Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Sabtu, 14 November 2020, 19:30 WIB

Ingin Adopsi? Berikut 4 Lokasi Shelter Hewan di Bandung

Ingin Adopsi? Berikut 4 Lokasi Shelter Hewan di Bandung

shelter hewan bandung - aspca

Ingin tahu lokasi shelter hewan di bandung untuk adopsi kucing atau anjing? Yuk segera pilih salah satu lokasi yang terpercaya berikut ini.

Adopsi hewan peliharaan memang lebih disarankan daripada membeli. Apabila kamu berdomisili di Bandung dan sekitarnya, kamu bisa melakukannya di beberapa lokasi shelter hewan di Bandung.

Dengan pilihan adopsi, selain mencegah perdagangan hewan kamu juga bisa menyelamatkan hewan-hewan lucu ini untuk mendapatkan hidup yang lebih baik.

Biasanya, shelter hewan menampung beberapa binatang seperti anjing dan kucing yang terlantar, sakit, atau tidak lagi bisa dipelihara oleh pemiliknya karena berbagai alasan.

Misalnya karena kondisi rumah yang tidak memungkinkan untuk memelihara hewan, atau mungkin jumlahnya sudah terlalu banyak dan tidak bisa merawat lagi.

Nah, kalau kamu sedang ingin mengadopsi hewan peliharaan, coba pilih salah satu lokasi shelter hewan di Bandung berikut ini, Sobat PetPi.

Lokasi-lokasi Shelter Hewan di Bandung untuk Adopsi Peliharaan

Hewan-hewan yang diselamatkan dan dirawat di shelter nggak kalah lucunya dengan yang ada di pet shop. Oleh karena itu, kamu nggak perlu khawatir tidak mendapatkan pilihan untuk hewan peliharaanmu.

Selain itu, hewan-hewan yang ada di shelter biasanya dirawat dengan penuh kasih sayang, tidak melulu berada di kandang, dan juga mendapatkan nutrisi yang lebih baik.

Karena pemilik shelter umumnya adalah penyayang hewan, sehingga kesehatan hewannya pun terjamin. Terkadang mereka juga bekerjasama dengan klinik atau dokter hewan untuk masalah vaksin dan sterilisasi.

Jadi, hewan-hewan yang ada di shelter ini nggak perlu diragukan lagi kesehatannya. Kamu nggak perlu khawatir akan membawa pulang hewan yang memiliki penyakit atau dalam keadaan tidak baik.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Shelter lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Bandung Dog Guardian

Shelter Hewan Bandung
bandung dog guardian - ayo bandung

Buat kamu yang ingin adopsi anjing Bandung, Bandung Dog Guardian bisa menjadi salah satu pilihan shelter terbaik. Bandung Dog Guardian (BDG) sendiri sudah terbentuk sejak 2005.

Pada tahun 2017, BDG telah merawat 80 anjing ras maupun nonras. Kemudian di tahun 2019, shelter ini sudah menampung dan merawat 165 anjing.

Beberapa anjing yang diselamatkan ada yang dibuang, sudah tua, kecelakaan, atau bahkan dianiaya. Bahkan shelter ini sempat mengalami pengalaman pahit di mana menjadi “tempat pembuangan” anjing.

Oleh karena itu, pemiliknya tidak mempublikasikan alamat shelter dan memberikan peraturan ketat untuk seleksi adopsi. Berminat mengadopsi anjing yang lucu-lucu?

  • Alamat: Jalan Jawa, Bandung, Jawa Barat
  • Situs: -
  • Facebook: Bandung Dog Guardian
  • Instagram: @bandungdogguardian atau @lea_antzz

2. Give Dog Second Chance (GDSC)

Shelter Anjing Di Bandung
Give Dogs Second Chance - ayo bandung

Banyaknya kasus kekerasan terhadap hewan mendorong terbentuknya Give Dogs Seond Chance (GDSC) di kota Bandung sejak tahun 2017.

Sejak saat itu, GDSC aktif untuk menyelamatkan anjing-anjing yang terlantar di sekitar kota Bandung dan sekaligus menyebarkan edukasi untuk saling berdampingan dan merawat hewan.

Menurut situs resmi GDSC, hingga kini sudah mencapai kurang lebih 300 ekor anjing yang diselamatkan oleh shelter tersebut.

Vaksinasi rutin diberikan di shelter GDSC untuk para anjing di sana. Animal shelter Bandung satu ini juga memiliki program “dog helping dog” di mana sebagian hasil donasinya mereka sumbangkan ke shelter hewan lainnya.

  • Alamat: Jln.Cihanjuang Rahayu, Desa Karyawangi, Kabupaten Bandung Barat 40559
  • Situs: https://www.gdsc-indonesia.org/
  • Facebook: Give Dogs Second Chance
  • Instagram: @givedogssecondchance

3. Rumah Kucing Bandung

Shelter Kucing Di Bandung
Rumah kucing bandung - instagram/Rumah kucing bandung

Cat shelter Bandung yang aktif menyelamatkan kucing terlantar sejak tahun 2015 ini terbentuk karena pemiliknya yang sering melihat kucing liar terluka dan berpenyakit.

Rumah Kucing “Rumah Cinta dan Kepedulian” memiliki tiga program untuk menyelamatkan kucing liar di Bandung, yakni Rescue, Health and Care, dan Adopt.

Sehingga aktivitas utamanya adalah menolong dan menyelamatkan kucing liar yang terluka dan sakit secara medis, memberikannya perawatan dan pengobatan, kemudian program akhir bagi kucing yang sudah pulih dan siap untuk diadopsi.

Namun sayangnya, karena masalah finansial, sejak Mei 2019 lalu Rumah Kucing Bandung telah berhenti melakukan rescue dan tidak lagi menampung kucing.

Akan tetapi, kamu masih tetap bisa mengadopsi beberapa kucing tersisa yang masih dirawat oleh pemilik shelter Rumah Kucing Bandung. Cukup hubungi di bawah ini.

  • Alamat: Antapani, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Situs: -
  • Facebook: Rumah Cinta dan Kepedulian
  • Instagram: @rumahkucing_bdg
TAUTAN BERSPONSOR
Disclosure:
Bantu Pet Shelter dan PintarPet terus berjalan! Kami menggunakan link affiliasi pada banner, dimana Kami akan menerima komisi dari pembelian paket donasi Anda di Lazada.

4. Whisker's Syndicate

Shelter Hewan Di Bandung
Whisker's Syndicate - web whisker's syndicate

Salah satu shelter kucing di Bandung yang dibangun karena keresahan akibat tidak adanya hukum kesejahteraan hewan dan juga usaha konservasi hewan liar di Indonesia, khususnya kota Bandung.

Whisker’s Syndicate dibentuk sejak 2008. Pada tahun 2012, shelter pribadi ini mendapatkan penghargaan Shelter of The Month oleh SPCA International.

Karena ini adalah shelter pribadi, pemilik Whisker’s Syndicate hanya menerima donasi untuk membantu merawat para kucing yang telah diselamatkan.

Mereka juga aktif menyelamatkan kucing liar yang dalam keadaan terluka ataupun penyakit. Hingga kini sudah ada ratusan kucing yang telah diselamatkan dan mendapatkan kehidupan yang layak.

  • Alamat: Kota Bandung, Jawa Barat
  • Situs: https://www.whiskerssyndicate.com/
  • Facebook: The Wishker's Syndicate
  • Instagram: @whiskerssyndicate

Itulah dia beberapa lokasi shelter hewan di Bandung di mana kamu bisa mengadopsi hewan seperti anjing, kucing, dan yang lainnya untuk dijadikan peliharaan.

Karena mereka sudah berusaha keras untuk menyelamatkan hewan-hewan terlantar tersebut, tentu mengadopsi mereka membutuhkan beberapa syarat yang ketat.

Selain itu tentunya setelah mengadopsi kamu juga harus bersedia untuk memberikan update sebagai pantauan, karena beberapa shelter akan menarik kembali hewan tersebut apabila adopter atau orangtua asuh terbukti melanggar.

Pastinya mengadopsi hewan di shelter lebih baik daripada membelinya di pet shop, dan kamu juga bisa mendapatkan hewan yang nggak kalah lucunya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Shelter terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://www.gdsc-indonesia.org/
  • https://ayobandung.com/read/2020/07/23/109759/bandung-dog-guardian-penyelamat-anjing-yang-tidak-dicintai
  • https://whiskerssyndicate.com/
  • https://www.kucinglucu.net/bantu-selamatkan-kucing-terlantar-bersama-rumah-kucing/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar