Hari ini: Selasa, 19 Oktober 2021
Sabtu, 17 Juli 2021, 16:00 WIB

Mirip Tapi Tak Sama, Inilah 12 Perbedaan Tupai dan Bajing

Mirip Tapi Tak Sama, Inilah 12 Perbedaan Tupai dan Bajing

perbedaan tupai dan bajing - nymag

Perbedaan tupai dan bajing sebenarnya tidak sulit untuk diketahui. Kamu bisa membedakan kedua hewan ini dari ciri-ciri berikut ini dengan jelas.

Sobat Pintar, jika dilihat sekilas, tupai dan bajing memang terlihat serupa. Saat ini saja masih banyak orang Indonesia yang keliru mengira tupai sebagai bajing maupun sebaliknya.

Mereka menganggap kedua hewan yang masuk dalam kelompok mamalia kecil ini sejenis, padahal jika diperhatikan dengan seksama terdapat beberapa perbedaan, baik dari karakter, fisik, hingga klasifikasi ilmiahnya.

Bukan hal aneh jika fenomena ini sudah melekat di masyarakat kita. Bahkan dulu, ada pendapat ahli yang mengatakan bahwa kedua hewan ini masih dalam satu keluarga.

Namun setelah melakukan beberapa riset, para ahli akhirnya menggolongkan keduanya sebagai hewan yang berbeda.

Nah, apa saja perbedaan tupai dan bajing? Mari kita cari tahu bersama dalam pembahasan kali ini.

Tupai dan Bajing, Inilah Perbedaannya yang Paling Menonjol

Perbedaan Tupai Dan Bajing
perbedaan tupai dan bajing - hewan

Jangan salah kaprah lagi dalam mengenali kedua hewan pengerat ini. Sama seperti ketika kamu membedakan tikus dengan curut, sangat mudah bukan karena mereka tidak berasal dari kerabat yang sama.

Baik bajing dan tupai memiliki struktur dan ciri tubuh yang berbeda. Tupai memiliki bentuk tubuh yang kecil dengan bentuk kepala lonjong. Sedangkan bajing memiliki ukuran tubuh cukup besar dengan bentuk kepala bulat.

Yuk, simak informasi berikut untuk mengetahui lebih jelas perbedaan antara kedua hewan yang sering dikira sama ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Tupai lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Berdasarkan Klasifikasi Ilmiah

Secara ilmiah, tupai hanya terbagi menjadi 20 spesies saja yang mana tergolong dalam keluarga Tupaiidae dan Ptilocercidae. Sedangkan bajing yang terbagi dalam 278 spesies tergolong dalam keluarga Sciuridae.

Berdasarkan angka tersebut, tentu tupai lebih sulit ditemukan daripada bajing.

Beberapa spesies bajing dan tupai juga endemik di Indonesia. Meskipun mempunyai trah kekerabatan yang jauh, keduanya memang punya bentuk fisik yang cukup mirip.

2. Ukuran Tubuh

Secara umum dapat terlihat jelas bahwa ukuran tubuh tupai lebih kecil daripada bajing. Tupai mempunyai paha dan jari-jari yang lebih kecil, dan secara keseluruhan bobot tupai memang lebih ringan daripada bajing.

Perbedaan ukuran tubuh ini bisa menjadi acuan bagi kamu yang masih bingung membedakan antara kedua hewan pengerat tersebut.

3. Bentuk Wajah dan Kepala

Selanjutnya kamu bisa membedakan bajing dan tupai melalui bentuk wajah dan kepalanya. Bentuk kepala tupai dan bajing sekilas memang tampak serupa, tapi bukan berarti sama.

Kepala bajing lebih bulat dan besar, dengan bagian moncong yang tidak terlalu panjang. Sedangkan kepala tupai itu lebih pipih dan kecil, dan pada bagian mulut atau moncongnya sedikit lebih lonjong.

Bentuk wajah tupai juga lebih tirus daripada bajing yang memiliki wajah lebih chubby. Hidung tupai juga lebih mancung, tetapi untuk masalah gigi kedua hewan ini sama-sama tajam.

4. Bentuk Ekor

Sebenarnya, kamu juga dapat menjadikan bentuk ekor kedua hewan ini sebagai patokan yang membedakannya. Perbedaan bajing dengan tupai adalah pada bulu ekornya yang lebih lebat, sehingga tampak besar.

Bentuk ekor bajing juga melengkung ke atas, berbeda dengan tupai yang tidak melengkung, lurus saja, kecil, dan juga lebih pendek.

5. Habitat atau Tempat Tinggal

Bajing dan tupai sama-sama menghuni pohon dan tanah, sehingga sedikit sulit membedakan kedua hewan ini dengan melihat habitatnya saja.

Tetapi, biasanya bajing lebih suka tinggal di dalam tanah. Sedangkan tupai merasa lebih nyaman tinggal di pohon.

6. Makanan

Tupai cenderung lebih suka memakan serangga dari pada bajing. Namun, baik bajing dan tupai sama-sama suka memakan kacang-kacangan.

Membedakan keduanya dari makanan memang cukup sulit, karena kegemaran mereka yang hampir mirip.

7. Perilaku

Perilaku tupai dan bajing juga menjadi acuan dalam mengenali hewan pengerat ini. Keduanya merupakan tipe hewan yang ramah dan mudah beradaptasi dengan manusia.

Namun, yang sedikit sulit dikendalikan adalah bajing, karena memiliki sifat atau karakter yang lebih galak.

8. Kebiasaan

Tupai mempunyai kebiasaan duduk tengkurap. Berbeda dengan bajing yang bisa duduk tegak, mirip dengan hewan mamalia kucing.

9. Telinga dan Mata

Chipmunk alias tupai memiliki mata yang lebih kecil daripada squirrel (bajing). Meskipun sama-sama memiliki warna mata yang hitam, bentuk mata tupai memang cenderung lebih sipit.

Pengecualian untuk bajing albino, hewan ini diketahui mempunyai mata berwarna merah.

Selain itu, juga terdapat perbedaan bentuk telinga bajing dan tupai. Rata-rata spesies tupai mempunyai daun telinga yang menyamping dan berukuran kecil.

Sedangkan untuk spesies bajing sendiri, beberapa di antaranya mempunyai daun telinga yang tegak ke atas.

10. Tinggi Tubuh

Dibandingkan bajing, tinggi tubuh tupai memang lebih pendek. Jadi, jika keduanya berjalan berdampingan, bajing akan terlihat lebih jenjang daripada tupai.

11. Tingkat Agresif

Sebenarnya antara tupai dan bajing itu mempunyai tingkat agresif yang sama, terlebih kedua hewan ini tergolong liar dan jarang dipelihara orang-orang.

Tupai maupun bajing mempunyai gigi dan cakar yang tajam, sehingga bisa menerkam objek apapun itu. Tetapi, kedua hewan ini bisa bersahabat baik dengan manusia apabila berhasil dijinakkan. Umumnya, menjinakkan tupai jauh lebih cepat daripada bajing.

12. Kemampuan Bergerak dan Berburu Makanan

Baik itu tupai maupun bajing sama-sama mempunyai kemampuan bergerak cepat, terutama dalam berburu makanan. Tapi jika ditanya tentang perbedaan mendasar, bisa dibilang bajing bisa loncat dan terbang, sedangkan tupai hanya bisa berlari.

Kesimpulan

Membedakan Tupai Dan Bajing
Membedakan Tupai dan Bajing - PetPintar

Untuk lebih jelas dalam membedakan antara tupai dengan bajing, lihatlah tabel berikut ini:

Tabel Perbedaan Tupai dan Bajing

Perbedaan

Tupai

Bajing

Jumlah Spesies

20

278

Ukuran Tubuh

Lebih Kecil

Lebih Besar

Bentuk Wajah dan Kepala

Lebih pipih dan kecil, dengan mulut lonjong

Lebih bulat dan besar, dengan mulut panjang

Bentuk Ekor

Pendek dan lurus tidak melengkung

Panjang dan melengkung ke atas

Habitat

Lebih suka di pohon

Lebih suka di tanah

Memakan Serangga

Ya, Suka

Tidak suka

Perilaku

Santai dan ramah

Lebih aktif dan galak

Kebiasaan

Duduk tengkurap

Duduk tegak

Telinga

Daun telinga kecil dan menyamping

Daun telinga tegak ke atas

Mata

Kecil

Lebih besar

Tinggi Tubuh

Lebih pendek

Tinggi dan jenjang

Tingkat Agresif

Lebih tenang sehingga cepat untuk dijinakkan

Lebih agresif sehingga lama untuk dijinakkan

Kemampuan

Bisa berlari

Bisa loncat dan terbang

Itulah dia ulasan tentang 12 perbedaan tupai dan bajing yang dapat kamu jadikan acuan. Jika kamu masih pemula dan kesulitan dalam membedakannya, jangan malu untuk langsung bertanya kepada ahlinya, ya.

Semoga artikel ini membantu, dan kamu tidak lagi keliru dalam mengenali keduanya ya, Sobat Pintar. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Tupai terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.hobinatang.com/2018/07/perbedaan-bajing-dan-tupai.html
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/nuke-diah-ayuning/perbedaan-tupai-dan-bajing-exp-c1c2/2
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar