Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Jumat, 08 Januari 2021, 16:00 WIB

Hati-hati, Ini 10 Tanda Hamster yang Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Hati-hati, Ini 10 Tanda Hamster yang Stres dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Ciri-ciri hamster stres - pet care plus

Ada tanda-tanda aneh yang gak biasa kamu lihat? Jangan dibiarkan. Cari tau ciri-ciri hamster stress dan cara mengatasinya dengan mudah berikut ini

Saat kamu memutuskan memelihara hewan kecil ini di rumah, kamu harusnya sudah mengetahui bahwa hamster adalah hewan yang harapan hidupnya pendek.

Hewan yang menggemaskan ini sangat sensitif terhadap lingkungan sehingga membuat mereka lebih mudah sakit.

Sedikit saja perubahan lingkungan yang terjadi pada kehidupannya, membuat hamster akan lebih cepat stres. Saat stress melanda, hamster akan jatuh sakit yang berakibat lebih fatal lagi yaitu kematian.

Maka dari itu, sudah sebaiknya kita menjaga dan merawatnya dengan baik.

Jika ada beberapa tingkah laku hamster yang mencurigakan pada saat kamu membelinya, kamu wajib waspada. Kemungkinan hamster mengalami stres sehingga berperilaku aneh.

Nah, bagi kamu para pemula begini cari tau ciri-ciri hamster stres berikut ini.

Ciri-ciri Hamster Stres

Ciri Ciri Hamster Stres
Bulu rontok ciri-ciri hamster stres - bluecross

Faktor stres pada setiap pribadi hamster sebenarnya berbeda-beda. Ada hamster yang stres karena lingkungan, ada yang stres karena tidak dirawat dengan baik ataupun stres karena takut akan ancaman makhluk hidup lainnya.

Semua juga tergantung dengan jenis hamster yang kamu pelihara, namun berikut ini adalah ciri-ciri hamster stres yang umumnya terjadi.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Hamster lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Hamster Terlihat Hiperaktif

Hamster yang stres pada lingkungannya cenderung menjadi sangat hiperaktif, bahkan di dalam kandangnya sendiri. Mereka akan bergerak kemari secara tidak teratur, mencoba memanjat kandang dan akan tampak lebih gugup dari biasanya.

Ini semua adalah tanda atau ciri-ciri hamster yang stres karena sedang berusaha mencari cara untuk melepaskannya.

Perilaku yang Tidak Biasa

Jika hamster mu tidak dikelilingi oleh lingkungan yang menunjang kenyamanannya, ia akan bersifat merusak dan sangat agresif. Setiap hamster memang harus berada dalam lingkungan yang menunjang untuk melatih kemampuan fisik, emosional dan sosialnya.

Jika setiap hamster tidak tinggal di lingkungan yang menunjang itu semua, maka ia akan mencoba mengeluarkan energi dan menghilangkan stresnya dengan cara lain. Salah satunya dengan kebiasaan dan tingkah yang tidak jelas di dalam kandang.

Perilaku yang Berulang

Pada kebanyakan hewan yang stres , akan muncul perilaku kompulsif yang berulang. Salah satu contoh perilaku kompulsif adalah terus-menerus menggaruk badannya, menggerogoti serbuk kayu yang ada di kandang tanpa henti dan terus menerus membersihkan tubuhnya sendiri.

Dalam hal yang lebih ekstrim bahkan hamster bisa saja melukai dirinya sendiri. Hal ini harus jadi perhatian saat kamu melihat tingkah laku hamster yang seperti itu.

Perilaku yang Agresif

Stres menyebabkan hamster yang kamu pelihara berperilaku agresif. Selain agresif, mereka juga tidak segan berperilaku reaktif terhadap sesuatu hal yang mendekatinya.

Saat hewan pengerat ini menunjukan giginya, menggerakkan telinganya dengan gerakan mundur dan mendengus layaknya sedang marah, berarti ia bersiap untuk menyerang.

Dalam situasi yang seperti ini kamu sebaiknya menghindari hamster dan memberinya waktu untuk menenangkan diri agar ia merasa lebih aman.

Namun, pada saat kamu melihat hamster terus menerus mencoba menggigit kamu atau secara umum lebih agresif, segeralah konsultasikan dengan dokter hewan terdekat.

Bulu Hamster Rontok

Hamster yang menderita stres kronis akan seringkali mengalami kerontokan pada bulunya. Hamster yang stres mulai kehilangan bulunya atau malah memiliki bulu yang terlihat lebih berminyak.

Dalam kasus yang lebih parah, beberapa hewan pengerat bahkan mencabut bulunya sendiri melalui garukan yang ia tidak sadari malah membuat bulunya rontok. Walaupun penyebab bulu hamster rontok bukan hanya stres saja, namun hal seperti ini menjadi tanda bahwa kamu harus lebih memperhatikannya.

Hamster Akan Mengeluarkan Suara

Sejatinya hamster adalah hewan yang pendiam. Namun saat menderita stres, hewan kecil ini akan mengeluarkan suara yang khas. Hamster yang mengeluarkan suara jeritan saat ketakutan, biasanya terjadi jika ada sesuatu yang mengancam.

Ini bisa menjadi ciri ciri hamster stres yang harus kamu waspadai. Hal ini sangat jarang terjadi pada hamster yang sehat.

Badan Hamster Tremor

Saat hamster merasa ketakutan atau sangat stres, biasanya ototnya menjadi tegang.

Dalam beberapa kasus hamster yang sedang stres menunjukan bahwa kekakuan otot ini begitu kuat, sehingga tubuh hamster akan terlihat bergetar seperti orang yang ketakutan.

Usaha Untuk Melarikan Diri

Hamster yang stres akan berusaha melarikan diri dari kandangnya. Hal ini sebenarnya wajar karena ia mencoba untuk keluar dari lingkungan yang negatif tersebut.

Saat hamster kamu dalam keadaan waspada atau bersiap untuk kabur dari genggamanmu, ia akan memunculkan telinganya menghadap ke depan dengan pipi yang mengembang.

Hamster Tidak Mau Makan

Hamster yang stres saat di kandang, biasanya akan menolak untuk makan dan minum. Mereka akan merasa nyaman untuk menyantap makanan justru di luar kandang mereka.

Terkadang mereka juga tidak akan menyimpan makanan yang kita berikan saat sedang stres. Padahal seperti kita ketahui, hamster akan selalu menyimpan makanan sebagai cadangan jika ia lapar pada malam hari.

Jika kamu melihat hamster dengan ciri-ciri seperti ini berarti ada masalah kesehatan mental yang berakibat pada kesehatan fisiknya juga.

Nah, apabila kamu melihat hamster stres dalam waktu yang lama, sebaiknya kamu segera membawanya ke dokter hewan untuk penanganan yang lebih serius.

Hamster Akan Akan Selalu Mengumpat

Kebiasaan hamster memang biasanya bersembunyi ketika mereka sedang tidur dan juga ketika ia sedang menghabiskan makanannya. Namun, saat kamu menyadari bahwa mereka sering sekali bersembunyi di balik batu atau mainan hamster berarti ia sedang mengalami stres.

Biasanya ini terjadi saat pertama kali kamu mengadopsinya dari toko penjual hamster. Hamster biasanya akan bingung dan stres jika ditaruh di lingkungan yang baru.

Maka dari itu proses adaptasi pada lingkungan yang baru memang agak menegangkan.

Jadi, jika kamu melihat hamster yang baru kamu adopsi terlihat bersembunyi, mungkin bisa jadi ia stres karena belum bisa menyesuaikan dengan lingkungan yang baru.

Cara Mengatasi Hamster Stress

Cara Mengatasi Hamster Stres
Berikan interaksi pada hamster - fluffypedia

Jika kamu sudah yakin bahwa ciri-ciri di atas menunjukan kesamaan pada hamster kamu di rumah, biarkan ia sendirian untuk beberapa saat agar lebih tenang.

Sekarang saatnya kamu memikirkan sesuatu untuk mengatasi hamster mu yang stres, PetPi akan kasih tau kamu informasi berikut ini untuk menghilangkan stres pada hamster ya.

Memperkaya Lingkungan Sekitarnya

Kebosanan memang menjadi masalah utama hamster stres. Oleh karena itu, ,kamu mungkin harus menata ulang dengan membuat kandang hamster yang lebih menarik. Berikan mainan untuk merangsang mental dan fisiknya.

Hewan peliharaan seperti hamster ini membutuhkan mainan seperti roda, bola atau tabung bermain untuk sekedar meredakan stresnya.

Sosialisasi dengan Hamster

Jika kamu baru memiliki hamster, kamu harus merawat dengan hati-hati dan lakukanlah perlahan. Berikan camilan untuk menarik perhatiannya kepadamu.

Setelah hamster sudah mulai terbiasa, habiskan waktu dengannya setiap hari dengan jadwal yang rutin agar kamu bisa menjalin ikatan yang lebih baik.

Menempatkan Kandang di Ruangan yang Tenang

Sama seperti hewan peliharaan lainnya, hamster juga ingin memiliki tempat yang aman dan tenang untuk beristirahat. Apabila kamu memiliki hewan peliharaan lain yang lebih besar, sebaiknya kamu tempatkan sendiri hamster di ruangan yang tidak bisa dijangkau oleh hewan lain.

Jika tidak, jangan harap kamu bisa menyembuhkan perilaku stresnya.

Nah itulah dia sedikit informasi tentang ciri ciri hamster stres yang wajib kamu ketahui. Hal seperti ini tidak boleh kamu biarkan terlalu lama, karena bisa jadi kamu kehilangan hamster kesayanganmu selamanya karena mati.

Konsultasikan juga masalah ini pada dokter hewan terdekat untuk mendapatkan saran yang lebih baik. Semoga informasi dari PetPi bermanfaat ya, share artikel ini kepada yang membutuhkan!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Hamster terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Rabu, 28 Oktober 2020, 19:30 WIB
Update pada: Jumat, 08 Januari 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pethelpful.com/rodents/Cage-Rage-in-Hamsters-The-Complete-Guide
  • https://pocketsizedpets.com/13-ways-to-tell-that-your-hamster-is-stressed
  • https://www.animalwised.com/stress-symptoms-in-hamsters-2826.html#anchor_1
  • https://www.bevwo.com/pets/can-hamsters-die-of-stress/
  • https://www.caringpets.org/hamsters/6-easy-to-spot-signs-your-hamster-is-unhappy/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar