Hari ini: Senin, 15 April 2024
Jumat, 09 Desember 2022, 09:00 WIB

Penyakit pada Hamster: Mulai dari Ciri-ciri, Penyebab, hingga Jenis Penyakitnya

Penyakit pada Hamster: Mulai dari Ciri-ciri, Penyebab, hingga Jenis Penyakitnya

penyakit pada hamster beserta ciri-ciri dan penyebabnya - thesprucepets

Hamster adalah peliharaan yang rentan mati, makanya ketika ia sakit harus segera kamu obati. Sebelum terlambat, simak ulasan penyakit pada hamster berikut

Sobat Pintar, sebagai pecinta binatang yang mempunyai hewan peliharaan seperti hamster, tentu tidak ada salahnya untuk mengetahui kondisi kesehatan fisik dan mental dari hewan lucu nan imut kesayanganmu ini.

Kenapa demikian? Sebab, hal ini diperlukan supaya kamu dapat langsung mengatasinya dengan cepat. Hamster yang sakit tentu akan menunjukkan perilaku yang berbeda dari biasanya, seperti bertingkah aneh dan mencurigakan secara tiba-tiba.

Karena kita sudah pernah membahas tentang stres pada hamster, maka pada kesempatan kali ini PetPi akan berbagi informasi penting yang berhubungan dengan penyebab hamster sakit disertai ciri-ciri dan jenis penyakit yang biasa menyerang hamster seperti berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Hamster lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Ciri-Ciri Hamster yang Sakit

Tanda Hamster Yang Sakit
tanda hamster yang sakit - bubblypet

Sebelum mengetahui beberapa penyakit yang sering menyerang hamster, kamu perlu tahu dulu tanda hamster sakit secara umum yang mungkin belum banyak diketahui apalagi oleh para pemilik yang masih pemula.

Hamster yang sehat mempunyai penglihatan yang segar, telinganya tegak dan bulunya tampak selalu mengkilap serta rapi. Walaupun baru saja bangun tidur, tetapi bulu nya akan kembali tegak lagi.

Tidak hanya itu saja, hamster yang sehat pun sangat aktif dan energik, tampak menyenangkan ketika diajak bermain, dan mempunyai nafsu makan yang tinggi.

Sedangkan pada hamster yang sakit, ia biasanya lebih senang mengurung diri dan diam saja walaupun ada hal menarik di dalam kandangnya seperti mainan maupun yang lainnya.

Keadaan ini diperparah dengan kondisi telinganya yang turun ke bawah, matanya tidak bersinar, bulu-bulunya yang rontok, serta raut wajah yang lesu. 

Tetapi, hal tersebut tergantung pada jenis penyakit yang dideritanya, masing-masing jenis penyakit mempunyai gejala nya tersendiri, seperti ada yang mengeluarkan cairan dari hidung, gatal-gatal maupun diare.

Penyebab Hamster Sakit

Hamster Sakit Bisa Disebabkan Oleh Kandang Yang Kotor
hamster sakit bisa disebabkan oleh kandang yang kotor - mothership

Apabila kamu melihat ciri-ciri dari hamster yang sakit pada peliharaanmu, maka tentu saja kamu juga perlu untuk mengetahui kenapa hamster sakit secara umum sebelum mengobatinya.

Selain dari infeksi penyakit, biasanya penyebab utama dari hamster sakit adalah:

  • Cara merawat hamster yang tidak benar, seperti tidak rajin membersihkan kandang,
  • Memberikan makanan sembarangan dan tidak tepat waktu, serta
  • Kandang yang terlalu lembab. Tentunya hal ini akan menimbulkan banyak kuman, bakteri dan virus di dalam kandang yang akhirnya mengakibatkan penyakit pada hamster. 

Namun, bila kamu mengetahui apa yang menjadi penyebab hamster terserang penyakit, maka ada baiknya kamu harus membawanya ke dokter agar ia bisa mendapatkan perawatan yang tepat dan tidak membuat sakitnya semakin parah. 

Tidak lupa juga, untuk membuat jadwal rutin dalam memandikannya, memberikan pakan yang berkualitas serta tidak membiarkan kandang hamster tidak terawat sehingga menjadi lembab dan kotor.

Membersihkan kandang hamster bisa kamu lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu agar kandang selalu bersih dan tidak menimbun banyak kotoran yang menyebabkan penyakit.

Jenis Penyakit pada Hamster

Masalah Kesehatan Pada Hamster
masalah kesehatan pada hamster - insider

Ketika kamu mengetahui hamster kesayangan sedang sakit, pasti kamu bertanya-tanya apa penyakit yang sedang dideritanya, bukan? Perlu kamu tahu bahwa ada berbagai macam penyakit yang bisa menyerang hamster, lho.

Walaupun tubuhnya mungil, tetapi mereka dapat diserang berbagai jenis penyakit dengan sangat mudah. Terlebih lagi hamster merupakan binatang dengan imun tubuh yang cukup lemak.

Sebut saja beberapa ancaman kesehatan seperti kuman, bakteri, virus dan berbagai jenis penyakit lainnya yang bisa dengan mudah menyerang tubuh kecilnya tersebut. 

Sebelum menyesal, kenali macam-macam penyakit yang paling sering menyerang hamster peliharaan di bawah ini.

1. Flu

Penyebab hamster terserang flu yaitu karena mereka kedinginan, dimandikan dan berada di lingkungan dengan cuaca dingin. Hamster yang terkena flu biasanya nafasnya terdengar berat, selalu duduk membungkuk, hidungnya selalu basah dan selalu bersin.

Nah jika kamu sebagai pemiliknya membiarkan saja keadaan ini, tentu saja hal ini dapat mengakibatkan kondisi yang lebih parah, bahkan hingga kematian pada hamster.

2. Infeksi Kandung Kemih

Apabila kamu melihat urine hamster berwarna merah, maka penyebabnya bisa jadi sebab salah dalam pemberian pakannya. Mungkin terdapat bahan pakan yang kurang bagus dan tidak cocok untuk hamster. Apabila sudah seperti ini, kamu harus mengganti pakan nya dengan pakan alami. 

Tetapi, jika kamu sudah mengganti pakannya namun urine hamster masih berwarna merah, maka kemungkinan besar hamster mu terkena kencing batu atau infeksi pada kandung kemih. Kamu bisa langsung membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

3. Diare atau Mencret

Diare pada hamster disebabkan oleh makanan atau minuman yang sudah kotor atau basi, terlalu sering memberikan sayuran atau buah-buahan, makanan yang tidak cocok, kandang terlalu basah, lembab dan becek.

Untuk itu agar peliharaanmu terhindar dari mencret atau biasa disebut juga dengan penyakit ekor basah ini, maka kamu harus rajin mengecek keadaan kandang dan hamster agar selalu terjaga kebersihan dan kesehatannya.

4. Kista

Bakteri merupakan penyebab utama yang bisa membuat hamster terkena penyakit kista. Umumnya akan menyerang bagian leher pada hamster. Hal tersebut mengakibatkan hamster susah untuk menelan makan.

Bagi kamu yang belum tahu, kista adalah benjolan yang berisikan air atau udara tetapi teksturnya sangat keras dan seiring berjalannya waktu benjolan ini akan semakin membesar.

5. Radang Paru-paru

Hamster Sakit
hamster sakit - bubblypet

Radang paru-paru adalah jenis penyakit pada hamster yang disebabkan oleh pemberian nutrisi yang buruk sehingga kurangnya asupan protein pada hamster.

Efek kurangnya protein ini pun dapat tampak dari bulunya yang kerap kali rontok, kuku kakinya menjadi lebih mudah rapuh dan tumbuh kembangnya pun tidak lancar.

6. Infeksi telinga

Penyakit yang sering menyerang hamster selanjutnya yaitu infeksi telinga yang terjadi karena adanya kutu telinga yang sudah bersarang di dalamnya. Karena kutu tersebutlah, hamster menggaruk telinganya terus menerus dan terjadi infeksi. Apabila kamu biarkan, maka kutu akan menyebar ke wajah sampai kakinya. 

Bila sudah terinfeksi, maka kulit telinga hamster menjadi keras, tebal dan berwarna hitam. Cara mengatasi hamster yang kutuan jika belum ada borok, kamu bisa membawanya ke dokter hewan agar hamster mendapatkan suntikan cairan Ivermectin dan memakai krim dari dokter guna mengurangi rasa gatal di telinganya.

7. Ambeien

Bakteri menjadi penyebab utama terjadinya ambeien pada hamster. Ciri-cirinya yaitu sebagian dubur dari hamster akan terlihat menonjol keluar.

Hal ini mengakibatkan hamster merasa kesakitan ketika ingin membuang kotoran. Yang bisa kamu lakukan adalah membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

8. Diabetes

Penyebab diabetes tentunya asupan gula yang dikonsumsi secara berlebihan oleh peliharaanmu. Memberikan pakan dengan kadar gula yang tinggi tentu sangat tidak disarankan.

Ciri-ciri hamster yang terkena diabetes yaitu ia akan selalu buang air kecil, terlalu banyak tidur, sering minum, tampak lemas, berat badan menurun atau naik drastis dan bulunya perlahan-lahan akan rontok.

9. Sembelit

Hamster bisa mengalami sembelit karena ada dua penyebab yakni terjadi penyumbatan di usus besar dan kekurangan cairan. Hal ini bisa terjadi karena hamster jarang diberi makanan yang mempunyai kandungan air tinggi.

Hamster yang sedang sembelit akan tampak tidak nyaman, gelisah, tidak mau makan seperti biasanya hingga sakit perut.

10. Obesitas

Sakit Pada Hamster
sakit pada hamster - pinterest

Obesitas bisa terjadi pada hamster sebab pemberian makanan yang tidak benar, seperti terlalu banyak memberikan makanan yang tinggi akan kalori. Jika hamster sudah terkena obesitas, maka biasanya mereka akan malas untuk bergerak karena badannya terlalu gemuk. 

Kamu tidak bisa membiarkan penyakit yang satu ini karena jika dibiarkan bisa mengakibatkan penyakit kronis lainnya. Solusinya yaitu kamu harus membuat hamster rajin berolahraga dan jangan memberikan makanan dengan yang tinggi gula. 

Sobat Pintar, demikianlah akhir dari ulasan terkait apa saja penyebab dan ciri-ciri hamster yang sakit lengkap dengan berbagai jenis penyakit yang sering menyerang kesehatannya.

Mulai sekarang, kamu sudah tidak perlu bingung lagi untuk menentukan langkah yang harus diambil saat mendapati hamster kesayanganmu sakit secara tiba-tiba. Semoga bermanfaat, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Hamster terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.hobinatang.com/2019/02/ciri-ciri-hamster-sakit.html
  • https://www.hobinatang.com/2019/02/jenis-penyakit-hamster-beserta-penyebab.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar