Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Kamis, 17 Juni 2021, 20:30 WIB

Deretan Jenis Musang yang Cocok untuk Dipelihara di Rumah Bagi Pemula

Deretan Jenis Musang yang Cocok untuk Dipelihara di Rumah Bagi Pemula

Jenis jenis musang - youtube/indoternak

Kamu pecinta hewan yang tidak biasa? Coba deh kamu pelihara hewan yang satu ini. Berikut adalah jenis musang yang cocok untuk dipelihara di rumah

Kamu ingin mencoba memelihara hewan peliharaan yang baru? Jika pecinta hewan yang sedang mencari hewan peliharaan baru untuk koleksi di rumah, PetPi kasih saran kamu untuk pelihara musang.

Banyak yang beranggapan bahwa hewan ini tidak bisa dipelihara karena sifatnya yang galak terhadap manusia.

Nyatanya beberapa tahun kebelakang, sudah banyak yang memelihara musang untuk dijadikan hewan peliharaannya di rumah. Komunitas pecinta musang pun bertambah setiap tahunnya.

Itu tandanya sudah banyak yang berminat untuk memelihara hewan yang lucu ini. Musang adalah salah satu hewan nokturnal yang memang aktif pada malam harinya.

Walaupun kelihatannya garang, jika musang dipelihara dengan baik dan perawatan yang bagus ia juga bisa menjadi teman bermain kita lho di rumah. Hal itu tidak terlepas dari pemilihan jenis jenis musang yang memang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah kita.

Nah, kira-kira musang yang seperti apa sih yang cocok untuk dipelihara? Yuk ikutin terus informasi dari PetPi berikut ini.

Daftar Jenis Jenis Musang

Pada umumnya musang memang hidup liar di alam dan kadang berdampingan dengan manusia di lingkungan yang masih banyak pohon. Namun berbeda dengan kucing yang sering tampak, musang justru jarang untuk menampakkan dirinya di hadapan manusia.

Itu karena dia mempunyai sifat yang pemalu dan takut dengan manusia apalahgi dia adalah hewan nokturnal. Maka dari itu dia jarang mau menampakkan dirinya.

Jika kamu berniat untuk memelihara musang, ada baiknya kamu pilih jenis musang yang cocok untuk dipelihara di rumah berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Musang lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Musang Pandan

Jenis Musang Di Indonesia
Musang pandan - hobi banget

Musang yang satu ini adalah musang yang paling terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Terkadang musang ini menampakkan diri di sekitar permukiman atau perkebunan milik warga pada malam hari.

Alasan kenapa namanya musang pandan, karena musang ini mengeluarkan aroma daun pandan yang berasal dari kelenjar di bagian bawah ekornya. Jadi jika rumah kamu tiba-tiba wangi daun pandan, berarti tandanya ada musang di sekitar rumahmu.

Musang pandan mempunyai bulu yang berwarna abu-abu kecoklatan pada bagian punggungnya. Pada bagian wajah, kaki dan ekor musang ini berwarna lebih gelap dari warna badannya.

Jadi di ujung-ujung tubuhnya ini dia lebih berwarna kegelapan. Musang ini bisa dipelihara jika kamu bisa melatihnya supaya jinak. Namun terkadang jika kamu menemukannya di alam liar, musang ini sangat sulit untuk dijinakkan bagi pemula.

Kamu bisa saja menjinakkan asal mengetahui caranya terlebih dahulu, PetPi sudah membuat artikel sebelumnya tentang cara menjinakkan musang pandan.

Untuk harga seekor musang pandan biasanya dijual sekitar Rp 250.000 - Rp 1.000.000 tergantung warna dan besar tubuhnya.

Musang Rase

Jenis Musang Yang Cocok Untuk Dipelihara
Musang rase - trik merawat

Musang rase atau nama ilmiahnya Viverricula Malaccensis merupakan musang berjenis karnivora yang menyebar di kawasan asia selatan dan asia tenggara.

Musang rase memiliki tubuh yang lebih kecil dari musang pandan yaitu sekitar 80 - 100 cm jika dihitung bersama ekornya.

Musang Rase mempunyai ciri khas pada bagian ekornya yang berwarna belang abu-abu kecoklatan dan hitam serta ujung ekornya yang selalu berwarna putih. Dengan warna tubuhnya yang agak kecoklatan dengan corak bintik-bintik hitam di sekujur tubuhnya.

Beberapa jenis musang rase mempunyai garis hitam yang memanjang dari punggung sampai ke bagian ekornya. Di pasaran salah satu jenis musang di Indonesia bisa dihargai sekitar Rp 250 ribu sampai Rp 350 ribu.

Musang Bulan

Jenis Musang Jinak
musang bulan - shopee

Jenis musang selanjutnya ada Musang bulan yang sangat menyukai buah-buahan seperti kopi dan buah pepaya. Ini adalah musang yang dijadikan penghasil kopi luwak di daerah Lampung sana.

Jadi yang dimaksud dengan luwak itu adalah musang ya sobat PetPi. Jenis musang bulan ini seringkali ditemukan di daerah Asia Timur dan Asia Tenggara, di Indonesia sendiri kamu bisa banyak menemukan di pulau dari ujung sumatera, jawa hingga ke kalimantan.

Dari bentuk tubuhnya, musang bulan mempunyai ciri khas sendiri di bandingkan dengan musang-musang lainnya. Hewan ini mempunyai 2 motif warna yang berbeda. Pertama ada warna orange dengan campuran coklat dan hitam gelap.

Lalu yang kedua, musang bulan yang paling banyak ditemukan berwarna hitam dengan corak putih pada ujung ekornya. Harga musang bulan ini agak cukup mahal, sekitar Rp 1,3 juta sampai dengan Rp 3 juta.

Musang Akar

Jenis Musang Yang Lucu
Musang akar - shopee

Arctogalidia Trivirgata atau biasa yang disebut dengan Musang Akar adalah jenis musang yang paling banyak ditemukan di daerah Kalimantan, Jawa dan sekitarnya. Jenis musang Indonesia yang satu ini seringkali dipelihara banyak orang karena sifatnya yang lembut.

Ukuran tubuh dari musang akar ini tidak terlalu besar sekitar 50-60 cm dan berat mencapai 1,5 - 3 kg.

Tubuhnya mempunyai warna coklat dengan warna abu pada bagian kepalanya, namun ada juga musang akar yang berwarna coklat gelap. Disekitar mulutnya biasanya berwarna coklat dengan garis putih memanjang dari hidung hingga ke dahi.

Harga yang ditawarkan untuk memelihara musang akar ini mencapai Rp 500 ribu - Rp 700 ribu saja. Kira-kira murah kan?

Musang Biul

Musang Yang Jinak
Musang biul - rebanas

Ini adalah salah satu musang yang PetPi bilang sangat lucu dibandingkan dengan ke empat musang di atas. Musang Biul ini banyak ditemukan di daerah Jawa dan Bali. Ciri khasnya yang paling bisa dibedakan adalah warna bulunya yang mempunyai corak putih di bagian kepalanya.

Hidungnya berwarna coklat kemerahan sehingga perpaduan tersebut membuat musang biul menjadi hewan yang sangat lucu.

Walaupun kelihatannya cantik, musang biul mempunyai kekurangan yang bikin kalian para pemula tidak mau memeliharanya. Jika musang pandan beraroma pandan yang wangi, musang biul sama sekali tidak.

Karena musang biul mengeluarkan aroma yang tidak enak jika dipelihara. Maka dari itu, musang biul juga jarang sekali yang memelihara untuk dibudidayakan. Sobat Pintar ada yang tertarik?

Untuk harga seekor musang biul ini tidak diketahui pasti harganya, namun PetPi melihat di beberapa ecommerce musang ini dibanderol dengan harga Rp 350 - 500 ribu untuk anak musang biul.

Nah itulah dia beberapa jenis musang yang bisa kamu pelihara di rumah. Buat kamu para pemula, sebaiknya kamu juga harus melihat tata cara merawat musang yang baik dan benar dulu sebelum kamu memeliharanya.

Musang memang bukan hewan yang dilindungi, namun habitatnya di alam liar yang membuatnya sulit untuk dijinakkan. Baca panduan untuk merawat musang pada artikel PetPi sebelumnya ya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Musang terbaru lainnya!

Terbit: Senin, 26 Oktober 2020, 19:30 WIB
Update pada: Kamis, 17 Juni 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Viverridae
  • https://hot.liputan6.com/read/4152849/8-jenis-musang-paling-mahal-untuk-dipelihara-di-rumah
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar