Hari ini: Minggu, 19 Mei 2024
Jumat, 03 Maret 2023, 16:30 WIB

Mengenal Hamster Roborovski Mulai dari Ciri-ciri, Cara Merawat hingga Harganya

Mengenal Hamster Roborovski Mulai dari Ciri-ciri, Cara Merawat hingga Harganya

mengenal hamster roborovski, hewan mungil yang menggemaskan - wikimedia

Tertarik memelihara hamster roborovski? Sebelum merawat salah satu jenis hamster mungil ini, mari kita simak dulu profil dari hamster roborovski berikut.

Sobat Pintar, memelihara hewan tidak harus yang berukuran besar seperti kucing atau anjing. Sebab, kamu juga bisa memelihara hewan bertubuh mungil seperti hamster roborovski ini.

Bagi sebagian orang, nama hamster ini mungkin sangat asing di telinga, apalagi peminat hamster di tanah air mungkin juga tidak banyak. Padahal, cara merawatnya bisa dibilang tidak terlalu sulit dan bisa hanya ditaruh kandang.

Hal ini tentu saja akan cocok sekali bagi kamu yang ingin memelihara hewan, tapi juga sibuk dengan pekerjaan. Memelihara hewan ini mungkin tidak akan menyita banyak waktumu dan terlebih lagi mereka juga dikenal sebagai hamster yang jinak.

Tidak hanya itu saja, tentunya masih banyak lagi ciri fisik dan karakter yang bisa kamu temukan pada hamster roborovski (Phodopus roborovskii) tersebut. Maka dari itu, yuk simak dengan seksama artikel berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Hamster lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa Saja Ciri Ciri Hamster Roborovski?

Karakteristik Hamster Roborovski
karakteristik hamster roborovski - rustica

Bagi beberapa orang, hewan peliharaan merupakan anggota keluarga mereka yang harus mendapatkan perawatan yang sama baiknya dengan manusia.

Untuk itu, sebelum kamu memelihara hamster roborovski, PetPi akan membahas ciri-ciri hamster ini dari segi fisik maupun karakternya seperti berikut ini.

1. Berukuran Mini

Hamster roborovski atau disebut juga sebagai hamster gurun merupakan hewan yang tinggal di padang pasir kering atau gurun gobi di Mongolia serta China Utara.

Postur tubuh hamster roborovski dewasa pun juga sangat mini dengan panjang hanya mencapai 5-6 sentimeter. Ekornya juga kecil hanya 1 sentimeter saja.

Berkat ukurannya yang kecil, kamu bisa memegang hewan ini cukup dengan satu telapak tangan. Jauh lebih mudah daripada hewan berbulu lainnya yang berukuran besar dan berat.

2. Corak Warna

Ciri khas lain dari hamster ini ada pada warnanya. Hampir seluruh tubuh hamster roborovski berwarna coklat kemerahan atau coklat kekuningan. Beberapa hamster juga berwarna abu-abu.

Perbedaan warna dari hamster ini kemudian digunakan sebagai pedoman membedakan jenis hamster roborovski. Tahun 2011 ditemukan 7 variasi warna hamster seperti brown face, red eyed, platinum dan lainnya.

3. Hidup Berkelompok

Salah satu hal unik yang juga menjadi ciri khas hamster ini adalah kebiasaan hidupnya yang berkelompok. Ironisnya, kebiasaan tersebut perlahan sirna usai hamster roborovski dijadikan sebagai peliharaan.

4. Lincah

Ada beberapa sifat atau karakteristik dari hamster ini yang membuatnya sangat kontras. Yang pertama, hewan yang satu ini bisa sangat lincah dan aktif melakukan sesuatu.

Gerakan lincahnya diakomodasi dengan kaki-kakinya yang panjang. Hamster tercepat ini sangat suka bergerak terutama saat merasa nyaman.

5. Hobi Bersembunyi

Tapi di sisi lain, hamster roborovski juga dikenal sebagai hewan pemalu yang hobi bersembunyi. Hamster ini akan mengajak kamu untuk bermain petak umpet.

6. Suka Berteman, tapi Tak Suka Berbagi

Nah bagi kamu yang ingin memelihara hamster roborovski, tapi cukup sibuk untuk mengajaknya bermain setiap hari bisa mencarikannya teman. Hal ini karena hamster ini mudah kesepian sehingga akan suka saat mendapatkan teman.

Tapi, pastikan untuk menempatkan temannya pada kandang yang berbeda. Mengapa? Karena hamster jenis ini juga memiliki kecenderungan tidak suka berbagi.

Bagaimana Cara Merawat Hamster Roborovski?

Perawatan Hamster Roborovski
perawatan hamster roborovski - pinimg

Setelah mengetahui ciri-cirinya, tentu saat ini Sobat Pintar sudah lebih mengenal desert hamster atau hamster roborovski, bukan? Yakin akan memeliharanya di rumah sebagai hewan peliharaan yang baru?

Salah satu cara agar hamster jinak dengan pemiliknya adalah dengan merawatnya dengan baik. Di bawah ini ada beberapa tips merawat hamster gurun yang harus kamu ketahui.

1. Siapkan Kandang Terbaik

Siapkanlah kandang hamster yang luasnya 1 meter persegi jika memungkinkan lebih besar akan lebih bagus. Mengapa? Ruangan yang luas akan memudahkanmu menyimpan berbagai permainan hamster.

Buat kandang yang terbuat dari kaca dan memiliki ventilasi udara yang bagus. Tapi pastikan lubang udaranya jauh lebih rapat dan kecil daripada ukuran desert hamster.

2. Tempatkan Alas dalam Kandang

Hamster roborovski merupakan hewan yang suka bersembunyi dan menggali maka kamu wajib menempatkan alas dalam kandangnya. Berikan alas yang terbuat dari serat selulosa yang tebalnya 8 cm.

Hindari menggunakan alas yang memiliki serabut panjang. Serat poliester bukan jenis serat yang bagus karena dapat menyumbat sirkulasi udara hamster.

3. Masukkan Kotak Pasir

Selanjutnya, kamu bisa menambahkan kotak pasir kecil yang dibuat khusus untuk disimpan di dalam kandang hamster. Setelah menyimpan kotak pasirnya jangan lupa untuk menambahkan pasir khusus.

Kotak pasir ini nantinya berguna sebagai tempat hamster buang air. Bersihkan secara teratur agar tidak menimbulkan bau.

4. Makanan dan Minuman

Tahukah kamu, apa saja makanan hamster roborovski? Hewan peliharaan ini harus diberikan makanan yang sehat dan bergizi agar dapat bertahan hidup dengan baik.

Apalagi rentang usia hidupnya sangatlah pendek hanya selama 2-3 tahun saja. Di masa hidupnya, kamu harus memberikan makanan hamster terbaik seperti campuran padi, pelet, sayuran kering dan biji-bijian.

5. Mainan dan Roda

Tidak hanya memperhatikan makanannya saja, kamu juga harus memberikan perhatian dengan menambahkan mainan atau roda berputar di kandang hamster.

Mainan ini akan membuatnya tidak kesepian dan tetap lincah bermain. Namun hindari menambahkan mainan yang terbuat dari busa untuk mencegah hamster tersedak. Kamu juga wajib mengganti mainan secara teratur.

6. Pasir Mandi

Ada dua fungsi pasir yang dibutuhkan untuk hamster. Pertama adalah pasir yang digunakannya untuk buang air dan selanjutnya adalah pasir mandi.

Pasir mandi yang bagus memiliki banyak sekali manfaat bagi hamster. Membantu hamster Kembali ceria dan tidak stress. Pasir mandi juga menjadi alat bermain hamster selain berfungsi untuk membersihkan tubuhnya.

Berapa Harga Hamster Roborovski di Tahun 2023?

Harga Hamster Roborovski Di Indonesia
harga hamster roborovski di Indonesia - saymedia

Apakah kamu ingin mendapatkan perkiraan berapa kisaran harga dari hamster roborovski? Harga jual hamster jenis ini tergantung pada varian warnanya ya.

Sebelum itu, kamu harus tahu dulu beberapa jenis hamster roborovski yang tersedia di pasaran, antara lain:

  • Roborovski white face (bermuka putih);
  • Roborovski brown face (agouti);
  • Roborovski husky;
  • Roborovski platinum (abu-abu);
  • Roborovski white (putih);
  • Roborovski red eyed (mata merah); dan
  • Roborovski mottled atau pied (belang).

Untuk hamster dengan harga paling murah adalah jenis brown face yang per ekornya dihargai mulai dari Rp47.000. Sementara itu, hamster paling mahal adalah hamster white face husky.

Harga jual satu ekor hamster white face husky adalah Rp55.000. Harga hamster roborovski umumnya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Tentunya ada beberapa faktor yang melatarbelakangi mengapa harga hamster bisa berubah. Tapi selama kamu ingin dan tertarik memelihara hewan ini, harga bukanlah masalah besar.

Justru daripada harga hamsternya, biaya perawatan hamster jauh lebih mahal. Saran PetPi, kamu sudah harus mencicil berbagai perlengkapan hamster sebelum membeli hewannya.

Dimulai dengan membeli kandang hamsternya terlebih dahulu. Kandang hamster sangat dibutuhkan mengingat hewan ini merupakan jenis hewan yang hobi bermain petak umpet.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Seputar Hamster Roborovski

Tanya Jawab Tentang Hamster Roborovski
tanya jawab tentang hamster roborovski - 20minutos

Apakah hamster roborovski menggigit?

Jawabannya adalah mungkin saja, karena hampir semua hewan peliharaan termasuk hamster roborovski yang baru dipelihara atau belum jinak akan kerap menggigit manusia apalagi yang tidak dikenalinya.

Oleh karena itu, apabila kamu ingin memegang atau bermain dengannya maka kamu harus menjinakkannya terlebih dahulu. Jangan pernah menyentuhnya langsung ketika baru diadopsi, karena hal ini juga bisa membuatnya stres loh.

Sobat Pintar, demikianlah akhir dari informasi yang bisa PetPi sampaikan mengenai hamster roborovski. Kamu yang nantinya memelihara hewan ini tentu akan bisa mendapatkan informasi lebih banyak lagi.

Manfaatkanlah informasi yang PetPi berikan ini sebagai tips awal sebelum memelihara hamster gurun atau hamster roborovski. Karena bagaimanapun juga, hamster merupakan hewan yang memiliki kepribadian dan karakteristik khusus.

Kamu tidak bisa menyamakan hamster gurun dengan jenis hamster lainnya karena meski satu famili tapi bisa jadi kepribadiannya berbeda. Namun, yang pasti hamster ini akan mengobati rasa kesepianmu saat libur bekerja.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Hamster terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://harga.web.id/harga-hamster-roborovski-ciri-fisik.info
  • https://id.wikihow.com/Merawat-Hamster-Roborovski
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Hamster_Roborovski
  • https://www.hobinatang.com/2018/11/hamster-roborovski-ciri-ciri.html

Tentang Penulis

Saya adalah alumni dokter hewan FKH Universitas Airlangga 2023 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar