Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Sabtu, 22 Mei 2021, 16:00 WIB

3 Jenis Kandang Hamster Terbaik dan Cara Memilihnya

3 Jenis Kandang Hamster Terbaik dan Cara Memilihnya

jenis kandang hamster - patkeen

Jenis kandang hamster harus bisa disesuaikan dengan jenis hamster dan juga jangan yang beresiko, Berikut rekomendasi kandang hamster dan cara memilihnya

Sobat Pintar, hamster adalah salah satu jenis hewan pengerat yang sering dijadikan peliharaan yang sangat menggemaskan. Banyak sekali orang yang sangat menyukai hewan imut yang satu ini, di mana memang hamster sendiri termasuk yang tidak sulit untuk dirawat.

Namun, ketika Sobat Pintar memelihara hamster, ada beberapa jenis kandang hamster yang perlu dijadikan bahan pertimbangan. 

Karena hamster peliharaan ini tidak bisa tidak di kandang, maka Kamu harus tahu bagaimana dapat memilih kandang yang tepat dan juga nyaman untuk si hamster.

Karena jika hamster tidak nyaman dengan kandangnya, maka akan mudah sekali sakit ataupun stress yang bisa berakibat fatal atau bahkan kematian.

Cara Memilih Kandang Hamster

Cara Memilih Kandang Hamster
cara memilih kandang hamster - squeaks and nibbles

Sebelum Sobat Pintar melihat jenis dari kandang hamster, Petpi menyarankan untuk melihat terlebih dahulu bagaimana cara memilih kandang hamster yang tepat.

Karena nantinya, kandang ini akan menjadi tempat tinggal si hamster. Berikut ini adalah cara untuk memilih kandang hamster yang tepat: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Hamster lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Pilih ukuran kandang yang tepat

Pertama-tama yang perlu Sobat Pintar perhatikan ketika ingin memilih kandang hamster adalah dari ukurannya.

Hamster di habitat aslinya selalu tinggal di tempat yang kering dan luas, di mana ini menjadi patokan utama bagi Sobat Pintar untuk memilih kandang hamster. Usahakanlah kandang hamster ini luas dan juga kering. 

Kandang yang luas ini sendiri akan mencegah hamster dari rasa stress dan obesitas. Jika, Sobat Pintar merasa bahwa area yang digunakan tidak terlalu luas, bisa juga memilih kandang yang sesuai dengan ukuran hamster tersebut.

Karena hamster memiliki banyak jenis dengan ukuran yang berbeda. Sehingga, Sobat Pintar bisa memilih kandang yang sesuai. 

2. Pilih kandang dengan desain sederhana

Bagi pemula yang baru saja pertama kali memelihara hamster, ada baiknya untuk memilih kandang dengan desain sederhana.

Hal ini sendiri mengingat bahwa hamster adalah hewan yang banyak bergerak, di mana desain yang terlalu rumit akan membuatnya mengalami kecelakaan saat sedang bermain atau bergerak. 

Apabila memang tidak memiliki area luas untuk meletakan kandang hamster, memang memilih desain yang sekiranya bisa membuat hamster terus bergerak.

Tapi sebelumnya, Kamu harus melihat seberapa besar resikonya. Karena mau bagaimana juga, Kamu masih sangat pemula dan tidak tau karakteristik umum dari hamster ini. 

Kamu tidak dilarang untuk memilih kandang dengan desain imut, tapi sekali lagi keamanan dari hamster adalah hal paling penting.

Jika memang bisa memungkinkan modifikasi hamster, tidak ada salahnya untuk mendesain kandang sendiri. Di mana hal terpenting adalah resiko kecelakaan ketika hamster bergerak tidak terlalu tinggi. 

3. Beli aksesoris kandang hamster secara terpisah

Ada baiknya Sobat Pintar membeli aksesoris untuk kebutuhan kandang hamster ini secara terpisah. Walaupun memang ada penjual yang menyediakan jenis kandang hamster satu set, namun hal ini bisa berisiko adanya aksesoris yang tidak berfungsi dengan baik.

Beberapa jenis aksesorisnya sendiri adalah seperti roda-rodaan, tempat makan dan minum serta lainnya. 

Di mana ada banyak keluhan beberapa pecinta hamster yang membeli satu set kandang dengan aksesorisnya mendapatkan banyak masalah. Semisalnya adalah tempat minum bocor atau roda-rodaan yang tidak berputar.

Tidak ada masalah memang membeli satu set kandang hamster ini, hanya saja pastikan bahwa semuanya berkualitas dan jangan tergiur dengan harga murah. 

Dengan cara di atas, maka kamu bisa mendapatkan kandang hamster yang berkualitas dan sangat baik untuk kesehatan hamster. Dengan memilih kandang yang tepat, maka hamster kamu bisa mendapatkan kehidupan yang juga baik. 

Jenis Kandang Hamster

Jika sudah memahami cara memilih kandang hamster, maka selanjutnya adalah mengenal jenis kandangnya. Adapun beberapa jenis kandang yang sekiranya bisa kamu jadikan pilihan dan disesuaikan dengan jenis hamster yang kamu pelihara.

Berikut ini adalah jenisnya: 

1. Kandang kawat

Jenis Kandang Hamster Kawat
jenis kandang hamster kawat - the spruce pets

Jenis kandang yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak dipilih. Di mana bagian atas dari kandang terbuat dari kawat dan pada bagian tengah kebawah menggunakan bahan plastik.

Bagian kawat kandang yang satu ini sendiri bisa Kamu lepas, sehingga untuk membersihkannya sangatlah mudah. 

Tapi ada satu kelemahan dari jenis kandang ini, dimana biasanya hamster bisa menggigit kawat dan membuat gigi hamster tidak rata. Selain itu juga, hamster juga bisa memanjat ke kawat dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Untuk itu, Petpi sarankan untuk membeli kandang jenis ini yang luas dan diberikan aksesoris seperti roda-rodaan agar hamster tidak bosan. 

2. Kandang dengan bahan plastik

Jenis Kandang Hamster Plastik
jenis kandang hamster plastik - savic

Perbedaan kandang jenis ini dengan yang kawat adalah seluruh bagian kandang dibuat dengan menggunakan plastik. Bagian atas kandang pun bisa dibuka, sehingga Sobat Pintar dapat membersihkannya dengan mudah.

Biasanya jenis kandang yang satu ini sudah dilengkapi dengan aksesoris seperti roda-rodaan dan tempat makan serta minum. 

Bahkan kandang dari bahan ini mempunyai banyak model, bahkan ada yang bertingkat. Sehingga sangat cocok sekali untuk yang masih pemula. Tapi, ada hal yang perlu diperhatikan yaitu bagian kandang harus diteliti.

Karena bisa saja, aksesoris tidak dapat bekerja dengan baik dan membuat hamster terjepit. Jadi pastikan bahwa seluruh kandang sangat berkualitas dan bekerja baik. 

3. Kandang akuarium

Jenis Kandang Hamster Akuarium
jenis kandang hamster akuarium - pinterest

Jika Sobat Pintar ingin meminimalisir tingkat resiko kecelakaan di kandang hamster, jenis kandang akuarium ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Bentuknya menyerupai akuarium ikan dengan ada tutup di bagian atasnya.

Kandang jenis ini sangatlah cocok bagi Kamu yang khawatir hamster menggigiti kawat. Selain itu, kandang ini juga sangat mudah untuk dibersihkan. 

Namun, kelemahan dari kandang ini adalah lebih lembab dan panas karena tidak ada bagian yang terbuka selain bagian atas.

Maka daripada itu, Kamu harus memperhatikan suhu dan kelembabannya dengan menggunakan thermo hygrometer. Selama Kamu bisa memperhatikan suhu yang cukup untuk hamster, kandang ini terbilang lebih aman. 

Sobat Pintar, itulah beberapa jenis kandang hamster beserta cara memilihnya yang sudah Petpi rangkum.

Dimana yang terpenting saat memelihara hamster adalah memperhatikan kebutuhannya, di mulai dari pakan hingga kebersihan kandang. Hal ini agar hamster bisa selalu sehat dan juga nyaman selama berada di kandang. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Hamster terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://lahan.co.id/cara-merawat-hamster/#:~:text=Kandang%20beternak%20hamster%20terbagi%20menjadi%203%20macam%3A%201,Kandang%20pngembangbiakan%202%20Kandang%20bersalin%203%20Kandang%20pembesaran
  • https://my-best.id/61043/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar