Hari ini: Kamis, 04 Maret 2021
Selasa, 10 November 2020, 16:00 WIB

Mending Jangan, Ini 5 Hewan Beracun yang Ternyata Legal untuk Dipelihara!

Mending Jangan, Ini 5 Hewan Beracun yang Ternyata Legal untuk Dipelihara!

hewan beracun yang dipelihara - san diego zoo

Sering tertantang memelihara hewan yang tidak biasa? Mending jangan deh. Ini deretan hewan beracun yang ternyata legal untuk dipelihara di rumah

Banyak dari kita yang mempunyai keinginan untuk memelihara hewan yang tidak biasa atau yang disebut dengan hewan-hewan eksotis. Beberapa hewan eksotis ini mempunyai keunikan karena hanya segelintir orang yang memeliharanya.

Namun, kebanyakan dari mereka terkadang tidak memperhatikan apakah hewan ini adalah jenis hewan berbahaya atau tidak. Bagi mereka yang memeliharanya, hewan eksotis adalah hewan yang membuatnya menjadi terlihat keren.

Nah, dari banyaknya jenis hewan eksotis yang ada di dunia ini, ternyata ada beberapa hewan yang ternyata cukup berbahaya untuk dipelihara. Walaupun legal, hewan ini ternyata mempunyai racun yang mungkin saja bisa membahayakanmu.

Kira-kira hewan beracun apa saja yang ternyata legal untuk dipelihara? Yuk ikutin terus informasinya.

Daftar Hewan Beracun yang Legal untuk Dipelihara

Walaupun bentuknya menawan, beberapa jenis satwa ini mempunyai racun yang cukup berbahaya bagi manusia. Mereka bukan hanya hidup di darat, namun ada juga yang bisa kamu pelihara di dalam air.

Daripada penasaran, yuk ikutin terus informasinya berikut ini.

Gila Monster

Hewan Berbisa
Gila Monster - hal beral

Gila Monster atau nama ilmiahnya Heloderma Suspectum adalah sejenis kadal yang paling berbisa di dunia. Reptil ini mungkin sangat unik dan indah, namun ia dikenal juga sangat berbahaya. Ia sering menghabiskan 80% waktunya tidak bergerak di bawah tanah.

Namun pada musim-musim semi, ia cukup aktif bergerak untuk menari makanan favoritnya yaitu telur burung dan penyu.

Walaupun kadal ini berbisa, tetapi kadal ini tidak akan menggigit jika tidak diganggu. Faktanya, jarang sekali ada korban jiwa yang tercatat akibat gigitan gila monster ini.

Pada waktu itu ada beberapa kasus gigitan gila monster ini yang berakibat fatal namun tidak sampai mengakibatkan kematian.

Di beberapa negara di luar negeri sana, dilegalkan untuk memelihara hewan ini, namun dalam aturan-aturan tertentu yang harus ditaati. Salah satu aturannya adalah kamu harus membeli hewan ini pada penangkaran yang resmi tercatat, bukan di toko hewan biasa atau perorangan.

Keuntungan lainnya jika dibeli di penangkaran, hewan ini sudah lebih jinak dibanding gila monster yang masih liar di habitatnya.

Baca Juga: Apa Perbedaan Hewan Beracun dan Hewan Berbisa? Ini Jawabannya

Kalajengking

Hewan Berbisa Boleh Dipelihara
Kalajengking - healthline

Ada banyak spesies kalajengking di seluruh dunia ini, namun semuanya bisa dibilang mempunyai bisa yang cukup kuat. Ada pula beberapa jenis kalajengking yang ternyata gigitan nya hanya menyebabkan rasa sakit seperti disengat lebah.

Di Indonesia, kalajengking banyak sekali dipelihara oleh pecinta reptil yang menyukai hewan-hewan yang eksotis dan agak sedikit ekstrim.

Bagi para pemula yang tertarik, disarankan untuk tidak memelihara kalajengking ya karena bisa membahayakan dirimu dan orang rumah.

Kelabang Raksasa

Hewan Beracun
Kelabang raksasa - birdspiders

Giant centipedes atau yang dikenal sebagai kelabang raksasa adalah salah satu hewan yang cukup digemari bagi para pecinta hewan arthropoda. Jangan coba-coba bermain dengannya jika tidak bisa menyentuhnya, karena gigitan dari hewan ini cukup menyakitkan.

Hewan ini mampu menaklukan mangsanya yang jauh lebih besar dari dirinya. Mereka mempunyai toksin yang bekerja pada hewan kecil dengan mencegah otaknya untuk memberikan pada sinyal jantung untuk berdetak.

Akibatnya, hewan yang dimangsanya akan mati karena disuntikkan bisa yang mematikan tersebut.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG HEWAN BERBISA?
Cari info Hewan Berbisa terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Rear Fanged Snakes

Hewan Berbisa Yang Boleh Dipelihara Dirumah
Ular taring belakang - pet business

Ular adalah salah satu hewan peliharaan yang cukup berbahaya. Bukan hanya yang ular berbisa saja, namun ada beberapa ular yang memiliki gigitan yang kuat sehingga cukup berbahaya bagi pemilik dan orang-orang yang ada di rumah.

Seperti yang kita ketahui, spesies ular bertaring depan seperti kobra, ular derik dan mamba terkenal sebagai hewan peliharaan. Ada pula ular yang terkadang luput dari ingatan yaitu ular bertaring belakang.

Beberapa spesies ular bertaring belakang seperti ular hognose, merupakan spesies yang umum direkomendasikan untuk para pemula.

Walaupun jarang menggigit, namun kamu harus berhati-hati karena hewan peliharaan ini mengandung bisa yang cukup menyakitkan bagi pemiliknya.

Tarantula

Hewan Yang Berbahaya
Tarantula - the statesman

Banyak orang yang cukup histeris saat bertemu dengan tarantula. Apalagi ada beberapa spesies tarantula yang cukup mematikan.

Walaupun kenyataannya kematian gara-gara gigitan tarantula jarang terjadi, namun banyak orang yang tidak ingin mengambil resiko untuk memeliharanya.

Tarantula yang menjadi hewan peliharaan, biasanya tarantula yang tidak beresiko alias tidak memiliki bisa yang mematikan. Hewan ini tidak akan menggigit kecuali kamu mengganggunya.

Gigitan tarantula pun hanya akan mengakibatkan kemerahan, bengkak, dan nyeri pada bagian yang tergigit.

Selain itu, tarantula juga mempunyai senjata rahasia lainnya yaitu bulu-bulu halus pada sekujur tubuhnya yang bisa saja ia tancapkan pada orang yang menyerangnya.

Hal itu akan membuat kamu yang digigit akan merasakan sakit yang luar biasa karena bulu-bulunya bisa ditancapkan pada bagian yang digigit.

Nah itulah dia beberapa hewan yang sekiranya berbisa namun secara legal hukum bisa dipelihara di rumah. Hewan-hewan ini tidak dianjurkan dipelihara pada para pemula karena bisa membahayakan nyawa dari pemiliknya.

Kira-kira Sobat Pintar mau tertarik gak memelihara hewan-hewan di atas? Tuliskan jawaban kamu langsung di kolom komen ya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://dlh.semarangkota.go.id/menawan-namun-berbahaya-berikut-5-jenis-satwa-beracun-di-indonesia/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Gila_monster
  • https://pethelpful.com/exotic-pets/Venomous-Pets-that-are-Legal
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/viktor-yudha/4-hewan-beracun-khas-indonesia-yang-belum-diketahui-banyak-orang-1

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar