Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Jumat, 28 Agustus 2020, 19:00 WIB

Perhatikan! Ini Ciri-Ciri Fisik Hamster Sedang Hamil dan Akan Melahirkan Anaknya

Perhatikan! Ini Ciri-Ciri Fisik Hamster Sedang Hamil dan Akan Melahirkan Anaknya

Ciri ciri hamster sedang hamil - unsplash

Sedang menunggu hamster betina yang kamu pelihara hamil? Mending kamu cari tau dulu ciri ciri hamster hamil yang akurat berikut ini

Hamster adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang juga banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Selain dipelihara, hamster juga menjadi hewan yang favorit buat dibudidayakan dan dijual kembali kepada orang yang ingin memeliharanya.

Berbagai jenis hamster lucu bisa kamu pilih untuk dipelihara.

Jika kamu sudah memiliki hamster untuk dipelihara, pastinya kamu menginginkannya untuk dikembangbiakan. Kehamilan hamster memang tergolong sangat cepat.

Maka dari itu banyak orang yang berupaya untuk membudidayakannya. Sebagai orang yang memelihara hamster, kita perlu mengetahui apakah hamster yang kita pelihara sudah hamil.

Namun, mengetahui hamster yang sudah hamil tidak semudah mengetahui hewan lain yang sedang mengandung. Maka dari itu PetPi akan membantumu menyajikan informasi tentang ciri ciri hamster hamil dan akan melahirkan.

Fungsinya, agar kamu bisa mempersiapkan keperluan apa yang dibutuhkan. Berikut ini tanda-tanda hamster saat sedang hamil.

Ciri Ciri Hamster Hamil

Ciri Hamster Hamil
Ciri hamster hamil - muttcensus

Sebelum kamu mengetahui hamster yang sedang hamil, kamu wajib mengetahui berapa lama hamster akan mengandung anaknya. Hamster betina yang sudah berusia 6 minggu saja sudah siap dibuahi oleh pejantan.

Biasanya si betina akan mengandung anaknya sekitar 20 hari atau kurang dari hari itu. Sekali mengandung, hamster dapat melahirkan banyak anak sekaligus.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Hamster lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Membuat Sarang di Tempat Tidur

Seekor betina hamster yang hamil, akan mengalami perubahan baik fisik maupun psikisnya. Oleh karena hal itu, kamu juga harus mengamati setiap perubahan yang terjadi.

Salah satu ciri ciri hamster hamil biasanya sering membuat sarang di tempat tidurnya atau kandang yang ia tempati.

Hamster betina akan membuat semacam sarang untuk tempatnya tidur demi mempersiapkan tempat untuk sang bayi yang akan dilahirkan. Insting seperti ini memang hampir dimiliki oleh semua hewan saat mengandung bayinya.

Cara hamster membuat sarang adalah dengan cara membawa barang-barang apapun yang ia dapatkan untuk menyusunnya sedemikian rupa untuk membentuk suatu sarang. Hal ini ditujukan untuk menghangatkan dirinya dari udara rumahmu yang mungkin dingin baginya.

Jika kamu menemukan hamstermu sedang melakukan aktivitas seperti ini, itu tandanya hamster kamu sedang mengandung anaknya.

Menimbun Makanan di Sarangnya

Selain membuat sarang untuk tempat menghangatkan tubuhnya, hamster yang hamil cenderung melakukan aktivitas lain seperti mengumpulkan makanan hamster di dekat sarangnya. Fungsi hamster mengumpulkan makanan ini, untuk mempersiapkan kelahiran dari anak-anaknya.

Dia akan terlihat sering mondar mandir di sekitar makanan lalu membawa beberapa makanan dengan cara menggigitnya, atau dengan cara lainnya. Tidak lama setelah mengumpulkan makanan di sarangnya, biasanya anak hamster sebentar lagi akan lahir.

Meningkatnya Nafsu Makan Hamster

Ciri ciri hamster hamil berikutnya adalah meningkatnya nafsu makan si hamster. Hal ini sebenarnya biasa kita temukan jika kamu memelihara hewan apapun yang sedang mengandung. Seperti aktivitas alamiah untuk makan dengan porsi yang banyak.

Hal itu dilakukan untuk memberikan nutrisi untuk dirinya sendiri dan beberapa bayi yang sedang dikandungnya.

Peningkatan nafsu makan si hamster akan terjadi selama masa kehamilannya. Meningkatnya nafsu makan si hamster bukan berarti ia memakan apa saja yang bisa ia makan.

Namun kadang porsi yang kita berikan akan langsung dilahap dengan cepat, berbeda dengan sebelum ia mengandung anaknya. Perubahan tingkah laku seperti ini yang bisa menandakan bahwa hamster sedang hamil.

Berat Badan Hamster Bertambah

Ciri Hamster Hamil Muda
Tanda hamster hamil - pet life today

Ketika nafsu makan si hamster meningkat, sudah pasti hasilnya berat badan hamster juga akan naik atau bertambah. Bukan karena meningkatnya nafsu makan saja, ciri - ciri hamster hamil muda juga bisa jadi dilihat dari fisiknya.

Hamster yang sedang mengandung pastinya akan terlihat lebih besar dari pada biasanya.

Apabila kamu curiga ia sedang mengandung dan memiliki timbangan yang biasa dipakai untuk menimbang kue, sebaiknya kamu lakukan penimbangan berat badan hamster secara berkala.

Jika setelah kamu timbang beberapa hari, lalu berat badannya bertambah, sudah bisa dipastikan bahwa hamster yang kamu pelihara sedang hamil. Tapi kamu juga harus pastikan ya, hamster yang kamu periksa adalah hamster betina.

Bagian Puting Terlihat Menonjol

Salah satu ciri ciri fisik hamster sedang hamil adalah dari puting susunya yang menonjol. Ciri ciri memang umumnya kamu temukan pada hewan mamalia yang menyusui anaknya seperti, kelinci, kucing, anjing dan masih banyak lagi.

Karena hamster termasuk hewan mamalia yang menyusui, maka dari itu saat mengandung anaknya, sudah pasti puting susunya akan menonjol lebih besar.

Tapi ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan, jangan sampai kamu gegabah dalam menyimpulkan bahwa hamster yang kamu pelihara sedang hamil.

Bisa saja hamster yang tidak hamil menunjukan ciri ciri yang sama, jika puting susu hamster menonjol namun tidak ada ciri ciri hamster hamil lainnya, maka bisa saja hamstermu terkena penyakit yang harus segera disembuhkan.

Hamster Akan Terlihat Susah Tidur

Hamster adalah salah satu mamalia yang termasuk hewan nokturnal, alias ia akan lebih banyak beraktivitas di malam hari ketimbang di siang hari. Namun pada masa hamster mengandung di usia 15 hari, akan merasa cemas, gelisah, dan malah sulit untuk tidur pada siang hari.

Jika kamu melihatnya cukup aktif pada siang hari, berarti kamu bisa memastikan ini adalah ciri ciri hamster melahirkan.

Hamster akan menunjukan perubahan tingkah laku yang berbeda dari biasanya menjelang hari H kelahiran anaknya.

Itulah dia informasi mengenai ciri ciri hamster hamil yang bisa kamu pahami. Jika kamu membudidayakan hamster untuk dijual, kamu wajib hafal dengan siklus kehamilan hamster yang kamu pelihara.

Karena dengan begitu kamu bisa memprediksi kapan kamu bisa menjual anak-anak hamster yang akan lahir ini. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Hamster terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/tanda-tanda-hamster-hamil
  • https://digstraksi.com/artikel/hewan/4-tanda-tanda-hamster-akan-melahirkan/
  • https://id.wikihow.com/Mengetahui-Kehamilan-Hamster
  • https://okdogi.com/ciri-hamster-hamil/
  • https://www.hobinatang.com/2019/01/tanda-tanda-hamster-mau-melahirkan.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar