Hari ini: Sabtu, 02 Maret 2024
Minggu, 03 September 2023, 16:30 WIB

11 Rekomendasi Mainan untuk Hamster Agar Selalu Aktif dan Sehat

11 Rekomendasi Mainan untuk Hamster Agar Selalu Aktif dan Sehat

Supaya hamster selalu aktif dan sehat, jangan lupa berikan mainan dan aksesoris di dalam kandangnya (Gambar: Amazon)

Sebagai hewan yang pintar dan aktif, hamster memerlukan fasilitas untuk menyalurkan hobinya. Cek di sini macam-macam mainan hamster terbaik berikut.

Sobat Pintar, sebagai hewan lucu yang lincah dan pintar, hamster memerlukan sejumlah stimulasi lingkungan yang dapat membuat tubuh dan pikiran mereka tetap aktif. Salah satu caranya adalah dengan memberikan mainan hamster.

Sehingga kamu sebagai pemilik yang baik, perlu menyediakan beberapa aksesoris dan mainan apabila memelihara hewan imut ini. Mari cari tahu, mainan hamster apa saja yang sesuai untuk pet milikmu pada artikel di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Hamster lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa Saja Mainan untuk Hamster?

Mainan Kincir Untuk Hamster
mainan kincir untuk hamster (Gambar: petkeen)

Sebelum membahas macam-macam mainan, PetPi mau bagi tips cara memilihnya. Pertama-tama, kamu perlu mengenali kepribadi si hamster. Seperti apa yang mereka sukai, mengunyah, memanjat, atau bersembunyi.

Selain itu, sebaiknya memilih mainan yang tidak mengeluarkan banyak bunyi karena hamster merupakan hewan nokturnal yang aktif pada malam hari, sehingga tidak akan berisik ketika waktu bermainnya tiba.

Nah tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah berbagai macam mainan hamster untuk teman kecil kesayanganmu:

1. Chewing Toys

Jenis mainan kunyah merupakan item wajib bagi hamster. Pasalnya, mainan ini membantu menjaga pertumbuhan gigi yang sehat dan terawat dari si kecil loh.

Chewing toys juga termasuk mainan hamster murah. Jadi, kamu bisa menyimpan sejumlah stok tanpa khawatir dompet kering.

Ada beberapa pilihan mainan yang termasuk chewing toys, salah satunya adalah mainan kayu. Seperti sebutannya, mainan hamster dari kayu terbuat dari batang kayu alami. Mainan ini juga bebas dari pewarna makanan.

Fungsi mainan kayu yaitu untuk menyalurkan hobi menggigit dan mengunyah hamster. Supaya pet lebih senang, kamu bisa menyelipkan makanan kesukaannya diantara mainan kayu.

Jika memberikan mainan kayu untuk hamster, maka kamu perlu memastikan untuk memeriksa mainan tersebut secara berkala. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa mainan tetap aman untuk si hamster.

Pasalnya, seiring waktu mainan kayu yang aus dan terkikis bisa pecah, sehingga membahayakan teman hamstermu. Maka sebagai gantinya, kamu bisa memberikan batang apel.

Jika kamu hendak memberikan batang apel untuk hamster, maka pastikan memilih batang dari pohon yang tidak diberi pestisida. Apabila membeli batang apel, pastikan untuk memilih pet shop yang terpercaya.

2. Roda Kincir Hamster

Mainan olahraga dapat berupa roda hamster, bola hamster, tabung dan tangga. Jenis mainan ini berfungsi untuk memfasilitasi hamster supaya bisa tetap bergerak aktif.

Ingat, teman hamster kamu tinggal di dalam kandang. Sementara, pada habitat aslinya, hamster merupakan hewan yang aktif berlarian ke sana kemari. Jadi, sangat dianjurkan untuk menyediakan jenis mainan kincir hamster ini supaya si kecil tetap sehat.

Hamster suka bergerak aktif dan berlarian, terutama pada malam hari. Aktivitas ini merupakan kebiasaan alami mereka untuk mencari makan.

Namun, hamster peliharaan memiliki tempat gerak yang terbatas karena hidup dalam kandang. Maka dari itu, kamu bisa menyediakan mainan roda hamster (exercise wheel).

Hamster dapat berlari pada bagian dalam roda untuk membantu menyalurkan kebiasaannya. Untuk itu, pilihlah roda hamster yang memiliki bagian dasar solid, bukan batang atau slat.

Tujuan dari pemilihan roda tersebut adalah untuk mencegah hamster peliharaan mengalami patah kaki setelah terjatuh dari roda yang berputar kencang.

Beberapa kandang sudah dilengkapi dengan roda hamster. Akan tetapi, ada baiknya jika kamu memperhatikan dulu ukuran roda. Pasalnya, untuk hamster berukuran besar seperti jenis Syrian, roda bawaan kandang biasanya terlalu kecil.

3. Bola Hamster

Selain roda, kamu juga bisa menyediakan mainan hamster olahraga berupa bola hamster. Seperti namanya, mainan ini berupa sebuah bola plastik putih jernih yang bisa dimasuki hamster.

Setelah berada pada bagian dalam bola, hamster dapat berlari berkeliling rumah tanpa khawatir hilang.

Bola merupakan mainan yang menyenangkan bagi hamster yang suka bereksplorasi. Apalagi, dengan bola tersebut maka hamster dapat keluar kandang. Jadi, peliharaanmu tidak merasa bosan dan stress.

Namun, kamu perlu selalu mengingat untuk mengawasi si hamster setiap kali menggunakan bola. Pastikan teman kecilmu tidak bermain dekat tangga.

Selain itu, bola hamster suhunya dapat menjadi terlalu panas setelah digunakan selama 15 menit. Maka, sebaiknya kamu tidak membiarkan hamster main lebih dari waktu itu.

Satu lagi yang perlu kamu ingat. tidak semua hamster suka berada dalam bola. Jika pet kamu tidak suka, maka jangan memaksanya.

4. Tabung dan Tangga

Tahukah kamu? Hamster sangat pandai memanjat, meskipun mereka cuma pandai memanjat naik dan kesulitan untuk turun.

Nah, untuk menyalurkan hobi memanjat hamster, kamu bisa menyediakan mainan hamster berupa tabung dan tangga.

Selain untuk memanjat, tabung juga akan menjadi mainan menyenangkan untuk si hamster karena memungkinkan mereka bersembunyi atau merangkak melaluinya.

Jenis mainan tabung bisa terbuat dari plastik atau kayu. Tabung kayu lebih disarankan karena aman untuk dikunyah oleh hamster.

Jika ingin opsi yang lebih hemat, maka kamu bisa memberikan tabung karton atau mainan hamster dari kardus untuk mereka, seperti gulungan tisu toilet.

5. Aksesoris yang Bisa Dimakan

Aksesoris edible (bisa dimakan) dapat menjadi cara yang interaktif dan menyenangkan untuk mempererat ikatan dengan teman hamstermu.

Pada alam liar, hamster suka bersembunyi pada jerami dan menarik benda-benda dari tabung, biasanya dalam rangka mencari makanan.

Nah, kamu dapat memfasilitasinya menggunakan mainan hamster DIY alias buatan sendiri. Caranya yaitu dengan mengisi karton gulungan bekas tisu toilet dengan segenggam hay.

Kemudian, selipkan juga sepotong apel pada bagian tengah. Kamu juga bisa berkreasi dengan menyelipkan buah ceri atau kibble makanan kering kucing atau anjing.

6. Cemilan Tersembunyi

Mainan Terbaik Untuk Hamster
mainan terbaik untuk hamster (Gambar: ferplast)

Selain membuat mainan hamster dari barang bekas seperti gulungan tisu, kamu juga bisa menyediakan permainan dengan menjadi lebih kreatif dalam pemberian pakan.

Misalnya, alih-alih memberikan pakan pada wadahnya, kamu bisa menempatkan pakan hamster pada tempat-tempat tersembunyi sekitar kandangnya.

Dengan begitu, si hamster dapat melakukan permainan mencari cemilan tersembunyi sambil bergerak ke sana kemari.

7. Blok Mineral

Selain menyembunyikan makanan kesukaan hamster dekat mainannya, kamu juga bisa memberikan blok mineral, blok garam, dan pumice stone.

Hamster terkadang suka mengunyah blok mineral. Bukan sekedar untuk bermain, mengunyah blok mineral dapat memberikan asupan mineral tambahan bagi hamster.

Akan tetapi, ketersediaan blok mineral ini tidak begitu krusial seperti mainan kunyah dari kayu. Apalagi, asupan mineral hamster idealnya sudah tersedia dalam pakan.

Selain itu, banyak juga hamster yang merasa bahwa mineral blok terlalu keras sehingga tidak menyukainya.

8. Sand Dish

Hamster menyukai berguling-guling di pasir. Pasalnya, kegiatan ini dapat membantu menghilangkan minyak dari bulunya.

Kamu bisa menyediakan sekotak kecil pasir chinchilla yang dirancang khusus untuk menghilangkan minyak dari bulu. Jangan gunakan pasir dengan tekstur yang terlalu halus karena berisiko menyebabkan masalah pernapasan pada hamster.

9. Rumah Hamster

Rumah hamster termasuk dalam jenis mainan yang paling sering dipilih. Pasalnya, rumah dapat menjadi tempat yang berbeda pada kandang bagi hamster untuk beristirahat.

Ada berbagai jenis rumah hamster yang bisa kamu pilih. Biasanya, pemilik hamster menyediakan rumah kecil dengan beberapa lantai yang memungkinkan si hamster bereksplorasi.

Rumah hamster juga biasanya memiliki lubang kecil pada bagian tepi supaya si hamster dapat memanjat masuk dan keluar dengan mudah.

Saat memilih rumah untuk hamster, kamu perlu memperhatikan ventilasinya. Rumah hamster harus memiliki ventilasi udara yang baik untuk mencegah kualitas udara yang buruk dan kondensasi.

Kedua kondisi tersebutlah yang bisa menyebabkan tempat tidur dan hamster peliharaan menjadi lembab di dalam kandang.

10. Bak Mandi Hamster

Pilihan mainan hamster yang bisa kamu pilih berikutnya adalah bathtub atau bak mandi untuk hamster. Yap, bak multifungsi ini akan menjadi tempat main pasir hamster kesayanganmu loh.

Selain bisa menjadi penghias kandang yang cantik, jenis mainan ini biasanya juga disertai tangga yang bisa dipanjat oleh si kecil.

Pada saat kamu berikan, pasti hamster kamu akan keasyikan bermain dan menggali pasir hingga lupa waktu.

11. Aksesoris Kayu Mini

Terakhir ada mainan hamster yang terbuat dari bahan alami yaitu kayu mahoni terbaik yang terkenal memiliki tingkat daya tahan yang tinggi.

Tidak hanya berguna sebagai hiasan saja, aksesoris yang memiliki lubang pada bagian tengahnya ini juga berguna sebagai akses keluar masuk dari si hamster.

Selain itu, jenis mainan ini juga memperindah visual dari kandang hamster yang kamu miliki karena kayu tersebut akan memberikan kesan alami didalamnya.

Sobat Pintar, itulah dia berbagai jenis mainan hamster terbaik yang direkomendasikan. Beberapa mainan seperti mainan kunyah dan roda termasuk item wajib, tapi yang lain tidaklah harus ada.

Jadi, pilihlah mainan yang sesuai dengan teman hamster kamu dan jika ingin lebih murah kamu juga bisa membuat mainan hamster sendiri menggunakan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi kalian semua ya dan salam pintar!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Hamster terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://be.chewy.com/types-of-hamster-toys-to-entertain-your-hammy/
  • https://hamstersinfo.com/hamsters-toys/
  • https://id.my-best.com/137130
  • https://www.petsradar.com/buying-guides/best-hamster-toys
  • https://yourpethamster.com/toys/#google_vignette

Tentang Penulis

Saya adalah alumni dokter hewan FKH Universitas Airlangga 2023 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar