Hari ini: Rabu, 20 Januari 2021
Kamis, 07 Januari 2021, 16:00 WIB

Awas Bahaya! Ini Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Hamster Peliharaan

Awas Bahaya! Ini Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Hamster Peliharaan

makanan yang tidak boleh dimakan hamster - squeaks and nibbles

Tergolong pemakan segala, ada beberapa larangan makanan hamster yang perlu diperhatikan. Berikut ini ada jenis makanan yang tidak boleh dimakan hamster

Hamster yang memiliki ukuran kecil, bahkan lebih kecil dari tangan kamu ini, memang menjadi salah satu hewan peliharaan favorit yang menggemaskan.

Saat memelihara hamster, salah satu hal aspek penting dan wajib kamu untuk perhatikan adalah asupan makanan dan minuman bernutrisi untuk menunjang kesehatannya.

Karena jika kamu abai dalam memilih makanan hamster, mungkin saja peliharaanmu ini akan mengalami berbagai masalah kesehatan yang berisiko kematian, lho.

Lalu apa saja jenis makanan yang tidak boleh dimakan hamster? Pada artikel kali ini, PetPi sudah rangkum beberapa daftar larangan makanan hamster yang perlu kamu perhatikan.

Inilah Pilihan Makanan Hamster Terbaik dan Bernutrisi

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Hamster
Pilihan makanan hamster terbaik - freepik

Hamster merupakan jenis hewan pengerat kecil yang umumnya berumur cukup pendek. Kesalahan dalam pemilihan makanan hamster, tentu akan memperpendek harapan hidupnya, nih.

Maka dari itu penting untuk memberikan makanan hamster yang baik dan bernutrisi untuk memenuhi kebutuhannya. Setidaknya ada tiga jenis makanan yang harus diberikan, yakni:

  • Kombinasi biji-bijian; Berbagai jenis biji-bijian bisa dikombinasikan sebagai makanan utama hamster setiap harinya. Adapun kombinasinya bisa terdiri dari, kacang hijau, kacang kedelai, beras merah, jagung, milet, dan biji bunga matahari yang mudah kamu temukan.
  • Sayur dan buah; Sebagai asupan vitamin dan mineral, sayur-sayuran dan buah-buahan juga bisa kamu berikan sebagai makanan sampingan selain biji-bijian. Beberapa jenis sayur dan buah yang umum diberikan, seperti apel, wortel, dan tauge dalam porsi minimal.
  • Serangga dan protein hewani; Walau bukan kebutuhan utamanya, hamster juga bisa mendapatkan asupan protein hewani dalam jumlah terbatas. Hamster peliharaan bisa diberikan protein hewani berupa telur rebus dan ulat hong kong.

Selain ketiga jenis makanan alami di atas, ada pula makanan hamster terbaik berupa pelet yang menawarkan nutrisi seimbang dalam setiap gigitannya.

Melansir TheSprucePets.com, hamster terkadang pilah-pilih dalam memakan kombinasi biji-bijian yang Sobat PetPi berikan. Sehingga hal ini berujung nutrisi tidak seimbang, lho.

Jenis-Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Hamster, Bisa Berisiko Kematian!

Makanan Yang Dilarang Untuk Hamster
Makanan yang dilarang untuk hamster - though co

Naluri alamiah hamster adalah mereka akan melahap makanan apapun yang kamu berikan padanya. Namun jangan salah, ada juga beberapa larangan yang mesti Sobat PetPi perhatikan.

Jenis-jenis makanan di bawah ini bukan hanya mengandung nutrisi yang tidak seimbang, melainkan juga bersifat beracun dan berbahaya bagi kesehatannya, lho.

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan hamster beserta efeknya pada hewan peliharaanmu ini.

INGIN TAHU TENTANG HAMSTER?
Cari info Hamster terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

1. Biji Apel

Walau apel PetPi rekomendasikan jadi salah satu alternatif makanan hamster, namun kamu perlu berhati-hati jangan sampai biji apel ikut terkonsumsi oleh peliharaanmu.

Sebagaimana diketahui, biji apel mengandung zat amygdalin yang akan melepaskan hidrogen sianida saat bersentuhan dengan enzim pencernaan.

Kandungan sianida ini tentu memiliki efek racun bagi hamster, yang bahkan berisiko kematian. Selain itu zat amygdalin juga bisa ditemui pada biji buah lain, seperti aprikot, persik, dan ceri.

Baca Juga: Agar Tidak Cepat Mati, Begini Rahasia Cara Merawat Hamster dengan Baik dan Benar

2. Kacang Almond

Sama seperti sebelumnya, kacang almond yang belum dipanggang dan memiliki citarasa pahit memiliki kandungan sianida di dalamnya.

Selain itu juga kacang almond juga punya kandungan lemak yang cukup tinggi dan tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi hamster.

Namun pemberian kacang almond yang sudah dipanggang masih bisa ditolerir. Asal pemberiannya dalam jumlah sangat terbatas, misal sekali dalam seminggu.

3. Kacang Tanah

Kacang tanah juga sama-sama memiliki kandungan lemak yang tinggi. Terlebih untuk kacang tanah olahan yang memiliki kandungan garam tinggi yang berisiko untuk hamster.

Kandungan garam pada jenis makanan yang dilarang untuk hamster ini akan menyebabkan dehidrasi. Kacang tanah tanpa garam dan dalam jumlah sedikit, masih tergolong aman untuk hamster, ya.

4. Bawang Putih dan Bawang Merah

Dua jenis bawang ini sangat umum digunakan untuk setiap olahan makanan manusia. Namun, bawang putih dan bawang merah ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan hamster, lho.

Konsumsi bawang putih pada hamster dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan gangguan darah dengan tingkat sedang.

Sementara bawang merah sendiri kemungkinan besar dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah.

5. Buah Sitrus

Kumpulan buah yang tergolong ke dalam jenis buah sitrus di antaranya jeruk, limau, lemon, jeruk mandarin, jeruk bali, dan jeruk clementine.

Walau memiliki kandungan vitamin C tinggi, namun jenis buah sitrus memiliki karakteristik yang asam. Sehingga berbahaya untuk sistem pencernaan hamster peliharaan.

Baca Juga: 8 Cara Merawat Bayi Hamster, Mulai Masa Kehamilan Hingga Tumbuh Dewasa

6. Selada

Jenis sayuran yang sering dikonsumsi sebagai salad ini nyatanya hanya memiliki sedikit kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh hamster.

Selada juga berpotensi membuat hamster mengalami diare. Jenis sayuran berdaun hijau lainnya, seperti kangkung bahkan jauh lebih aman dan bergizi.

7. Tomat

Tomat umumnya memiliki karakteristik rasa yang lebih manis ketimbang jenis sayur atau buah kebanyakan. Namun tetap saja, tomat memiliki kandungan zat asam termasuk larangan makanan hamster.

Zat asam inilah yang dapat menyebabkan hamster mengalami diare. Pemberian dalam jumlah terbatas masih dapat ditoleransi, misal setengah sendok makan.

Pastikan juga tidak ada bagian daun tomat yang tertinggal saat hamster mengonsumsinya.

Pasalnya daun pada tomat bersifat racun bagi hamster dan dapat membunuh mereka, walaupun dalam jumlah yang sedikit.

8. Kentang

Kentang memiliki kandungan pati yang tinggi dan dapat berakibat timbulnya diare pada hamster. Diare yang parah pun dapat menyebabkan mereka dehidrasi hingga kematian.

Gejala dehidrasi ditandai dengan bagian mata cekung, kelesuan, tidak nafsu makan, dan berkurangnya elastisitas pada kulit hamster.

Makanan hamster ini sebenarnya aman, asal terlebih dahulu dimasak dengan cara direbus dan buang bagian kulit kentang.

9. Coklat

Makanan Yang Dilarang Untuk Hamster
Coklat dilarang untuk kucing - eat this

Anak-anak sering memberikan camilan yang digenggamnya pada hamster, salah satunya adalah coklat. Lalu, apakah hamster boleh makan coklat?

Tentu jawabannya, tidak! Makanan berupa coklat, khususnya coklat hitam, mengandung senyawa teobromin yang terdapat pada tumbuhan kakao.

Kandungan senyawa teobromin dalam jumlah tinggi akan bersifat racun bagi hamster. Terlebih untuk jenis hamster kecil, seperti hamster roborovski.

Baca Juga: Pasti Akurat! 7 Cara Membedakan Hamster Jantan dan Betina Tanpa Alat

10. Roti

Kemudian, hamster boleh makan roti atau tidak? Melansir laman PetMD.com, kandungan ragi yang terdapat dalam roti menjadi penyebab utama makanan ini tidak boleh dimakan hamster.

Ragi yang bersifat racun bagi hamster ini tentu akan membahayakan nyawanya. Selain pada roti, kandungan ragi juga bisa ditemukan pada bir, anggur, dan jenis minuman beralkohol lainnya.

11. Camilan Manusia

Makanan yang dilarang untuk hamster dan hewan peliharaan adalah camilan manusia, seperti keripik kentang, permen, dan kue yang bisa dikategorikan sebagai junk food, lho.

Jenis-jenis makanan tersebut memiliki kandungan gula, garam, dan zat aditif tinggi yang dapat menyebabkan masalah pencernaan, diare, hingga dehidrasi.

Jika kamu memiliki anak-anak di rumah, sebaiknya perhatikan jangan sampai camilan yang dimakannya diberikan pada hamster peliharaan.

12. Makanan Hewan Peliharaan Lain

Kalau kamu memiliki hewan peliharaan lain di rumah, jangan berikan hamster makan makanan kucing atau anjing yang kamu miliki, ya.

Perbedaan kebutuhan nutrisi menjadi penyebab utama kenapa kamu tidak boleh memberikan jenis makanan untuk hewan peliharaan lain pada hamster.

13. Makanan Manis, Asin, dan Berempah

Makanan yang manis, asin, dan berempah menjadi jenis makanan yang tidak boleh dimakan hamster.

Kandungan pada makanan manis cenderung memiliki glukosa tinggi yang tidak dibutuhkan hamster. Lalu makanan asin dapat berkontribusi dehidrasi bagi tubuh hamster.

Sementara produk makanan berempah dan pedas tentu akan mengganggu saluran pencernaan hamster hingga menyebabkan diare.

Baca Juga: Ingin Bisnis Hamster? Yuk, Ketahui 9 Cara Ternak Hamster Ini!

14. Sayur dan Buah yang Tidak Dicuci Bersih

Menjaga higienitas jadi salah satu cara mendapatkan makanan hamster berkualitas. Sayur dan buah yang tidak dicuci bersih mungkin masih memiliki kandungan pestisida yang berbahaya bagi peliharaanmu.

Selain dengan merendam dan mencuci bersih dengan air mengalir, kamu bisa mengurangi risiko dengan memberikan sayur dan buah organik, ya.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan hamster yang tentu berisiko untuk kesehatan hingga mengancam nyawanya.

Makanya penting untuk selalu memberikan makanan hamster berkualitas untuk menjaga nutrisinya. Terlebih jenis-jenisnya sangat mudah untuk Sobat PetPi temukan di pasaran. 

VIDEO: Hamster Kanibal? Ini Makanan Yang Dilarang Untuk Hamster

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Kamis, 17 September 2020, 10:00 WIB
Update pada: Kamis, 07 Januari 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hamsters101.com/hamsters-dangerous-foods/
  • https://petcentral.chewy.com/what-can-hamsters-eat/
  • https://www.petmd.com/exotic/nutrition/evr_ex_hm_what-can-hamsters-eat
  • https://www.thesprucepets.com/feeding-pet-hamsters-1238968
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar