Hari ini: Sabtu, 08 Mei 2021
Kamis, 18 Maret 2021, 20:30 WIB

Masih Ada! 5 Hewan Purba ini Kelihatannya Keturunan Dinosaurus

Masih Ada! 5 Hewan Purba ini Kelihatannya Keturunan Dinosaurus

Hewan mirip dinosaurus - jooin

Dinosaurus menjadi daya tarik tersendiri untuk dipelajari. Tapi Taukah kamu ada hewan mirip dinosaurus yang masih hidup sampai sekarang? Ini informasinya

Siapa yang tidak kenal dengan dinosaurus? Dinosaurus memang sangat terkenal pada di semua kalangan. Banyak film yang bercerita tentang dinosaurus yang merupakan hewan purba.

Kesuksesan besar Film Jurassic Park menjadi tanda bahwa banyak orang yang tertarik dengan hewan purba yang satu ini. Sampai sekarang pun fosil dinosaurus masih sering ditemukan di beberapa wilayah.

Nah, tanpa kita sadari sebenarnya masih banyak lho hewan purba yang masih bisa kita pelihara. Walaupun ada beberapa yang dilindungi, namun deretan hewan purba yang mirip dengan dinosaurus ini bisa kita pelihara.

Hewan Purba yang Mirip Dinosaurus

Tentunya sangat berkesan apabila kita yang hidup di zaman ini masih bisa melihat hewan purba yang mirip dengan dinosaurus. Apalagi beberapa hewan ini bisa kamu pelihara lho. Apa saja hewan tersebut?

Yuk ikutin terus informasinya berikut ini.

Chalmydosaurus

Hewan Pubra Mirip Dinosaurus
Chalmydosaurus - aqua snack

Dari namanya saja menunjukan bahwa hewan ini adalah hewan purba yang mirip dengan dinosaurus. Hewan yang dikenal bernama Kadal Frill Necked ini merupakan spesies kadal dari famili agamidae.

Hewan ini masih banyak ditemukan di Australia bagian utara dan Selatan Papua Nugini.

Hewan ini benar-benar mengingatkan kita pada dinosaurus yang dengan bentuknya yang menyerupai hewan purba tersebut.

Jika dalam kondisi terdesak oleh predator, sistem pertahanan dirinya akan membuka layar yang ada di lehernya untuk menakuti predator yang mendekatinya.

Armadillo

Hewan Yang Mirip Dinosaurus
Armadillo - pinterest

Armadillo merupakan hewan purba yang kita kenal dengan kulitnya yang keras. Bagi yang belum mengetahuinya, Armadillo ini mempunyai habitat asal di Amerika Selatan.

Ia mempunyai pertahanan diri yang cukup unik, yaitu akan melingkar seperti bola saat predator mendekatinya

Sudah pasti, armadillo bukanlah hewan yang mudah dipelihara begitu saja. Terlebih Indonesia bukan menjadi habitat aslinya. Hewan ini sangat mirip dengan makhluk purba yang dikenal sebagai aetosaurus.

Supaya anak cucu kita masih bisa melihat hewan armadillo ini, sebaiknya kita harus lestarikan agar populasinya tetap terjaga.

Beruntung bagi kita yang masih diberikan kesempatan untuk melihat hewan ini walaupun tidak secara langsung.

Burung Emu

Hewan Mirip Dinosaurus
burung emu - britannica

Burung purba yang kabarnya dekat dengan dinosaurus ini benar-benar diteliti oleh ilmuwan. Ternyata ilmuwan menemukan bahwa burung ini adalah bagian dari dinosaurus.

Burung emu ini memiliki cakar yang bisa menjadikannya sebagai burung paling berbahaya di dunia. Bahkan terlihat mampu mengeluarkan isi perut manusia dewasa.

Tidak mungkin orang biasa memelihara ini. Kamu bisa menemukan burung emu ini di taman margasatwa yang memang mengoleksi hewan ini.

Emu besar memberikan gambaran tentang bagaimana beberapa dinosaurus berjalan dan berperilaku pada zaman itu. Kita sangat beruntung masih bisa melihatnya.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG HEWAN PURBA?
Cari info Hewan Purba terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

The Alligator Snapping Turtle

Hewan Purba Mirip Dinosaurus
The alligator snapping turtle - cryptozone news

Reptil ini memiliki reputasi yang sama ganasnya dengan penampilan mereka. Cangkang yang terlihat menyeramkan yang dihiasi dengan lempengan mirip Ankylosaurus dan mereka bahkan memiliki paruh seperti spesies dinosaurus untuk mencabik-cabik mangsanya.

Kura-kura berhubungan jauh dengan dinosaurus, terkait dengan archosaurus yang banyak orang bilang merupakan keturunan yang mirip dengan kura-kura ini nyatanya malah lebih mirip ke arah buaya.

Hanya sedikit orang yang bisa memelihara kura-kura jenis ini.

Kadal Berjenggot

Hewan Purba
Kadal berjenggot - reptile direct

Salah satu kadal yang mirip dengan dinosaurus lainnya adalah jenis bearded dragon. Ini adalah salah satu kadal yang dinilai sebagai miniatur dinosaurus yang bahkan bisa kita pelihara di rumah.

Kadal ini merupakan kadal yang jinak san tersedia dengan berbagai warna. Fakta mengejutkan bahwa kadal tidak sama sekali berkerabat dengan dinosaurus karena perbedaan pada persendian panggul.

Jadi kadal ini adalah sebagian hewan purba yang mirip dengan dinosaurus saja.

Nah itulah beberapa hewan purba yang mirip dengan dinosaurus yang masih ada sampai saat ini. Bahkan ada beberapa hewan yang memang dinyatakan pernah hidup pada zaman dinosaurus.

Kita sebagai manusia wajib untuk melestarikan dan menjaganya agar anak cucu kita kelak bisa melihat warisan bumi yang begitu kaya ini.

Terbit: Sabtu, 28 November 2020, 16:00 WIB
Update pada: Kamis, 18 Maret 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Chlamydosaurus
  • https://pethelpful.com/exotic-pets/Pets-You-Can-Own-that-Look-Like-Dinosaurs-and-Prehistoric-Animals

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar