Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Jumat, 30 Juli 2021, 16:00 WIB

6 Cara Mengawinkan Sugar Glider untuk Pemilik Pemula

6 Cara Mengawinkan Sugar Glider untuk Pemilik Pemula

cara mengawinkan sugar glider - arafuru

Cara mengawinkan sugar glider memang mudah, namun kamu harus memperhatikan beberapa bagian pendukung lainnya. Yuk simak pembahasannya berikut ini

Sobat pintar, semakin banyak saja beberapa penikmat dan penyuka sugar glider di Indonesia, bahkan perkembangannya pun mencapai ke pelosok negeri.

Jenis hewan ini banyak diminati oleh segala usia, sehingga ini menjadi peluang usaha baru yang menarik untuk dicoba. Dalam tahap ini kamu harus bisa memahami cara mengawinkan sugar glider tersebut. 

Apabila kamu berhasil melakukannya, maka ini termasuk bisnis baru yang menjanjikan dan menawarkan keuntungan yang besar. Tentunya dengan bisnis ini akan mendapatkan banyak keuntungan yang akan didapatkan.

Jika kamu ingin untuk memahami proses mengawinkannya, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan, simak penjelasan lengkapnya. 

Tahapan Proses Mengawinkan Sugar Glider

Cara Mengawinkan Sugar Glider
cara mengawinkan sugar glider - gannet
Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Sugar Glider lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Memiliki Sugar Glider

Hal ini berlaku untuk kamu yang belum memiliki dan memeliharanya, dalam tahap ini kamu harus mempersiapkan dan mempunyai cukup modal untuk mendapatkannya.

Karena untuk sepasang sugar glider itu ditawarkan dengan harga yang relatif tinggi. Bisa saja kamu menghabiskan biaya sekitar 1 juta rupiah sampai 2 juta rupiah. 

Harga tersebut untuk sugar glider yang relatif besar, karena sudah berumur 7 bulan - 1 tahun untuk dijadikan sebagai indukan untuk proses pengawinan.

Belum lagi untuk mempersiapkan kandang, membeli makanan, melengkapi aksesoris, dan beberapa tambahan lainnya. Proses ini untuk tahapan-tahapan dalam mengawinkan sugar glider tersebut. 

Dapatkan beberapa perlengkapan ini yang mencari yang paling murah saja, terpenting dari segi manfaat dan kualitasnya bisa terjamin dengan baik. 

2. Melihat Jenis Kelaminnya

Banyaknya peminat dari sugar glider, apalagi untuk kebutuhan ternak penting sekali untuk melihat jenis kelaminnya. Hal ini untuk menghindari dan meminimalisir penipuan yang terjadi oleh penjual tersebut.

Karena apabila kamu tidak memperhatikannya, bisa saja kamu akan diberikan sugar glider yang jantan sama jantan atau sebaliknya. 

Hindari harga yang terlalu murah apalagi jika kamu tidak mengetahui perbedaannya, dalam tahap ini kamu harus bisa melihat dari kondisi fisiknya.

Bentuk fisik ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu perhatikan, karena akan terlihat dengan jelas perbedaan fisiknya bahkan oleh pemula sekalipun.

Proses ini harus diperhatikan dan dipahami dengan jelas, karena tentu saja jika kamu ingin mengawinkan sugar glider membutuhkan satu pasang dengan kelamin yang berbeda.

Selain itu juga, kamu bisa melihat karakter yang ada sugar glider tersebut. Untuk yang betina kamu bisa melihat dari karakter ketika hamil.

Biasanya akan jauh lebih galak dan berubah daripada biasanya. Jika sugar glider jantan bisa melihatnya ketika birahi, kondisi ini akan membuatnya akan jauh lebih galak.

3. Memperhatikan Kandangnya

Untuk mengawinkan sugar glider kamu juga harus mempersiapkan dan mencari beberapa tempat yang layak. Kondisi ini harus diperhatikan agar sesuai dengan kebutuhannya, sehingga kamu bisa mempersiapkan beberapa tempat yang layak dan tidak sembarangan. 

Perhatikan dan perhitungkan jumlah sugar glidernya, tahapan ini akan sangat membantu untuk kamu bisa merawatnya dengan baik. Kandang yang layak adalah yang sesuai dengan jumlah dan ukuran mereka.

Jika kamu memelihara lebih dari dua sugar glider, lebih baik siapkan kandang yang cukup besar atau bisa kamu pisahkan menjadi beberapa kandang. Hal ini dimaksudkan agar mereka tidak stress dan saling berkelahi satu sama lain karena kondisi tersebut.

Selain itu, tindakan ini dilakukan untuk menghindari kondisi yang bermasalah kedepannya, sehingga hal ini jangan pernah kamu anggap sepele. Jika kamu tidak memperhatikannya, maka akan berdampak pada kesehatan semua sugar glider nantinya. 

4. Pasangkan Satu Kandang

Apabila kamu sudah mendapatkan sepasang sugar glider dan kandang yang layak, maka langkah berikutnya tinggal langsung memasukan keduanya dalam satu kandang yang sama beserta perlengkapan yang sudah dibeli tersebut.

Dalam tahapan ini untuk cara mengawinkan sugar glider ini tidak terlalu sulit dan lama dalam proses untuk melakukannya tersebut. 

Setelah semua proses telah kamu lakukan, maka langkahnya berikutnya tinggal melihat dan memperhatikan kondisi perut sugar glider betinanya.

Pada proses ini kamu bisa melihat hasilnya selama 1 bulan ketika semuanya dipasangkan. Jika perut betina sudah membesar, tentunya proses untuk mengawinkannya sudah berhasil. 

Penting untuk dipahami dalam tahap ini kamu harus memperhatikannya, apabila hanya fokus pada mengembangbiakannya jangan terlalu sering mengajak main dan membuatnya kelelahan.

Proses ini juga bisa berdampak pada kondisi psikisnya dan mudah mengalami stres, untuk itu kamu harus melihatnya dan tidak bisa sembarangan. 

5. Informasi Perawatan

Proses untuk mengawinkan itu cukup mudah, namun sebagai tambahan ketika kamu fokus untuk peternakannya bisa dengan mencari informasi perawatannya.

Tahap ini sangat penting untuk diperhatikan, karena kedepannya fokus kamu tidak hanya satu atau dua ekor saja. Sehingga harus mampu untuk memahami dan mengetahui proses perawatannya.

Aktif untuk mencari dan membaca beberapa informasi yang tersebar, tahapan ini sangat penting untuk mendukung kamu dari pengetahuan akan tindakan terbaik kedepannya.

Untuk mencarinya bisa kamu dapatkan melalui google atau beberapa grup yang tersebar di media sosial. Hal ini akan sangat membantu, apalagi dalam kondisi yang krisis. 

Apabila kamu tidak memperhatikannya, maka nantinya akan berdampak pada kondisi dan penanganan nantinya. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengetahui cara merawatnya agar sugar glider kamu tetap sehat dan prima. 

6. Istilah Sugar Glider

Tahapan ini juga bagian penting ketika kamu fokus pada proses pengembangbiakkan, karena dengan memahami beberapa istilah ini akan sangat mudah dalam menjualnya nanti.

Ada beberapa istilah yang bisa kamu pahami, untuk istilah Joey sendiri anakan dari usia 0-3 bulan, untuk anakan masih dalam kantung induknya disebut IP atau in pouch. 

Apabila sudah keluar dalam kantungnya disebut juga sebagai OP atau out pouch. Apabila sudah berumur 3 bulanan, maka kamu bisa menjualnya. Biasanya harga yang ditawarkan pun relatif mahal. 

Sobat pintar, itulah beberapa tahapan yang bisa kamu coba untuk mengetahui Cara mengawinkan sugar glider dengan mudah dan tepat. Perhatikan beberapa tahapan tersebut secara menyeluruh.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Sugar Glider terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.hewanpeliharaan.org/sugar-glider/cara-mengembangbiakkan-dan-mengawinkan-sugar-glider/
  • https://www.hobinatang.com/2017/02/cara-membedakan-sugar-glider-jantan-dan-betina.html
  • https://www.hobinatang.com/2017/02/cara-mengawinkan-sugar-glider-yang-benar.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar