Hari ini: Selasa, 01 Desember 2020
Jumat, 25 September 2020, 16:00 WIB

Yuk, Ketahui 8 Cara Mengatasi Kucing Stress Sekarang Juga!

Yuk, Ketahui 8 Cara Mengatasi Kucing Stress Sekarang Juga!

Ada banyak penyebab kucing terserang berbagai macam penyakit. Sebaiknya, ketahui dari sekarang bagaimana cara mengatasi kucing stress karena berbagai hal

Kucing dapat menjadi hewan yang sangat peka dan sensitif dengan kondisi lingkungan sekitarnya hingga membuat dia stress. Sangat menyebalkan kalau kondisi ini sudah terjadi.

Kucing yang stress akan sulit makan, mudah cemas, cepat sakit hingga mati mendadak.

Meskipun tidak semua kucing stress bisa diatasi dengan mudah, masih ada beberapa cara mengatasi kucing stress yang bisa kamu lakukan selagi stress yang kucing peliharaan kamu tidak terlalu akut.

PetPintar sudah merangkum dari beberapa sumber terpercaya mengenai langkah-langkah untuk mengatasi kucing yang sedang stress.

Penasaran? Simak lebih lengkap artikel berikut ini.

8 Cara Mengatasi Kucing Stress Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi Kucing Stres

Dari sekian banyak pemicu, gejala dan penyebab kucing stress yang sudah pernah PetPintar bagikan pada artikel lainnya.

Beberapa diantaranya masih bisa diatasi dengan langkah-langkah mudah tanpa menggunakan kekerasan fisik, obat-obatan.

Asalkan, kamu mengerti terlebih dahulu apa yang sebenarnya menjadi penyebab kucing kesayangan kamu di rumah stress. Sehingga, langkah yang akan kamu ambil sesuai dengan penyebabnya.

Berikut ini daftar langkah-langkah cara mengatasi kucing stress dengan mudah dan cepat.

1. Ketahui Penyebab Kucing Stress

Seperti yang telah disebutkan di atas, kucing stress dapat diatasi dengan mudah bila kamu memahami apa yang menjadi penyebab mereka stress.

Penyebab ini sering terjadi karena kucing mengalami perubahan drastis pada lingkungan tempat tinggal dan makanan yang dikonsumsinya. Namun, tidak menutup kemungkinan kucing akan stress bila mengalami beberapa hal berikut ini.

  • Bepergian jauh
  • Ada kucing baru di rumah
  • Birahi
  • Baru melahirkan
  • Perawatan yang kurang matang dari pemiliknya
  • Terserang penyakit atau kutu
  • Ketakutan
  • Karena pindah rumah

Baca Juga: Perhatikan Tanda Berikut, Ini Ciri Ciri Kucing Hamil yang Mudah Dilihat!

2. Beri Makan Kucing di Tempat yang Lebih Nyaman

Pada suatu waktu, kucing akan merasa stress dan menunjukkan gejala kurangnya nafsu makan. Hal tersebut kemungkinan besar terjadi karena kondisi saat dia makan tidak senyaman yang dia inginkan.

Kamu bisa mulai mengatasinya dengan cara memberikan makanan kepada kucing di tempat yang tidak terlalu ramai, nyaman dan bersih.

Tidak lupa juga untuk menggunakan mangkuk makanan yang menarik dan usahakan tidak menyakiti mereka, seperti membuat kumis mereka terjepit.

3. Jangan Paksa Kucing Bermain

Kucing memang hewan yang lucu, ramah keluarga dan menyenangkan untuk diajak bermain. Namun, hal ini tidak berlaku serta merta kamu bisa mengajak mereka bermain tanpa henti.

Ada kalanya, kucing tidak ingin disentuh sama sekali dan meronta ketika digendong atau dalam pangkuan kamu. Jika hal ini sudah terjadi, jangan pernah memaksa kucing peliharaan kamu yang sedang stress untuk selalu berinteraksi.

Biarkan kucing tersebut menentukan sendiri kapan dan seberapa besar keinginan mereka untuk berinteraksi denganmu.

Bila perlu, berikan mereka hadiah berupa makanan ringan atau mainan ketika kamu masih ingin berusaha membujuk kucing stress bermain.

4. Ketahui Apa yang Mengganggu Kucing Hingga Stress

Kucing merupakan hewan yang pintar berkomunikasi dengan manusia melalui bahasa tubuhnya yang imut.

Tugasmu adalah untuk mengamati bahasa tubuh tersebut dan membantu apa yang sedang mengganggu mereka.

Apakah itu ada kutu, kuku kucing yang terlalu panjang, atau rambut yang mulai merontok. Segera ketahui hal-hal seperti ini kemudian atasi dengan cepat agar stress kucing segera reda.

5. Kontrol Lingkungan Kucing dengan Baik

Kucing yang tiba-tiba stress tanpa menandakan segala macam kemungkinan penyakit yang mereka bisa merupakan gejala bahwa kucing tersebut sedang merasa terganggu oleh lingkungan sekitarnya, baik oleh kucing lain maupun oleh kamu sebagai pemiliknya.

Bila perlu, bangunlah tempat persembunyian kucing sementara untuk membantu dia terhindar dari lingkungan yang tiba-tiba berubah tersebut. Tunggu dia bisa beradaptasi dengan baik dengan lingkungan tersebut.

Cara Mengatasi Kucing Stres Selanjutnya...

Baca Juga: Waspada! Ini Beberapa Penyebab Kucing Tiba-Tiba Lemas dan Cara Mengatasinya

6. Ajak Kucing Stress yang Disebabkan oleh Rasa Bosan dengan Bermain

Cara Mengatasi Kucing Yang Sedang Stres

Beberapa pemilik kucing memaksa kucing peliharaannya untuk tidak pergi kemana-mana, terutama keluar rumah tapi tidak pernah mengajak mereka bermain sama sekali. Faktanya, pemaksaan ini justru seringkali membuat kucing lebih mudah stress.

Jadi, pikir ulang lagi untuk memelihara kucing kalau kamu tidak punya waktu untuk mengajak mereka bermain, ya. PetPintar juga pernah loh membuat artikel tentang bagaimana cara merawat kucing dengan baik dan benar.

Jangan khawatir. Kamu tidak boleh berputus asa dan mulai memikirkan memberikan kucing kesayangan kamu kepada orang lain dulu. Kamu masih bisa mengajak mereka bermain dengan mainan ringan seperti bulu dan tikus-tikusan.

7. Kucing Stress Setelah Melahirkan

Kucing yang belum siap (usia dan mental) untuk memiliki anak tapi tiba-tiba hamil dan melahirkan anak kucing baru akan merasa lebih mudah stress dibandingkan dengan kucing yang sudah melahirkan lebih dari 1x.

Hal ini wajar terjadi jika persiapan yang dilakukan oleh pemiliknya kurang matang. Untuk mengatasinya, kamu bisa memberikan mereka multivitamin dan waktu yang cukup untuk dia bersama dengan anak barunya beradaptasi dengan lingkungan.

8. Jaga Kesehatan Kucing

Kucing yang sehat adalah kucing terbaik. Bila mereka stress, ini mengindikasikan juga ada sesuatu yang salah pada kesehatannya. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali melupakan cara perawatan kucing yang baik di rumah dan dokter hewan.

Beberapa perawatan yang direkomendasikan untuk dilakukan secara rutin meliputi perawatan gigi, perawatan kuku, perawatan bulu, pembasmian kutu, dan pemberian nutrisi yang tepat.

Itu dia tadi 8 cara mengatasi kucing stress dengan mudah dan cepat. Kuncinya, kamu harus tetap sabar dan tidak boleh kesal kepada dia dengan menunjukan kekerasan yang berlebihan.

Sayangi kucing peliharaan kamu seperti kamu menyayangi keluarga kamu sendiri. Jangan lupa juga share artikel ini di sosial media kamu agar semua teman-teman tahu bagaimana cara mengatasi kucing stress yang benar.

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://www.pethealthnetwork.com/cat-health/cat-behavior/how-can-you-reduce-your-cats-stress-home
  • https://www.battersea.org.uk/pet-advice/cat-care-advice/reducing-your-cats-stress
  • https://www.petplan.co.uk/pet-information/cat/advice/how-to-calm-cat-anxiety-and-stress/
  • https://www.wellnesspetfood.com/our-community/wellness-blog/health-nutrition/health-issues-sickness/cat-behavior-expert-weighs-how
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar