Hari ini: Sabtu, 08 Mei 2021
Selasa, 24 November 2020, 19:30 WIB

Bisa Tertukar, Ini 4 Perbedaan Hamster dan Tikus yang Mudah Dikenali

Bisa Tertukar, Ini 4 Perbedaan Hamster dan Tikus yang Mudah Dikenali

perbedaan hamster dan tikus - petsoid

Banyak orang yang sulit membedakan hamster dan tikus. Apa saja perbedaan hamster dan tikus yang bisa dikenali? Berikut ini penjelasannya

Hamster dan tikus sama-sama tergolong hewan pengerat. Hampir sulit dibedakan, banyak yang belum tahu perbedaan hamster dan tikus untuk bisa dikenali.

Bahkan, banyak yang mengira kalau hamster adalah tikus. Hamster memang termasuk dalam keluarga tikus, namun karakteristik mereka dari segi fisik maupun perilaku sangat berbeda.

Mengetahui perbedaan hamster dan tikus adalah hal yang penting agar tidak tertukar karena ada beberapa jenis hamster dan tikus yang memiliki warna atau bentuk yang mirip.

Biar Sobat Pintar lebih paham, setelah ini mari kita bahas satu per satu perbedaan hamster dan tikus.

Macam-macam Perbedaan Hamster dan Tikus yang Mudah Dikenali

Perbedaan Hamster Dan Tikus
apa perbedaan hamster dan tikus? - pinterest

Ada beberapa jenis tikus yang dapat dipelihara seperti hamster. Beberapa memiliki warna dan bentuk tubuh yang hampir sama sehingga cukup sulit untuk dibedakan.

Tikus tergolong dalam keluarga pengerat Muridae, keluarga mamalia terbesar di dunia. Hampir 1.400 spesies tikus termasuk di dalamnya.

Sebelumnya hamster diklasifikasikan dalam keluarga pengerat yang berbeda, namun karena cukup dekat dengan tikus, mereka masuk dalam klasifikasi keluarga yang sama.

Hamster termasuk dalam subfamili Cricetinae yang berisi 18 spesies hamster yang tersebar dari Eropa hingga Asia.

Sebenarnya tidak cukup sulit membedakan hamster dan tikus. Yang perlu Sobat Pintar lakukan hanya memerhatikan ciri-ciri berikut ini.

1. Ukuran dan bentuk tubuh

Secara sepintas bentuk tubuh tikus dan hamster hampir sama, yakni terlihat bulat dan gemuk. Namun sebenarnya bila diperhatikan tubuh mereka berbeda.

Hamster memiliki tubuh yang lebih besar dan gemuk, sedangkan tikus memiliki tubuh yang sedikit memanjang dan langsing.

Beberapa hamster ada yang memiliki tubuh memanjang dan langsing juga, namun umumnya tubuh mereka tetap akan terlihat lebih besar daripada tikus.

Lalu yang paling terlihat adalah bentuk bagian pipi. Hamster memiliki kantung pipi untuk menyimpan makanan, sehingga akan terlihat sedikit bergelembung.

Tikus tidak mempunyai kantung pipi karena mereka terbiasa menghabiskan makanan mereka dengan cepat.

2. Karakteristik fisik

Karakteristik fisik lainnya yang bisa menjadi perbedaan antara hamster dan tikus adalah dilihat dari bentuk mulut dan hidung.

Bentuk mulut dan hidung tikus lebih panjang dan memiliki gigi yang lebih tajam daripada hamster.

Kemudian dari bagian ekor. Hampir sebagian besar hamster tidak memiliki ekor, namun ada beberapa jenis hamster yang memiliki ekor namun lebih kecil dan pendek.

Sedangkan ekor tikus terlihat panjang, yang berguna untuk menjaga keseimbangan mereka saat mereka memanjat atau berada di ketinggian.

Sebenarnya, hamster dan tikus sama-sama punya penglihatan yang tidak begitu baik. Hamster mengandalkan indera penciuman dan pendengaran yang kuat.

Meskipun tidak buta warna seperti hamster, tikus tetap tidak bisa melihat dengan jelas terutama jika malam hari, ia juga mengandalkan indera penciuman.

3. Perilaku dan gaya hidup

Keduanya memiliki perilaku yang berbeda pula. Contohnya pada pola makan di mana hamster lebih menyukai buah, biji, dan tumbuhan.

Sementara tikus lebih memilih memakan makanan apa saja, terutama yang berbau amis seperti ikan dan daging.

Hamster termasuk hewan nokturnal yang aktif di malam hari dan menghabiskan siang hari untuk bersembunyi dari predator atau tidur. Tikus aktif kapan saja, namun lebih sering muncul di malam hari.

Hamster termasuk hewan yang soliter dan tidak menunjukkan banyak perilaku sosial dan tidak hidup berkelompok. Mereka cenderung berkelahi apabila berkumpul.

Sementara tikus kebalikannya, mereka hidup berkelompok. Namun lebih sering dihindari karena bisa menyebarkan penyakit melalui urin dan fesesnya dan juga merusak tanaman.

Hamster bisa hidup sampai dua tahun bila di alam bebas, sementara tikus umumnya tidak berumur terlalu lama, bahkan ada yang hanya tiga bulan saja.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG HAMSTER?
Cari info Hamster terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Habitat

Apa perbedaan hamster dan tikus yang paling kentara? Tentu saja dari habitat atau tempat tinggal mereka.

Di Indonesia, tikus umumnya lebih sering ditemukan di jalanan dan di alam liar, bukannya dipelihara seperti hamster.

Walau memang, ada beberapa jenis tikus yang bisa dipelihara. Namun jenisnya cukup jarang ada di Indonesia.

Tikus memiliki antibodi dan daya tubuh yang sangat kuat, sehingga mereka mampu hidup di tempat yang lembab, basah, dan kotor.

Disebutkan, tiap tahun antibodi tikus menjadi lebih kuat. Maka dari itu, mereka terlihat kuat dan lincah meskipun tinggal di tempat yang kotor dan kumuh seperti selokan.

Berbeda dengan hamster, mereka memiliki antibodi yang cukup lemah, maka dari itu terkadang hamster disebut hewan yang manja.

Mereka tidak akan bisa hidup di tempat yang lembab, bau dan kotor seperti tikus. Hamster lebih menyukai kebersihan dan tempat yang kering.

Oleh karena itu sering disarankan untuk rutin membersihkan kandang hamster agar menghindarkan mereka dari penyakit.

Dengan habitat dan kebiasaan hidup ini juga mempengaruhi bagaimana mereka bereproduksi. Tikus dapat bereproduksi dengan cepat karena mereka tergolong poli oestrus.

Poli oestrus adalah istilah bagi proses perkembangbiakkan yang mungkin terjadi beberapa kali sepanjang tahun. Dalam sekali melahirkan, tikus bisa memiliki 6-8 ekor bayi tikus.

Sementara hamster mampu melahirkan bayi lebih banyak dari tikus. Dalam sekali melahirkan bisa terdapat 2-12 ekor bayi hamster.

Itu dia perbedaan hamster dan tikus yang bisa dengan mudah dikenali, terutama untuk tikus yang dimanfaatkan sebagai peliharaan.

Tidak susah untuk membedakannya, asal kamu dengan seksama memperhatikan ciri-ciri seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Apakah kamu juga punya ciri-ciri lain yang bisa membedakan kedua hewan tersebut? Yuk bagikan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.cuteness.com/article/difference-between-hamsters-mice
  • https://www.hobinatang.com/2019/07/10-Perbedaan-Hamster-dan-Tikus-Nomer-5-Paling-Menonjol.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar