Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Rabu, 08 September 2021, 08:00 WIB

7 Rekomendasi Makanan Sugar Glider yang Baik Untuk Kesehatannya

7 Rekomendasi Makanan Sugar Glider yang Baik Untuk Kesehatannya

makanan sugar glider - the spruce pets

Makanan sugar glider ada beberapa pilihan yang banyak dan memberikan berbagai manfaat serta khasiat yang baik untuk tumbuh kembangnya. Berikut pilihannya

Sobat pintar, saat ini ada beberapa pilihan hewan yang bisa kamu miliki untuk dijadikan teman keseharian.

Mungkin kucing atau anjing sudah hal biasa, namun belakangan ini ada banyak orang mulai memilih jenis hewan yang tidak kalah lucu dan menggemaskan. Salah satunya adalah sugar glider yang unik dan eksotis untuk menemani di rumah. 

Untuk yang belum mengetahuinya, sugar glider merupakan hewan berkantung dengan ukuran badannya yang kecil dan bisa terbang, biasanya hewan satu ini aktif pada waktu malam hari.

Jika kamu tertarik untuk memeliharanya, hewan satu ini mudah bosan akan makanan yang dikonsumsinya, terutama makanan yang sama atau monoton setiap harinya. 

Oleh karena itu, apabila kamu tertarik untuk merawatnya maka perlu untuk mempertimbangkan dan mencari makanan sugar glider yang berbeda-beda.

Nah, pada kesempatan kali ini kami memberikan beberapa referensi makanan yang bisa kamu berikan untuk sugar glider, simak penjelasan lengkapnya. 

Daftar Makanan Sugar Glider Terbaik

Makanan Sugar Glider
makanan sugar glider - madison
Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Sugar Glider lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Buah Pisang

Di Indonesia sendiri buah satu ini bukanlah jenis buah-buahan yang sulit untuk ditemui, keseharian pasti kamu mengkonsumsinya.

Buah pisang termasuk dalam kategori makanan utama dari sugar glider, selain itu juga ada berbagai manfaat yang didapatkannya. Tidak heran hewan satu ini sangat menyukainya. 

Terdapat beberapa kandungan yang baik untuk pertumbuhan, salah satunya itu kandungan zat besi dalam menjaga kesehatan tulang.

Untuk proses pemberiannya tidak begitu sulit, kamu bisa langsung dalam keadaan utuh tanpa harus mengelupasnya. Tenang saja, sugar glider termasuk hewan cerdas yang bisa langsung memilih antara yang bisa dimakan atau tidak. 

2. Buah Pepaya

Selanjutnya kamu bisa memberikan buah pepaya sebagai makanan sugar glider dewasa ataupun bayi (anakan), karena ada banyak kandungan yang ada pada buah tersebut.

Mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan protein yang berguna untuk kesehatan dari sugar glider. Apabila kamu tidak ingin repot-repot mencari makanan, buah pepaya bisa menjadi pilihan dan rekomendasi murah yang bisa kamu berikan. 

Proses penyajiannya sebelum diberikan, lebih baik untuk memotong buah pepaya dalam ukuran yang kecil-kecil saja dan letakkan pada wadah makanan khusus.

Hal ini untuk mempermudah sugar glider dalam mengkonsumsinya. Dengan begitu, kamu bisa mengaturnya sesuai dengan ukuran yang diinginkan, terpenting jangan terlalu besar saja. 

3. Buah Melon

Buah-buahan yang mempunyai sensasi rasa manis termasuk dalam makanan yang paling disukai oleh sugar glider.

Melon bisa menjadi pilihan untuk kamu berikan, apalagi dalam buah ini terdapat banyak kandungan yang baik dari kalium, vitamin C, dan vitamin B6. Semuanya memberikan peranan bagus dalam menjaga kesehatan tubuhnya. 

Tidak hanya itu, melon termasuk dalam buah yang lembut. Hal ini akan mempermudah dalam memakannya.

Cara untuk memberikannya hampir sama dengan pepaya, potong kecil-kecil dan hindari potongan yang besar, lalu masukan pada wadah tempat makan yang sudah dipersiapkan. 

Memberikan melon juga mempunyai khasiat yang sangat baik untuk merawat bulu sugar glider agar tidak mudah rontok dan selalu sehat. 

4. Ulat Hongkong

Sugar glider termasuk dalam kategori hewan omnivora atau pemakan segalanya, bukan buah-buahan saja. Tapi, jenis serangga termasuk makanan favoritnya.

Apabila kamu ingin memberikan variasi makanan sugar glider yang berbeda, ulat hongkong bisa menjadi pilihan. Karena kaya akan kandungan protein yang tinggi dan membantu dalam menyuplai energi tambahan. 

Jika ingin mendapatkannya di toko burung menyediakan ulat hongkong, harganya pun relatif terjangkau dan bervariasi. Untuk takaran 100 gr itu bisa kamu beli dengan harga 12 ribu rupiah saja, tentunya ini tidak terlalu mahal.

Apalagi jika kamu ingin membudidayakan sugar glider, ulat hongkong mempunyai peranan untuk mempengaruhi kualitas terhadap pembuahannya. 

5. Madu

Makanan yang manis memang sangat disukai, tetapi jangan sampai kamu memberikan makanan dari pemanis buatan yang akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan sugar glider.

Kamu bisa mencoba memberikan madu untuk makanannya, karena madu memiliki cita rasa yang manis dan alami, sehingga jauh lebih aman. 

Lebih baik lagi kamu langsung mencari madu yang berasal dari alam langsung atau ternak yang tidak memberikan campuran dengan pemanis buatan.

Hal ini tentunya akan bermanfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang sugar glider. Terpenting jangan memberikan makanan yang terbuat dari gula dan garam, karena sangat berbahaya. 

6. Wortel

Makanan sugar glider selanjutnya adalah wortel. Jenis makanan ini dapat membantu menstimulasi pertumbuhan gigi mereka karena teksturnya yang keras tetapi lembut ketika direbus.

Apalagi kandungan yang ada pada wortel itu sangat baik, terutama vitamin A, antioksidan, dan serat. Semuanya memiliki peranan yang baik untuk membantu pertumbuhan dan menjaga dalam kesehatannya. 

Perlu dicatat dan dihindari untuk memberikan wortel yang segar, bukan dari berbagai olahan seperti sop atau bekas sayuran yang ada di rumah.

Karena sudah terkontaminasi dengan berbagai bumbu dapur dan berbahaya untuk kesehatannya. Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikannya dan tidak boleh sembarangan. 

7. Buah Apel

Jika sebagai selingan saja buah apel bisa menjadi pilihan makanan sugar glider, mungkin kamu bisa memberikannya seminggu sekali dan tidak terlalu sering.

Memang teksturnya agak keras dan berbeda dari beberapa buah-buahan yang ada. Tapi, hal ini harus kamu berikan juga dikarenakan membantu sugar glider dalam membantu pertumbuhan pada giginya. 

Pada buah apel sendiri memiliki berbagai khasiat dan kandungan yang baik, mulai dari vitamin A, vitamin, B2, B3, dan vitamin C yang lengkap. Tentunya ini makanan yang pas dan tepat untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. 

Sobat pintar, itulah beberapa rekomendasi dari beberapa makanan sugar glider yang bisa kamu berikan dan memiliki berbagai manfaat yang bagus untuk kesehatannya. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Sugar Glider terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hot.liputan6.com/read/4137689/12-makanan-kesukaan-sugar-glider-dan-cara-memberikan-makannya
  • https://okdogi.com/makanan-sugar-glider/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar