Hari ini: Selasa, 01 Desember 2020
Minggu, 18 Oktober 2020, 19:30 WIB

Hindari, Ini 6 Bau yang ternyata Tidak Disukai Oleh Kucing

Hindari, Ini 6 Bau yang ternyata Tidak Disukai Oleh Kucing

Ternyata ada beberapa hal yang tidak disukai kucing, salah satunya adalah bau wangi. Kira-kira bau apa yang tidak disukai kucing? Cek informasinya di sini

Bagi pecinta kucing, akan sangat menyenangkan apabila kucing peliharaan kita selalu berada di dalam rumah.

Kita bisa selalu melihat tingkah lakunya dengan lucu saat dia beraktivitas dan bermain di dalam rumah. Namun ada beberapa kucing yang kelihatannya tidak betah di dalam rumah. 

Hal itu bisa saja menandakan ada yang tidak ia sukai di dalam rumah kamu. Hal yang bisa membuat kamu curiga adalah bau wangi.

Mungkin kita menginginkan ruangan yang wangi karena ada hewan peliharaan di dalam rumah, namun pada faktanya kucing tidak terlalu menyukai hal tersebut.

Salah satu sumber wangi yang kamu gunakan tidak membuatnya betah di dalam rumah. Ada beberapa aroma wangi yang tidak disukai oleh kucing, sehingga itu bisa saja membuatnya menjadi stres.

Nah, kira-kira bau apa yang tidak disukai kucing ya? Mau tahu jawabannya? Yuk simak artikel berikut ini.

Bau yang Tidak Disukai Kucing

Bau Yang Tidak Disukai Kucing
Bau yang tidak disukai kucing - lovingmeow.com

Ternyata bukan hanya bau atau aroma yang tidak enak saja yang dibenci kucing, namun ada juga beberapa aroma yang menurut manusia wangi, yang mungkin tidak disukai oleh kucing.

Bisa saja mungkin dari aroma parfum kamu, atau dari aroma pewangi ruangan. Daripada menerka-nerka, yuk cari tau bau yang tidak disukai kucing berikut ini.

Bau Lemon dan Bau asam

Aroma bau wangi pertama yang tidak disukai kucing adalah bau lemon dan beberapa bau asam lainnya. Kucing mempunyai indera penciuman yang cukup tajam, maka dari itu saat dia mencium aroma lemon dia akan merasa terganggu karena aromanya yang tajam.

Mungkin saja aroma lemon sering kamu jadikan pewangi ruangan sehingga ia merasa tidak betah.

Jika manusia yang menghirupnya, wangi lemon pada pewangi ruangan cukup nyaman di hidung kita. Bukan hanya bau pewangi ruangan beraroma lemon saja yang tidak disukai, mayoritas kucing juga tidak menyukai aroma pewangi ruangan.

Maka sebaiknya, hindari memberikan pewangi ruangan yang berlebihan pada tempat tinggal kucingmu.

Baca Juga: Lucu dan Imut! Ini 7 Jenis Kucing Ras yang Mempunyai Mata Besar

Bau Rokok atau Asap

Bukan hanya mayoritas manusia saja yang tidak menyukai bau asap atau bau rokok yang dibakar. Ternyata kebanyakan kucing juga tidak menyukai aroma ini.

Selain dia tidak menyukai baunya, asap rokok atau asap lain dari hasil pembakaran bisa membahayakan kesehatannya. Maka dari itu ia cenderung menghindari bau tersebut.

Buat kamu pemilik kucing yang sering merokok di rumah atau di dalam ruangan, sebaiknya kamu mencari tempat terbuka sehingga asap rokok akan bisa menguap dengan cepat.

Penelitian pernah menyebutkan bahwa kucing yang tinggal dengan majikan yang merokok bisa menyebabkan kanker darah dan berkurangnya sistem kekebalan tubuh si kucing.

Bau Cabe

Bau yang tidak disukai kucing selanjutnya datang dari bumbu-bumbu dapur nih. Biasanya aroma cabe ini akan mengeluarkan aroma yang semerbak saat kamu ingin memasak di dapur.

Balik lagi ke informasi pertama, bahwa indera penciuman kucing lebih sensitif dibanding manusia, jadi wangi yang menyengat seperti bau cabe ini akan mengganggunya.

Untuk itu, tips yang perlu kamu lakukan saat memasak di dapur agar membuka jendela selebar-lebarnya untuk mengurangi bau cabai yang menyengat.

Kamu juga bisa menjauhkan kucing dari jangkauanmu saat kami sedang memasak dengan cabe di dapur. Hal itu bisa mengurangi kucing dari hal-hal yang membuatnya stres.

Bau Menthol

Bau selanjutnya tidak disukai oleh kucing adalah bau menthol. Hal ini bertolak belakang terhadap manusia yang kebanyakan menyukai aroma tersebut, apalagi biasa manusia gunakan untuk melancarkan pernapasan pada hidung.

Berbagai aroma seperti bau balsem, minyak kayu putih, minyak angin dan aroma menthol lainnya tidak akan disukai oleh kucing. 

Hal ini sangat bertolak belakang bagi kucing yang mempunyai indera penciuman yang sensitif.

Kamu sangat mengganggu pernapasannya saat kamu memakai balsem atau semacamnya di dekat si kucing. Maka dari itu kamu harus menjauhkan aroma-aroma ini dari jangkauan kucing ya.

Bau Parfum

Aroma lain yang tidak disukai kucing adalah parfum. Tentu saja, bagi manusia parfum adalah senjata andalan untuk membuatnya menjadi wangi. Bahkan terkadang parfum dipakai untuk menyiasati saat kamu ingin keluar rumah namun belum mandi. Hayo ngaku!

Bahkan ada yang pernah mengatakan bahwa kucing yang mencium parfum bisa mengakibatkan keracunan.

Penyebabnya adalah bahan parfum yang mengandung kimia berbahaya bagi kucing. Jadi, sebaiknya jika ingin menggunakan parfum, kamu agak sedikit menjauh dari kucing ya.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Penyebab Mata Kucing Berair dan Cara Mudah Mengobatinya di Rumah

Bau Air

Air adalah salah satu alat pengusir kucing liar yang sangat baik. Beberapa percikan air bisa membuatnya tidak akan kembali lagi ke rumah kita. Hal ini yang juga ditakuti oleh kucing.

Bau air akan membuatnya trauma jika air tersebut akan mengenai tubuhnya. Maka dari itu terkadang kucing sudah sangat memahami jika kita sedang membawa air dekatnya, kebanyakan kucing akan pergi menjauh dari air tersebut.

Untuk di area luar ruangan saat kamu tidak menginginkan kucing yang memasuki area pekarangan, kamu bisa membeli alat penyiraman yang dipasang sensor gerak untuk menyemprotkan dengan lembut kucing yang memasuki tamanmu.

Hal ini akan mencegahnya untuk datang lagi dan merusak tanaman-tanaman kamu.

Nah itulah dia beberapa bau yang tidak disukai kucing secara umum. Kebanyakan kucing akan menghindar dari bau di atas karena mengganggu indera penciuman atau ia benar-benar tidak menyukainya.

Hindari aroma-aroma seperti itu agar kucing kamu bisa nyaman saat berada di dalam rumah. Jangan sampai kucing kamu stres, hanya gara-gara aroma yang kamu sukai. Semoga bermanfaat ya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://cats.lovetoknow.com/Smells_that_Cats_Hate
  • https://hot.liputan6.com/read/4005424/5-aroma-yang-tidak-disukai-kucing-namun-sering-digunakan-di-rumah
  • https://thescaredycat.com/whats-the-best-natural-cat-repellent
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar