Hari ini: Kamis, 25 Februari 2021
Sabtu, 17 Oktober 2020, 19:30 WIB

Kejam deh! Ini Alasan Kenapa Hamster Sering Memakan Anaknya Sendiri yang Baru Lahir

Kejam deh! Ini Alasan Kenapa Hamster Sering Memakan Anaknya Sendiri yang Baru Lahir

Anak hamster sering hilang tiba-tiba? Apa mereka kanibal? Setelah diusut, ternyata ini alasan kenapa indukan hamster memakan anaknya sendiri

Hamster sendiri sangat dikenal para pecinta hewan yang lucu dengan ukuran kecil dan badan yang gemuk. Ia biasanya menghabiskan waktunya dengan berlari di atas roda mainannya serta berdiam diri di serbuk kayu untuk menghangatkan tubuhnya.

Sifat periang seperti inilah yang disukai oleh para pecinta hamster untuk menjadi daya tarik tersendiri untuk memeliharanya. Namun, dibalik sifat yang periang dan tubuhnya yang menggemaskan, hamster sendiri memiliki sifat yang kejam.

Salah satu sifat jelek hamster adalah dengan memakan anaknya sendiri. Hamster kanibal sering terjadi saat induknya baru melahirkan anaknya.

Nah, kira-kira apa sih alasan kenapa hamster memakan anaknya sendiri? Cari tau yuk di artikel berikut ini.

Kenapa Hamster Makan Anak Sendiri?

Alasan Kenapa Hamster Memakan Anaknya Sendiri

Hal ini tidak terjadi pada setiap hamster yang melahirkan anaknya. Namun bagi kamu yang sudah sering memelihara hamster, pastinya ada momen dimana indukan hamster akan memakan anaknya yang baru lahir.

Atau kamu bisa melihat bayi hamster yang hilang tidak tau kemana. Berikut ini adalah alasannya.

Akibat Indukan Hamster Stres

Siapapun yang pernah memiliki bayi hamster pasti pernah melihat indukannya mengalami stres. Proses hamil, melahirkan, menyusui sampai merawat bayinya yang menyebabkan hamster menjadi stres. Jika hamster merasa sangat stres, ia bisa secara sengaja akan memakan bayinya,

Mungkin ia merasa seolah-olah merawat bayi hamster adalah suatu beban yang berat pada hidupnya, maka dari itu ia mengalami stres hingga membunuh bayinya sendiri.

Hal ini mungkin terjadi pada indukan hamster yang muda karena bisa saja ia belum siap mental untuk mengurus anaknya.

Baca Juga: Agar Tidak Cepat Mati, Begini Rahasia Cara Merawat Hamster dengan Baik dan Benar

Akibat Induk Hamster Ketakutan

Bagi semua induk pastinya akan senantiasa melindungi anaknya dari ancaman apapun, termasuk indukan hamster. Namun, saat hamster benar-benar merasa ketakutan, emosi ini malah yang menyebabkannya bisa membunuh anak-anaknya sendiri.

Ancaman dari luar seperti manusia yang ditakutinya, hewan peliharaan lain atau suara keras bisa mengintimidasi hamster yang bisa meningkatkan emosinya.

Hal inilah yang harus kamu waspadai dari ketakutan hamster terhadap orang lain. Segeralah untuk memisahkan hamster dari jangkauan hewan atau orang lain dari kandangnya.

Akibat Indukan Mengenali Bau yang Beda di Bayinya

Induk hamster setiap hari telah menghabiskan banyak waktu untuk membersihkan dan merawat anaknya. Aroma yang tertinggal pada setiap bayi akan membantu indukan untuk mengenalinya anaknya.

Nah, saat ada aroma lain seperti bau manusia pada bayi hamster, mungkin indukan hamster tidak lagi mengenali bayinya sendiri. Itu mengapa kemudian bisa saja membunuh dan memakan bayi hamster karena dianggap baunya berubah.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG HAMSTER?
Cari info Hamster terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Akibat Kekurangan Makanan

Mungkin ini alasan yang bisa ditolerir ketika untuk induk hamster kanibal. Hewan apapun yang sedang dalam masa menyusui sudah pasti membutuhkan energi tambahan untuk bisa memenuhi asupan nutrisi bayinya.

Oleh karena itu, indukan hamster akan memerlukan lebih banyak makanan untuk memenuhi energinya. Hamster yang kekurangan makanan akan merasa lapar sehingga apapun yang ada di dekatnya bisa ia makan.

Bukan hanya itu saja, ada anggapan bahwa hamster yang memakan anaknya mempunyai rasa takut karena tidak mampu memberinya makan.

Akibat Induk Hamster Tidak Mampu Merawat Bayinya

Bukan hanya manusia saja yang bisa berpikiran tidak mampu untuk merawat bayinya yang baru lahir. Apalagi jika anak-anaknya banyak, pasti mereka kewalahan untuk merawatnya. Hamster pun demikian.

Indukan hamster akan berpikir untuk tidak merawat semua bayinya. Dia hanya menyisakan bayi yang sekiranya bisa ia rawat sampai besar. Oleh karena itu, indukan hamster akan memakan bayi-bayi yang dianggap tidak bisa ia beri nafkah.

Itu lah dia alasan kenapa indukan hamster bisa saja memakan bayinya yang tidak bersalah. Ada beberapa cara merawat bayi hamster yang bisa kamu terapkan agar kamu bisa membantu indukannya.

Cara itu mungkin bisa kamu minimalisir, disaat kamu tidak ingin kehilangan bayi hamster. Sekian dari PetPi, untuk artikel hamster lainnya, kamu bisa baca di link berikut ini ya. Semoga bermanfaat!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://firsthamster.com/why-hamsters-eat-their-babies/
  • https://www.dictio.id/t/mengapa-induk-hamster-bisa-kanibal/123067/2
  • https://www.thesprucepets.com/why-do-hamsters-sometimes-eat-their-babies-4588707
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar