Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Sabtu, 16 Januari 2021, 16:00 WIB

Rahasia Pilihan Makanan Landak Mini Terbaik, Harganya Murah dan Mudah Ditemukan

Rahasia Pilihan Makanan Landak Mini Terbaik, Harganya Murah dan Mudah Ditemukan

makanan landak mini - hedgehogcity

Makanan landak mini harus sehat, murah, dan mudah didapatkan. Mau tahu apa saja pilihan makanan landak mini dan anaknya? Yuk, simak rahasianya berikut ini!

Landak mini bisa dikatakan menjadi salah satu pilihan jenis hewan peliharaan berukuran kecil favorit, selain dari hamster dan marmut yang kini sudah umum ditemui.

Ukurannya yang kecil dan tubuh diselimuti duri-duri kecil, jadi salah satu ciri-ciri landak mini. Walaupun cukup aman, duri-duri ini bisa saja berbahaya untuk anak-anak hingga orang dengan kulit sensitif.

Jenis hewan peliharaan ini pula dikenal sebagai landak susu, lho. Ada berbagai jenis landak mini yang umum dipelihara, seperti landak mini algerian, landak mini apricot, landak mini cinnicot, dan lainnya.

Untuk Sobat Pintar, cara memelihara landak mini pun terbilang cukup mudah. Namun berbeda jauh apabila dibanding hamster atau marmut, terutama dalam soal pilihan makanannya.

Penasaran apa saja pilihan dan jenis makanan landak mini yang bisa kamu berikan ke teman kecilmu yang satu ini? Nah, daripada makin penasaran langsung simak ulasanya selengkapnya berikut ini.

Mengenal Makanan Alami Landak Mini yang Sesuai dengan Kebutuhannya

Makanan Landak Mini
Daftar makanan untuk landak mini - exoticpetguides

Bagi para pemula, kemungkinan akan bingung dalam memilih makanan untuk landak mini. Lalu, apa saja makanan landak mini yang baik dan menyehatkan?

Melansir PetMD.com, landak mini tergolong ke dalam jenis hewan insektivora alias pemakan serangga. Namun sejatinya pula, hewan ini juga tergolong ke dalam hewan pemakan segala alias omnivora, lho.

Hal ini didasari pada makanan alami landak mini di alam liar yang berasal dari berbagai jenis makanan, seperti siput, cacing, hewan amfibi, reptil kecil, telur burung, ikan, jamur, akar, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Sementara itu untuk peliharaan, saat ini sudah tersedia makanan landak mini khusus berupa pelet yang sudah diformulasi khusus sesuai dengan kebutuhan nutrisinya.

Untuk mendapatkan pelet landak mini alias hedgehog food ini terbilang mudah. Dikarenakan saat ini banyak yang menjual makanan landak mini baik di pet shop maupun ecommerce.

Namun yang pasti, makanan landak mini peliharaan haruslah kaya akan kandungan protein dan rendah lemak, seperti yang direkomendasikan laman HedgehogWorld.com.

Selain mendapatkan nutrisi berupa protein dan lemak melalui makanannya tersebut, landak mini peliharaan juga bisa diberikan camilan dalam jumlah terbatas, seperti serangga, buah-buahan, hingga sayur-sayuran.

Pilihan Makanan Landak Mini Terbaik yang Murah dan Mudah Ditemukan

Makanan Landak Mini Terbaik
Makanan landak mini serangga - scratchandpeck

Jikalau kamu kesulitan dalam menemukan makanan khusus landak mini alias hedgehog food di pet shop dekat rumah, kamu sebenarnya tidak perlu terlalu pusing.

Untuk mempermudah Sobat Pintar, sebenarnya ada beberapa pilihan makanan landak mini terbaik yang bisa diberikan sebagai alternatif makanan khususnya tersebut.

Harganya yang murah, mudah ditemukan, dan menyehatkan pastinya, tentu akan berdampak bagi pada kondisi dan tumbuh kembang tubuh landak mini. 

Apa sajakah jenis makanan landak mini tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Landak lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Makanan Kucing (Dry Food)

Pertama ada makanan kucing yang bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti makanan utama landak mini. Jenis dry food alias makanan kering pun mudah didapatkan, baik di pet shop maupun minimarket.

Menurut laman TheSprucePets.com, setidaknya makanan landak mini ini harus mengandung kandungan 30 persen protein dan 20 persen atau lebih rendah lemak.

Sobat Pintar juga harus memperhatikan komposisi dari makanan kucing yang diberikan. Sebaiknya pilihlah makanan kucing dengan bahan dasar produk ternak, seperti ayam atau daging.

Maka dari itu lebih disarankan memilih makanan kucing dewasa ketimbang makanan anak kucing. Hal ini dikarenakanan makanan anak kucing cenderung memiliki kandungan lemak lebih tinggi ketimbang makanan kucing dewasa.

Pasalnya makanan kucing berbahan dasar ikan, kandungan nutrisinya kurang cocok bagi landak mini.

Selain itu, pilihlah produk dengan label "light", yang artinya punya kandungan sedikit lemak, namun tinggi protein. Hal ini membantu tubuh landak mini terhindar dari risiko obesitas dan penyakit lainnya.

2. Serangga

Sebagai hewan insektivora alias pemakan serangga, landak mini juga bisa memakan beberapa jenis serangga yang umum diberikan pada hewan peliharaan, seperti:

  • Ulat hong kong;
  • Ulat bambu; dan
  • Jangkrik.

Walaupun bisa dikatakan sebagai makanan utamanya, namun pemberian jangkrik, ulat bambu, atau ulat hong kong untuk landak mini sebaiknya hanya 10-15 persen dari makanan hariannya saja, lho.

Menurut PetMD.com, terlalu banyak memberi serangga bisa menyebabkan landak mini tidak mau memilih jenis makanan lain. Kandungan lemak yang tinggi pun, bisa berakibat obesitas.

3. Daging dan Telur

Produk daging dan telur yang umum dikonsumsi manusia, bisa juga dijadikan sebagai alternatif makanan landak mini yang memiliki kandungan protein baik untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Daging dan telur yang sudah melalui proses pemasakan, dapat diberikan dalam jumlah terbatas sebagai camilan berprotein tinggi untuk hewan peliharaanmu ini.

Namun yang perlu Sobat Pintar ingat, landak mini tidak boleh makan daging dan telur yang dimasak dengan bumbu, minyak, dan garam.

Sebaiknya pisahkan dulu daging dan telur yang akan kamu berikan pada landak mini dengan bagian yang akan kamu masak dan makan, ya.

4. Buah-Buahan

Selain makanan dengan sumber protein seperti di atas, landak mini juga diperbolehkan sesekali mengonsumsi buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Sebelum diberikan, ada baiknya kamu membuat bagian kulit dan biji yang mungkin berbahaya bagi landak mini.

Adapun beberapa buah-buahan yang aman dijadikan sebagai makanan landak mini, seperti:

  • Pisang;
  • Apel;
  • Melon;
  • Blueberry;
  • Raspberry;
  • Labu kuning; dan
  • Pir.

Melansir PetHelpful.com, buah-buahan segar sebaiknya hanya diberikan sekali dalam dua minggu. Hal ini dikarenakan kandungan gula yang tinggi membuat landak mini rentan terhadap risiko diabetes.

5. Sayur-Sayuran

Makanan landak mini yang bisa kamu berikan lainnya adalah sayur-sayuran yang tentu mudah ditemukan dan harganya relatif murah.

Pastikan sayuran yang dipilih tidak memiliki kandungan gula tinggi dan sebaiknya dimasak sebelum diberikan pada landak mini.

Beberapa jenis sayuran yang aman diberikan, seperti:

  • Wortel;
  • Jagung manis;
  • Paprika;
  • Ubi jalar;
  • Brokoli;
  • Kale;
  • Tomat;
  • Kacang polong; dan
  • Labu.

Dibanding buah, sayur-sayuran cenderung lebih aman diberikan setiap hari pada landak mini karena tidak menyebabkan peningkatan gula darah secara cepat.

Walaupun begitu, pemberian buah dan sayur sebagai makanan landak mini juga perlu diperhatikan. Terlebih jika muncul gangguan pencernaan, seperti diare setelah pemberiannya.

Pilihan Makanan Anak Landak Mini Sesuai Umurnya

Makanan Anak Landak Mini
makanan anak landak mini - wild life online

Pada beberapa kesempatan, mungkin Sobat Pintar memilih untuk merawat anak landak mini atau mendapatkannya melalui proses perkawinan. Lalu bagaimanakah dengan asupan makanannya?

Dilansir dari laman RSPCA.org.uk, makanan anak landak mini dapat berupa makanan kucing basah (wet food) atau makanan kucing kering (dry food) yang dilunakkan lebih dulu.

Sebaiknya pilih makanan kucing yang bukan berbahan dasar ikan, melainkan daging ayam atau sapi. Jika memungkinkan, kamu lebih baik berikan makanan khusus landak mini.

Jangan pernah memberikan landak mini susu sapi. Hal ini dapat mengganggu sistem pencernaan landak mini, salah satunya menyebabkan diare.

Sebaiknya selalu sediakan air bersih sebagai minumannya yang bisa kamu berikan menggunakan pipet atau spuit.

Anak landak mini dengan kondisi sehat akan mengonsumsi makanan mereka. Jika mereka menolaknya, lebih baik segera datangi dokter hewan untuk mendapatkan penanganan segera.

Bagaimana Cara Memberikan Makanan Landak Mini?

Cara Memberikan Makanan Pada Landak Mini
Cara memberi makanan pada landak mini - ahapet

Hewan peliharaan kecil, termasuk landak mini tergolong sangat berisiko terserang obesitas akibat pemberian asupan makanan yang terlalu banyak dari kebutuhannya.

Makanan utama landak mini diberikan sekitar 1-2 sendok teh setiap harinya. Sementara untuk makanan pendamping, seperti serangga, buah, dan sayur hanya boleh sekitar 1 sendok teh saja.

Cara memberikan makanan landak mini pun perlu Sobat Pintar atur, lho. Sebagai hewan nokturnal yang aktif di malam hari, sebaiknya landak mini diberi makan pada waktu sore hari.

Hal ini tentu berguna agar asupan nutrisi yang diperoleh, dapat digunakan landak mini untuk menghasilkan energi dan digunakan efektif untuk aktivitasnya.

Untuk membuat tubuhnya tetap terhidrasi, landak mini juga harus mendapat asupan air cukup yang bisa diberikan melalui botol khusus atau wadah di dalam kandang.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa jenis makanan landak mini terbaik yang harganya murah dan mudah untuk ditemukan di sekitarmu.

Semoga informasi di atas dapat membantu kamu dalam merawat landak mini dan membuatnya berumur panjang, ya. Selamat mencoba!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Landak terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Senin, 19 Oktober 2020, 10:00 WIB
Update pada: Sabtu, 16 Januari 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pethelpful.com/exotic-pets/Pygmy-Hedgehog-Diet-How-To-Feed-Them-Properly
  • https://www.hedgehogworld.com/what-do-hedgehogs-eat/
  • https://www.petmd.com/exotic/complete-guide-hedgehogs
  • https://www.rspca.org.uk/adviceandwelfare/wildlife/orphanedanimals/babyhedgehogs
  • https://www.thesprucepets.com/what-do-hedgehogs-eat-4588705
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar