Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Rabu, 26 Mei 2021, 20:30 WIB

Wajib Paham! Ini Ternyata Penyebab Utama Hamster Kamu Sering Mati Saat Dipelihara

Wajib Paham! Ini Ternyata Penyebab Utama Hamster Kamu Sering Mati Saat Dipelihara

penyebab hamster mati - scx 2

Sering pelihara hamster dan cepat mati? Gak usah pusing. PetPi akan kasih tau kamu info tentang penyebab hamster mati mendadak saat dipelihara berikut ini

Sebelum memelihara hewan peliharaan sebaiknya kamu wajib memahami karakteristik dari hewan peliharaan yang kamu akan pelihara. Karena ada beberapa hewan peliharaan yang cukup repot untuk kita rawat.

Salah satu hewan peliharaan yang membutuhkan perhatian ekstra adalah hamster. Hamster mungkin menjadi hewan yang harapan hidupnya jauh lebih pendek daripada hewan peliharaan lain seperti anjing, kucing ataupun kelinci.

Hewan pengerat yang kecil ini sangat sensitif terhadap perubahan mendadak yang ada di lingkungan hidup mereka. Jadi mungkin hamster tidak bisa hidup terlalu lama apabila lingkungan mereka tidak diperhatikan dan dirawat dengan baik.

Maka dari itu kita harus memahami karakteristiknya jika memang menginginkan hamster bisa hidup lebih lama.

Kali ini PetPi akan kasih tau kamu informasi yang berkaitan dengan penyebab hamster mati mendadak dan tanda hamster mau mati.

Dengan begitu kamu bisa segera melakukan perawatan lebih terhadap hamster yang ingin mati. Berikut ini adalah informasinya.

Penyebab Hamster Cepat Mati

Tanda Hamster Ingin Mati
penyebab hamster mati - pinterest

Sama halnya dengan hewan peliharaan lain, jika kita sudah menjalin keterikatan dengan hewan yang kita pelihara sudah pasti kita akan merasa sedih jika tiba-tiba hewan yang kita pelihara mati begitu saja.

Nah, kamu perlu nih untuk cari tau penyebab hamster cepat mati sehingga kamu bisa antisipasi untuk menjaga dan merawat hewan kesayangan kamu lebih baik lagi. Berikut ini adalah penyebab kematian hamster.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Hamster lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Suhu Udara Terlalu Panas

Hamster adalah salah satu hewan yang sangat sensitif terhadap suhu udara di lingkungan temat ia tinggal. Suhu udara yang panas akan membuat hamster tidak terlalu kuat menahannya.

Di habitat aslinya, hamster sering bersembunyi dibalik rerumputan untuk mendinginkan badannya, bahkan hamster suka sekali membuat terowongan beberapa cm di bawah tanah.

Seperti yang kita ketahui, suhu di dalam tanah sudah pasti lebih dingin daripada di permukaannya. Nah, oleh karena itu bagi kamu pecinta hamster yang tidak ingin hamster peliharaanmu cepat mati.

Maka kamu harus mengatur suhu udara kandang hamstermu, atau paling tidak kamu menempatkan kandang hamster tidak di ruangan yang langsung terkena matahari.

Jatuh dari Tempat yang Tinggi

Pada dasarnya hamster bukan hewan dengan kaki yang kuat, bahkan untuk melompat tinggi pun hamster tidak mempunyai kekuatan pada kakinya.

Maka dari itu kakinya pun memang rentan terhadap benturan keras seperti jatuh dari ketinggian menurut hamster. Jika kamu memang ingin memainkan hamster di atas meja, jangan taruh hamster di meja dengan ketinggian yang lebih dari pinggang manusia.

Jatuh dari ketinggian membuat kaki atau badan hamster bisa saja patah karena benturan keras di tanah atau lantai rumah kita. Jika sudah patah, kita akan sulit untuk mengobatinya.

Walaupun sudah diobati, hamster akan merasakan kesakitan yang sangat dalam. Nah, karena hamster ini hewan yang sensitif sekali, maka bisa saja jadi tidak mau makan karena rasa sakitnya itu lalu ia akan mati dengan sendirinya.

Dimandikan

Ini hal penting yang harus kamu perhatikan saat memiliki hamster sebagai hewan peliharaan. Pada dasarnya hamster itu takut dengan air dan tidak akan tahan jika tubuhnya basah, maka dari itu sedikit saja tubuhnya terkena air hamster bisa sakit.

Biasanya mereka membersihkan tubuhnya dengan cara berguling-guling di serbuk kayu yang kamu berikan.

Jika terpaksa sekali kamu mandikan karena hamster bau pesing, kamu bisa saja memandikannya namun harus dengan cara yang benar. Siapkan kain basah yang sudah kamu peras sampai tidak ada air yang menetes.

Barulah hamster nanti kamu mandikan dengan cara mengelap badannya pelan-pelan. Setelah memandikan dengan lap basah, kamu juga harus cepat-cepat mengeringkan bulunya dengan hair dryer dengan suhu yang sedang.

Luka Akibat Perkelahian

Penyebab hamster mati selanjutnya adalah terlibat perkelahian. Terkadang jika kamu memiliki hamster yang banyak di satu kandang, kamu akan bisa menemukan kematian karena luka akibat perkelahian sesama hamster.

Biasanya hal ini terjadi karena memperebutkan sesuatu. Seperti contoh, persaingan memperebutkan posisi penguasa di dalam kelompoknya, atau hamster betina yang berkelahi dengan betina lain untuk memperebutkan hamster jantan.

Ini biasanya masalah yang terjadi jika kamu tidak memisahkan hamster yang berkelahi.

Adapula masalah lain karena suatu kondisi pada tempat tinggalnya. Semisal jika kandang hamster terlalu sempit, mungkin saja sesama hamster saling bersentuhan fisik sehingga resiko perkelahian tinggi.

Usahakan kamu mempunyai kandang yang lebih besar sehingga bisa mengurangi resiko hamster yang berpapasan.

Indukan Hamster Betina Terlalu Muda

Indukan hamster yang terlalu mudah biasanya akan cepat stres lalu ia bisa saja mati mendadak.

Secara mental, indukan yang terlalu muda belum siap mengasuh anaknya karena belum memiliki kelenjar susu yang baik atau malah belum bisa menghasilkan susu yang cukup bagi bayi hamster.

Buruknya kondisi ini, membuat hamster betina akan juga mengalami stres. Kondisi ini memperparah keadaan karena produksi susu indukan ini juga tidak bisa maksimal sehingga kelenjar susu indukan betina kering.

Maka dari itu faktor umur saat mengembangbiakkan hamster juga perlu diperhatikan supaya hamster kamu tidak mati mendadak.

Sebaiknya saat ingin mengawinkan hamster, kamu harus mengetahui umur dari betina itu sendiri supaya tidak terjadi hal seperti ini.

Saat betina hamster mati, maka anak-anaknya pun tidak bisa bertahan hidup lebih lama karena kurangnya gizi yang diberikan oleh induknya.

Tanda-tanda Hamster Mau Mati

Ciri Hamster Mati Mendadak
tanda-tanda hamster mau mati - rodent life

Tanda hamster mau mati bisa dilihat dari ciri-ciri fisik atau tingkah lakunya yang berbeda seperti biasanya. Sebagaimana kita ketahui, hamster sendiri adalah hewan peliharaan yang aktif bergerak.

Nah jika ada tanda-tanda seperti di bawah ini, kamyu wajib mulai mewaspadainya ya.

  1. Hamster akan lebih sering tidur.
  2. Hamster akan sering minum.
  3. Badan hamster akan terlihat lemas.
  4. Hamster tidak mau makan makanan yang kita berikan.
  5. Hamster cenderung lebih diam dan tidak se-aktif biasanya.
  6. Pandangan hamster akan layu.
  7. Hamster muntah-muntah.

Itulah dia penyebab hamster mati dan beberapa ciri-ciri hamster sebelum mati. Hal ini sangat penting buat kamu ketahui untuk menambah wawasan kamu dalam memelihara hamster.

Jika sebelumnya kamu sudah sadar hamster kamu bersikap aneh, maka kamu bisa saja menyelamatkan nyawanya untuk memperpanjang usianya. Kamu bisa baca cara merawat hamster yang baik di artikel yang sudah PetPi tuliskan ya.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Hamster terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Selasa, 15 September 2020, 19:30 WIB
Update pada: Rabu, 26 Mei 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://arenahewan.com/tanda-tanda-hamster-mau-mati
  • https://www.youtube.com/watch?v=ULg5sq9qnvM

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar