Hari ini: Rabu, 19 Mei 2021
Kamis, 29 April 2021, 16:30 WIB

Bikin Takjub! Inilah 17 Hewan Terbesar di Dunia Berdasarkan Jenisnya

Bikin Takjub! Inilah 17 Hewan Terbesar di Dunia Berdasarkan Jenisnya

hewan terbesar di dunia - ddmcdn

Penasaran apa saja spesies hewan terbesar di dunia saat ini? Yuk, simak kumpulan hewan terbesar berdasarkan jenisnya yang tinggal di darat, laut, dan udara.

Hewan atau binatang merupakan sesuatu topik yang sangat menarik untuk dicermati sekaligus dieksplorasi, mulai dari hewan zaman purba hingga yang eksis sekarang.

Di dunia yang Sobat Pintar tinggali saat ini, setidaknya ada lebih dari 9 juta spesies hewan yang dapat ditemukan di muka Bumi, baik itu di darat, laut, maupun udara.

Mulai dari organisme yang tersusun dari beberapa sel saja, hingga sejumlah hewan terbesar di dunia yang mungkin ukurannya belum pernah terbayangkan olehmu, nih.

Berbicara mengenai hewan terbesar di dunia saat ini, ada berbagai spesies yang menarik untuk dibahas. Berikut adalah kumpulan spesies hewan terbesar di bumi berdasarkan jenisnya.

Daftar Spesies Hewan Terbesar di Dunia Saat Ini (Darat, Laut, & Udara)

Kumpulan spesies hewan terbesar di Bumi ini memiliki ukuran yang fantastis, baik itu dari segi panjang atau bobot tubuhnya.

Beberapa di antaranya memiliki ukuran berkali-kali lipat dibanding manusia. Dan beberapa lainnya memiliki ukuran lebih besar dibanding spesies hewan sejenis yang sering kamu bayangkan.

Penasaran ada hewan terbesar dan terpanjang apa saja? Yuk, Sobat Pintar langsung cek pembahasan selengkapnya seperti di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Hewan Terbesar lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Paus Biru, Hewan Terbesar di Dunia

Hewan Terbesar Di Laut
Paus biru - pinterest

Paus biru (Balaenoptera musculus) memiliki predikat hewan terbesar di dunia saat ini. Paus yang merupakan salah satu mamalia laut ini memang dikenal berukuran tubuh besar.

Spesies paus biru juga termasuk salah satu hewan terpanjang di dunia dengan panjang tubuh berkisar 30 meter. Bobotnya sendiri tercatat mencapai 20 ton, lho.

Bayangkan Sobat Pintar, di zaman sekarang saja paus masih ada yang tubuhnya berkisar 30 meter, apalagi di zaman purbakala ya.

Mungkin paus yang sekarang besarnya kalah jauh dengan paus purba.

2. Burung Unta, Burung Terbesar

Burung Terbesar Di Dunia
Burung unta - animal soft the world

Burung unta (Struthio camelus) memuncaki daftar burung terbesar di dunia yang masih hidup hingga saat ini. Bobot burung unta sekitar 150 kg dengan tinggi mencapai 180 cm.

Dikarenakan tubuhnya yang besar, burung unta tidak memiliki kemampuan terbang layaknya burung pada umumnya. Namun jangan salah, mereka adalah pelari ulung dengan kecepatan hingga 70 km/jam.

3. Weta Raksasa, Serangga Terbesar

Serangga Terbesar Di Dunia
Weta raksasa - rnz

Weta raksasa (Deinacrida) merupakan salah satu spesies serangga terbesar di dunia yang bobotnya mencapai 70 gram. Hal ini setara dengan kebanyakan jenis tikus atau burung kecil.

Spesies serangga ini dapat tumbuh hingga 10 cm. Bobot tubuh berat membuat weta raksasa mungkin kehilangan kemampuan melompat. Weta raksasa sendiri merupakan hewan endemik Selandia Baru.

4. Kapibara, Hewan Pengerat Terbesar

Hewan Terbesar Di Dunia
Kapibara - pikist

Kapibara (Hydrochoerus hydrochaeris) merupakan "raja" hewan pengerat atau Rodentia yang memiliki tinggi hingga 60 cm. Kapibara memiliki kekerabatan dengan marmut yang umum sebagai peliharaan.

Hewan pengerat di dunia ini menyukai habitat dekat perairan, yang mana mereka juga memiliki kemampuan berenang cukup baik. Kapibara dapat ditemukan di kawasan Amerika Selatan.

5. Kima Raksasa, Kerang-Kerangan Terbesar

Hewan Terbesar Di Dunia
Kima raksasa - snorkeling report

Kima raksasa (Tridacna gigas) merupakan jenis kerang-kerangan atau Bivalvia terbesar yang memiliki panjang hingga 1,2 meter dan bobot hingga 227 kg.

Selain berukuran besar, kima raksasa juga memiliki umur panjang hingga lebih dari 100 tahun di alam liar. Kima raksasa tergolong ke dalam spesies rentan akibat diburu daging dan cangkangnya.

6. Hiu Paus, Ikan Terbesar

Ikan Terbesar Di Dunia
Hius paus - no troubles just bubbles

Hiu paus (Rhincodon typus) merupakan hewan terbesar laut yang bernapas dengan insang. Hiu paus dapat memiliki panjang hingga 12 meter dan bobot hingga 20,6 ton.

Mereka bukanlah predator seperti hiu pada umumnya. Hiu paus memakan plankton, ikan, dan udang kecil dengan cara menyaring air melalui mulutnya yang berukuran besar.

7. Kanguru Merah, Hewan Berkantung Terbesar

Hewan Berkantung Terbesar Di Dunia
Kantung merah - thought co

Kanguru merah (Macropus rufus) merupakan hewan berkantung atau Marsupialia terbesar yang masih bisa ditemukan saat ini. Habitat asli kanguru merah adalah di pedalaman Australia.

Ukuran kanguru merah berkisar 1,6 meter dari ujung kepala hingga pantatnya. Panjang ekornya pun bisa mencapai 1,1 meter. Sebagai marsupial terbesar, kanguru merah memiliki bobot mencapai 90 kg.

8. Anakonda Hijau, Ular Terbesar

Ular Terbesar
anakonda hijau - britannica

Anakonda hijau (Eunectes murinus) menjadi spesies ular terbesar di dunia yang memiliki bobot hingga 250 kg. Mereka memiliki habitat asli di Amerika Selatan, salah satunya di area perairan Amazon.

Walaupun jadi yang terbesar, anakonda hijau bukanlah yang terpanjang. Sanca kembang (Malayopython reticulatus) merupakan ular terpanjang di dunia yang rata-rata memiliki ukuran hingga 7-8 meter.

9. Buaya Muara, Hewan Reptil Terbesar

Reptil Terbesar Di Dunia
buaya muara - wikipedia

Buaya muara (Crocodylus porosus) merupakan hewan reptil terbesar saat ini yang tercatat memiliki ukuran panjang hingga 7 meter dan bobot sekitar 2 ton.

Tergolong juga dalam bangsa Reptilia, ada pula komodo (Varanus komodoensis) yang jadi spesies kadal terbesar dan hewan terbesar di dunia pada zaman purba yang masih hidup hingga saat ini, lho

10. Salamander Raksasa Tiongkok, Hewan Amfibi Terbesar

Amfibi Terbesar Di Dunia
salamander raksasa tiongkok - eol

Salamander raksasa tiongkok (Andrias davidianus) merupakan spesies hewan amfibi terbesar yang keberadaannya kini kritis dan terancam punah di alam liar.

Karakteristik salamander raksasa tiongkok antara lain berkepala besar, mata kecil, dan kulit gelap berkerut. Ukuran tubuh salamander ini dapat mencapai panjang 1,83 meter dan bobot 64 kg.

11. Kepiting Laba-Laba Jepang, Hewan Arthropoda Terbesar

Kepiting Terbesar Di Dunia
Kepiting laba-laba jepang - japanese station

Kepiting laba-laba jepang (Macrocheira kaempferi) menjadi hewan arthropoda terbesar saat ini. Arthropoda merupakan jenis hewan berbuku-buku, seperti laba-laba, kepiting, udang, dan sejenisnya.

Secara umum kepiting laba-laba jepang memiliki ruas kaki yang panjang. Hal inilah menyebabkan lebar tubuh kepiting laba-laba jepang secara keseluruhan berkisar 3,8 meter.

12. Gajah Semak Afrika, Hewan Mamalia Darat Terbesar

Hewan Mamalia Darat Terbesar Di Dunia
Gajah semak afrika - iucn

Gajah semak afrika (Loxodonta africana africana) menjadi hewan darat terbesar yang memiliki panjang mencapai 7,5 meter, tinggi 3,3 meter, dan bobot hingga 6 ton.

Selain gajah semak afrika, sejumlah spesies gajah juga mendominasi daftar hewan darat terbesar. Misalnya saja seperti gajah asia dan gajah hutan afrika.

13. Kelelawar Mahkota Emas, Hewan Mamalia Terbang Terbesar

Hewan Mamalia Terbang Terbesar Di Dunia
kelelawar mahkota emas - squares space

Kelelawar mahkota emas (Acerodon jubatus) merupakan hewan mamalia terbang terbesar yang memperoleh namanya dari corak bulu kuning keemasan di sekitar kepalanya.

Jenis kelelawar besar atau kalong ini merupakan hewan endemis Filipina. Kelelawar mahkota emas memiliki bentang sayap hingga 1,7 meter dan bobot hingga 1,2 kg.

14. Cumi-Cumi Raksasa, Hewan Invertebrata Terbesar

Hewan Invetebrata Terbesar Di Dunia
cumi-cumi raksasa - mos

Cumi-cumi raksasa (Architeuthis dux) merupakan spesies hewan invertebrata terbesar di dunia yang pernah ditemukan dan tercatat memiliki panjang hampir 13 meter dan bobot 1 ton.

Menjadi penghuni lautan dalam, cumi-cumi raksasa tergolong jarang ditemukan dan menampakkan diri ke permukaan. Sehingga ukuran cumi-cumi raksasa bisa jadi lebih besar dari perkiraan.

15. Gorila Timur, Hewan Primata Terbesar

Primata Terbesar Di Dunia
Gorilla timur - immediate

Gorila timur (Gorilla beringei) mendapatkan predikat sebagai hewan primata terbesar di dunia yang memiliki tinggi sekitar 1,9 meter dan bobot hingga 205 kg.

Primata besar ini mendiami wilayah hutan di pegunungan Republik Demokratik Kongo, Rwanda, dan Uganda. Gorila timur kini makin terancam yang diperkirakan tersisa 5.000 ekor saja di alam liar.

16. Kerang Raksasa, Spesies Kerang Terbesar

Kerang Terbesar Di Dunia
giant clam - hakai magazine

Siapa disini Sobat Pintar yang suka makan kerang? Seperti yang kita ketahui, kerang merupakan hewan laut yang menjadi penyeimbang ekosistem di lingkungannya.

Beberapa jenis kerang pun seringkali dikonsumsi manusia karena dipercaya mempunyai kandungan protein yang tinggi.

Namun, kerang yang satu ini sepertinya tidak bisa dimakan oleh manusia. Spesies kerang yang satu ini memiliki diameter cangkang sebesar 1,3 meter lho!

Giant clam atau kerang raksasa ini menjadi spesies kerang paling besar yang ada di dunia. Bahkan penemuan giant clam terbesar yang pernah ada berbobot 220 kg. Wow bisa dikonsumsi satu kampung tuh!

17. Penyu Belimbing, Spesies Penyu Terbesar

Penyu Terbesar Di Dunia
Penyu Belimbing - Idntimes

Hewan yang satu ini merupakan salah satu jenis hewan terbesar yang hidupnya di laut. Walaupun bukan yang terbesar, namun spesies hewan ini termasuk hewan langka yang cukup dilindungi.

Penyu belimbing merupakan spesies penyu raksasa yang masih hidup hingga saat ini. Bahkan besarnya bisa mencapai bobot 455 kg lho!

Sayangnya mereka sekarang terancam punah akibat ulah manusia sendiri. Penyu belimbing biasanya sering ke daratan untuk bertelur dan menyimpannya di dalam pasir.

Nah, disinilah biasanya manusia sering mengambil telur penyu belimbing untuk dikonsumsi. Bahkan, tidak segan-segan mereka justru memburu penyu belimbing dewasa untuk diambil dagingnya.

Itulah dia informasi mengenai hewan terbesar di dunia yang masih hidup hingga saat ini dan berada di sekitarmu.

Lalu manakah hewan terbesar yang membuatmu takjub? Semoga informasi di atas bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel berikutnya, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Hewan Terbesar terbaru lainnya!

Terbit: Rabu, 24 Maret 2021, 20:30 WIB
Update pada: Kamis, 29 April 2021, 16:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Largest_organisms
  • https://nhpbs.org/wild/animals.asp
  • https://www.livescience.com/58992-largest-animals-of-their-kind.html
  • https://www.mongabay.co.id/2017/09/13/25-makhluk-hidup-terbesar-di-planet-bumi-bagian-2/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar