Hari ini: Selasa, 19 Oktober 2021
Jumat, 16 Juli 2021, 16:00 WIB

5 Macam Makanan Musang Rase yang Paling Disukai dan Bikin Sehat

5 Macam Makanan Musang Rase yang Paling Disukai dan Bikin Sehat

makanan musang rase - okdogi

Makanan musang rase tidak sulit dicari dan bisa dibuat sendiri. Berikut deretan makanan sehat yang disukai musang rase yang penuh nutrisi tinggi

Sobat Pintar, musang merupakan hewan mamalia yang saat ini cukup banyak dijadikan peliharaan. Jenisnya juga ada banyak sekali, mulai dari musang pandan, albino, belang, bulan, akar, hingga musang rase.

Musang termasuk dalam keluarga pemakan segalanya (omnivora), jadi hewan ini bisa memakan daging-dagingan, biji-bijian, hingga buah-buahan.

Khusus musang rase yang kamu pelihara di rumah sekarang, dia bisa memakan apa saja asalkan suka.

Namun yang perlu diketahui adalah tidak semua makanan musang rase memiliki kandungan nutrisi, protein, lemak, serta serat yang baik untuk kesehatannya.

Maka dari itu, penting untuk memilih makanan yang disukai dan bikin musang rase kamu jadi lebih sehat.

Deretan Makanan Sehat yang Disukai Musang Rase

Makanan Musang Rase
makanan musang rase - Sanctuary Asia

Musang rase mempunyai karakter yang sangat suka berinteraksi dengan lingkungan dan pemiliknya, pintar, dan merupakan hewan peliharaan yang sangat menyenangkan.

Kamu ingin musang cepat sehat dan gemuk? Kamu perlu memilih makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi serta bisa membesarkan tubuh si musang.

Tetapi ingat, jangan berikan makanan yang dapat membuat musang terlalu gemuk atau obesitas. Ini sangat berbahaya, terutama berdampak buruk pada kesehatannya.

Bagi kamu semua yang minim pengalaman dalam memelihara musang rase, tentu akan kebingungan di awal. Terutama ketika harus menentukan pakan yang tepat yang bergizi dan tidak bisa diberikan asal-asalan.

Musang rase termasuk hewan peliharaan yang rentan mengalami kematian saat masa pertumbuhannya, oleh sebab itu harus dipelihara dan dirawat dengan baik.

Bagi kamu yang memelihara musang rase di rumah, berikan mereka makanan sehat yang mengandung banyak gizi. Kamu juga dapat memastikan nafsu makan mereka bagus supaya dapat melahap banyak makanan.

Nah, berikut ini merupakan beberapa makanan sehat dan disukai oleh musang rase.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Musang lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Susu

Untuk musang rase yang masih anakan, kamu dapat memberikan minuman susu seminggu sekali untuk memastikan asupan gizinya terpenuhi. Dengan demikian, musang rase akan aktif bergerak dan tidak kekurangan kalsium.

Ini juga bisa menghindarinya dari risiko cacat atau pincang. Khusus untuk usia 0 sampai dengan 2 bulan, berikan susu yang tidak mengandung gula.

2. Nasi

Ternyata musang rase juga doyan dengan nasi. Sama seperti manusia, musang rase membutuhkan kandungan gizi yang ada pada makanan tersebut.

Jadi, kamu dapat memberikan nasi yang dicampur dengan daging ayam kepada musang rase kesayangan.

3. Pisang

Jangan lupa memberikan buah-buahan yang menjadi camilan favorit musang rase. Salah satunya pisang, makanan ini mudah dicerna karena memiliki tekstur yang lembut.

Kamu dianjurkan memilih pisang sebagai pakan untuk anakan musang rase ataupun yang sudah memasuki usia 2 bulan. Berikan dalam porsi yang sesuai kebutuhannya.

4. Daging Ayam

Sudah bukan rahasia lagi bahwa daging ayam sangat disukai oleh mereka dan merupakan salah satu makanan musang rase agar cepat gemuk. Kamu dapat memberikan daging ayam ketika si musang sudah menginjak usia 3 bulan ke atas.

Menurut data USDA, musang rase yang sedang dalam pertumbuhan sangat bagus diberikan daging ayam yang memiliki kandungan protein, lemak, hingga kalsium.

Pakan ini dapat memberikan kestabilan pada tubuhnya, mengontrol tekanan darah serta kadar kolesterol. Sebelum memberikan pakan, pastikan kamu sudah merebus daging ayam terlebih dahulu tanpa ditambahi bumbu penyedap rasa.

5. Vitamin dan Suplemen

Sama seperti manusia, musang rase juga memerlukan suplemen dan vitamin supaya sehat. Berikan vitamin dan suplemen yang bagus jika kamu ingin hewan mamalia ini cepat gemuk.

Misalnya taurin, zat paling penting bagi musang, tersedia dalam makanan ataupun suplemen kapsul yang bisa diberikan sebagai tambahan.

Sedangkan untuk vitamin, kamu dapat memilih vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit, vitamin B6 serta vitamin E yang bisa menjaga metabolisme musang rase.

Berapa Kali Musang Rase Makan dalam Sehari?

Berapa Porsi Makanan Murang Rase
berapa porsi makanan murang rase - pinterest

Setelah mengetahui makanan yang disukai musang rase, kamu juga harus tahu berapa kali hewan mamalia ini makan dalam sehari. Memperhatikan jadwal makan musang bisa memberikan efek baik bagi kesehatannya.

Musang rase memang termasuk keluarga omnivora, meskipun pemakan segalanya, kamu tidak boleh memberikan makanan secara berlebihan.

Jadi, berapa kali musang peliharaan kita diberi makan dalam satu hari?

Usia 0-2 Bulan

Jika musang masih di bawah usia 2 bulan, waktu yang tepat untuk memberikan makan adalah setiap 4 jam sekali. Kamu dapat memberikan susu non gula ataupun bubur dari buah-buahan yang dihaluskan.

Agar memastikan gizinya seimbang serta pencernaannya bisa bekerja dengan baik, tambahkan serat pada makanan musang kamu.

Usia 3-4 Bulan

Musang yang sudah memasuki usia 2 bulan dapat diberikan makanan 3 kali sehari, yaitu di waktu pagi, siang dan malam.

Untuk pakannya sendiri bisa telur rebus, buah, ataupun nasi campur daging ayam.

Usia 4 bulan Ke Atas

Jika sudah menginjak usia 4 bulan ke atas, berikan musang rase makan di pagi, siang, dan malam hari. Pada saat memberi makan, pastikan pakan yang dipilih mengandung banyak karbohidrat dan protein.

Meskipun sudah menginjak usia dewasa, kamu tetap harus memperhatikan pemberian makan pada musang rase. Jangan lupa imbangi dengan pemberian vitamin dan suplemen yang bisa membantu menjaga kesehatannya.

Sobat Pintar, itulah 5 makanan musang rase yang paling disukai dan bisa bikin sehat. Perlu diingat, sebaiknya kamu tetap memberikan makanan yang terbuat dari bahan alami.

Sedangkan untuk meningkatkan nafsu makannya, setidaknya berikan makan sehari tiga kali di waktu pagi, siang dan malam dengan porsi yang tidak berlebihan. Selamat mencoba.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Musang terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/cara-merawat-musang-rase
  • https://bloghobigue.blogspot.com/2018/07/makanan-musang-rase.html?m=1
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar