Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Kamis, 13 Mei 2021, 20:30 WIB

Menggemaskan! Inilah 10 Jenis Landak Mini yang Cocok Dipelihara di Rumah

Menggemaskan! Inilah 10 Jenis Landak Mini yang Cocok Dipelihara di Rumah

jenis landak mini - hearts apps

Memelihara landak mini tak kalah menggemaskan dibanding hamster atau marmut. Nih, rekomendasi jenis landak mini yang jinak dan cocok dipelihara di rumah.

Landak mini atau kebanyakan orang menyebutnya sebagai landak susu merupakan salah satu pilihan hewan eksotis yang lucu dan menggemaskan untuk dipelihara di rumah.

Ciri khas landak mini adalah tubuhnya yang mungil dan diselimuti oleh duri. Duri-duri pada landak mini umumnya tidak berbahaya dan aman bagi anak-anak, asalkan tetap dalam pengawasan orang dewasa, ya!

Langkah perawatan landak mini pun tergolong mudah untuk para pemula. Bisa dikatakan juga mirip seperti Sobat Pintar memelihara hamster atau marmut.

Sebelum memutuskan untuk memelihara landak mini, berikut PetPi kasih rekomendasi jenis landak mini yang cocok untuk dipelihara di rumah.

Ragam Jenis Landak Mini Berdasarkan Pilihan Warnanya

African pygmy hedgehog atau yang memiliki nama Latin Atelerix albiventris merupakan jenis landak mini paling jinak dan sudah didomestikasi, sehingga cenderung aman dan cocok untuk dipelihara di rumah.

Walaupun hanya ada satu spesies, hewan ini punya banyak variasi warna yang menentukan harga landak mini di pasaran. Bahkan menurut laman HedgehogWorld.com, ada lebih dari 90 variasi warna landak mini yang berbeda, mulai dari yang umum hingga langka.

Nah, pada artikel kali ini PetPi bakal mengulas beberapa jenis landak mini terpopuler berdasarkan pilihan warnanya.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Landak lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Landak Mini Salt and Pepper

Jenis Landak Mini Salt And Pepper
jenis landak mini salt and pepper - hedgehog world

Jenis landak mini ini merupakan yang paling sering dan mudah ditemui. Sehingga landak mini salt and pepper sering dijadikan kombinasi warna standar bagi beberapa kalangan.

Duri didominasi warna putih pada bagian ujung, sementara bagian pangkal berwarna hitam. Ada pula beberapa duri yang berwarna hitam sepenuhnya, walau agak jarang. Hidung, telinga, mata berwarna hitam. Sisanya berwarna putih, termasuk perut bawahnya.

2. Landak Mini Cinnamon

Jenis Landak Mini Cinnamon
jenis landak mini cinnamon - idntimes

Sesuai dengan namanya, landak mini cinnamon punya kombinasi warna kayu manis, yakni perpaduan warna putih, krem, dan cokelat. Duri-duri mereka sebagian besar berwarna putih dengan aksen kayu manis kecokelatan pada beberapa bagian.

Sementara itu bagian hidung landak mini cinnamon memiliki warna merah muda atau cokelat muda dan mata hitam. Bagian bulu di bawah perut mereka juga cenderung putih.

3. Landak Mini Apricot

Jenis Landak Mini Apricot
jenis landak mini apricot - facebook

Kalau Sobat Pintar menginginkan jenis landak mini dengan perpaduan warna yang rapih, bisa memiliki landak mini apricot. Landak mini ini memiliki bagian hidung berwarna merah muda terang dan bermata merah rubi.

Duri landak mini ini secara keseluruhan berwarna putih dengan aksen krem yang cukup merata pada seluruh bagiannya. Selain itu, bagian perut bawah landak mini apricot berwarna putih.

Karena warna bulunya yang mirip dengan warna badannya, kamu harus berhati-hati ya dalam menyentuhnya. Jangan sampai menyentuh bagian bulu landak yang tajam, karena akan bisa mencelakakanmu.

4. Landak Mini Cinnicot

Jenis Landak Mini Cinnicot
jenis landak mini cinnicot - ggpht

Ya, landak mini cinnicot merupakan hasil kawin silang antara landak mini cinnamon dan apricot sehingga menghasilkan kombinasi warna yang unik. Landak mini cinnicot memiliki duri berwarna putih yang cenderung emas dan agak pucat.

Bagian mata merah rubi dan hidung merah muda cerah mewarisi landak mini apricot. Sementara itu, bagian tubuh bawahnya berwarna putih seperti landak cinnamon.

5. Landak Mini Champagne

Jenis Landak Mini Champagne
jenis landak mini champagne - pinterest

Landak mini champagne memiliki kombinasi warna yang mirip dengan cinnicot. Bedanya duri-duri mereka yang berwarna putih cenderung memiliki aksen warna keabu-abuan.

Sisanya, kurang lebih sama. Landak mini champagne memiliki bagian perut bawah berwarna putih. Bagian hidup berwarna merah mudah cerah dan mata merah rubi.

6. Landak Mini Platinum

Jenis Landak Mini Platinum
jenis landak mini platinum - hedgehog world

Landak mini platinum merupakan salah satu jenis landak mini berbulu putih dan cukup populer, lho. Cocok bagi Sobat Pintar yang menginginkan hewan peliharaanya tampak bersih dan paling menonjol.

Hampir semua duri landak mini ini berwarna putih, senada dengan bagian bawah perutnya. Sementara itu, hanya bagian hidung, mata, dan telinganya yang berwarna hitam gelap.

7. Landak Mini Snowflake

Jenis Landak Mini Snowflake
jenis landak mini snowflake - squarespace

Jenis landak mini ini kurang lebih memiliki kombinasi warna seperti landak mini salt and pepper, tapi tampak lebih pudar. Landak mini snowflake punya campuran warna duri perpaduan putih dan cokelat.

Bagian bawah tubuhnya masih berwarna putih. Di samping itu, bagian hidung kecokelatan dan mata hitam gelap sehingga tampak menggemaskan untuk Sobat Pintar pelihara.

8. Landak Mini Algerian

Jenis Landak Mini Algerian
jenis landak mini algerian - pinterest

Landak mini Algerian juga menjadi salah satu jenis yang populer dan paling banyak dicari. Soalnya, landak mini ini memiliki pola seperti topeng pada bagian wajahnya, lho.

Topeng yang dimaksud adalah warna gelap yang ada pada bagian hidung hingga ke pipi, sementara bagian bulu lain berwarna putih cerah. Mata dan hidungnya juga berwarna gelap.

Sementara duri-duri landak mini Algerian merupakan perpaduan warna hitam dan putih, sama seperti salt and pepper dan snowflake.

9. Landak Mini Pinto

Jenis Landak Mini Pinto
jenis landak mini pinto - olympian exotics

Dibanding kategori lainnya, jenis landak mini pinto paling mudah dikenali. Hal ini dikarenakan duri landak mini pinto tidak memiliki warna khusus, melainkan berupa pola gelap tak beraturan pada bagian lain yang dominan putih.

Landak mini pinto memiliki warna hidung merah muda, mata gelap, dan bagian perut berwarna putih. Sayangnya, landak mini ini mungkin tergolong langka dan sulit ditemukan.

10. Landak Mini Albino

Jenis Landak Mini Albino
jenis landak mini albino - hedgehog world

Sama langkanya, landak mini albino memiliki keunikan akibat ketiadaan pigmen atau sel perwarna sama sekali. Warna duri-duri mereka hampir mirip seperti landak mini platinum.

Namun, hal yang membedakan terdapat pada bagian mata dan hidung mereka. Landak mini albino memiliki hidung dan kulit kemerahan, sementara mata berwarna merah menyala.

Demikianlah informasi mengenai beberapa jenis landak mini yang memiliki tingkah laku menggemaskan dan cocok Sobat Pintar jadikan pilihan peliharaan di rumah.

Adapun, kisaran harga landak mini mulai dari Rp 150 ribuan hingga Rp 300 ribuan atau lebih tergantung corak warna dan kelangkaannya.

Lantas, manakah jenis yang mau Sobat Pintar pelihara, nih? Tulis pada kolom komentar di bawah, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Landak terbaru lainnya!

Terbit: Kamis, 25 Maret 2021, 16:00 WIB
Update pada: Kamis, 13 Mei 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hedgehogsaspets.com/colour-variations-in-african-pygmy-hedgehogs/
  • https://www.hedgehogworld.com/hedgehog-colors/
  • https://www.petmd.com/exotic/complete-guide-hedgehogs
  • https://www.petplace.com/article/small-mammals/general/which-type-of-hedgehog-is-right-for-you/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar