Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Jumat, 23 April 2021, 20:30 WIB

6 Tips Menjaga Rumah Tetap Bersih Saat Memelihara Hewan Peliharaan di Dalam Rumah

6 Tips Menjaga Rumah Tetap Bersih Saat Memelihara Hewan Peliharaan di Dalam Rumah

cara menjaga kebersihan rumah saat pelihara hewan - pet central

Kesal rumah selalu kotor karena hewan peliharaan? Tenang. Berikut ini adalah cara menjaga rumah tetap bersih saat pelihara hewan di dalam rumah

Bagi pecinta hewan, memiliki hewan peliharaan yang bisa dipeluk-peluk dan diajak bermain adalah perasaan yang menyenangkan.

Hadirnya hewan seperti kucing, anjing, atau kelinci di dalam rumah bisa kita anggap sahabat sendiri karena bisa mengurangi tingkat stres yang kita hadapi.

Walaupun demikian, banyak hal yang harus kita perhatikan saat memelihara hewan di dalam rumah.

Salah satunya dengan mempertimbangkan faktor kebersihan ruangan di dalam rumah. Ini memerlukan tenaga ekstra jika kamu mempunyai peliharaan yang tinggal di dalam ruangan.

Bukan hanya bulu-bulu mereka saja, namun kamu juga harus membersihkan kotorannya yang bisa bikin satu ruangan mencium bau tidak enak.

Nah, seperti apa kira-kira bagaimana cara menjaga rumah tetap bersih saat pelihara hewan ya? Semua jawabannya bakalan dibahas di bawah ini.

Cara Menjaga Rumah Tetap Bersih Saat Pelihara Hewan Kesayangan

Cara Menjaga Rumah Tetap Bersih Saat Pelihara Hewan
cara menjaga rumah tetap bersih saat pelihara hewan - the meow thing

Ada beberapa hal yang harus kamu kerjakan saat memelihara hewan peliharaan. Bukan hanya untuk kesehatan manusianya saja, namun juga untuk hewan peliharaan agar tetap bisa nyaman tinggal di dalam ruangan.

Berikut tips menjaga kebersihan rumah saat pelihara hewan.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Rss lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Menjaga Kebersihan Hewan

Nah yang pertama kita harus perhatikan adalah menjaga kebersihan hewan peliharaan kita sendiri.

Semisal kamu memelihara anjing ataupun kucing, jika melihat ada jejak kaki yang menempel pada lantai atau dinding, tandanya kamu harus sesegera mungkin membersihkan hewan peliharaanmu.

Bukan hanya itu saja, jika terdapat bulu-bulu yang rontok terlalu banyak tandanya ada masalah kesehatan pada hewan kesayanganmu.

Segera atasi masalah ini terlebih dahulu supaya kamu tidak selalu memandikannya setiap hari.

Jika masalah bulu yang rontok berlebihan bisa teratasi, maka kamu bisa mulai membersihkannya dengan rutin satu minggu sekali. 

2. Menghilangkan Noda Urin

Hewan yang pelihara di dalam rumah akan beresiko untuk membuang kotorannya sembarangan. Apalagi hewan yang masih kecil karena belum mengetahui kotak pasir yang seharusnya menjadi tempat pembuangannya. 

Untuk itu, kamu harus membersihkan noda bekas urin yang menempel pada lantai atau dinding rumahmu. Membersihkan noda urin merupakan bagian penting karena urin hewan terkadang menimbulkan bau yang tidak sedap.

Selain itu, membersihkan noda urin juga bisa membantu hewan peliharaan untuk tidak membuang air kecil lagi di tempat yang sama.

Apalagi bagi kamu yang beragam muslim, memelihara hewan di dalam rumah harus rajin membersihkan sudut-sudut tempat dimana hewan yang kamu miliki sering bermain.

Sedikit najis yang masih terdapat pada lantai, tembok atau sudut rumah lainnya akan membuat ibadahmu kemungkinan tidak sah.

3. Membersihkan Rutin Tempat Makannya

Membersihkan Rutin Tempat Makan
membersihkan rutin tempat makan - the wire cutter

Selain membersihkan sudut-sudut rumah tempatnya untuk beristirahat, kamu juga harus memperhatikan tempat makan yang dia miliki. Jika kamu memelihara hewan seperti anjing dan kucing, kamu harus mencuci wadah makannya setiap hari.

Tempat makan yang tidak dicuci akan menimbulkan bau yang tidak sedap, karena beberapa makanan kucing dan anjing memang mengandung bahan makanan seperti daging dan ikan.

Selain untuk mengurangi bau yang tidak sedap, kamu juga turut menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaanmu.

Dengan mencucinya setiap hari, hewan peliharaan akan terhindar dari bakteri-bakteri yang menempel pada wadah makanannya. 

4. Membersihkan Tempat Tidur atau Kandang Secara Rutin

Cara menjaga kebersihan rumah saat pelihara hewan tidak sampai disini saja. Membersihkan tempat tidur atau alas hewan juga sangat penting apabila kamu memelihara hewan seperti anjing dan kucing.

Ini akan membuat mereka merasa nyaman untuk tinggal lebih lama di rumah mu.

Selain hewan mamalia, apabila kamu memelihara burung atau reptil, kamu juga harus selalu rutin untuk membersihkan kandangnya.

Kandang yang kotor akan menyebabkan bau yang tidak sedap. Selain itu, banyak penyakit yang bisa menyerang hewan peliharaanmu jika dibiarkan kotor begitu saja.

5. Memilih Produk Pembersih dan Penyegar Udara yang Tepat

Pastikan produk yang kamu pilih sangat bersahabat dengan hewan pelihaaranmu. Penyedot debu yang kamu pilih harus mampu efektif untuk membersihkan bulu-bulu hewan pada setiap sudut ruangan.

Hal ini akan mempermudah kamu dalam membersihkan ruangan secara efektif.

Selain itu, kamu juga harus memiliki alat untuk membersihkan udara di dalam ruangan seperti air purifier. Dengan alat ini, diharapkan mampu mensirkulasi udara di dalam rumah dengan cara membersihkan dan memfilter udara sehingga kualitas udaranya menjadi lebih baik.

Seperti yang kita tahu, air purifier juga membantu membunuh virus dan bakteri yang menempel di sudut-sudut ruangan rumah kita.

6. Buat Aroma di Dalam Ruangan Tetap Harum

Cara menjaga rumah tetap bersih dan harum saat memelihara hewan yang terakhir adalah dengan memasang aroma wangi-wangian di dalam ruangan.

Terkadang bau yang tidak sedap akan tercium dari kotak pasir yang belum dibersihkan. Maka dari itu, pewangi ruangan sangat penting kamu gunakan untuk membuat rumah mu tetap wangi. 

Kamu bisa menggunakan aroma terapi untuk menghadirkan wangi-wangian di dalam rumah. Tapi ingat, jangan menggunakan wewangian yang menyengat ya karena hewan seperti anjing dan kucing tidak menyukai bau yang menyengat.

Hal itu dikarenakan indra penciuman anjing dan kucing cukup sensitif terhadap bau seperti itu.

Itulah dia beberapa cara menjaga rumah tetap bersih saat memelihara hewan peliharaan di dalam rumah. Hal ini bisa langsung kamu terapkan di rumah untuk menjaga ruangan tetap bersih ya.

Kira-kira dari sobat Pintar ada tips apalagi nih? Cantumkan di kolom komentar di bawah ini ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Rss terbaru lainnya!

Terbit: Kamis, 18 Februari 2021, 10:00 WIB
Update pada: Jumat, 23 April 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://rumahhokie.com/beritaproperti/tips-menjaga-hunian-tetap-bersih-walau-memelihara-hewan-kesayangan/
  • https://www.dekoruma.com/artikel/43655/trik-membersihkan-rumah-hewan-peliharaan
  • https://www.housebeautiful.com/uk/lifestyle/cleaning/tips/a1613/keep-house-clean-with-pets/
  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/11/084300276/5-tips-menjaga-rumah-tetap-bersih-saat-punya-hewan-peliharaan-berbulu?page=all
  • https://www.thesprucepets.com/how-to-keep-your-house-clean-with-pets-4685306
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar