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://bobo.grid.id/read/081688398/hewan-peliharaan-bisa-punya-kutu-apakah-manusia-bisa-tertular-kutu-hewan?page=all
  • https://seon.co.id/cara-menghilangkan-kutu-pada-hamster/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar