Hari ini: Jumat, 30 Juli 2021
Selasa, 09 Maret 2021, 20:30 WIB

Segera Jauhi! Ini 7 Benda yang Bisa Berbahaya Bagi Hewan Peliharaanmu

Segera Jauhi! Ini 7 Benda yang Bisa Berbahaya Bagi Hewan Peliharaanmu

benda yang harus dihindarkan dari hewan peliharaan - Twitter/@thekitchn

Buat kamu yang pelihara hewan di rumah, kamu harus memperhatikan beberapa barang yang harus dijauhi dari mereka, berikut ini adalah daftarnya

Memelihara hewan peliharaan di rumah seperti kucing dan anjing adalah hal yang sangat menyenangkan. Apalagi banyak manfaat memelihara kucing yang bisa kamu dapatkan saat merawatnya di dalam rumah.

Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memelihara hewan peliharaan di dalam rumah. Tentunya ini untuk keselamatan mereka dan pemiliknya agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Cara ini salah satunya dengan menjauhkan hewan kesayanganmu dari benda-benda yang mungkin berbahaya untuknya.

Nah, kira-kira benda apa saja di dalam rumah yang harus kamu jauhkan dari hewan peliharaanmu itu. Yuk simak terus informasinya berikut ini.

Benda Berbahaya yang Harus Dihindari dari Hewan Peliharaan

Barang Yang Harus Dijauhi Dari Hewan Peliharaan
barang yang harus dijauhi dari hewan peliharaan - Tioga contractors

Terkadang banyak yang tidak menyadari bahaya yang dapat ditimbulkan apabila kamu lalai untuk menaruh barang di dekat hewan kesayanganmu. Ini bisa jadi fatal apabila kamu selalu membiarkan ini terjadi, bahkan bisa saja berakibat kematian pada hewan peliharaanmu.

Nah, jika tidak ingin ini terjadi, sebaiknya kamu perhatikan deh informasi dari PetPi berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Aksesoris lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Bahan Kimia Rumah Tangga

Produk pembersih, seperti pembersih baju, lantai dan piring mengandung bahan kimia yang cukup beracun. Maka dari itu sebisa mungkin kamu harus menjauhkan produk-produk ini dari jangkauan hewan peliharaanmu.

Taruhlah di dalam lemari yang terkunci supaya mereka tidak bisa menggapainya. Beberapa hewan peliharaan terkadang menyukai bau yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Mereka cenderung akan mengendus bahan kimia tersebut yang justru berbahaya bagi kesehatan hewan kesayanganmu di rumah.

Kabel Listrik

Ini juga sangat berbahaya bagi hewan yang kamu pelihara di rumah. Bukan hanya berbahaya untuk hewan, bahkan manusia saja harus berhati-hati jika bersentuhan dengan kabel listrik.

Jangan biarkan ia bermain dekat dengan kabel listrik atau sumber listrik lainnya seperti stop kontak jika tidak ingin hewan kesayanganmu terkena sengatan listrik yang cukup besar.

Apalagi jika kamu memelihara anak kucing atau anjing yang masih sering penasaran dengan sesuatu yang baru.

Terkadang mereka justru menggigiti kabel listrik yang menjuntai di lantai dengan resiko sengatan listrik dan luka bakar yang besar. Jadi kamu harus berhati-hati ya!

Tanaman Hias

Kamu tidak ingin hewan peliharaanmu mati sia-sia kan? Terkadang ini luput dari perhatianmu.

Disaat berpikiran aliran listrik yang berbahaya bagi peliharaanmu, ternyata ada bahaya yang mengancam lebih parah dari itu.

Ini sesuatu yang mungkin juga terlewatkan dari banyaknya pemilik hewan peliharaan. Mungkin beberapa pecinta hewan juga merawat tanaman hias di rumah. Tanpa disadari, banyak tanaman hias yang cukup beracun bagi hewan peliharaan nih.

Salah satunya adalah tanaman kuping gajah, tanaman laba-laba yang jika dimakan oleh hewan peliharaanmu akan berdampak yang cukup fatal.

Gantung tanaman tersebut di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh mereka, sehingga ia bisa terhindar dari keracunan.

Jendela atau Balkon

Mungkin saat kamu memiliki rumah dengan hanya satu lantai, hal ini tidak terlalu berbahaya. Namun jika kamu sudah tinggal di rumah yang memiliki 2 lantai atau lebih kamu harus segera mempersiapkan pengaman yang lebih.

Bahkan jika kamu tinggal di apartemen yang tinggi, ini menjadi hal yang sangat fatal apabila kamu membuka jendela apartemen saat kamu bermain dengan hewan kesayanganmu. Berikan lah pengamanan tambahan seperti jaring-jaring udara

Obat-obatan Manusia

Jangan anggap sepele jika mempunyai obat-obatan pribadi yang kamu gunakan. Biasanya pemilik hewan suka mempunyai kebiasaan menaruh obat pribadi di tempat-tempat yang bisa dijangkau oleh hewan kesayangan seperti meja makan.

Jika hewan peliharaanmu memakan obat keras yang diberikan dokter kepadamu, hal ini pastinya berakibat fatal atau bahkan bisa mematikan hewan peliharaanmu.

Jadi sebaiknya, kamu simpan obat-obatan pribadi di kotak obat yang sudah kamu tutup rapat ya.

Baterai

Jangan berpikir bahwa hewan tidak tertarik dengan benda ini ya sobat. Kamu harus ingat bahwa hewan peliharaan seperti kucing dan anjing mempunyai sifat yang penasaran akan sesuatu yang baru.

Jika kamu menaruh baterai di tempat yang sembarangan, bukan tidak mungkin mereka mengunyahnya. Hal ini bisa menyebabkan luka bakar kimiawi dan keracunan logam berat.

Baterai yang ditelan juga tidak bisa dicerna dengan baik sehingga akan berakibat pada penyumbatan saluran pencernaan.

Mau tidak mau kamu harus melakukan operasi untuk mengeluarkannya.

Karbon Monoksida

Sama seperti manusia, hewan peliharaan sangat rentan keracunan karbon monoksida, oleh karena itu kamu harus jauhkan dirinya dari pemanas ruangan yang menghasilkan karbon monoksida.

Di rumah-rumah yang berada di ketinggian biasanya mempunyai lubang pemanas untuk menghangatkan tubuh.

Itu harus kamu hindari, karena banyak anjing peliharaan yang tidur di dekat lubang asap tersebut.

Selain itu juga, kamu harus jauhkan mereka dari kendaraan yang sedang dinyalakan mesinnya. Kendaraan yang mesinnya menyala akan mengeluarkan gas karbon monoksida dari knalpotnya. 

Itulah dia hal berbahaya yang harus kamu jauhkan dari hewan kesayanganmu di rumah. Dengan kepedulianmu untuk tidak teledor menaruh benda-benda tersebut, maka kamu menyelamatkan nyawanya untuk hidup lebih panjang.

Semoga artikel ini bisa kamu terapkan di rumah ya, jangan lupa share jika ini bermanfaat buat orang-orang terdekatmu!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Aksesoris terbaru lainnya!

Terbit: Minggu, 08 November 2020, 19:30 WIB
Update pada: Selasa, 09 Maret 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/2/2020/18441/12-benda-di-rumah-yang-berbahaya-bagi-hewan-peliharaan
  • https://www.petprofessional.com.au/info-centre/pet-hazards-common-household-dangers-for-pets
  • https://www.vets-now.com/pet-care-advice/hazards-for-pets-in-the-home/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar