Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Sabtu, 03 Juli 2021, 10:30 WIB

Mesti Sabar! Begini Cara Menjinakkan Musang Pandan Umur 2 Bulan untuk Pemula

Mesti Sabar! Begini Cara Menjinakkan Musang Pandan Umur 2 Bulan untuk Pemula

cara menjinakkan musang pandan - zoo chat

Mau pelihara musang, tapi takut dengan keagresifannya? Nah, kali ini PetPi mengulas cara menjinakkan musang pandan untuk pemula yang bisa kamu praktikkan.

Apakah kamu tertarik memelihara musang? Dari sekian banyak jenis musang di Indonesia, nama musang pandan menjadi salah satu yang paling populer dan banyak dipelihara.

Berbeda dari kucing atau anjing, pada dasarnya musang pandan merupakan hewan liar yang tentu butuh proses panjang untuk menjadi jinak dan dapat berinteraksi dengan manusia.

Namun ada baiknya kamu memilih musang untuk dipelihara mulai dari usia muda, setidaknya berumur sekitar 2 bulanan.

Sebagai panduanmu, kali ini PetPi bakal mengulas sejumlah cara menjinakkan musang pandan umur 2 bulan yang telah dirangkum melalui berbagai sumber.

Karakteristik dan Ciri-Ciri Musang Pandan

Cara Menjinakkan Musang
cara menjinakkan musang - pinterest

Musang pandan atau musang luwak (Paradoxurus hermaphroditus) memperoleh namanya dari aroma tubuh yang mereka keluarkan, yang mana bagi beberapa kalangan mirip seperti wangi daun pandan.

Jenis musang yang satu ini merupakan hewan mamalia yang banyak ditemukan di wilayah hutan Asia Tenggara, misal di Semenanjung Malaya, Indonesia, bahkan Filipina.

Selain itu musang pandan pun sering ditemukan di area perkebunan dan peternakan, sehingga kadang dianggap sebagai hama yang cukup meresahkan.

Melansir laman AnimalCorner.org, adapun beberapa karakteristik dan ciri-ciri dari musang pandan adalah sebagai berikut:

  • Musang pandan dewasa umumnya memiliki bobot sekitar 3,2 kilogram dengan panjang tubuh sekitar 53 centimeter dan ekor sekitar 48 centimeter.
  • Tubuh musang pandan memiliki karakteristik yang memanjang, agak gempal, dan diselimuti oleh bulu kasar yang umumnya berwarna abu-abu.
  • Terdapat corak bercak hitam yang berada di sekitar tubuh, di mana cukup terlihat di bagian kaki, telinga, dan moncong. Ada pula tiga garis hitam di sepanjang punggungnya.
  • Musang pandan merupakan hewan yang aktif di malam hari (nokturnal) dan banyak menghabiskan waktu di pepohonan (arboreal).
  • Musang pandan merupakan hewan omnivora atau pemakan segala, di mana dapat memakan buah-buahan, tumbuhan, serangga, reptil, amfibi, telur, dan mamalia kecil lainnya.
  • Dimanfaatkan juga dalam pengolahan kopi luwak yang harganya cukup mahal di pasaran.

Kumpulan Cara Menjinakkan Musang Pandan Umur 2 Bulan untuk Pemula

Cara Menaklukan Musang Agar Jinak
cara menjinakkan musang pandang umur 2 bulan - animal sadda

Menjinakkan musang pandan umur 2 bulan atau lebih muda, itu berarti kamu akan memiliki lebih banyak waktu. Dibanding menjinakkan musang pandan dewasa yang tentu akan jauh lebih sulit.

Sebelum mengetahui metodenya, PetPi hendak mengingatkan kalau cara menjinakkan musang pandan di bawah ini cukup berisiko dan cukup menyita banyak waktu.

Perlu kesabaran ekstra dalam memelihara musang pandan, terlebih untuk para pemula. Sebaiknya cari pendamping yang berpengalaman dan berkonsultasi juga dengan komunitas musang pandan, ya!

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Musang lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Persiapkan Peralatan Keamanan

Musang pandan umur 2 bulan sudah cukup agresif untuk dapat menggigit atau mencakar tangan kamu.

Untuk menghindari luka akibat taring dan kukunya yang tajam, ada baiknya persiapkan peralatan keamanan berupa sarung tangan tebal dan jaket lengan panjang.

Apalagi jika musang tersebut kamu dapatkan dari alam liar. Kamu butuh waktu yang lebih banyak dan harus berhati-hati dalam menjinakkannya.

2. Keluarkan dari Kandang dan Usap Kepalanya

Jika musang pandan diletakkan dalam kandang, umumnya mereka cenderung bertingkah agresif dan menolak untuk diajak keluar. Hal ini dikenal dengan istilah defense kandang atau deff kandang.

Untuk mengeluarkannya dari dalam kandang, kamu bisa terlebih dulu menggenggam ekor dan menariknya keluar. Biarkan musang pandan menggigit sarung tangan yang sudah dikenakan sebelumnya.

Letakkan musang pandan pada permukaan lantai lalu kamu bisa memulai berinteraksi dengannya dengan cara mengusap kepala, bersiul, hingga mencoba memanggil namanya.

Dalam menjinakkan musang pandan umur 2 bulan, hal ini sangat penting untuk dilakukan secara rutin. Setidaknya pagi dan sore hari, kamu wajib meluangkan waktumu, ya.

3. Berikan Makanan Musang dengan Tangan

Untuk pilihan makanan musang pandan yang mudah ditemukan, beberapa kalangan menggunakan paduan buah dan daging, seperti pepaya, pisang, dan daging ayam.

Pada umumnya, musang pandan kecil akan lebih menyukai daging ayam. Nah, dalam memberikan makan musang pandan sebaiknya tidak kamu kasih dan tinggalkan begitu saja.

Sebagai salah satu langkah penjinakkan, kamu bisa memberi makanan musang pandan dengan menggunakan tangan atau hand feeding.

Hal ini dilakukan agar musang pandan mengenal pemilik melalui tangannya, sekaligus membuatnya merasa ketergantungan, lho.

4. Memandikan Musang Secara Rutin

Sama halnya seperti kucing atau anjing, musang pandan juga perlu dimandikan secara rutin, misal seminggu sekali untuk mencegah timbulnya bau dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Peralatan yang digunakan tidak jauh berbeda. Di mana Sobat PetPi perlu menyiapkan wadah, air hangat, shampo kucing atau bayi, dan handuk untuk mengeringkannya nanti.

Cara memandikan musang pandan yang galak, sebaiknya kamu menggunakan sarung tangan sebagai pelindung dan genggam erat ekornya untuk mencegah kabur.

Bilas dan sabuni bagian ekor hingga kaki belakangnya secara perlahan. Saat hendak beralih ke kaki depan, waspadai musang pandan yang bisa tiba-tiba menyerang.

Setelah bersih, selimuti musang pandan dengan handuk dan kamu bisa meluangkan waktu untuk interaksi sembari menunggunya kering.

5. Gunting Kuku Musang yang Tajam

Musang pandan memiliki kuku tajam yang berfungsi untuk memanjat pepohonan. Untuk mencegah risiko kamu terluka akibatnya, kamu juga bisa menggunting kukunya, lho.

Proses yang dilakukan sebenarnya tak jauh berbeda dengan cara menggunting kuku anjing atau kucing.

Persiapkan gunting kuku khusus atau untuk manusia, posisikan musang hingga tenang, panggil bantuan jika diperlukan, dan potong kukunya secara perlahan.

6. Letakkan Kandang Musang di Tempat Ramai Orang

Dalam cara menjinakkan musang pandan umur 2 bulan, kandang menjadi bagian penting karena berperan sebagai tempat tinggalnya sehari-hari.

Gunakan kandang yang kuat, misal seperti kandang kucing yang terbuat dari besi. Kandang inipun ukurannya mesti disesuaikan dengan ukuran musang pandan kamu, ya.

Letakkan musang di lokasi yang cukup hening, namun tetap ramai orang berlalu-lalang, misal di teras atau pekarangan rumah. Hal ini dilakukan agar mereka mudah beradaptasi dengan manusia.

Jika kandang diletakkan di lokasi yang banyak cahaya, berikan kandang penutup berupa kain. Musang pandan yang merupakan hewan nokturnal, tentu sensitif dengan kehadiran sinar matahari.

7. Lakukan Rutinitas dengan Sabar

Yang terpenting dari semua hal yang sudah PetPi ulas di atas adalah Sobat PetPi harus tetap melakukan rutinitas tersebut dengan sabar.

Pasalnya menjinakkan musang pandan butuh waktu yang tidak sebentar, lho. Berdasarkan pengalaman beberapa pemilik, hal ini bisa memakan waktu sekitar 6 bulan.

Asal dengan kasih sayang dan kesabaran, diharapkan musang pandan bisa cepat jinak dan mudah berinteraksi dengan kamu dan orang lain di sekitarnya.

Itulah dia beberapa tips dan cara menjinakkan musang pandan umur 2 bulan yang bisa kamu praktikkan apabila berniat untuk memeliharanya di rumah.

Semoga metode yang PetPi ulas dapat membantu para pemula dalam menjinakkan musang. Apabila informasi di atas kurang lengkap, jangan ragu untuk menuliskan pada kolom komentar di bawah, ya! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Musang terbaru lainnya!

Terbit: Selasa, 13 Oktober 2020, 10:00 WIB
Update pada: Sabtu, 03 Juli 2021, 10:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://animalcorner.org/animals/common-palm-civet/
  • https://www.oocities.org/efexotics/palmcivet.html
  • https://www.youtube.com/watch?v=CN9nEUB5f8w
  • https://www.youtube.com/watch?v=f_STmTkEWhE
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar