Hari ini: Minggu, 28 Februari 2021
Rabu, 30 September 2020, 16:00 WIB

Banyak yang Salah Kaprah, Ini Ternyata Perbedaan Marmut dan Hamster Sebenarnya 

Banyak yang Salah Kaprah, Ini Ternyata Perbedaan Marmut dan Hamster Sebenarnya 

Banyak orang yang mengartikan marmut adalah jenis hamster besar yang bisa dipelihara, ternyata salah. Ini perbedaan marmut dan hamster yang sebenarnya

Memelihara hewan peliharaan yang menggemaskan merupakan hobi yang sangat menyenangkan bagi kebanyakan orang. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan saat memelihara hewan yang disukai.

Selain bisa dijadikan hobi, memelihara hewan kesayangan juga bisa dijadikan bisnis yang menjanjikan apabila kamu bisa mengelolanya.

Salah satu hewan peliharaan yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia adalah hamster. Hamster menjadi hewan yang cukup favorit untuk dipelihara karena tidak membutuhkan ruangan yang terlalu besar.

Hamster adalah hewan yang mempunyai ciri tubuh yang mirip dengan beberapa hewan peliharaan lainnya. Salah satunya adalah marmut yang juga menggemaskan.

Namun, ternyata orang Indonesia masih banyak salah kaprah tentang keberadaan marmut. Banyak orang yang bilang marmut sama dengan hamster hanya berbeda besar tubuhnya saja.

Nyatanya, semua anggapan itu semuanya salah. Nah, maka dari itu, yuk kita cari tau perbedaan marmut dan hamster yang satu ini.

Apa Itu Marmut dan Hamster?

Sebelum kamu mengetahui apa perbedaan mereka berdua,kamu harus cari tau dulu deh masing-masing informasi dari kedua hewan ini.

Kebanyakan orang di Indonesia beranggapan bahwa hewan yang selama ini dibandingkan dengan hamster adalah seekor marmut. Padahal nyatanya masyarakat Indonesia sudah salah kaprah.

Hamster

Perbedaan Hamster Dan Marmut

Siapa sih yang gak kenal dengan hewan imut dan lucu yang bisa dipelihara ini? Pastinya kebanyakan dari kamu sudah cukup paham tentang hamster.

Hewan ini adalah sejenis hewan pengerat yang terdapat dari berbagai jenis di dunia. Hamster termasuk di dalam subfamili dari Cricetinae yang satu superfamili dengan hewan pengerat lain seperti tikus.

Hamster sendiri memiliki sekitar 18 spesies, yang bisa diklasifikasikan ke dalam enam sampai tujuh genus. Ciri khas hamster adalah memiliki badan yang gemuk dengan ekor yang lebih pendek dari badannya.

Habitat aslinya adalah di eropa sampai dengan di Siberia, Mongolia hingga ke Tiongkok. Mereka sering hidup di perbatasan padang pasir, bukit serta dataran rendah yang bersemak-semak.

Makanan hamster juga cukup beragam, karena dia adalah hewan omnivora yang memakan segalanya. Kebanyakan pemilik hamster sering memberikan makanan seperti biji-bijian sampai binatang kecil seperti belalang.

Keunikannya saat makan, ia bisa menyimpan makanan di pipinya hingga terlihat gembul dan menggemaskan.

Baca Juga: Begini Cara Memelihara Marmut Agar Sehat, Mulai Kandang Hingga Makanannya

Marmut

Beda Hamster Dan Marmut

Marmot atau bahasa indonesianya lebih dikenal dengan marmut adalah sejenis hewan pengerat yang tergolong ke dalam familia Sciuridae atau sama dengan famili bajing.

Banyak yang salah kaprah dengan hewan marmut, di Indonesia kebanyakan mengira bahwa hewan guinea pig adalah marmut. Padahal marmut adalah hewan yang sangat berbeda dari hamster dan guinea pig karena berasal dari familia yang berbeda,

Makanan utama dari marmut ini adalah tumbuh-tumbuhan misalnya rumput-rumputan dan beberapa buah kecil seperti buah beri. Marmut umumnya hidup di daerah pegunungan seperti pegunungan Alpen di eropa, pegunungan Rocky di Amerika serikat dan bagian utara dari Kanada.

Biasanya ia melakukan hibernasi panjang selama musim dingin dengan membuat sarang di dalam tanah untuk berlindung dari dinginnya udara di lingkungan tempat tinggalnya.

Hewan ini tergolong hewan sosial yang sering berkomunikasi lewat siulan nyaring untuk menandakan bahwa ada bahaya yang sedang menghampirinya.

Perbedaan Marmut dan Hamster

Perbedaan Hamster Dan Marmut

Jika dilihat dari klasifikasi ilmiah dari kedua hewan ini jelas sangat berbeda. Banyak orang yang salah kaprah antara guinea pig (tikus belanda) dan marmut.

Walaupun memang terlihat hampir mirip dengan hamster, guinea pig juga dari famili yang berbeda dari hamster. Jadi PetPi di ingin memberikan informasi yang valid kepada kamu bahwa yang kamu pikirkan tentang marmut selama ini salah.

Kali ini PetPi akan kasih tau sedikit apa perbedaan marmut dan hamster berikut ini.

  • Ordo: Keduanya sama-sama berasal ordo yang sama yaitu Rodentia alias hewan pengerat. Namun keduanya berbeda pada sub ordonya, jika hamster sub ordonya adalah Myomorpha, maka untuk marmut sub ordonya adalah Sciurormorpha. Dari sini sudah bisa terlihat jelas bahwa mereka adalah hewan yang sangat berbeda.
  • Gigi: Perbedaan hamster dan marmut selanjutnya adalah dari giginya. Walaupun sama-sama hewan pengerat, namun hamster memiliki gigi yang lebih kecil dari rasio badannya dibandingkan dengan marmut. Marmut punya gigi yang cukup besar dan agak sedikit bengkok seperti pahatan pada rahang atasnya, maka dari itu ia masuk ke dalam sub ordo Sciuromorpha.
  • Ukuran Tubuh: Sama-sama hewan yang menggemaskan, marmut mempunyai tubuh yang lebih besar daripada hamster. Jauh lebih besar. Marmut bisa hidup dan tumbuh sekitar 42-54 cm sedangkan hamster hanya tumbuh panjangnya sekitar 5-7 cm.
  • Makanan: Kedua hewan ini sangat berbeda jauh dari selera makanannya. Marmut lebih menyukai rumput-rumputan dan buah kecil. Sedangkan hamster lebih menyukai biji-bijian. Hamster juga bisa memakan serangga kecil seperti belalang kecil, sedangkan marmut tidak menyukai binatang alias Herbivora.
  • Sifat: Dari sifat kedua hewan tersebut juga sangat berbeda, marmut lebih suka untuk tinggal berkelompok karena mereka memang hewan yang jiwa sosialnya tinggi. Dia bahkan tidak segan untuk memanggil kawanannya jika sedang ada bahaya yang mengancamnya. Sedangkan hamster cenderung hewan yang bisa dipelihara sendiri di dalam satu kandang. Bahkan di habitat aslinya hamster hidup sendiri-sendiri tidak berkelompok.
  • Bentuk kepala: Hamster memiliki telinga yang lebih tegak dari marmut. Bahkan hamster memiliki pipi yang lebih chubby, karena pada pipinya mempunyai kantong yang bisa menyimpan makanan yang ia ambil. Sedangkan marmut mempunyai telinga yang cenderung lebih kecil dan pipinya tidak sebesar hamster.

Nah itulah dia perbedaan marmut dan hamster yang bisa dibilang sangat jauh berbeda. Akhirnya kamu tau kan marmut yang sebenarnya seperti apa?

Jangan salah kaprah lagi ya mengenai guinea pig yang selama ini dianggap oleh kebanyakan orang adalah marmut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://www.differencebetween.net/science/nature/animals-nature/difference-between-guinea-pig-and-hamster/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Hamster
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Marmot
  • https://www.kaskus.co.id/thread/5dbbb1a588b3cb5de870ecd0/hamster-atau-marmut/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar