Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Minggu, 20 Desember 2020, 16:00 WIB

Ini 5 Fakta Menarik dan Unik Tentang Hamster yang Mungkin Belum Diketahui!

Ini 5 Fakta Menarik dan Unik Tentang Hamster yang Mungkin Belum Diketahui!

fakta menarik hamster - oh fact

Bagi kamu yang ingin memelihara hamster, sebaiknya cari tau dulu informasi menarik tentangnya. Nah, berikut ini adalah fakta menarik tentang hamster

Bagi kamu pecinta hewan peliharaan yang lucu pasti kamu sudah memilih hamster untuk dijadikan hewan kesayanganmu di rumah. Hamster menjadi hewan favorit karena perawatannya yang mudah dan tidak terlalu menghabiskan banyak ruang kandangnya.

Banyak yang bilang hamster ini tidak cocok dengan kamu yang menginginkan hewan peliharaan yang bisa berinteraksi. Pernyataan ini mungkin saja salah, karena banyak dari pecinta hamster justru bisa bermain dengan hamster kesayangannya setiap hari.

Walaupun hewan ini tergolong mudah untuk dipelihara, kamu tetap harus mengetahui cara merawat hamster dengan baik dan benar ya.

Nah, buat kamu yang ingin memelihara hamster, sebaiknya kamu tau dulu fakta menarik dan unik tentang hamster yang satu ini.

Fakta Menarik tentang Hamster

Fakta Menarik Tentang Hamster Yang Lucu
fakta menarik tentang hamster yang lucu - the fact site

Mengetahui fakta menarik tentang hamster memberikan informasi yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

Hal ini bisa dijadikan wawasan tambahan saat kamu memulai memelihara hamster ya Sobat Pintar! Berikut ini faktanya.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Hamster lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Hamster Jantan dan Betina Tidak Boleh Tinggal Bersama

Fakta menarik yang pertama adalah tidak boleh mencampur hamster jantan dan betina di satu kandang yang sama. Hal ini berlaku bagi kamu yang tidak ingin melihat hamster kamu bertengkar atau berkembang biak menjadi lebih banyak. 

Nah, meskipun kamu juga memiliki tujuan untuk mengembangbiakkan hamster, kamu harus tetap menempatkan hamster jantan dan betina pada kandang yang terpisah.

Hamster ini berkembang biak dengan sangat cepat sehingga saat bayi lahir, keduanya harus saling dipisahkan supaya tidak bertengkar lalu saling membunuh. Ingat, hamster adalah hewan soliter!

2. Hamster Membutuhkan Banyak Aktivitas

Hamster mungkin hewan yang kecil, namun mereka tetap membutuhkan banyak latihan atau bergerak setiap harinya.

Menyimpannya di dalam kandang kecil dan tidak memberikan mainan yang bisa membuatnya bergerak sama saja membuat hamster stres.

Di alam liarnya, hewan ini bahkan berjalan cukup jauh setiap harinya.

Untuk membuat hamster cukup bergerak, kamu bisa memberikan benda-benda berikut ini di dalam kandangnya.

  • Roda berputar, Beberapa pecinta hamster memberikan mainan roda berputar untuk mengatasi hal seperti ini. Hamster akan bergerak di roda berputar untuk kebutuhannya. Pastikan ukurannya cukup sehingga tidak menyebabkan hamster cedera punggung.
  • Bola hamster, bola hamster berguna untuk mencegah dirinya untuk merusak kandangnya. Benda ini bisa meredam hamster untuk melakukan tindakan-tindakan yang merepotkan kita.
  • Berikan kandang yang luas, jika kamu membuat kandang hamster sendiri, sudah seharusnya kamu membuat hamster dengan kandang yang cukup luas. Ini akan memberikan kenyamanan baginya sehingga ia bisa bergerak leluasa kesana kemari.

3. Hamster Hewan Penakut

Hamster adalah hewan yang dimangsa di alam liar sehingga sifat aslinya tidak mungkin langsung bisa bersentuhan langsung dengan manusia. Mungkin butuh waktu berminggu-minggu untuk hamster bisa langsung memegangnya.

Berikut ini adalah sedikit tips untuk menjinakkan hamster.

  • Tinggalkan dia sendiri, kecuali kamu ingin memberinya makan dan air, setidaknya selama seminggu setelah kamu adopsi. Ini memberikannya waktu untuk terbiasa di lingkungan yang baru.
  • Jangan pernah berusaha menangkap dengan cara mengejarnya di sekitar kandang, hal ini akan membuat hamster menjadi stres lalu tidak bertahan lama di dalam kandang.
  • Jangan mengejutkan hamster dengan suara keras.
  • Dekatkan tanganmu secara perlahan dan berhati-hati. Apabila ia mulai mencium tanganmu, berarti hamster sudah mulai jinak.

Cara menjinakkan hamster selanjutnya bisa kamu baca di artikel PetPi yang sudah kami tulis sebelumnya. Terpenting buat kamu adalah memberikan dia waktu untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

4. Hamster Hewan Omnivora

Banyak orang yang salah mengira hamster adalah hewan herbivora yang hanya mengkonsumsi kacang-kacangan dan buah-buahan. Hal ini sama sekali bukan sesuai dengan fakta. Hamster bisa memakan daging, serangga ataupun cacing.

Makanan hamster yang terbaik tentulah makanan yang bergizi seperti pelet, biji-bijian dan buah-buahan. Jangan memberikan buah-buahan yang sifatnya asam seperti jeruk, karena itu termasuk ke salah satu makanan yang dilarang untuk hamster.

5. Hamster Memiliki Penglihatan yang Kurang Baik

Hamster memang sangat menyukai berpetualang, oleh karena itu ada baiknya mereka ditempatkan di kandang yang luas atau sesekali kamu bisa membiarkannya diatas meja. Meskipun begitu, pergerakan hamster harus sering-sering diamati karena mereka memiliki penglihatan yang kurang baik.

Hamster yang baru lahir ternyata baru bisa membuka matanya sekitar 2 minggu setelah dilahirkan. Mereka pun juga hanya bisa melihat dalam jarak dekat dan buta warna.

Untuk mengenali lingkungannya, ia biasanya menggunakan kumis dan indera penciuman yang kuat. Inget, Tuhan itu adil ko, ada kekurangan pasti ada juga kelebihannya!.

Itu dia sedikit fakta yang mungkin belum kamu ketahui tentang hamster. Sebaiknya sebelum memeliharanya, kamu benar-benar mencari informasinya agar hamster tidak cepat mati.

Di Pintarpet, kami sudah menyediakan belasan artikel mengenai hamster. Kamu bisa temukan artikel tentang hamster di sini ya. Terima kasih!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Hamster terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pethelpful.com/rodents/Things-You-Should-Know-Before-Getting-a-Pet-Hamster
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/viola-fladia-hendardy/6-fakta-menarik-seputar-hamster-si-mungil-yang-menggemaskan-exp-c1c2
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar