Hari ini: Kamis, 28 Oktober 2021
Sabtu, 12 Juni 2021, 20:30 WIB

Gampang Banget! Begini Cara Mudah Membuat Kandang Hamster Sendiri

Gampang Banget! Begini Cara Mudah Membuat Kandang Hamster Sendiri

cara membuat kandang hamster - pinterest

Ingin memulai untuk memelihara hamster? Jangan lupa persiapkan kandangnya dengan baik. Mending kamu cari tau dulu cara membuat kandang hamster berikut ini

Buat kamu pecinta mamalia yang imut dan lucu, pastinya kamu sudah melirik hamster untuk dijadikan peliharaan di rumah kan? Hamster memang menjadi salah satu hewan yang cukup menggemaskan selain kucing dan kelinci.

Sekilas memang hewan ini mirip sekali dengan tikus, namun pada kenyataannya jenis hewan ini sedikit berbeda. 

Jika kamu ingin memeliharanya, cara merawat hamster tidaklah sulit. Asalkan kamu mengetahui beberapa hal yang wajib kamu persiapkan sebelum memeliharanya. Salah satunya adalah kandang hamster.

Sebelum mengadopsi hamster sebagai hewan peliharaanmu, ada baiknya kamu membuat kandang hamster terlebih dahulu agar tidak repot saat hamster sudah siap.

Kamu tidak perlu membeli kandang hamster di petshop, karena kamu sendiri bisa mengkreasikan kandang hamster sesuai dengan kesukaanmu. Kamu bisa mulai membuat kandang hamster dari bahan-bahan yang tidak terpakai di rumah.

Nah, berikut ini PetPi akan kasih tau kamu cara membuat kandang hamster sendiri dengan mudah dan sederhana.

Cara Membuat Kandang Hamster

Cara Membuat Kandang Hamster
cara membuat kandang hamster - pinterest

Sebelum kamu membuat kandang hamster, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk membuat kandang yang nyaman baginya. Kamu harus menentukan terlebih dahulu ukuran, bahan-bahan yang kamu ingin taruh di kandang sampai mainan hamster untuknya bermain.

Yuk kita cari tau dulu persiapan untuk membuat kandang hamster yang benar.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Hamster lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Ukuran Kandang Harus Sesuai

Hal pertama yang harus kamu perhatikan untuk membuat kandang hamster adalah ukuran yang sesuai untuk hamster kamu. Jika tidak kamu perhatikan, justru hamster akan terganggu dan merasa stres di kandangnya sendiri. Kamu bisa menentukan kandang hamster dari seberapa besar tubuhnya atau seberapa banyak yang ingin kamu pelihara.

Usahakan kamu membuat kandang yang besar, karena hamster cenderung lebih suka kandang yang besar dan luas. Untuk ukuran 1 hamster yang normal, sebaiknya kamu memilih ukuran paling tidak 35 x 35 x 35 cm sebagai kandangnya.

Jadi kamu bisa membuat kandang hamster berbentuk akuarium dari bahan-bahan bekas yang ada di rumahmu. Tentu saja, jika kamu akan memelihara hamster dengan jumlah yang banyak, kandang yang kamu perlukan juga harus lebih besar.

Jangan Biarkan Kandang Terbuka

Cara membuat kandang hamster sederhana selanjutnya adalah kamu harus membuat kandang hamster yang tertutup sehingga tidak ada celah sedikitpun. Alasannya, hamster adalah hewan yang cukup cerdas, maka dari itu kamu harus menutup semua celah yang memungkinkan hamster untuk keluar dari kandangnya.

Selain itu juga menutup kandang hamster rapat-rapat juga untuk menghindari adanya hewan lain yang masuk mengganggu kehidupan hamster.

Jangan salah sangka ya, kandang yang tertutup bukan berarti tidak ada ventilasi udara. Kamu juga harus memastikan sirkulasi udara di dalam kandang hamster cukup baik untuk menghindari hamster kekurangan oksigen.

Jika kamu membuat kandangnya dari jeruji besi, itu akan memudahkan sirkulasi udara mengalir dari kandang hamster.

Nah, jika kamu memakai wadah tanpa celah seperti akuarium, pastika bagian paling atas terbuka dan usahakan tinggi akuarium tidak bisa dijangkau oleh hamster sehingga memungkinkan untuk sirkulasi udara masuk namun keamanannya tetap terjaga.

Maka dari itu siapkan wadah yang cukup tinggi sehingga hamster tidak bisa menjangkau celah tersebut untuk keluar dari kandang.

Berikan Hamster Alas Pada Kandangnya

Selain ukuran dan keamanan kandangnya, kita juga perlu memperhatikan aspek ini untuk kenyamanan hamster saat tinggal. Memberikan alas pada kandang hamster membuat hamster bisa dengan nyaman hidup di kandangnya.

Pada dasarnya hamster adalah hewan pengerat yang suka menggali dan mencari jalan-jalan lain. 

Bahan yang dipakai untuk alas pada kandang hamster adalah serbuk kayu atau pasir.

Dengan begitu ia akan sering untuk menggali alas tersebut untuk menimbun tubuhnya di dalam serbuk kayu itu. Karena beberapa orang beranggapan bahwa serbuk kayu juga bisa menghangatkan tubuh hamster dari dinginnya cuaca di luar.

Mainan Hamster

Salah satu alasan kenapa kandang hamster yang kamu buat harus luas adalah supaya bisa menempatkan mainan hamster di kandangnya. Beberapa mainan hamster seperti roda berputar bukan tanpa manfaat, dengan adanya mainan itu bisa menurunkan tingkat stres dari hamster tersebut. 

Selain itu banyak lagi mainan yang bisa kamu berikan di kandang hamster, asal syaratnya cuma 1, yang terpenting kamu punya kandang yang luas.

Nah, jika kamu tidak memiliki kandang yang cukup luas, kamu tidak perlu memberikan mainan untuk hamster, karena jika memaksakan hamster justru akan terlihat stres kandangnya terlalu sempit.

Buatlah gundukan-gundukan dari serbuk kayu dan paralon agar ia bisa sedikit bermain dengan hal itu. 

Pemberian Tempat Makanan dan Minuman

Satu lagi yang tidak boleh ketinggalan. Sediakan tempat makan dan minuman khusus hewan peliharaan di dalam kandang hamster, kamu bisa mendapatkan barang tersebut di petshop terdekat. Fungsinya supaya makanan hamster dan minuman tidak berceceran dan mengotori kandang hamster.

Tempatkan wadah makanan agak lebih tinggi, karena hamster akan cenderung mengacak-acak wadah makanan nya. Oleh karena itu kamu bisa memasangnya agak lebih diatas.

Sedikit fakta menarik tentang makanan hamster, ia mempunyai kebiasaan untuk menyimpan makanan di sudut-sudut favoritnya supaya tidak jauh-jauh mengambilnya lagi ketika ia sedang lapar.

Usahakan Beli Aksesoris Kandang Terpisah

Sebaiknya kamu memang memilih kandang dengan aksesoris terpisah. Banyak dari pecinta hamster tidak mau repot membuat kandang hamster sendiri, lalu ia langsung membeli kandang hamster yang sudah termasuk dengan aksesorisnya.

Namun kenyataannya, mereka tidak puas dengan kualitas dari kandang tersebut. 

Beberapa fungsi aksesoris atau mainannya tidak bisa berjalan dengan baik. Maka dari itu sebisa mungkin kamu tidak membeli kandang yang sudah jadi.

Terkadang juga hamster kurang nyaman dengan desainnya, maka dari itu lebih baik mengkreasikan sendiri kandang hamster buatan kamu.

Nah itulah dia beberapa tips cara membuat kandang hamster sendiri dengan sederhana. Kini kamu tentunya sudah cukup memahami tentang pembuatan kandang hamster.

Kesimpulan yang bisa diambil adalah kenyamanan tempat tinggal hamster sangat penting baginya untuk bisa hidup atau tinggal lebih lama. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Hamster terbaru lainnya!

Terbit: Senin, 12 Oktober 2020, 19:30 WIB
Update pada: Sabtu, 12 Juni 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Hamster_cage
  • https://tanipedia.co.id/cara-membuat-kandang-hamster/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar